12 Daerah Ngabuburit Di Surabaya Yang Seru Dan Yummy

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”29177″
data-slug=””>

5
/
5
(
4

votes

)

Tak kalah seru dengan Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, kota Pahlawan Surabaya juga menyimpan segudang destinasi wisata yang menyenangkan untuk dijadikan sebagai daerah ngabuburit.

Sembari menanti adzan maghrib, bagi yang menetap ataupun sedang berkunjung ke Surabaya tapi masih gundah ingin ngabuburit dimana, hening saja.

Berikut kami telah merangkum sejumlah spot menarik di kota Surabaya yang tak hanya menunjukkan keseruan namun juga akan memberi pengalaman paling berkesan di momen bulan ampunan 2020 ini.

1. Taman Bungkul

foto by jokka2traveller.com

Alamat: Jln.Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Sama halnya dengan Bandung yang mempunyai sederet ruang terbuka hijau untuk dijadikan sebagai daerah ngabuburit, Surabaya juga punya, namanya yakni Taman Bungkul.

Lokasi yang selalu ramai dikunjungi setiap hari ini bukanlah sembarang ruang terbuka hijau biasa namun juga merupakan salah satu taman terbaik di Asia berdasarkan PBB.

Disamping itu, taman asri yang dikelilingi pemandangan hijau dan udara sejuk ini bukan hanya saja memperlihatkan tempat rekreasi namun juga pendidikan sampai budaya bisa dipelajari disini.

Selain itu disini kita juga mampu mengisi agenda ngabuburit dengan sejumlah kegiatan menarik seperti berolah raga, wisata ziarah, bermain wahana hingga internetan sepuasnya dengan fasilitas free wifi.

Jika waktu berbuka telah tiba, kita juga tak perlu kebingungan alasannya adalah di sekitar taman tersebut juga banyak ditemukan warung-warung makanan dengan harga relatif terjangkau.

2. Jembatan Suramadu

foto by properti.kompas.com

Alamat: Jln.Tol Suramadu, Wedi, Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Jembatan Suramadu yang menghubungkan batas pesisir Surabaya dan Pulau Madura ini juga masuk sebagai salah satu kawasan ngabuburit paling asyik loh.

Saat bulan Ramadhan tiba, sepanjang kaki jembatan ini akan selalu ramai dikunjungi mulai dari muda mudi hingga keluarga yang mengajak serta anak-anaknya.

Dan biasanya untuk mengisi kegiatan ngabuburit, mereka yang tiba berkunjung ke spot ini selalu menentukan mengabadikan setiap momennya apalagi ketika lampu Jembatan dinyalakan.

3. Pakuwon City

Alamat: Kejawan Putih Tamba, Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Nah, bagi para penggemar kuliner berat, maka berkunjung ke Pakuwon City di daerah Mulyorejo berdua bareng pacar atau bersama keluarga yaitu solusi paling bijak.

Kawasan ini bentuknya hampir sama dengan Kota Tua di Jakarta dan biasanya tempat tersebut akan selalu ramai dikunjungi oleh muda-mudi, pasangan sampai keluarga.

4. Masjid Sunan Ampel

foto by abiummi.com

Alamat: Jln.Petukangan I, Ampel, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Bagi yang sedang mencari daerah ngabuburit lezat untuk beribadah di kota Surabaya? Datang saja ke Masjid Sunan Ampel di jalan Petukangan I kawasan Semampir.

Bisa dibilang Masjid ini menjadi pilihan yang paling pas untuk menantikan adzan maghrib sembari mengikuti aneka macam kegiatan religi.

Selain untuk mengikuti aktivitas agama, kita juga mampu mengisi agenda ngabuburit dengan berburu masakan yummy buat hidangan berbuka puasa ataupun berbelanja oleh-oleh khas daerah Ampel.

5. Pasar Ramadhan Masjid Agung Al-Akbar

foto by kominfo.jatimprov.go.id

Alamat: Jln.Masjid Al-Akbar Utara No.01, Jambangan, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Bagi yang sedang kebingungan mencari daerah untuk berburu takjil, jalan-jalan ke Pasar Ramadhan Masjid Agung Al-Akbar di kawasan Jambangan ialah solusi paling direkomendasikan.

Segala macam aneka masakan khas Surabaya hingga Padang bisa kita temukan di Pasar yang hanya buka di bulan Ramadhan ini dengan harga cukup murah.

Lokasinya yang strategis dan berada dekat dengan masjid tentunya menjadi salah satu keuntungan bagi para pengunjung, karena kita tidak perlu lagi mondar mandir untuk sholat maghrib.

6. Masjid Muhammad Ceng Ho

foto by merahputih.com

Alamat: Jln.Gading No.02, Ketabang, Genteng, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Ngabuburit ke Masjid Muhammad Ceng Ho di jalan Gading nomor 02 di kota Surabaya ini juga bisa menjadi kegiatan paling mengasyikkan sekaligus menyenangkan.

Didominasi dengan warna merah, kuning dan hijau membuat bangunan masjid Muhammad Ceng Ho tersebut lebih menyerupai Klenteng.

Selain itu, masjid yang dibangun dengan mengusung konsep perpaduan dari China, Timur Tengah dan Jawa ini juga menjadi kawasan paling cocok untuk memperdalam ilmu agama kita.

7. Monumen Kapal Selam

foto by travel.kompas.com

Alamat: Jln.Pemuda No.39, Embong, Genteng, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Monumen Kapal Selam atau Monkasel yang berada di jalan Pemuda nomor 39 daerah Genteng ini juga turut menjadi salah satu kawasan ngabuburit favorit pilihan warga Surabaya.

Di kapal yang dulunya bertugas menjaga kedaulatan NKRI ini, kita bisa mengisi waktu ngabuburit dengan berwisata sejarah sembari berswa foto di Ruang Haluan Torpedo.

8. Suroboyo Carnival Park

foto by surabayarek.com

Alamat: Jln.Ahmad Yani No.333, Dukuh, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Ngabuburit sambil menjajal banyak sekali wahana permainan di Suroboyo Carnival Park tentu akan sangat mengasyikkan dan seru bukan?

Sejumlah wahana mampu kita mainkan disini sembari menanti adzan seperti bumper car, Cinema 4D, keliling Angkasa, Galeri Angkut, Art and Wax House dan lain sebagainya.

Jika waktu berbuka datang, tak perlu hingga harus keluar dari daerah alasannya adalah kita juga bisa menyantap varian masakan dan minuman yang tersedia di food court Theme Park Suroboyo tersebut.

9. Taman Persahabatan

foto by travelbos.id

Alamat: Jln.Dr.Soetomo No.84.92, Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Taman yang menjadi saksi persahabatan antara Indonesia dan Korea di kawasan Tegalsari tersebut juga termasuk sebagai salah satu lokasi ngabuburit favorit masyarakat kota Surabaya.

Dengan pemandangan yang begitu asri dikelilingi pepohonan hijau serta telah dibekali sederet fasilitas bermain anak membuat daerah ini cukup asyik untuk berkumpul bersama keluarga kecil.

10. Taman Balai Kota

foto by dolandolen.com

Alamat: Ketabang, Genteng, Surabaya, Jawa Timur

Bagi yang sedang berkunjung ke Surabaya, tak ada salahnya menghabiskan waktu sore hari sembari menanti adzan di Taman Balai Kota atau Taman Surya.

Tak hanya bawah umur saja bahagia bermain air di taman tersebut bahkan muda-mudi juga banyak yang membawa pacarnya untuk ngabuburit bareng disini.

Jika adzan maghrib sudah tiba, kita juga mampu eksklusif berseluncur ke Jalan Walikota Mustajab untuk memburu varian masakan lezat sebagai sajian berbuka.

11. Taman Ekspresi dan Perpustakaan

foto by intaninchan.wordpress.co

Alamat: Jln.Genteng Kali No.67, Genteng, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Nah, bagi yang ingin ngabuburit sambil mengekspresikan karya seni, berkunjung ke Taman Ekspresi dan Perpustakaan di jalan Genteng Kali nomor 67 yakni solusinya.

Sejumlah karya seni kreatif dari barang-barang bekas mulai dari sepeda, vespa sampai roda akan kita temukan disepanjang kawasan Ekspresi tersebut.

Selain itu, untuk menghabiskan waktu sore menunggu adzan kita juga bisa ngadem dibawah pohon yang rindang sambil bertukar dongeng dengan teman.

12. Taman Lansia

Alamat: Jln.Kalimantan No.12, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Taman Lansia yang berlokasi di jalan kalimantan ini juga termasuk sebagai salah satu kawasan favorit masyarakat baik itu untuk rekreasi, hang out, olahraga hingga ngabuburit.

Sesuai dengan namanya, spot bagus satu ini memang menyediakan sebuah area olah raga berupa bebatuan kecil untuk refleksi telapak kaki dan dikhususkkan bagi orang bau tanah yang lanjut usia(lansia).

Selain untuk lansia dan keluarga, keindahan pemandangan taman tersebut juga cukup menarik bila kita gunakan sebagai kawasan hunting foto keren.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni