11 Wisata Masakan Solo Yang Terkenal Dan Wajib Disambangi

Solo dikenal sebagai kota yang hening dan tenang. Namun,  keberagaman wisata kuliner solo juga menjadi alasan lain kunjungan para wisatawan ke Solo. Rasanya yang unik dan otentik akan membuat siapa pun ketagihan dikala mencobanya.

Kuliner Solo bervariasi mulai dari tradisional, legendaris, masa kini, sampai lokasi instagramable
Kuliner solo. Image via: idntimes.com

Kota Solo atau atau disebut juga Surakarta sudah populer sebagai objek wisata budaya, dengan pusatnya yakni Keraton kasunanan Surakarta. Namun solo bukan hanya wisata budaya, wisata kuliner Solo pun patut diperhitungkan di kota ini.

Sebagai Kota pusat kebudayaan, masakan Solo pun terpengaruh oleh kebudayaan ini. Mulai dari kuliner-kuliner orisinil yang merupakan resep-resep Keraton, sampai sampai masakan yang merupakan perpaduan antara masakan Jawa dengan kuliner Eropa. Perpaduan ini sebagai imbas dari interaksi antara budaya Solo dengan budaya Eropa di masa kemudian.

Pilihan Lokasi Kuliner Solo

Berikut ini beberapa tempat wisata kuliner Solo yang mampu dicoba untuk memulai petualangan rasa di Kota Budaya ini.

  1. Omah Sinten

omah sintenm kuliner solo yang bernuansa klasik masa lalu
Makan di ruang museum. Image via: booking.com

Simak juga: ragam masakan Semarang.

Lokasi masakan Solo satu ini memperlihatkan atmosfer Jawa khas bagi para pelanggan. Berlokasi tak jauh dari Kraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran, restoran ini memiliki desain interior unik yang terinspirasi dari budaya Kerajaan.

Semua sajian masakan yang ditawarkan di Omah Sinten terinspirasi dari kuliner tradisional Pura Mangkunegaran. Sebelumnya, sajian-hidangan tersebut mudah sekali dijumpai di mana-mana. Namun seiring perkembangan zaman, masyarakat mulai meninggalkannya.

Kuliner Semarang Omah Sinten mengusung nasi golong sebagai menu utama. Salah satunya nasi golong, sajian favorit KGPAA Mangkunegoro I Pangeran Sambernyawa. Ada juga Garang Asem konon merupakan salah satu sajian favorit Mangkunegara VI. Bahkan ada masakan langka Sate Penthul. Secara tradisi Sate Penthul hanya dimasak 8 tahun seklai saat Adang sega Tahun Dal.

Alamat : Jalan Diponegoro No.34-54, Keprabon, Banjarsari, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. D’ Living Photography, Resto & Café

 

d'living, kuliner solo yangm enekankan pada keromantisan dengan pakek makan malam romantis di atas atap
Diner romantis di D’ Living. Image via: Rifio Yesaya

D’living sebuah alternatif masakan solo yang mempunyai konsep unik. Properti yang dipakai sebelumnya tidak di set untuk resto. Begitu masuk di lobi, pengunjung disuguhi sederet hasil jepretan fotografi. Di lantai dasar sekaligus dijadikan studio foto, lantai dua untuk resto, sementara di lantai tiga digunakan untuk pre wedding dan butik pengantin.

Resto memiliki dua ruang meeting dengan kapasitas 8 orang dan 100 orang, 130 konsep meja kursi untuk resto. Lokasi yang layak menjadi acuan untuk program arisan, ulang tahun dan reuni.

Tersedia juga paket makan malam romantis akan dijamu dengan sangat elegan. Bukan hanya sajian masakan yang diberikan dengan tampilan yang baik, meja juga akan ditata dengan sangat baik. Makan malam romantis dilakukan di area outdoor dengan sebuah dekorasi yang klasik namun unik.

Alamat : Jalan Komodor Yos Sudarso No.188 Gajahan Pasar Kliwon, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 150.000

  1. Mang Engking Solo

mang engking, kuliner solo dengan menu sunda yang khas dengan saung atas kolamnya
Foto Sebelum Makan. Image via: tripadvisor.com.sg

Kuliner Solo satu ini yakni sebuah rumah makan yang bernuansa alam pedesaan. Konsep tata ruang dan bangunan berupa gubug atau saung yang mampu menghadirkan lingkungan yang sejuk alami. Sembari menikmati cita rasa masakan resep orisinil warisan leluhur negeri Parahyangan.

Hiruk pikuk kota yang moderen tidak ada disini, sirna dalam sekejap. Dengan desain yang natural dengan bak ikan besar disamping pondok-pondok makan itu menambah keindahan dan ketentraman saat berada di gubuk makan ini.

Hidangan Seafood menjadi andalan wisata masakan solo ini. Menu makan yang siap terhidang antara lain berupa cah kangkung, tahu dan tempe goreng, ikan goreng crispy, ayam kampung goreng, udang asam bagus. Dan juga sambal super pedas sudah pasti tersedia di setiap menu yang ada di kota Surakarta ini.

Alamat : Jalan Ahmad Yani KM 7, Pabelan, Kartasura, Dusun IV, Makamhaji, Kec. Kartasura, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 10.00 – 21.00.

Harga per Orang: Rp 100.000-Rp 200.000

  1. Warung Orange Solo

Orange, kuliner soloyang orange cerah dari luar namun putih elegand di dalamnya
Dekorasi ruang yang artistik. Image via: tripadvisor.co.uk

Simak juga: aneka wisata masakan Surabaya.

Warung orange sebuah lokasi kuliner Solo yang didesain dengan kreatifitas tinggi. Cukup mudah menemukan Warung Orange, dengan cat dinding warna orange yang menghiasi dinding depan bangunan. Memebuatnya menjadi menonjol. Meski tempatnya cukup kecil, namun suasananya sangatlah cozy

Pengunjung yang menginginkan tempat foto ala selebgram, cafe ini menyediakan beberapa spot dengan detail yang unik dan tentu menarik sebagai latar foto. Seperti namanya, penampakan resto ini berwarna orange bergaya Prancis. Sedangkan interiornya mengusung tema vintage.

Resto ini menyediakan kuliner western food, specially kuliner Italia, Mexico dan Amerika.  Varian menunya ada banyak, mulai dari pizza, sandwich, taco, churros, pasta, chicken, fish, lamb, beef. Tersedia Pizza Quesadilla, Beef Enchiladas, Chitato Mac, Buffalo Chicken Tacos dan lain-lain.

Alamat : Jl. Kapten Mulyadi No.225, Ps. Kliwon, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 10.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Bale Padi Resto Solo

bale padi, kuliner solo yang menonjolkan kekuatan suasana makan yang menyatu dengan alam pedesaan
Saung tepi sawah. Image via: wisatadanhotelmurah.com

Bale Padi merupakan salah satu lokasi dijadikan tujuan wisata kuliner Solo. Bangunan ini berbentuk seperti rumah panggung dengan nuansa tradisional. Letaknya di tengah hamparan sawah dan dilengkapi dengan banyak sekali akomodasi membuat kawasan ini semakin nyaman dinikmati bersama keluarga.

Uniknya lagi, masakan solo Bale Padi menyediakan dua konsep kuliner berbeda dalam sehari. Dari pukul 8 pagi sampai 3 sore tersaji masakan Jawa. Selanjutnya mulai pukul 3 sore sampai tutup, disediakan sajian seafood dan Chinese Food.

Menu yang disediakan beragam, mereka menunjukkan aneka macam makanan jawa, seperti sayur tumis tahu, oseng tempe pare, tahu sawi putih, pepaya chacha, empal gepuk, gulai kakap dan masih banyak yang kuliner khas jawa lainnya. Sedangkan untuk malam hari dan hari-hari libur ada aneka ikan laut, kepiting, cumi dan seafood lainnya.

Alamat : Jalan Ovensari Raya, Kadilangu, Baki, Sukoharjo, Sawah, Bakipandeyan, Kec. Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 07.00 – 22.00.

Harga per Orang: kurang dari Rp 50.000

  1. Grandis Barn

Grandis Barn, kuliner solo yang memanfaatkan ruang dan keunutngan dari keteduhan disela sela perkebunan jati
Di bawah teduh daun Jati. Image via: ivacanza.co

Resto Grandis Barn yaitu rekomendasi tempat kuliner solo yang berda di dalam perkebunan Jati. Resto memiliki suasana dan nuansa yang berada di country, dalam satu bangunan restaurant yang unik. Resto Grandis Barn terbagi menjadi dua zona yaitu zona coffee shop dan zona restaurant yang dihubungkan zona transisi instagramable.

Interior seperti Barn bergaya country. Area coffee shop tampil lebih kalem untuk nongkrong nyaman sambil ngopi bersama sahabat maupun sobat kantor. Area restaurant yang lebih besar dan terdapat area mezzanine. Area restaurant memperkuat kesan lebih nyaman dan eksklusif, cocok untuk kumpul bersama jamuan makan. Area mezzanine lebih eksklusif, dengan hanya beberapa meja.

Grandis Barn ini mengusung konsep kuliner fusion. Di sini pengunjung bisa menikmati penemuan masakan perpaduan ataupun kolaborasi masakan yang bercitarasa lokal. Salah satunya bisa menikmati Bistik Ayam Tempoe Doeloe, Puding Wedang Ronde dan Es Kedondong Kiamboy.

Alamat : Blukukan Dua, Blulukan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 11.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Eaternity Café

EATernity, kuliner solo dengan desain interior instagramable nan mempesona
Interior Instagramable. Image via: @yoserio_s

Simak Juga: Tempat ngopi instagramable Laja House.

Wisata Kuliner Solo ini sedang hits dan menjadi salah satu daerah nongkrong anak muda di Solo. Eaternity adalah cafe yang mengusung interior semi-industrial. Tempatnya cukup luas dan didominasi dengan meja-meja kayu. Dengan penerangan yang temaram, suasana di dalam cafe ini terasa semakin hangat.

Cafe terdiri dari bangunan dua lantai yang bergaya rustic dan mempunyai materal interior industrial. Di lantai 1, dinding, langit-langit, dan lantainya diberikan sentuhan unfinished.. Beberapa bagian temboknya juga dihiasi mural dan pajangan yang unik. Di lantai 2 masakan solo ini, terdapat ornamen serba kayu yang dipadukan dengan dinding merah.

Cafe Eaternity menyediakan hidangan makanan ala Amerika, Italia dan Indonesia. Menunya dibuat seotentik mungkin dengan menonjolkan bahan homemade.Macam-macam saus seperti mayonaise, yakiniku dan teriyaki di buat sendiri. Roti burger, pasta semua di buat sendiri. Sehingga bahan yang di gunakan pun masih fresh dan enak.

Alamat : Jl. Ir. Soekarno No.27, Bangorwo, Kwarasan, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 11.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Colnd’n Brew

Cold n Brew, lokasi kuliner solo unutk ngopi ngopi santae dan bercengkrama bersama rekan
Interior instagramable Colnd’n Brew. Image via: tripadvisor.com.au

Mengeni kuliner solo tidak hanya sekedar lezat, namun juga harus ibalut dengan daerah yang unik dan nyaman. Cold ‘n Brew, memenuhi kondisi itu. Di bawah jam 3 sore, biasanya di Cold ‘n Brew belum terlalu dipenuhi pengunjung.

Jika ingin sejenak menikmati keheningan, mampu tiba ke kuliner solo ini pada jam 10 atau  11 paginya. Pada jam-jam segitu, pengunjung masih mampu mengisi galeri foto ponsel dengan potret-potret berlatar belakang aneka interior kedai kopi ini.

Tempat nongkrong satu ini mempunyai spesialisasi rainbow coffee art, di mana buih atau foam latte dihias aneka macam warna mirip pelangi. Pewarna yang digunakan pun kondusif alasannya menggunakan bahan-materi khusus masakan.

Selain kopi rainbow coffee art, ada juga kopi lain mirip vietnam drip, french press, V60, bahkan syphon. Ada pula aneka cake, croissant, muffin, dan roti untuk dijadikan sahabat ngopi.

Alamat : Jl. Veteran No.136, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 23.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Sate Buntel Haji Bejo

Sate buntel haji beko, kuliner solo favorit keluarga presidet Jokowi hingga kini
Sate buntel Haji Bejo. Image via: pegipegi.com

Kuliner solo ini sangat populer. Semua tukang becak atau para pedagang kaki lima, semua pasti tahu Sate Buntel Haji Bejo langganan Presiden Jokowi. Rumah makan sate ini terletak di tempat Lojiwetan. Letaknya bukan di tengah kota atau pinggir jalan besar. Harus masuk sedikit ke dalam komplek perumahan.

Yang niscaya daging kambingnya tidak keras, dan aroma bacin kambingnya tipis sekali. Sate buntel  dimakan bersama nasi dan bumbu kecap. Bila ingin cita rasa pedas, bisa meminta sambal rawit merah ulek. Bisa juga dengan gigit klutuk cabe rawit. Uniknya, sate buntelnya dilepas dari bacokan.

Selain Sate Buntel Haji Bejo, pengunjung juga mampu merasakan Tengkleng Haji Bejo. Kuahnya nikmat sekali. Bumbunya tidak pelit rasa di pengecap. Daging dan sumsumnya banyak. Membuat perut kenyang tepat.

Alamat : Jl. Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 07.30 – 17.00.

Harga per Orang: Rp 50.000 – Rp 70.000

  1. Selat Solo Mbak Lies

selat solo mbak lies. kuliner solo tradisional yang mendapats entuhan dari interaksi dnegan budaya eropa di masa lalu
selat solo mbak lies. Image via: solo.tribunnews.com

Simak Juga: Ngopi di ketinggian bumi Kiwari

Lokasi Kuliner Solo Warung Selat Mbak Lies di erat dengan dari Keraton Kasunanan Surakarta. Meski berada di dalam gang kecil, Warung Selat Mbak Lies selalu ramai pembeli. Apalagi pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, maupun saat musim liburan.

Sesuai namanya, warung selat milik Ny  Lilies ini mengandalkan menu Selat Solo. Selat Solo adalah hidangan Jawa yang memiliki pengaruh Eropa. Makanan ini terdiri dari daging sapi has luar yang direbus dalam kuah encer  terbuat dari bawang putih, cuka, kecap cantik, kecap Inggris, air serta dibumbui pala dan merica.

Kuliner solo ini disajikan dengan telur rebus dan sayur-sayuran seperti buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, dan wortel. Juga, ditaburi keripik kentang dan ditambahkan sedikit moster atau mayones. Hidangan ini juga sering disebut sebagai Bistik Jawa, walaupun hidangan tersebut mengandung lebih sedikit kuah.

Alamat : Jalan Veteran, Gg. 2 No.42, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 08.00 – 18.00.

Harga per Orang: kurang dari Rp 50.000

  1. Cafe Tiga Djeret

tiga-tjeret, kuliner solo yang mengedepankan konsep angkringan dalam desain ruang maupun tata cara pelayanan pelanggan
Cafe Tiga Djeret. Image via: yukpiknik.com

Kuliner Solo satu ini merupakan cafe yang mengambil konsep dari angkringan. Penamaan 3 tjeret diambil dari identitas angkringan yang biasanya selalu ada tiga ceret di atas anglo. Café ini nyaman, sehingga pengunjung bisa mengajak keluarga berkunjung gotong royong makan malam di kafe itu.

Desain interior cafe berkonsep urban yang menarik bagi Kawula Muda. Setelah menentukan tempat duduk, layaknya angkringan, pengunjung bisa menentukan masakan sendiri yang ingin dimakan. Setelah memilih masakan, gres menuju meja kasir untuk membayar sekaligus memilih minuman

Untuk sajian makanan disediakan hidangan tradisional seperti Sate usus, ampelas, tahu hingga tempe mendoan. Untuk minuman ada beberapa jenis minuman hangat dan dingin seperti lemon tea, wedang Café, hingga wedang Cafe Tiga tjeret yang merupakan menu spesial.

Alamat : Jl. Ronggowarsito No.97, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : setiap hari, pukul 11.00 – 00.30.

Harga per Orang: kurang dari Rp 50.000

Itulah sebelas tempat makan istimewa dengan hidangan istimewa yang cocok anda kunjungi saat bertualang kuliner di Area Sola. Selamat bertualang dalam Rasa.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni