3 Cara Berkesan Merayakan Libur Lebaran Di Bali

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”12224″
data-slug=””>

5
/
5
(
4

votes

)

Bali merupakan suatu pulau di Indonesia dengan masyarakat yang masih banyak memeluk agama Hindu. Mereka juga masih sangat menjaga kebudayaan serta tradisinya sebagai umat hindu. Bagi umat muslim yang gres pertama kali tiba ke Bali mungkin akan galau dengan kebiasaan masyarakatnya.

Namun meskipun begitu, Bali dapat menjadi daerah menyenangkan untuk mengisi libur lebaran. Idulfitri di Bali pun mampu memberikan kesan tersendiri. Walaupun banyak umat hindu, tapi semua agama mampu hidup berdampingan di Bali termasuk umat muslim.

Kamu tak perlu khawatir bila ingin merayakan hari raya idul fitri di Pulau Dewata. Kamu tetap mampu melaksanakan berzakat, sholat ied dan lainnya. Tak ada tantangan bagi umat muslim untuk beribadah, semua aktivitas bisa dilakukan secara baik.

Sholat Ied di Bali

Event yang Memeriahkan Lebaran di Bali, foto: balitoursclub.net

Memang, jumlah masjid tidak sebanyak di pulau Jawa. Tapi, masih ada masjid untuk kawasan kau sholat dan melaksanakan aktivitas keagamaan lainnya. Makara, kamu tak sulit melaksanakan sholat idul fitri.

Salah satu tempat pelaksanaan sholat id area Denpasara yakni di lapangan Bajra Sandhi Renon. Saat idul fitri lapangan ini dipadati umat muslim yang ingin melaksanakan sholat id. Seperti biasanya para umat muslim membawa koran atau tikar sebagai bantalan untuk sholat.

masakan bali Pas Idulfitri, foto: bisniswisata.co.id

Sholat dilakukan secara khusuk, final sholat imam besar menunjukkan khotbah. Khotbah tersebut biasanya berisi perihal pesan tersirat untuk selalu semangat beribadah dan menjaga tali silaturahmi.

Sebelum meninggalkan lapangan, semua jamaah mengambil koran-koran alas lalu dibuang ke daerah sampah. Sehingga, lapangan kembali higienis seperti semula. Kebiasaan ini sudah dilakukan setiap tahun. Tak lupa para jamaah saling bersalaman, meminta maaf lahir batin satu sama lain.

Event Meriah

Perang Ketupat di Kapal Bali, foto: balitoursclub.net

Sama seperti di Jawa, terdapat even yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat dalam merayakan idul fitri. Terutama di Nusa Dua. Ada Nusa Dua Light Festival 2020 yang terletak di Pulau Peninsula Nusa Dua, Badung, Bali. Datang kesana di malam pertama lebaran, pastilah berkesan.

Festival lampion terbesar di Bali ini diadakan selama satu bulan lebih mulai dari 11 Juni – 15 Juli, dimana menyuguhkan pemandangan bawah maritim nan eksotis dengan perpaduan dancing fountain. Sungguh menarik untuk disaksikan.

Nyama Di Bali, foto: dailymoslem.com

Konsepnya direncanakan secara matang, sehingga pelaksanaannya dalam waktu lama dan siap menjadi venue terbaik bagi wisatawan dikala menikmati libur lebaran. Dengan mengusung konsep Underwater Light bertemakan Water, Fire & Dance.

Pemandangannya akan menampilkan rangkaian lampion-lampion dengan motif nuansa bawah bahari, lalu dikombinasikan dengan wahana Dancing Fountain. Pastilah semua orang yang menyaksikannya akan berdecak kagum.

Gerakan air nantinya disesuaikan dengan alunan serta irama musik. Tata cahayanya pun dirancang untuk menghadirkan suasana gemerlap. Selain itu, ada banyak sekali efek digunakan dari musik hingga pencahayaan memeriahkan bazar ini.

perang tomat, foto: dailymoslem.com

Dancing Fountain dikombinasikan bersama tarian api, menyajikan sebuah atraksi terbaik. pengelola menargetkan sekitar 2500 – 3000 pengunjung setiap harinya. Sungguh bisa menjadi destinasi libur lebaran di Bali yang menyenangkan.

Pokoknya jikalau kamu sedang ditugaskan ke Bali dikala idul fitri, tak usah khawatir alasannya adalah ada banyak kegiatan yang dapat mengisi waktumu. Selain itu, kamupun dapat melakukan ritual idul fitri seperti di kampung halaman.

Destinasi Wisata

Setidaknya lebih dari 4 tujuan wisata yang siap memanjakan kamu periode merayakan libur lebaran di Bali. Berikut ini daftar objek wisatanya!

Pantai Kuta

Keindahan Pantai Kuta Bali, foto: kintamani.id

Sebelum lebih jauh, kamu bisa berkunjung dulu ke Pantai Kuta yang letaknya tidak jauh dari bandara. Pantai ini indah sekali dengan abjad ombak pas untuk selancar.

Pantai ini pun menyajikan pemandangan matahari karam terindah. Disana sudah mempunyai fasilitas lengkap untuk mendukung semua aktivitasmu.

Pantai Lovina

pantai lovina lumba lumba, foto: idtempatwisata.com

Apabila kau ingin melihat lumba-lumba berenang di habitat aslinya, maka tiba ke Pantai Lovina. Pantai sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Lokasinya di Bali bagian utara di bersahabat dengan Kota Singaraja.

Gunakan perahu, pergilah menuju tengah lautan, kau akan menyaksikan lumba-lumba berenang, meloncat dan beraktivitas di bahari lepas. Lumba-lumba ini ke tepi pantai dikala pagi hari, kalau ingin menyaksikannya tiba jam 06.00 pagi.

Monkey Forest

ubud monkey forest bali, foto: bali-indonesia.com

Destinasi libur lebaran di Bali berikutnya ialah Monkey Forest. Objek wisata ini akan menciptakan kamu menyatu dengan alam sebab merupakan hutan yang dihuni oleh simpanse-monyet liar. Kera-simpanse disana dikeramatkan oleh warga sekitar, sehingga sangat dilindungi.

Di Monkey Forest, kamu akan melihat kehidupan ratusan monyet, lalu menunjukkan makanan kepada mereka. Sebab, monyet-simpanse itu suka sekali dengan masakan yang wisatawan bawa.

Pura Tanah Lot

Tanah-Lot Bali, foto: wikimedia.org

Pura Tanah Lot merupakan salah satu tempat indah untuk menyaksikan sunset. Terdapat dua pura di tempat ini sebagai daerah memuja tuhan maritim. Uniknya Pura Tanah Lot terletak di kerikil karang besar pinggir bahari.

Ketika air bahari pasang, sebaiknya kau jangan mendekat alasannya kerikil karang itu digenangi oleh air maritim. Namun saat surut, nampak beberapa ular laut jinak. Menurut warga sekitar, ular-ular tersebut penjaga Pura Tanah Lot.

Tak hanya melihat, tapi kamu juga mampu memegang ular jinak tersebut dan takkan menyebabkan ancaman lho. Tentu hal menyenangkan sebagai pengisi waktu libur lebaran di Bali.

Selain itu, masih banyak destinasi wisata untuk kau kunjungi saat lebaran. Idulfitri di Bali pun takkan merasa kesepian dengan bermacam-macam kegiatan menarik. Bahkan momen idul fitri terasa sangat berkesan karena terdapat beberapa hal yang tidak mampu dilakukan ketika di kampung halaman.

Dimanapun kau berlebaran, ingat maknanya bukan hanya perihal bagaimana perayaannya. Ketika jauh dari keluarga, gunakan saja handphone untuk menghubungi mereka. Banyak cara berkomunikasi bahkan mampu video call.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni