12 Daerah Ngabuburit Di Kawasan Solo Yang Asyik

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”29375″
data-slug=””>

4.5
/
5
(
4

votes

)

Ketika bulan suci Ramadhan datang, ngabuburit atau sebuah acara menunggu waktu adzan maghrib tiba mampu dikatakan menjadi satu primadona yang ditunggu-tunggu oleh orang banyak.

Pasalnya, acara tersebut mampu menjadi kesempatan bagi kita untuk berkumpul bersama keluarga mapun sobat sambil berkunjung ke satu kawasan tertentu sembari menunggu waktu berbuka datang.

Di Indonesia sendiri, hampir semua kota pasti mempunyai daerah ngabuburit masing-masing. Tak terkecuali dengan kota Solo atau Surakarta yang berada di Jawa Tengah ini.

Berbagai jenis dan kategori destinasi ngabuburit bisa kita temukan di kota penghasil Batik tersebut, kita mampu memilih dan menikmati sesuai dengan cita-cita hati.

Dan untuk membantu menemukan mana saja tempat yang cocok buat ngabuburit baik itu bersama keluarga maupun teman, berikut ini kami telah sajikan review lengkap beserta alamatnya.

1. Gladag Food Center

foto by tribunnews.com

Alamat: Jln.Jenderal Sudirman, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Lokasi pertama yang wajib kita kunjungi ketika bulan suci Ramadhan datang di kota Solo yaitu Gladag Langen Bogan (Galabo) di kawasan Pasar Kliwon tepatnya di daerah Kedung Lumbu.

Meskipun pada siang hari spot hits ini terlihat begitu sepi namun pada ketika sore datang maka area Galabo tersebut akan sangat ramai dikunjungi banyak orang yang ingin berburu takjil-takjil lezat.

Maka dari itu, masyarakat kota Solo akan tiba berbondong-bondong menuju Galabo ini sambil jalan santai sekaligus berburu hidangan berbuka bahkan juga sampai menggelar buka bersama di sini.

Di samping itu, dengan ketersediaan akses wifi gratis di lokasi tersebut semakin membuat para pengunjung menjadi betah berlama-lama di Galabo untuk menghabiskan sore mereka.

2. Taman Balekambang

foto by travelingyuk.com

Alamat: Jln.Balekambang No.01, Kel.Manahan, Kec.Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Selain Galabo, masyarakat kota Solo juga sering berkunjung ke Taman Balekambang untuk mengisi acara ngabuburit sambil menanti waktu berbuka datang.

Taman kota hijau yang mempunyai luas sekitar 10 hektar ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tanggal 26 Oktober 1921 silam dimana spot ini dipersembahkan untuk kedua putri tercintanya.

Tak hanya mempunyai pemandangan yang elok, ruang terbuka hijau ini bahkan telah di bekali sederet fasilitas untuk memenuhi fungsinya sebagai taman seni, budaya, botani, rekreasi dan juga edukasi.

3. Taman Sekartaji

foto by solo.tribunnews.com

Alamat: Jln.Tentara Pelajar No.77, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Selain Taman Balekambang, masyarakat kota Solo juga bahagia menghabiskan waktu sore mereka dengan berkunjung ke ruang terbuka hijau di jalan Tentara Pelajar nomor 77 ini.

Dan berdasarkan masyarakat Solo, taman yang diresmikan oleh Bapak Joko Widodo ini diklaim sebagai salah satu ruang terbuka hijau paling glamor di kota keraton tersebut.

Berlokasi di pinggir kali Anyar dekat dengan Rumah sakit Dr.Oen menciptakan Taman Sekartaji tersebut menjadi mudah diakses. Makara tak heran jikalau pada hari biasapun spot ini akan selalu ramai dikunjungi.

4. Pabelan

Alamat: Jln.Ahmad Yani, Mendungan, Pabelan, Kartasura, Kab.Sukoharjo, Surakarta, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Terletak di daerah kampus Muhammadyah ternama di kota Surakarta menciptakan daerah yang satu ini menjadi salah satu spot ngabuburit paling ramai dikunjungi oleh bawah umur muda.

Ramainya daerah ini bukan hanya alasannya banyaknya pengunjung namun kehadiran dari puluhan pedagang barang maupun kuliner juga turut memeriahkan spot satu ini.

Bagi yang ingin berburu aneka kuliner lezat untuk santapan berbuka, maka tak ada salahnya untuk berkunjung ke sekitar lokasi tersebut.

5. Gerbang Institut Seni Indonesia

foto by solophotogallery.blogspot.com

Alamat: Jln.Ki Hajar Dewantara No.19, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Terkenal sebagai salah satu kota studi di Indonesia dan memiliki banyak kampus terkenal, tak heran jika hampir sebagian besar daerah tongkrongan di Solo ini kebanyakan berada di daerah mahasiswa.

Setelah Pabelan, tempat ngabuburit asyik berikutnya yang letaknya berada di sekitaran area kampus yaitu Gerbang Institut Seni Indonesia di jalan Ki Hajar Dewantara 19.

Jika bulan rahmat sudah tiba, gerbang kampus yang mirip mirip bahtera tersebut akan selalu ramai dikunjungi setiap harinya, bukan hanya dari kalangan bawah umur muda saja namun ada juga keluarga.

6. Ngarsopuro Night Market

foto by tempatwisata.student.umm.ac.id

Alamat: Jln.Diponegoro, Kel.Keprabon, Kec.Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Bagi yang ingin menghabiskan ngabuburit, weekend bersama pasangan ataupun keluarga di pasar malam Ngarsopuro di daerah Banjarsari mampu dijadikan pilihan destinasi juga loh.

Ngabuburit di tempat tongkrongan anak muda kota Solo ini bakal lebih berkesan alasannya kita akan dihibur dengan sederet event menarik seperti festival clothing, jenang atau program lainnya.

Selain menikmati event yang diadakan, di Night Market ini kita juga bisa berburu kuliner khas kota Solo atau bahkan bersantai sambil internetan gratis .

7. Stadion Manahan

foto by medcom.id

Alamat: Jln.Adi Sucipto No.01, Kel.Manahan, Kec.Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Pilihan destinasi ngabuburit lainnya di kota Solo yang bisa kita kunjungi yaitu Stadion Manahan, sebuah ikon pujian masyarakat kota Surakarta.

Stadion Manahan tersebut menjadi salah satu kawasan ngabuburit paling pas buat mereka yang aktif mengisi waktu sorenya dengan bermacam-macam aktivitas menyehatkan fisik seperti jogging atau basket.

Bagi yang punya hobi bermain skateboard dan ingin membuatkan talenta di bidang tersebut, maka berkunjung sambil ngabuburit bersama komunitas BMX di Solo ini ialah pilihan paling sempurna.

8. Alun-Alun Kidul

foto by solo.tribunnews.com

Alamat: Jln.Gading, Gajahan, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Sama mirip beberapa kota lainnya, Alun-alun yang merupakan landmark ini akan selalu menjadi salah satu kawasan ngabuburit favorit di hati setiap masyarakat.

Mirip seperti Alun-alun di Jogja, landmark tempat Solo ini juga memiliki beringin kembar. Hanya saja di sini tak ada ritual masangin mirip yang dilakukan di kota gudeg Yogyakarta.

Bagi yang ingin ngabuburit, Alun-alun kidul ini bisa dikatakan kawasan paling pas baik itu untuk sekedar bersantai maupun berburu aneka takjil.

9. Kawasan Universitas Sebelas Maret

foto by solo.tribunnews.com

Alamat: Jln.Ir.Sutami No.36 A, Pucangsawit, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Selain Pabelan dan Gerbang Institut Seni Indonesia, tempat kampus Universitas Sebelas Maret ini juga menjadi salah satu kawasan ngabuburit paling ramai dikunjungi terutama kawula anak muda.

Tak hanya sekedar nongkrong kalem saja, di tempat kampus ini kita juga bisa berwisata kuliner untuk sajian berbuka dengan harga murah meriah ala kantong mahasiswa.

10. Stasiun Purwosari

foto by kompasiana.com

Alamat: Jln.Slamet Riyadi, Purwosari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Memilih ngabuburit di pinggiran rel kereta api, mengapa tidak? Seperti halnya yang dilakukan masyarakat Solo ini mampu dibilang cukup unik loh.

Saat bulan ampunan, banyak belum dewasa hingga orang sampaumur memilih untuk memadati area pinggiran rel kereta api sebagai destinasi ngabuburit baik itu untuk berburu masakan atau sekedar nongkrong.

11. Monumen Patung Gladak

foto by traveltodayindonesia.com

Alamat: Jln.Brigjen Slamet Riyadi, Pasar Kliwon, Surakarta

Map: Klik Disini

kawasan ngabuburit berikutnya yang juga cukup seru dan selalu ramai dikunjungi adalah Monumen Patung Gladak di jalan Brigjen Slamet Riyadi.

Terletak di lokasi yang strategis dan gampang di terusan menciptakan masyarakat kota Solo memilih spot ini sebagai daerah untuk menghabiskan sore sembari menunggu waktu berbuka.

12. Taman Sriwedari

Alamat: Jln.Brigjen Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan, Surakarta

Map: Klik Disini

Beranjak sedikit dari Patung Slamet Riyadi, ada sebuah tempat ngabuburit keluarga yang juga selalu ramai dan cukup menarik untuk dikunjungi di saat bulan pahala, ialah Taman Sriwedari.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni