12 Tempat Ngabuburit Di Malang Yang Asyik Dan Enak

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”29338″
data-slug=””>

5
/
5
(
5

votes

)

Salah satu jadwal khas ketika bulan pahala yang tak lain kita dengar yakni ngabuburit, dimana hal ini pada umumnya dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka tiba.

Beragam aktifitas seru dilakukan untuk mengisi jadwal ini sembari menunggu adzan berkumandang misalnya saja mirip jalan-jalan sore, berburu kuliner sampai berwisata religi ke masjid.

Dan kini kegiatan tersebut menjadi sebuah hal yang tak dapat dipisahkan dari bulan puasa, setiap kota di Indonesia bisa dikatakan sudah pasti mempunyai daerah ngabuburit masing-masing.

Tak terkecuali dengan Malang, di kota Apel tersebut ada berbagai kawasan ngabuburit yang mampu kita kunjungi untuk menghabiskan waktu sore hari sembari menunggu adzan maghrib tiba.

Nah, bagi yang sudah memiliki rencana ingin ngabuburit di Malang, dibawah ini telah kami sajikan review daerah ngabuburit rekomendasi terbaik 2020 di kota tersebut, berikut ulasannya.

1. Alun Alun

foto by ngalam.co

Alamat: Jln.Merdeka Selatan, Kidul Dalam, Klojen, Malang, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Destinasi ngabuburit pertama yang tak bisa dilewatkan dan mungkin wajib untuk dikunjungi adalah Alun-alun di jantung kota, lokasi tepatnya berada di jalan Merdeka Selatan daerah Klojen.

Sebagai landmark kota dan objek wisata yang lokasinya dekat dengan stasiun, tak mengherankan kalau spot tersebut selalu ramai dikunjungi setiap harinya baik itu warga setempat maupun turis ajaib.

Dan pada saat bulan berkat datang maka lokasi tersebut akan ramai dikunjungi sembari menanti waktu berbuka datang baik itu untuk olahraga, menikmati udara sejuk ataupun ingin sekedar berburu masakan.

2. Masjid Tiban

foto by sportourism.id

Alamat: Jln.Anggur, Sananrejo, Turen, Malang City, East Java

Map: Klik Disini

Pada saat bulan Ramadhan datang, maka salah satu daerah yang paling yummy untuk dikunjungi buat ngabuburit yakni kawasan ibadah, sama halnya mirip Masjid Tiban di jalan Anggur kota Malang ini.

Lokasi tersebut sering dijadikan sebagai objek wisata oleh para pelancong alasannya adalah mempunyai desain dan arsitektur yang megah nan unik. Tak heran kalau daerah ini juga kerap dijadikan sebagai spot foto.

Nah, pada ketika bulan mulia datang Masjid Tiban akan selalu ramai pengunjung dimana ada yang ingin memperdalam ilmu agama maupun beristirahat sejenak sembari menunggu waktu berbuka tiba.

3. Alun-Alun Batu

foto by travelingyuk.com

Alamat: Jln.Diponegoro, Sisir, Batu Malang, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Dilengkapi dengan bermacam-macam wahana dan kemudahan serta dihiasi lampu warna-warni, membuat Alun-alun kota Batu tersebut masuk sebagai salah satu daftar daerah ngabuburit paling favorit.

Ditambah lagi kehadiran wahana Bianglala yang berada di lokasi tersebut menciptakan landmark kota tersebut menjadi kawasan paling asyik dan yummy untuk menghabiskan waktu sore sebelum berbuka.

Selain memiliki area cukup strategis, lokasinya yang berdekatan dengan masjid juga menjadi satu keuntungan lebih bagi para pengunjungnya.

4. Masjid Agung Jami’l

foto by wikipedia.org

Alamat: Jln.Merdeka Barat No.03, Kauman, Klojen, Malang, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Satu lagi daerah ibadah yang kerap dijadikan sebagai kawasan menunggu waktu berbuka adalah Masjid Agung Jami’l di jalan Merdeka Barat 03 area Klojen.

Meskipun pada hari biasa masjid tersebut nampak sepi namun jika bulan Ramadhan datang, banyak orang sangat bahagia menghabiskan waktu ngabuburitnya di daerah tersebut.

Salah satu aktivitas menarik yang banyak orang lakukan selain memperdalam ilmu agama yaitu menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam atau sunset dari spot cantik ini.

5. Alun-Alun Tugu

foto by malangtoday.net

Alamat: Jln.Tugu, Kiduldalem, Klojen, Malang City, East Java

Map: Klik Disini

Taman Bundaran yang berlokasi di tengah-tengah kota ini juga termasuk sebagai salah satu daerah ngabuburit favorit warga kota Malang dan sekitarnya.

Meskipun tempatnya tidak begitu luas, namun karena mempunyai lokasi strategis dan menawarkan panorama cukup indah menciptakan banyak orang senang menghabiskan waktu sorenya di area ini.

6. Taman Singha Merjosari

foto by amazingmalang.id

Alamat: Jln.Mertojoyo Selatan No.20, Merjosari, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Meskipun taman Singha Merjosari tersebut mempunyai ukuran terbilang kecil namun tempat ini juga menjadi salah satu destinasi paling banyak diburu oleh pelaku ngabuburit.

Dengan pemandangan hijau yang cukup asri dan dibekali area jogging track, menciptakan masyarakat kota Malang bahagia berkunjung ke area tersebut baik itu untuk sekedar jalan sore maupun olahraga.

7. Jembatan Soekarno Hatta

foto by ngalam.co

Alamat: Jln.Soekarno No.7A, Jatimulyo, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Nah, bagi yang ingin berburu kuliner untuk hidangan berbuka puasa, berkunjung ke Jembatan Soekarno Hatta Jatimulyo yakni jawaban paling sempurna.

Pasalnya, setiap bulan pahala datang maka di daerah tersebut akan dibuka Pasar Ramadhan, yang mana mereka menjual beraneka macam masakan atau takjil lezat buat santapan berbuka.

Tempat tersebut sangat cocok untuk dikunjungi baik untuk sendiri, bersama keluarga, pasangan atau dengan sahabat yang ingin menikmati suasana jalan raya dan pasar ramadhan.

8. Taman Slamet

foto by dakatour.com

Alamat: Jln.Taman Slamet No.08, Gading Kasri Klojen, Malang, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Meskipun tak memiliki luas seperti taman lainnya namun spot manis yang terletak di jalan Slamet ini kalau dilihat dari segi keindahannya tak kalah menarik bila dibandingkan dengan sebelumnya.

Di kawasan tersebut banyak tanaman dan pohon rindang serta spot selfi kece, jadi bagi yang ingin ngabuburit sambil membuatkan hobi fotografi, berkunjung kesini tak ada salahnya juga ya.

9. Museum Angkut

foto by wisatakaka.com

Alamat: Jln.Terusan Sultan Agung No.02, Ngaglik, Batu Malang, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Museum Angkut yang memadukan konsep atraksi hiburan dan sejarah alat transportasi dari seluruh dunia ini bukan hanya populer sebagai objek wisata namun juga menjadi kawasan ngabuburit favorit.

Sembari menanti adzan berkumandang, kita mampu ngabuburit di area ini sambil mempelajari aneka macam model angkutan yang ada di Indonesia maupun luar negeri.

10. Pasar Takjil Sawojajar

foto by malangstrudel.com

Alamat: Sawojajar, Kedungkandang, Malang, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Jika Lowokwaru punya Jembatan Soekarno, Kedung Kandang juga punya pasar takjil Sawojajar untuk daerah berburu varian makanan enak sebagai santapan berbuka.

Di pasar yang hanya buka di bulan Ramadhan tersebut kita akan menemukan ada aneka macam pedagang makanan ringan maupun berat mirip cendol, kolak, dan lain sebagainya.

11. Omah Kayu

Alamat: Jln.Gunung Banyak, Gunung Sari, Bumiaji, Malang, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Selain dikenal sebagai salah satu objek wisata populer, Omah Kayu di Gunung Sari tersebut juga kerap djadikan kawasan menghabiskan waktu sore menunggu adzan oleh masyarakat kota Malang.

Dengan menyuguhkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan, membuat kita lupa sejenak akan rasa lapar dan dahaga.

Disamping pemandangannya yang begitu mempesona, keindahan alam Omah Kayu tersebut juga menjadi spot paling bagus untuk menerima foto keren.

12. Candi Songgoriti

Alamat: Jln.Trunojoyo No.36, Songgokerto, Malang, Jawa Timur

Map: Klik Disini

Tempat ngabuburit terakhir yang cukup asyik dan seru untuk dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan yaitu Candi Songgoriti di tempat Songgokerto.

Meskipun bentuknya berupa batu berantakan namun ngabuburit sembari berwisata sejarah ke Candi Songgoriti ini juga tak ada salahnya untuk dicoba.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni