12 Tempat Ngabuburit Di Kota Semarang Yang Cocok Untuk Bersantai

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”29314″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Tak kalah dengan kota lainnya, Semarang juga mempunyai banyak sekali daerah-daerah anggun yang menarik untuk dijadikan sebagai destinasi ngabuburit baik itu objek wisata hingga pasar masakan.

Bagi warga maupun wisatawan yang sedang bertandang ke kota Semarang, berikut ini kami telah ulas sederet kawasan ngabuburit rekomendasi terbaik untuk kita kunjungi di bulan ramadhan 2020.

1. Kawasan Simpang Lima

foto by jatengtoday.com

Alamat: Jln.Simpang Lima, Pleburan, Semarang Selatan, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Lokasi ngabuburit pertama yang harus kita tuju ketika sedang berada di kota Pelajar yaitu Kawasan Simpang Lima di sekitar tempat Pleburan.

Berbicara mengenai Simpang Lima, siapa tak kenal dengan daerah objek wisata tersebut. Hampir setiap wisatawan yang pernah bertandang ke kota Semarang mampu dipastikan mengenal kawasan ini.

Kawasan yang dikenal sebagai ikon wisata kuliner dan berlokasi di tengah kota ini termasuk sebagai salah satu daerah asyik buat ngabuburit oleh masyarakat sekitarnya.

Lokasinya yang strategis, mudah untuk dijangkau dan berdekatan dengan masjid Raya Baiturrahman serta tempat kuliner menciptakan orang memilih daerah ini untuk menunggu waktu adzan maghrib.

2. Masjid Agung Jawa Tengah

foto by semarangwingkorolls.net

Alamat: Jln.Gajah Raya, Sambirejo, Semarang, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Selain tempat Simpang Lima, daerah yang asyik dan yummy buat ngabuburit selanjuntnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di jalan Gajah Raya daerah Sambirejo.

Masjid Agung yang mengusung konsep perpaduan antara Arab dan Jawa Tengah ini menampilkan kemegahan arsitektur bangunan, tak heran jika banyak orang betah menunggu bedug disini.

Dan di dalam daerah masjid ini sendiri ada beberapa objek menarik yang bisa kita jadikan sebagai kawasan ngabuburit baik itu bersama keluarga maupun teman, salah satunya yakni menara.

Bila waktu berbuka tiba, kita mampu berburu kuliner di pintu gerbang masjid. Disini ada berbagai tersedia hidangan berbuka yang yummy mirip nasi kucing, soto, gudeg, bakso dan lain sebagainya.

3. Masjid Agung Kauman

foto by myimage.id

Alamat: Jln.Aloon-Aloon Bar No.11, Bangunharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Nah, bagi yang ingin ngabuburit sambil berwisata sejarah dan religi, maka berkunjung ke Masjid Agung Kauman di daerah Bangunharjo dekat Pasar johar ini akan menjadi pilihan paling tepat.

Selain berwisata sejarah maupun religi, daerah tersebut juga menjadi lokasi paling sempurna untuk menerima aneka takjil, mulai dari gorengan sampai masakan berat semua tersedia disini.

Untuk sekedar isu, spot terkenal yang bangun semenjak periode ke-16 ini termasuk sebagai salah satu masjid bersejarah dan tertua loh di Semarang.

4. Jalan Pahlawan

foto by jateng.tribunnews.com

Alamat: Jln.Pahlawan, Semarang, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Destinasi yang asyik dan yummy buat ngabuburit berikutnya baik itu bersama pacar maupun keluarga dan juga sobat ialah jalan Pahlawan.

Saat bulan Ramadhan datang, jalan penghubung menuju Simpang Lima ini akan selalu ramai dipadati mulai dari muda-mudi hingga keluarga yang mengajak anak-anaknya.

Banyak kegiatan mampu kita lakukan disini sembari menunggu adzan berkumandang mulai dari bermain sepatu roda, naik sepeda, berburu takjil atau hanya sekedar duduk santai saja sambil bertukar dongeng.

5. Waduk Jatibarang dan Goa Kreo

foto by dakatour.com

Alamat: Jln.Jatibarang, Kedungpane, Semarang, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Lokasi favorit buat ngabuburit selanjutnya yaitu Waduk Jatibarang dan Goa Kreo (pulau monyet) yang terletak di sekitar kawasan Kedungpane.

Di bendungan ini kita akan menemukan jembatan dengan model arch bridge berwarna merah dan cukup menawan yang mana berguna untuk menghubungkan daerah parkir menuju Goa Kreo.

Sembari menuruni puluhan anak tangga menuju jembatan, kita juga bisa berfoto-foto disana. Dan sesampainya di Goa Kreo, siap-siap ya untuk disambut sama simpanse.

6. Pantai Marina

foto by jateng.tribunnews.com

Alamat: Jln.Yos Sudarso, Komp.PRPP, Tawang Sari, Kota Semarang, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Ngabuburit sambil menikmati keindahan sunset, mengapa tidak? Coba saja dulu datang ke Pantai Marina di komplek PRPP di jalan Yos Sudarso.

Meskipun di pantai ini tak ada jajanan kuliner namun lokasi tersebut merupakan tempat paling pas untuk menikmati keindahan langit jingga di sore hari disertai angin sepoi-sepoi dan deburan ombak.

Ngabuburit di pantai Marina ini menciptakan pikiran jadi lebih adem dan tenang. Makara tak heran kalau objek tersebut menjadi tempat tongkrongan yang tak pernah sepi pengunjung.

7. Banjir Kanal Barat

foto by travelingyuk.com

Alamat: Jln.Gedung Batu Timur No.203G, Ngemplak, Simongan, Kota Semarang, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Jika sebelumnya Kanal Barat ini hanya berfungsi untuk mencegah banjir, namun sekarang telah bermetamorfosis daerah ngabuburit paling favorit belum dewasa muda dan warga setempat.

Tempatnya yang luas, indah, higienis serta dihiasi dengan lampu kelap-kelip disekitar area jembatan sehingga tampak lebih cantik membuat para pengunjung betah berlama-usang disini.

Tak hanya sekedar kawasan duduk kalem saja, area Banjir Kanal Barat ini juga bisa kita manfaatkan sebagai background untuk hunting foto keren menambah koleksi moment ngabuburit.

8. Taman Tabanas

foto by semarangplus.com

Alamat: Jln.Setia Budi No.12, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Bagi yang ingin mengisi aktivitas ngabuburit sembari menikmati keindahan kota Semarang dari ketinggian, coba saja berkunjung ke Taman Tabanas di kawasan Gombel.

Tak hanya menunjukkan keindahan kota saja, taman ini sendiri juga memberikan spot cantik untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam atau sunset.

Menjelang waktu berbuka, kita tak perlu repot mencari makanan kesana-sini sebab di Taman ini akan ada beberapa pedagang kuliner yang menjajakan aneka kuliner dengan harga terjangkau.

9. Taman Menteri Supeno

foto by jateng.tribunnews.com

Alamat: Muggasari, Kota Semarang Selatan, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Tak jauh dari spot populer Simpang Lima, kita juga mampu beranjak ke Taman Menteri Supeno sebagai destinasi ngabuburit berikutnya.

Dilengkapi dengan sederet fasilitas cukup lengkap mirip wahana bermain juga puluhan sepeda hias membuat area yang dikenal sebagai Taman KB ini menjadi kawasan ngabuburit favorit warga sekitar.

10. Kawasan Kota Lama

foto by properti.kompas.com

Alamat: Jln.Letjend Suprapto No.22, Tanjung Mas, Kota Semarang Utara, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Kawasan peninggalan Belanda yang dipenuhi dengan gedung kuno berarsitektur Eropa atau dikenal dengan daerah Kota Lama ini juga termasuk sebagai salah satu daerah ngabuburit favorit loh.

Jalan santai sembari mengabadikan setiap moment dengan kamera kesukaan dan menunggu waktu berbuka datang dijamin akan sangat mengasyikkan.

11. Taman Sri Gunting

Alamat: Jln.Letjend Suprapto, Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Tak jauh dari daerah Kota Lama yang dipenuhi dengan gedung kuno peninggalan Belanda, kita juga bisa mengisi jadwal ngabuburit dengan bergeser ke Taman Srigunting.

Di taman yang luas, rindang dan dekat dengan Gereja Blenduk ini kita mampu berfoto-foto maupun sekedar duduk santai menikmati suasana sore sembari menunggu adzan berkumandang.

Bila adzan sudah berkumandang, kita mampu memilih aneka macam kuliner lezat untuk menu berbuka yang dijual oleh angkringan maupun cafe-cafe bernuansa tempo doeloe di sekitar tempat tersebut.

12. Taman Bendungan Plered

Alamat: Bojongsalaman, Semarang Barat, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

Nah, bagi yang ingin menyaksikan keindahan air disinari matahari sore, duduk kalem di pinggiran Taman Bendungan Plered mungkin akan menjadi moment paling mengesankan apalagi sama pacar.

Dirancang mirip seperti pinggiran sungai Thame di kota London, Inggris menciptakan tempat tersebut sangat pas untuk nongkrong maupun sekedar bersantai bersama keluarga.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni