11 Wisata Masakan Semarang Yang Yummy Dan Instagramable

Selain menyediakan tempat wisata alam dan budaya, semarang juga mempunyai kawasan untuk menikmati kuliner semarang andalan. Mulai dari kuliner yang legendaris, khas tradisional, hingga masakan-makanan yang kekinian.

kuliner semarang selain terkenal lesat, juga menyediakan lokasi yang instagramable
Kuliner Semarang. Image via: gotravelly.com

Semua jenis masakan lengkap tersedia di Semarang. Sehingga jikalau mengajak teman dan keluar berkunjung ke Semarang, baik untuk piknik atau mengunjungi rumah saudara, tak perlu khawatir untuk problem kuliner.

Berlibur tanpa merasakan makanan yang ada di daerah kawasan untuk berlibur akan terasa kurang. Maka dari itu, biasanya selain berlibur untuk bertamasya ke tempat wisata, pengunjung kota Semarang selalu menyempatkan diri mencicipi wisata kuliner Semarang.

Pilihan Lokasi Kuliner Semarang

Berikut ini beberapa tempat wisata masakan Semarang yang bisa dicoba untuk memulai petualangan rasa di Kota Lumpia ini.

  1. Kampung Laut Semarang

Lokasi KUliner Semarang dengan ciri khas bangunan apung di atas perairan
Selfie sebelum makan. Image via: qupas.id

Simak juga: ragam kuliner Malang.

Saat masuk lokasi masakan Semarang ini, pengunjung melewati  jembatan kayu. Sebelah kanan terlihat bak pemancingan dan daerah makan lesehan yang cukup besar. Terlihat  mirip bangunan rumah terapung. Saat malam hari pengunjung mampu mendapatkan pemandangan yang anggun dengan ada permainan lampu dan cahaya yang dipadukan dengan suasana air.

Pengunjung bisa menikmati hidangan di pondok-pondok sekitar danau, sehingga bisa mendapatkan ketenangan sambil menikmati keindahan alam. Semua bangunan yang ada di daerah ini juga sebagian besar terbuat dari kayu sehingga nuansa alamnya begitu kental terasa. Pengunjung dijamin akan puas menghabiskan waktu sambil menyantap kuliner di tempat ini.

Adapun menu andalan wisata kuliner semarang ini yakni aneka olahan kuliner yang terbuat dari Gurame, Bandeng, kerapu, sayuran. Juga tersedia berbagai macam menu minuman yang menyegarkan.

Alamat : Komplek Puri Maerokoco, PRPP, Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 11.00 – 23.00

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Joglo Agung Resto

Joglo Agung, wisata kuliner semarang yang memeilki bangunan joglo khas semarangd an juga area outdoor bawah pohon
Joglo Agung Resto. Image via: kuliner-kotasemarang

Kuliner Semarang satu ini merupakan tempat makan bernuansa Jawa modern nan fotogenik dengan koleksi barang uniknya. Resto berkonsep Jawa modern ini selalu ramai dikunjungi, alasannya selain tempatnya yang asyik ternyata olahan makanannya pun yummy.

Sesuai dengan namanya, masakan semarang Joglo Agung mempunyai bangunan berbentuk joglo khas Jawa. Spot paling favorit di Joglo Agung Resto ini adalah area outdoor, di mana dingklik-dingklik untuk menyantap makanan berada di bawah rindang pohon. Makin manis dan fotogenik dengan penempatan meja bangku yang pas.

Menu andalan di Joglo Agung Resto yakni olahan iga. Mulai dari iga bakar, iga penyet dan iga tongseng. Selain itu ada juga hidangan penyet lain mirip ikan nila, gurami, dan berbagai jenis ikan. Ada juga masakan rumahan Buntil. kuliner tradisional orisinil Jawa, berupa pepes parutan kelapa.

Alamat : Jalan Lemah Abang Km. 3,6, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 10.00 – 21.00

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Eling Bening

wisata kuliner semarang yang mengenyangkan perut dan menenangkan hati, dengan panorama dataran tinggi yang luas.
Eling Bening. Image via: elingbening.com

Eling Bening sesungguhnya adalah Resto dengan konsep alam dan menunjukkan spot foto yang sungguh Instagramable. Mulai buka di selesai tahun 2016, Eling Bening ramai dipadati wisatawan dari aneka macam kawasan.Udaranya yang sejuk, pemandangan alamnya yang syahdu mampu menciptakan siapa saja betah berada di sini.

Retaurant utama di eling bening punya pemandangan paling indah. Terletak menghadap Rawa Pening, dari resto ini tamu yang sedang makan mampu melihat dramatisnya perbukitan yang membentengi persawahan dengan Rawa Pening sebagai penghujung.

Menu sajian nusantara menjadi andalan di Eling Bening ini. Berbagai macam menu seperti soup, ayam goreng, bakaran ikan, ca sayur, pecel, asem asem, mie lontong dan hidangan hidangan lainnya yang masih banyak lagi.

Alamat : Jalan Raya Bawen-Ambarawa, Bawen, Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 22.00

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Lind’s Ice Cream Semarang

Lind’s Ice Cream Semaran, lokasi kuliner semarang yang ramah media sosial
Outdoor di Indoor. Image via: sepulsa.com

Simak Juga: Pilihan masakan Hits di Jogja.

Interior masakan Semarang Ice krim ini sangat indah. Suguhan nuansa pepohonan menyambut pengunjung, seakan ruangan tersebut berada di tengah taman yang asri. Selain tempat makan, di lantai dasar ini juga terdapat terdapat meja kasir yang dibentuk layaknya Bar. Keindahan interior ini memebuat banyak pengunjung berfoto foto sebelum menentukan tempat duduk.

Lantai dua lokasi kuliner semarang ini juga tidak kalah dengan keindahan interior lantai satu. Dari sini terlihat pijaran lampu-lampu dan pepohonan yang bernuansa merah. Selain itu, terdapat panggung untuk live music, yang alunannya menambah kesyahduan daerah ini.

Beberapa kreasi es krim yang disajikan antara lain Fullmoon Wafel, Chocolate Volcano, Banana Split, dan masih banyak lainnya. Namun Walau namanya ice Cream, lokasi kuliner Semarang ini juga menyediakan masakan berat mirip nasi dan ayam.

Alamat : Jalan Papandayan No. 99, Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 11.00 – 23.00

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Nestcology Gastronomy semarang

wisata kuliner semarang yang mengedepankan perkembangan penleitiand alam sains rasa
Laboratorium Rasa. Image via: reresepan.com

Terletak di dataran tinggi, masakan Semarang ini membuat pengunjung mampu menikmati indahnya pemandangan kota semarang dari ketinggian. Desain yang ditampilkan dari restoran ini pun tak kalah menarik akhir bentuknya yang sangat Instagrammable.

Dinding bata, mural, sampai kandang burung memberi sentuhan artsy bagi keseluruhan kawasan ini.

Kuliner semarang ini memberikan hidangan Eropa dan Asia. Ada ukiyaki Wagyu Pizza, Croquembouche, Shredded Chicken Slider, Hazelnut Butter and Grilled Chicken, Crazy Rise, dan yang lainnya. Juga tersedia aneka snack, appetizer, dessert, mocktail. Ada juga kopi dan high tea untuk pengunjung yang cuma pengen minum sambil melihat indahnya kota Semarang.

Alamat :  Jalan Tambora No. 5A, Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 12.00 – 22.00

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Bowery Semarang

Bowery, kuliner semarang yang menawarkan kemewahan elegen kelas dunia
Bowery semarang. Image via: lazone.id

Resto kuliner Semarang ini menampilkan kemewahan klasik. Interior  menggunakan kombinasi marmer putih, zaitun, dan hitam ditambah langit-langit tinggi yang menghadirkan atmosfir klasik. Di sini juga ada kafe yang memiliki desain kosmopolitan yang khas banget.

Makanan yang ditawarkan dalam all day menu di Bowery yakni kombinasi sempurna antara masakan klasik western Mediterania dengan cita rasa modern. Makanan diproses secara detail di dapur terbuka yang mampu pengunjung lihat pribadi. Makanan tampil dengan bisa memanjakan mata.

Ada 28 menu masakan dan 44 minuman di kuliner semarang ini. Untuk minuman, Cappucino dan Afogato Salted Caramel menjadi salah satu idolanya. Afogato dengan bahan dasar dessert coffee italian drink yang dibuat dengan ekspreson serta ice cream. Sedangkan kopi jenis arabika menjadi satu satunya jenis kopi yang digunakan di Eastman ini.

Alamat :  Jl. Ahmad Yani No.140, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 11.00 – 24.00

Harga per Orang: Rp 100.000 – Rp 200.000

  1. Tavern Semarang

Tavern Semarang, wisata kuliner semarang unik denganl;antai 3 yang bsia meemandangi panorama kota.
Tavern Semarang. Image via: mymagz.net

Simak juga: Tempat ngopi hits di Bandung.

Lokasi masakan semarang ini, unik karena terletak di lantai tiga dari sebuah daerah pembersihan mobil. Namun dikala mesuk ke dalam restorant interior The Tavern memebuat terkesan. Konsep bangunan dua lantainya yang unik tampak mirip semi industrial dan vintage.

Ada banyak jendela beling di smoking area yang bisa menciptakan cahaya matahari mampu dengan mudah masuk ke ruangan. Pengunjung bisa puas foto-foto, terutama pada spot sebuah sofa vintage di bawah tulisan besar ‘The Tavern’.

Mengenai hidangan, masakan Semarang satu ini cukup variatif. Unutk kuliner barat, ada banyak pilihan mirip sup, salad, sandwich, steak, pizza, pasta, maupun dessert. Pengunjung juga bisa menikmati sejumlah makanan Asia, walaupun pilihannya tidak sebanyak makanan Barat.

Alamat : Jalan Rinjani No.1, Gajah Mungkur Semarang

Jam Buka : Senin-JUmat, pukul 16.00 – 24.00, Sabtu-minggu pukul 16.00-01.00

Harga per Orang: Rp 100.000 – Rp 200.000

  1. Leon café

tempat mengunjungi kuliner semarang yang high-end dan mewah
Leon café. Image via: hipwee.com

Jika ingin mengunjungi masakan semarang yang high-end dan mewah, pengunjung bisa mencoba kafe ini. Furnitur bar ini terbuat dari bahan metal dan kayu yang sangat cocok untuk foto-foto. Para pengunjung mampu memilih ingin duduk di kafe atau kawasan duduk biasa.

Pencahayaan di kafe ini remang-remang didominasi warna gelap ungu yang memancarkan cahayanya ke lantai bar, jadi bar ini juga memiliki kesan mewah dan eksotis. Desain ruangan juga terkenal unik. Gambar-gambar di dinding memperlihatkan karya artistik bangunan ala Roma dan Italia yang bisa menciptakan terkesima.

Mengenai menu, kuliner Semarang satu ini cukup variatif. Unutk makanan barat, ada banyak pilihan seperti sup, salad, sandwich, steak, pizza, pasta, maupun dessert. Pengunjung juga mampu menikmati sejumlah kuliner Asia, walaupun pilihannya tidak sebanyak makanan Barat.

Alamat : Jalan Sisingamangaraja No. 19C, Semarang

Jam Buka : Senin-Kamis, pukul 17.30 – 23.00, Jumat-Sabtu pukul 17.30-00.00, Minggu pukul 10.30-23.00

Harga per Orang: Rp 50.000 – Rp 150.000

  1. Gubug Mang Engking

kuliner semarang yang dibawa dari kasrian alam pariyangan sunda
Gubug Mang Engking. Image via: semarangrentalmotor.com

Kuliner Semarang satu ini terbagi menjadi dua bagian utama. Bagian atas restoran ialah gaya kolonial dengan teras taman yang mampu menampung hingga 350 orang. Di bagian bawah, terdapat gubuk makan di atas kolam yang dikelilingi sawah hijau. Bungalow dirancang dalam gaya tradisional rumah Jawa dengan bambu dan atap jerami.

Pengunjung menikmati makanan yummy sambil menghirup udara segar dari sawah sekitar restoran. Pemandangan yang menakjubkan gunung Ungaran, mampu dilihat dari manapun di seluruh restoran. Rumah Makan yang didesain asri dengan dipenuhi dinding bambu, atap dari daun nipah sejenis jerami serta lantai kayu merupakan paduan Sundha, Yogyakarta dan Bali.

Kuliner Semarang yang berada di Ungaran, kab Semarang ini menyediakan aneka masakan tradisional Indonesia seperti udang galah, gurami, kepiting, cumi, ayam dengan sambal khasnya.

Alamat : Jalan Diponegoro Nomor 249, Genuk, Ungaran Barat, Genuk Barat, Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka : Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00

Harga per Orang: Rp 50.000 – Rp 150.000

  1. Kedai Gula Jawa

Kuliner semarang masaka tradisional jawa yang disaikan dengan citarasa masa kini
Kedai Gula Jawa. Image via: id.openrice.com

SImak juga: Kuliner di Kampung Daun Bandung

Lokasi masakan Semarang ini mempunyai tata ruang yang homey bahkan cozy. Apalagi didesain dengan ornamen-ornamen unik dengan lampu yang indah. Di beberapa bab juga ditambahkan suasanan pepohonan yang menunjukkan kesan hijau dan membuat sejuk ruangan.

Disamping itu, penataannya juga terbilang nyaman untuk duduk-duduk bersama keluarga. Pengunjung disajikan ruang duduk yang bervariasi. Dari model ruang makan, ruang rapat hingga ruang ngobrol berpasangan. Posisinya pun dapat dipilih. Mau yang di dalam (indoor) atau yang di luar atau teras (outdoor).

Ada banyak sajian yang disajikan lokasi masakan semarang ini. Mulai dari kuliner ala manca dan masakan rasa tradisional. Dari spageti, burger hingga nasi goreng dan pecel. Begitu juga, ada berbagai makanan ringan dari kentang goreng, pisang, tempe, tahu dan jamur yang mampu menambah selera makan.

Alamat : Jalan Singosari Raya Nomor 49, Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka : Setiap hari, pukul 07.00 – 23.00

Harga per Orang: Rp 50.000 – Rp 100.000

  1. Restoran Pesta Keboen Semarang

Kuliner semarang yan disajikand alam balutan bangunan bersejarah, terasa makan di dalam museum
Gedung bersejarah. Image via: reresepan.com

Pesta Keboen sebuah lokasi kuliner semarang yang nampak seperti bangunan tua zaman penjajahan. Mayoritas warna bangunan putih menambah klasik resto ini. Walaupun bangunan permanen, namun di depan banyak dihiasi oleh bunga-bunga berwarna-warni yang menyejukkan mata.

Di dalam resto meja makan juga unik. Meja dibentuk dari mesin jahit manual, sehingga cukup unik meskipun. Ada juga beberapa meja yang hanya terbuat dari meja sederhana berbahan kayu dilapisi oleh alas meja yang standart. Sepertinya masakan semarang ini ingin mengedepankan kesederhanaan, tapi kesederhanaan itu justru menimbulkan rasa elegan.

Menu di tempat ini lengkap dengan kuliner kawasan Indonesia. Ada menu nasi timbel, nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk. Lauknya, lengkap dari aneka ikan dan daging. Tidak ketinggalan ada aneka sayuran khas tempat mirip goedangan, sayur asem, sayur bening, hingga karedok.

Alamat : Jl. Veteran No.29, Lempongsari, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka : Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00

Harga per Orang: Rp 50.000 – Rp 100.000

Itulah sebelas tempat makan istimewa dengan sajian istimewa yang cocok anda kunjungi ketika bertualang kuliner di Area Semarang.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni