25 Tempat Wisata Di Jepara Terbaru, Nomer 15 Lagi Hits

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”557″
data-slug=””>

3.8
/
5
(
24

votes

)

Pulau Jawa benar-benar menyimpan segala keindahan alam yang masih murni dan alami, maka dari itu aneka macam tujuan kawasan wisata yang tersedia. Sebut saja salah satu wilayah di Jawa Tengah yang berbatasan dengan laut dan juga pegunungan, adalah Jepara.

Dikelilingi dengan gugusan kepulauan Karimunjawa, dan dibentengi salah satu gunung paling terkenal, ialah pegunungan Gunung Muria membuat kota kecil ini menyimpan sejuta keindahan.

Di tahun 2020 ini, pemerintah Jepara menambahkan beberapa obyek wisata menarik yang mempunyai beragam macam jenis wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata air, wisata sejarah, sampai wisata misteri.

Karena banyaknya gunung, gerojokan, pantai, hingga formasi kepulauan menciptakan Jepara sebagai salah satu kota dengan objek wisata yang tidak kalah menarik dengan kawasan lainnya.

Berikut ini beberapa rangkuman dari tempat wisata paling menarik di kota yang terkenal dengan ukirannya dan batiknya yang khas.

1. Pantai Bandengan

Alamat: Desa Bandengan, Jepara

Jam Buka: Setiap hari pukul 06:00 – 18:00

HTM: Rp. 5.000

gambar by @attul_munnea

Pantai Bandengan juga dikenal dengan nama Pantai Tirta Samudera, pantai ini merupakan salah satu objek wisata umum di Jepara.

Pantai ini mempunyai pasir putih yang sangat jernih disertai dengan akomodasi seperti bahtera, tenda untuk berteduh, beberapa daerah makan, dan akomodasi bagi pengunjung yang ingin berenang.

Disini juga mampu menyewa banana boat atau beberapa atraksi permainan air lainnya, pengunjung mampu menyewa peralatan tersebut dengan kisaran harga yang berbeda-beda.

Ada juga kawasan menginap dan hotel yang mampu disewa bagi para wisatawan atau turis yang ingin bermalam.

2. Kepulauan Karimunjawa

Lokasi: Karimunjawa

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

Tarif: Gratis

Kepulauan Karimunjawa (foto: lihat.co.id)

Kepulauan Karimunjawa yakni salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi karena keindahan alamnya yang mempesona.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan pasir putih, air maritim yang jernih adalah hijau kebiruan, sampai kekayaan total 90 jenis terumbu karangnya yang menjadikan kepulauan ini spot menarik untuk bernang, diving, atau snorkeling.

Kepulauan Karimunjawa sendiri mempunyai jarak 4 hingga 5 jam memakai kapal motor cepat dari Jepara.

Terdapat total 27 pulau-pulau kecil yang letaknya berdekatan, total semuanya hanya ada 5 pulau yang dihuni oleh masyarakat, sisa 22 pulau lainnya merupakan pulau tak berpenghuni.

3. Akar Seribu Plajan

Alamat: Plajan, Pakis Aji

Jam Buka: Setiap hari pukul 06:00 – 17:00

Harga Tiket Masuk: Rp. 3.000

Akar Seribu Plajan (foto: desaplajan.com)

Tempat wisata murah meriah ini dinamakan Akar Seribu Plajan alasannya adalah memang awalnya ada satu pohon karet raksasa yang sangat besar sehingga akarnya menjalar kemana-mana.

Pohon tersebut sudah berumur 86 tahun semenjak tahun 1931 ditanam, bab akarnya sangat panjang dan merembet kesegala arah seolah menjadi hutan akar.

Di dalam daerah Akar Seribu Plajan ini terdapat tebing yang dinamakan Tebing Kepodang dan Tebing Cowok Macan.

Ada semacam taman bermain kecil yang mampu dipakai oleh pengunjung belum dewasa bermain atau sekedar beristirahat. Pemandangan disini juga lumayan indah dan masih sejuk asri.

4. Pantai Kartini

Alamat: Bulu, Jepara

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Rp. 5.000

Pantai Kartini (foto: id.wikipedia.org)

Pantai Kartini mempunyai wahana andalan adalah Kura-Kura Ocean Park yang merupakan akuarium raksasa dimana pengunjung dapat melihat berbagai macam kura-kura dan penyu.

Tiket masuk ke akuarium raksasa ini dikenakan Rp. 17.500 per-pengunjung, sedangkan di pantainya sendiri, wisatawan dapat menyewa perahu, banana boat, dan banyak sekali wahana air lainnya.

Kura-Kura Ocean Park ini juga mempunyai taman bermain dan wahana menarik khusus untuk anak-anak yang berada di lantai paling atas.

Selain berwisata edukasi disini, turis luar negeri maupun wisatawan lokal mampu menikmati pemandangan indah dari matahari terbit dan terbenam secara pribadi.

5. Museum R.A Kartini

Alamat: Jl. Alun-Alun No. 1, Panggang

Jam Buka: Setiap hari pukul 08:00 – 16:00

Nomor telepon: +62 852 2584 1999

HTM: Rp. 2.000 (Senin – Jumat), Rp. 3.000 (Sabtu dan Minggu)

foto by travelingyuk.com

Seperti namanya, Museum R.A Kartini ini memiliki beberapa koleksi peninggalan sejarah jaman Raden Ajeng Kartini dahulu. Selain itu, ada juga benda-benda warisan budaya Jawa sampai benda purbakala yang dahulu pernah digunakan pada jaman prasejarah.

Menariknya, terdapat juga tulang belulang dari ikan purba yang fosilnya ditemukan di kepulauan Karimunjawa beberapa waktu kemudian.

Museum R.A Kartini ini juga menyajikan benda peninggalan milik abang pria dari sang pendekar perempuan R.A Kartini, ialah RMP Sosrokartono.

6. Pulau Panjang

Alamat: Ujung Batu, Jepara

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

foto by @chaterinecs

Pulau Panjang adalah salah satu pulau indah yang bisa ditempuh dari Pantai Kartini dengan memakai kapal motor.

Pulau ini masih terlihat sepi sehingga kealamiannya terjaga, selain itu, arus di pulau ini sangat dangkal dan tidak berbahaya, sehingga cocok untuk berenang, diving, snorkeling, dan aktifitas air lainnya.

Untuk menyebrangi pulau ini, dari Pantai Kartini tersedia penyewaan perahu dengan tarif sangat murah, ialah hanya Rp. 13.000 untuk pulang pergi sekaligus.

Terumbu karang yang ada di pulau ini juga tidak kalah indah dengan pulau lainnya, dikelilingi pasir putih dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

7. Benteng Portugis

Alamat: Banyumanis, Donorojo

Jam Buka: Setiap hari pukul 08:00 – 16:00

HTM: Rp. 3.500

Benteng Portugis (foto: lihat.co.id)

Keunikan dari kawasan wisata sejarah yang satu ini adalah lokasinya yang berada persis di atas bukit watu tetapi dekat dengan pinggiran pantai.

Benteng Portugis ini juga berhadapan dengan Pulau Mandalika, salah satu pulau yang juga menjadi tempat tujuan wisata lainnya. Ada koleksi dua meriam kuno yang berusia ratusan tahun peninggalan jaman kolonial Belanda.

Di pinggir luar Benteng Portugis terdapat pantai dengan nama yang sama, ialah Pantai Benteng Portugis yang bisa dijadikan obyek wisata dan mengambil foto dengan pemandangan indah. Pemandangan hutan karet disini juga mampu dijadikan salah satu alasan pengunjung betah berlama-lama disini.

8. Air Terjun Songgolangit

Alamat: Bucu, Kembang, Jepara

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Rp. 1.500 (Senin – Jumat), Rp. 2.000 (Sabtu dan Minggu)

Air Terjun Songgolangit (foto: telusurindonesia.com)

Airt terjun ini memiliki tinggi sekitar 80 meter dengan lebar 2 meter, uniknya, di sekitar teladas ini banyak mempunyai pemandangan kupu-kupu yang indah.

Sayangnya pengunjung dilarang untuk berenang di area sekitar jeram atau bagian bawahnya, disarankan untuk bermain air di pinggirannya saja atau untuk mengambil foto.

Pemandangan di kawasan sekitar gerojokan juga sangat indah alasannya kucuran air yang mengalir deras disertai dengan tampilan air jernih yang membentuk bak kehijauan menjadi tampilan alam yang menakjubkan.

9. Pantai Teluk Awur

Alamat: Jl. Teluk Awur, Tahunan

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Pantai Teluk Awur (foto: yasiryafiat.wordpress.com)

Obyek wisata yang satu ini terbilang murah meriah dengan pemandangan yang tidak kalah indah, terdapat tempat hutan bakau yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Pantai Teluk Awur jarang menjadi pemberhentian atau lalu lalang kapal, sehingga airnya sangat jernih dan murni disini. Ada juga beberapa wahana air mirip flying fish boat, jet sky, banana boat, dan lain sebagainya untuk wisatawan.

Pantai Teluk Awur dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit bagi pengunjung yang mandi di perairan sekitar, terutama di bagian pantainya yang sangat higienis. Di sekitar pantai sering juga diadakan event tradisional yang terbilang cukup menarik.

10. Pantai Pungkruk

Alamat: Mororejo, Mlonggo

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Photo by @heyruud

Bila pengunjung sudah merasa cukup dengan pemandangan Pantai Bandengan, maka beralih ke Pantai Pungkruk ini yang hanya berjarak 2 KM saja dari Pantai Bandengan.

Bila Pantai Bandengan dikelilingi pasir putih yang luas, maka Pantai Pungkruk lebih banyak memiliki karang dan bebatuan yang terjal. Tersedia daerah makan, fasilitas taman bermain anak, dan jalanan untuk para pejalan kaki atau sepeda disini.

Wisatawan juga mampu menikmati pemandangan bahari dari kejauhan disini, pengunjung memang tidak boleh memasuki pinggiran pantai alasannya adalah banyaknya watu karang yang tajam dan terjal. Tetapi pemandangan disini tidak kalah indah dengan pantai lainnya.

11. Pulau Mandalika

Alamat: Keling, Jepara

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

foto by @fahrizapictures

Bila pengunjung dapat melihat Pulau Mandalika ini langsung dari Benteng Portugis, maka kebanyakan mereka akan langsung menuju pulau ini dari Pantai Benteng Portugis itu sendiri.

Jaraknya sangat akrab alasannya adalah hanya berkisar 500 meter dari pesisir pantai akrab Benteng Portugis. Pulau ini masih berupa hutan dan tidak berpenghuni, maka dari itu, pantainya mempunyai pasir putih yang murni dengan air maritim hijau kebiruan yang juga menakjubkan.

Wisatawan dapat memancing disini karena banyak kumpulan ikan di sekitaran Pulau Mandalika, mirip ikan kerapu, ikan kakap, bahkan terkadang mampu ditemui ikan pari yang langka juga.

12. Pantai Ombak Mati

Alamat: Bondo, Bangsri

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Pantai Ombak Mati (foto: wisatawan.id)

Bisa dikatakan bahwa Pantai Ombak Mati ini memang tidak seterkenal Pantai Bandengna dan Pantai Kartini, namun pemandangan alamnya tidak kalah indah.

Uniknya, pantai ini tidak memiliki ombak sebesar pantai lainnya, atau mampu dibilang tidak memiliki gelombang ombak. Maka dari itu masayrakat menyebutnya sebagai Pantai Ombak Mati.

Pasir putih disini sangat higienis dengan airnya yang cukup dangkal sehingga pengunjung mampu bermain air di sekitaran pantai.

Di pinggiran pantai juga terdapat aneka macam jenis pohon, salah satunya yakni pohon ketapang yang banyak dijadikan tempat berteduh bagi para pelancong.

13. Pantai Gua Manik

Alamat: Banyumanis, Donorojo

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Rp. 5.000 – Rp. 10.000

gambar by @bd.iza27

Pantai Gua Manik terkadang disebut sebagai Pantai Pecatu, hanya dipisahkan oleh sungai kecil dari Benteng Portugis.

Pantai ini mempunyai pasir putih yang juga higienis dan murni, pemandangan matahari terbit dan matahari terbenamnya sangat menakjubkan. Dari sini pengunjung dapat melihat Pulau Mandalika dan Benteng Portugis dari kejauhan secara eksklusif.

Terdapat wahana permainan air yang disediakan sebagai fasilitas pengunjung, ada juga beberapa tempat makan, arena motor cross, saung atau gazebo untuk lesehan para wisatawan.

Pantai ini dinamakan Gua Manik alasannya konon mitosnya terdapat gua mistik yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.

14. Goa Tritip

Alamat: Ujung Watu, Donorojo

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Goa Tritip (foto: tripjalanjalan.com)

Gua Tritip menyimpan kekayaan alam yang indah dan belum tersentuh oleh tangan manusia, karena tidak ada yang mengelolanya.

Tetapi kawasan ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata alam yang menarik, stalagtit dan stalagmit yang ada di dalam gua masih sangat alami.

Bebatuannya pun beragam, banyak masyarakat yang masih mempercayai mistis datang untuk menawarkan sesajen di gua ini.

Uniknya, terdapat sebuah perahu yang ada di area gua untuk menambah kesan misterius sebab letak gua ini sendiri lumayan jauh dari area pantai.

15. Danau Blingoh

Alamat: Blingoh, Donorojo

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Danau Blingoh (foto: kaloagus.wordpress.com)

Danau Blingoh ini sebelumnya ialah kawasan penambangan yang membentuk kubangan yang sangat luas. Kemudian air hujan yang jatuh semakin memenuhi kubangan tersebut dan menyebabkan daerah ini sebuah danau yang indah.

Menariknya, danau ini terlihat sangat higienis dengan air yang berwarna biru jernih, menambahkan kesan alami.

Sayangnya masih belum ada kemudahan memadai di danau ini, mirip wahana air, bahtera, bahkan kawasan makan sehingga pengunjung harus membawa makanan dan minuman sendiri biar tidak kelaparan.

Perlu diperhatikan juga untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kelestarian alam Danau Blingoh ini.

16. Pertapaan Ratu Kalinyamat

Alamat: Tulakan, Donorojo

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Pertapaan Sonder atau Pertapaan Ratu Kalinyamat Donorojo, Photo by : @anggerdhika

Jepara memang terkenal juga dengan wisata alam yang mengandung cerita mistis dan mitos tertentu, salah satunya yakni Pertapaan Ratu Kalinyamat.

Bisa dikatakan bahwa tempat ini cukup indah sebab dikelilingi dengan pemandangan alam yang masih asri dan alami. Terdapat juga sungai kecil di depan pertapaan tersebut yang airnya masih berwarna jernih dan bening.

Tempat Pertapaan Ratu Kalinyamat akan lebih ramai dikunjungi pada hari Jumat, lebih tepatnya banyak peziarah yang melaksanakan doa dan berziarah disekitaran area pertapaan.

Namun tak mampu dipungkiri bahwa pemandangan alam serta kealamian wilayah hutan disini menjadi spot yang bagus untuk berfoto.

17. Masjid Mantingan

Alamat: Mantingan, Tahunan

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Masjid Mantingan (foto: bujangmasjid.blogspot.com)

Selain wisata alam, disini wisatawan juga bisa wisata religi di salah satu masjid yang dipercaya sebagai masjid tertua di pulau Jawa kedua sehabis Masjid Agung Demak.

Masjid Mantingan sudah berusia ratusan tahun sejak jaman penjajahan kolonial Belanda, lebih tepatnya sejak tahun 1559. Sedangkan di dalam Masjid Mantingan ini terdapat beberapa peninggalan sejarah Islam jaman dahulu di pulau Jawa.

Pendiri dari Masjid Mantingan ini yaitu suami dari Ratu Kalinyamat yang pertapaannya populer hingga kini, suaminya adalah yaitu salah satu penyebar agama Islam di pulau Jawa, Pangeran Hadiri.

18. Air Terjun Jurang Nganten

Alamat: Desa Tanjung, Pakis Aji

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Air Terjun Jurang Nganten (foto: nasirullahsitam.com)

Air Terjun Jurang Nganten yakni salah satu obyek wisata alami yang masih belum dikelola oleh masyarakat.

Tetapi pemandangan air terjun ini sangat menarik karena debit airnya yang tidak terlalu deras dibandingkan riam lainnya membuat daerah ini bisa digunakan untuk bermain air dan mandi.

Sayangnya transportasi di daerah ini agak sulit alasannya harus menanjak dan mendaki, mobil tidak dapat hingga di tempat ini.

Namun pengunjung juga perlu berhati-hati dengan bebatuan licin yang berada di area sekitar riam, alasannya adalah tidak adanya pengawasan keamanan disini.

19. Candi Bubrah

Alamat: Desa Tempur

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

gambar by @aqibiribhan

Candi Bubrah yaitu satu dari sekian banyak candi misterius di Indonesia yang tidak diketahui asal muasalnya dan kapan candi ini didirikan.

Candi ini berbentuk setengah belum jadi sehingga masih terlihat layaknya bebatuan yang ditumpuk saja. Usia Candi Bubrah sendiri diperkirakan oleh para peneliti adalah sebelum Candi Borobudur dibangun, jauh lebih bau tanah usianya.

Ada dua area Candi Bubrah disini, terdapat juga satu candi utuh yang dinamakan sebagai Candi Angin. Bagi turis atau wisatawan yang tertarik dengan wisata sejarah dapat mengunjungi Candi Bubrah tanpa dipungut biaya sepeser pun.

20. Tiara Park Waterboom

Alamat: Jl. Kenari, Purwogondo, Kalinyamatan

Jam Buka: Setiap hari pukul 07:30 – 17:30

Nomor telepon: +62 29 175 4500

HTM: Rp. 20.000 (Wahana wisata air), Rp. 50.000 (Wahana wisata air, Flying Fox, ATV, dan Bioskop 3 Dimensi)

Tiara Park Waterboom (foto: yogyakarta.panduanwisata.id)

Jepara juga memiliki daerah wisata air yang terkenal, menarik, dan seru, ialah Tiara Park Waterboom.

Ada banyak sekali wahana khusus anak-anak yang lengkap diantaranya adalah Spray Ground, Water Playground, Seluncuran, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk orang remaja, tersedia wahana Kolam Arus, Lazy River, dan Outbound yang memacu adrenalin.

Obyek wisata air Tiara Park Waterboom ini merupakan kawasan wisata regional tetapi dengan akomodasi nasional yang memadai.

21. Jepara Ocean Park

Alamat: Pantai Mororejo, RT. 4 / RW. 2, Mlonggo, Bandengan

Jam Buka: Setiap hari 09:00 – 17:00

Nomor telepon: +62 29 1426 0388

HTM: Rp. 60.000 (Senin – Kamis), Rp. 75.000 (Jumat – Minggu)

foto by @waff.wafi

Jepara Ocean Park yaitu waterpark terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah yang mengusung tema istana Rusia dan Mediterania.

Jepara Ocean Park ini total 36 seluncuran yang menarik termasuk untuk pengunjung bawah umur atau orang dewasa. Yang menimbulkan waterpark ini lebih populer ialah dengan lokasinya yang erat dengan Pantai Mororejo.

Tak hanya wahana air saja yang disediakan disini, tetapi juga wahana lain mirip balapan Go Kart, E-bike, Outbound, Golf Car, Touring with Mini Train, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

22. Gunung Genuk

Alamat: Tempur, Keling

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Gunung Genuk (foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Gunung Genuk juga banyak disebut sebagai Gunung Donorejo, tanaman yang banyak tumbuh disini salah satunya ialah pohon pepaya dan pohon randu. Sedangkan untuk beberapa hewan seperti trenggiling yang unik akan banyak ditemukan di sekitaran gunung ini.

Gunung Genuk sendiri ialah sallah satu anak pegunungan dari Gunung Muria, terdapat juga sungai kecil berasal dari Pertapaan Ratu Kalinyamat dengan kemurnian yang masih alami.

Gunung Genuk ini masih diteiti oleh beberapa akademisi perihal proses terciptanya yang merupakan bentukan dari lava gunung berapi. Beberapa spot di Gunung Genuk ini sangat cocok untuk dijadikan kawasan berfoto.

23. Gunung Muria

Alamat: Desa Tempur, Keling

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Gunung Muria (foto: adibyoshiken.blogspot.co.id)

Gunung Muria banyak dikunjungi sebagai salah satu daerah wisata alam yang digemari oleh para pendaki. Saking luasnya, Gunung Muria ini terbagi menjadi tiga wilayah termasuk Kudus, Pati, dan Jepara.

Gunung Muria diceritakan dahulunya merupakan daerah tinggal bangsa Le Muria di tahun 1650an, sejak jaman kerajaan Demak.

Faktanya, dulu Gunung Muria bukanlah bagian dari Pulau Jawa, sebab beberapa ratus tahun kemudian, gunung yang aktif sebagai gunung berapi ini dulunya terpisahkan oleh maritim dangkal atau selat.

Sekarang, tempat sekitar Gunung Muria ini masih banyak ditemukan fosil binatang bahari yang berusia hampir ratusan atau ribuan tahun kemudian.

24. Hutan Wisata Wono Sreni Indah

Alamat: Bategede, Nalumsari

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Hutan Wisata Wono Sreni Indah (foto: imgrum.net)

Bagi pengunjung yang mendaki Gunung Muria mampu menyempatkan diri untuk mampir ke hutan wisata Wono Sreni Indah terlebih dahulu.

Hutan wisata ini terletak di kaki pegunungan Gunung Muria, tak jarang juga pengunjung yang mendirikan kemah di kawasan ini.

Pohon pinus banyak mengelilingi hutan ini sehingga suasana sangat sejuk dan masih asri maka dari itu kawasan ini dijadikan kawasan berkemah nasional.

Kawasan di Hutan Wono Sreni Indah ini mencakup sungai, persawahan, perbukitan, kebun, hutan, dan ada juga perkampungan warga disini. Pengunjung dibutuhkan tidak membuang sampah sembarangan dikala mengunjungi kawasan ini.

25. Hutan Pinus Setro Batealit

Alamat: Batealit, Jepara

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Hutan Pinus Setro Batealit (foto: jelajahwisataalam4.blogspot.com)

Hutan Pinus Setro Batealit ini merupakan salah satu kawasan wisata hutan lindung yang banyak ditumbuhi oleh pohon pinus.

Wisatawan mampu mendirikan kemah di daerah wisata hutan lindung ini atau sekedar ingin mengunjungi beberapa spot air terjun yang menarik disini.

Di dalam hutan pinus ini, menariknya, semua batang pohon pinus berwarna hijau alasannya adalah hampir keseluruhan tertutupi oleh lumut.

Sayangnya, jalanan disini agak sulit, terutama untuk dilalui mobil, alasannya pada dasarnya Hutan Pinus Setro Batealit ini banyak dikunjungi oleh para backpacker yang ingin berkemah atau para pendaki gunung dan penjelajah hutan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni