12 Daerah Ngabuburit Di Jogja Yang Cocok Untuk Anak Muda

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”29148″
data-slug=””>

4
/
5
(
3

votes

)

Menunggu waktu berbuka puasa di Jogja mampu menjadi pengalaman paling mengesankan dan juga mengasyikkan alasannya adalah di kota gudeg ini ada banyak sekali tersedia daerah ngabuburit yang asyik.

Sederet spot-spot menarik di Jogja ini sendiri ada yang merupakan objek wisata, situs sejarah, pasar kuliner, masjid, daerah tongkrongan, cafe maupun ikon kota.

Nah, pada kesempatan kali ini kami telah mereview sejumlah kawasan ngabuburit rekomendasi 2020 di Jogja yang cocok untuk dikunjungi. Apa saja namanya? Berikut ulasannya.

1. Alun Alun Kidul

foto by wisata-tanahair.com

Alamat: Jln.Alun-alun Kidul, Patehan, Kraton, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Dibangun sebagai landmark Jogja, Alun-alun yang berlokasi di tengah kota ini juga selalu menjadi salah satu spot menarik untuk dikunjungi bersama keluarga sembari menunggu waktu berbuka tiba.

Dengan suasana yang nampak begitu asri dan tak pernah sepi pengunjung membuat Alun-alun menjadi daerah asyik buat bertukar cerita baik itu sama keluarga maupun komunitas dan pacar.

Selain lokasinya yang strategis, banyak pedagang kuliner murah di sekitarnya, tempatnya juga cocok dijadikan sebagai arena untuk bermain sepeda.

2. Jalan Malioboro

foto by merdeka.com

Alamat: Jln.Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Mendengar nama jalan Malioboro, siapa tak kenal spot yang satu ini. Salah satu destinasi primadona dan favorit baik bagi masyarakat maupun wisatawan sepanjang kurun.

Tak hanya keluarga saja, banyak juga anak-anak muda yang ingin mencari tempat hang out datang berkunjung kesini, entah itu untuk berburu buah tangan, aksesoris, pakaian, kuliner atau jalan-jalan.

Spot populer yang selalu dipadati pedagang kaki lima ini tak pernah sepi pengunjung, jadi tak heran jika lokasi tersebut dinobatkan sebagai salah satu daerah ngabuburit paling seru untuk semua umur.

3. Masjid Kauman

foto by dreamgedejogja.blogspot.com

Alamat: Jln.Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Masjid Gedhe Kauman yang berada di kawasan Gondomanan ini juga merupakan salah satu destinasi ngabuburit favorit warga Jogja dan sekitarnya loh.

Selain untuk sekedar bersantai menanti bedug, banyak orang datang berkunjung kesini untuk melakukan berbagai kegiatan religi mirip berdzikir, membaca Al-quran atau mendengar ceramah.

Nah, bagi yang beruntung, masjid ini selalu membagikan takjil berupa gulai kambing kepada setiap pengunjungnya dan biasanya acara tersebut diadakan setiap hari kamis selama bulan Ramadhan.

4. Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman

foto by teamtouring.net

Alamat: Gang Pasar Tiban, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Tak jauh dari Masjid Gedhe, ada sebuah spot yang hanya terkenal dikala Ramadan saja dan biasanya dikenal dengan nama Kampung Ramadhan Kauman.

Kampung Ramadhan Kauman yang populer sebagai salah satu saksi peradaban islam di Jogja ini setiap tahunnya selalu mengadakan bazaar makanan atau takjil yummy untuk menu berbuka.

Meskipun lokasinya masuk dalam gang kecil namun pasar sore tersebut selalu diserbu oleh para pelaku ngabuburit yang ingin berburu masakan maupun minuman untuk berbuka.

5. Kawasan Lembah UGM

foto by eatjogja.com

Alamat: Bulaksumur, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Kawasan Lembah UGM yang terletak di lokasi strategis dan mudah dijangkau ini terkenal sebagai salah satu daerah ngabuburit paling favorit semua masyarakat Jogja.

Lokasinya yang bersih dan erat dengan masjid tentunya menjadi laba tersendiri bagi para pengunjung, karena tak perlu bolak-balik ke rumah jikalau ingin sholat maghrib.

Disamping itu, spot terkenal yang selalu diburu setiap bulan Ramadhan ini juga selalu menyediakan beraneka macam kuliner lokal misalnya mendoan, sup buah, es tebu dan masih banyak lagi.

Terlebih lagi, di daerah tersebut kita juga akan menemukan aneka varian makanan dari beberapa negara asing mirip sosis bakar Jerman, kimbab ala korea, roti cane dari India dan lain sebagainya.

6. Pasar Dadakan Jalan Kaliurang

foto by blogunik.com

Alamat: Jln.Kaliurang, Kab.Sleman, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Hampir sama dengan Kampung Ramadhan Kauman, Pasar dadakan Jalan Kaliurang tersebut juga hanya buka dikala sore setiap bulan rahmat saja.

Tak hanya memberikan kuliner dan takjil khas bulan Ramadhan saja namun di lokasi ini kita juga mampu menemukan banyak sekali kuliner dari luar kawasan bahkan dari beberapa negara aneh.

Bagi yang tidak ingin menguras isi dompet untuk berburu takjil, berkunjung ke Pasar dadakan ini boleh juga ya. Selain ngabuburit jadi terasa seru, tentunya kantong juga tak akan bocor.

7. Bukit Bintang

foto by alodiatour.com

Alamat: Kec.Patuk, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Bagi yang mendambakan suasana romantis sama pacar, maka berkunjung ke Bukit Bintang Hargo Dumilah di daerah Gunung Kidul yaitu alternatif pilihan paling tepat.

Meskipun warung pedagang masakan tak banyak ditemukan disini namun dengan pemandangan yang sangat indah dari kota Jogja menciptakan moment ngabuburit menjadi sangat seru dan asyik.

8. Candi Ratu Baka

foto by tempatwisataindonesia.id

Alamat: Jln.Raya Priyungan-Prambanan KM.02, Bokoharjo, Kab.Sleman, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Berjarak sekitar 3 KM dari komplek Candi Prambanan, Situs Ratu Baka juga menjadi kawasan yang kerap dijadikan sebagai lokasi ngabuburit favorit oleh masyarakat Jogja dan sekitarnya.

Disini, tak hanya keindahan Candi Ratu Baka saja yang bisa dinikmati namun tempat tersebut juga populer sebagai salah satu spot keren untuk menyaksikan matahari terbenam(sunset).

9. Alun Alun Wates

foto by atmago.com

Alamat: Terbah, Wates, Kab.Kulon Progo, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Bagi yang sedang mencari tempat ngabuburit di tempat kulon Progo, maka berkunjung ke Alun-alun Wates bisa menjadi rekomendasi paling tepat.

Tak kalah seru dengan Alun-alun Jogja, di tempat ini kita juga mampu melakukan beraneka kegiatan untuk mengisi waktu ngabuburit contohnya berolahraga, bermain skateboard, basket dan lainnya.

Jika ingin berburu takjil, kita juga tak perlu repot alasannya adalah di sekitar spot tersebut juga akan hadir para pedagang kuliner maupun minuman ringan.

10. Taman Kota Wonosari

foto by dilokasi.com

Alamat: Jln.Masjid, Kepek, Purbosari, Wonosari, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Taman Kebon Dalem atau dikenal juga dengan Taman Kota Wonosari ialah satu daerah menarik selanjutnya yang bisa kita kunjungi untuk menghabiskan waktu ngabuburit.

Ngabuburit disini kita mampu mengajak si buah hati bermain di area permainan, meskipun fasilitasnya masih sangat terbatas namun lokasi tersebut cukup asyik untuk berkumpul bersama keluarga.

11. Sindu Kusuma Edupark

Alamat: Jln.Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kab.Sleman, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Bagi yang ingin menikmati keseruan ngabuburit sambil bermain aneka permainan, berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark(SKE) di jalan Jambon yakni jawabannya.

Pasalnya, di kawasan tersebut kita mampu mengajak keluarga maupun sobat dan juga pasangan bermain banyak sekali wahana maupun berswa foto di spot kerennya sembari menanti adzan maghrib.

12. Taman Pelangi

Alamat: Jln.Ringroad Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Tempat ngabuburit rekomendasi terakhir yang juga patut dijadikan sebagai tumpuan yaitu Taman Pelangi di jalan Ringroad Utara kawasan Sleman.

Taman yang berada di daerah Monumen Jogja ini hadir menyuguhkan spot keren dengan dihiasi aneka rangkaian lampion warna-warni.

Tentunya dengan keunikan serta keindahan pemandangan, tak heran banyak pengunjung bahagia berkunjung kesini baik itu untuk sekedar berswa foto, jalan-jalan sore sembari menanti bedug.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni