40 Daerah Wisata Di Makassar, Nomer 10 Keren Banget

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”539″
data-slug=””>

3.3
/
5
(
6

votes

)

Makassar ialah salah satu kota besar di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak pesona tersembunyi dan surganya dunia. Mulai dari pantai, taman bahari, pulau, airt terjun, taman, hingga benteng dan peninggalan sejarah lainnya ada disini.

Maka dari itu, ada berbagai kawasan wisata di Makassar yang bahkan sangat murah dan mempunyai keindahan alam tidak terekspoitasi oleh manusia. Berikut rangkuman gosip destinasi tempat wisata di Makassar yang menarik dan patut untuk dikunjungi di tahun 2020 ini.

1. Trans Studio Makassar

Lokasi: Jl. Metro Tj. Bunga No.28, Maccini Sombala, Tamalate

Koordinat: Klik Disini

Buka: Setiap hari pukul 10:00 – 21:00

Nomor Telp: 041 1811 7000

Harga Tiket Masuk: Rp.100.000 (Senin – Jumat), Rp 150.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Trans Studio Makassar (foto: hargakini.com)

Siapa yang tak mengenal Trans Studio? Wahana taman bermain keluarga ini juga ada di Makassar dengan berbagai wahananya yang menarik. Layaknya Trans Studio di kota lain, tersedia 6 wahana utama yang menjadi andalan Trans Studio Makassar disini, yaitu Bioskop 4D, Dunia Lain, Magic Thunder Coaster, Jelajah, Dragon’s Tower, dan Kid’s Studio.

Selain dari 6 wahana utama diatas, ada juga beberapa wahana lainnya dengan total 18 keseluruhan wahana seru dan menarik termasuk wahana utama.

2. Bugis Waterpark

Alamat: Perumahan Bukit Baruga Antang, Jl. Sektor Mahamero No. 1, Makassar, Antang, Manggala.

Peta: Klik Disini

Operasional: Setiap hari pukul 09:00 – 18:00

Telepon: 041 149 6444

HTM: Rp.120.000 (Senin – Jumat), Rp.180.000 (Sabtu dan Minggu)

Bugis Waterpark (foto: furzahra.wordpress.com)

Ingin mengunjungi tempat wisata air di Makassar dan sekitarnya? Wajib datang ke Bugis Waterpark, sebuah wahana permainan air terbesar di Indonesia Timur. Nuansa Bugis sangat kental disini dengan akomodasi pemandian, serta nuansa khas Bugis.

Bugis Waterpark memiliki total 3 zona dan 10 wahana air menarik di dalamnya. Meliputi zona Alabuang yang berbentuk pelabuhan,zona Goa Batu Kalibampa atau yang juga sering disebut sebagai Goa Kupu-Kupu, dan ada lagi zona Kampong Rilau yang mempunyai nuansa kampung nelayan disini.

3. Pelabuhan Paotere

Alamat: Jln. Sabutung Baru, Ujung Tanah

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Pelabuhan Paotere (foto: beritatrans.com)

Selain menjadi kawasan tujuan wisata yang menarik dan kawasan dimana kapal berlabuh atau menepi, Pelabuhan Paotere juga mempunyai sejarah sendiri untuk Kota Makassar. Di sekitar pelabuhan ini terdapat kapal khas Makassar berjulukan kapal Phinisi dengan bentuk yang unik dan berbeda dari kapal pada umumnya.

Di beberapa daerah tertentu tersedia warung makan yang banyak menyediakan sajian khas Makassar. Salah satu masakan khasnya adalah ikan bakar dengan sambal cobe-cobe sebagai salah satu makanan tradisional orang Makassar.

4. Dataran Tinggi Malino

Alamat: Malino, Tinggimoncong, Gowa

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

foto by dcatqueen.com

Dataran tinggi ini layaknya perkampungan dan surga yang tersembunyi di Makassar, terdapat pemandangan indah dari bendungan Bilibili yang mengalirkan air segar ke sawah dan kebun perkampungan warga. Ada juga beberapa hutan pinus, kebun sayuran, buah, dan yang paling terkenal adalah Air Terjun Takapala yang juga merupakan salah satu tujuan kawasan wisata.

Dataran Malino ini sudah modern dengan adanya akomodasi hotel, penginapan, kawasan makan, restoran, dan lain sebagainya untuk para wisatawan. Pengunjung diperbolehkan juga mengunjungi hutan wisata dimana kawasan ini terdapat beberapa binatang dan tanaman langka dan dilindungi.

5. Danau Mawang

Alamat: Danau Mawang, Somba Opu, Gowa

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Danau Mawang (foto: kompasiana.com)

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam khas Makassar dengan keindahan yang masih asri dan hampir tidak tersentuh banyak orang, bisa eksklusif mengunjungi Danau Mawang. Danau ini terletak 15 KM ke arah tenggara dari Kota Makassar, memang cukup jauh tetapi sebanding dengan pemandangannya yang luar biasa alami.

Danau Mawang merupakan salah satu discovery untuk kategori danau yang paling indah dan menarik di Makassar. Pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari terbit dan matahari tenggelam disini.

6. Vihara Ibu Agung Bahari

Alamat: Jl. Sulawesi, Pattunuang, Wajo

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Disesuaikan dengan jadwal ibadah

HTM: Gratis

Vihara Ibu Agung Bahari (foto: panoramio.com)

Di Makassar ternyata juga terdapat salah satu kota Pecinan dimana banyak masyarakat keturunan China hidup bantu-membantu disini. Salah satunya yaitu Vihara Ibu Agung Bahari atau yang dulunya dikenal dengan nama Klenteng Ma Tjo Po. Untuk pengunjung yang ingin berwisata sejarah disini dapat mengunjungi vihara ini untuk melihat bangunan bernuansa Dinasti Tang dan Dinasti Ming.

Vihara Ibu Agung Bahari ini bukan vihara biasa pada umumnya, ini ialah salah satu peninggalan sejarah dari beberapa orang Tiongkok yang datang ke pesisir selatan Makassar. Dari situlah perkampungan China atau Pecinan tercipta sampai kini.

7. Pemandian Air Panas Lejja

Alamat: Bulue, Mario Riawa, Soppeng Regency

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

Nomor Telepon: 0852 1512 2111

HTM: Rp.10.000 (Senin – Jumat untuk orang sampaumur), Rp.12.500 (Sabtu dan Minggu untuk orang remaja), Rp.3.000 (Anak-anak)

Pemandian Air Panas Lejja (foto: tribunnews.com)

Pemandian Air Panas Lejja yaitu salah satu kawasan wisata yang bisa dipakai untuk berendam sambil menikmati pemandangan sekitarnya yang indah. Sebab letaknya berdekatan dengan kawasan hutan lindung di Makassar dan kolam air panas disini mengandung 1,5 % sulfur yang bisa meredakan reumatik, gatal di kulit, dan terapi menyehatkan lainnya.

Disini juga disediakan fasilitas penginapan, lapangan tenis, sauna, dan gazebo atau saung yang mampu disewa ketika ada kegiatan bersama seharga Rp.50.000 untuk penyewaan tiap unitnya.

8. Pegunungan Karst Rammang-Rammang

Alamat: Maccini Baji, Lau, Bontonlempangan, Bontoa, Kabupaten Maros

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Pegunungan Karst Rammang-Rammang (foto: dzargon.com)

Pegunungan Karst akrab dengan lokasi Taman Nasional Bantimurung dan juga Air Terjun Bantimurung. Pegunungan yang juga dikenal dengan nama Rammang-Rammang ini merupakan pegunungan kerikil terindah kedua di dunia sesudah pegunungan di Yunnan, China.

Pegunungan Karst Rammang-Rammang sendiri tebentuk dari batuan gamping dengan tebing cadas dari sejak beberapa ribu tahun kemudian. Disini pengunjung juga dapat menemui beberapa gua di sekitar pegunungan, ada juga gua jaman prasejarah tempat manusia purba bermukim yang juga dilindungi.

Sebagai tips, pengunjung sebaiknya membawa makanan sendiri dari luar dikarenakan daerah sekitar daerah ini tidak ada kawasan atau warung makan.

9. Desa Wisata Lakkang

Alamat: Pulau Lakkang, Tallo

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Desa Wisata Lakkang (foto: kampung-arif.blogspot.com)

Desa Wisata Lakkang terletak di tengah sungai Tallo dan sungai Pampang, sehingga untuk menuju kesana perlu menggunakan bahtera selama 15 menit saja dengan biaya berkisar Rp.1.000 sampai Rp.2.000 untuk kapal motornya.

Suasana di sekitar perjalanan menuju desa ini memakai perahu sangat menakjubkan, pohon bakau dan nipah tertata rapi seolah pengunjung akan dibawa ke pulau indah lainnya.

Wisatawan mampu berwisata sejarah disini sebab dahulu terdapat bunker peninggalan jaman Jepang, sayangnya terowongan di dalam bunker sudah tertutup tanah, sehingga tidak mampu dimasuki.

10. Masjid Terapung

Alamat: Jalan Penghibur No.289, Losari

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

foto by abzocke-rupodo.blogspot.com

Bagi pengunjung yang sudah puas mengelilingi Pantai Losari dapat melaksanakan ibadah di masjid terapung ini yang berada diatas bahari. Masjid dengan nama Masjid Amirul Mukminin ini sangat indah dengan pemandangan bahari yang dapat dilihat dari dalamnya.

Tak jarang banyak pengunjung muslim yang menyempatkan diri untuk beribadah sekaligus melihat pemandangan maritim dari sini.

Masjid Terapung ini memiliki total 3 lantai yang mampu pengunjung jelajahi asalkan tidak mengganggu orang yang sedang beribadah disini. Pemandangan akan semakin indah dikala dilihat dari lantai paling atas, alasannya adalah keseluruhan Pantai Losari akan terlihat jelas disini.

11. Danau Tempe

Alamat: Tempe, Belawa, Wajo

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Danau Tempe (foto: makassar.tribunnews.com)

Wisata pemancingan di Makassar terdapat di Danau Tempe dimana masyarakat maupun pengunjung dapat mengunjungi kawasan wisata alam ini.

Di Danau Tempe sendiri tersedia ikan air tawar yang segar dan melimpah sehingga menjadi penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia dan bahkan di dunia. Karena ada beberapa spesies ikan air tawar ini yang tidak ada di bagian dunia lain, sehingga kepopuleran Danau Tempe ini juga mulai mendunia.

Disini, pengunjung juga mampu menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam yang tidak kalah indah dengan daerah lain di Kota Makassar.

12. Desa Wisata Ke’Te Kesu

Alamat: Kampung Bonoran, Desa Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalang, Toraja Utara.

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Rp.10.000

Desa Wisata Ke’Te Kesu (foto: harianpost.co.id)

Walaupun letaknya tidak terlalu jauh dari Makassar, tempat ini termasuk banyak diminati dan dikunjungi oleh para wisatawan. Di Desa Wisata Ke’Te Kesu ini, wisatawan data menemukan banyak kebudayaan Toraja khas Sulawesi Selatan. Termasuk rumah budpekerti, cendramata, beberapa makam yang unik namun mempunyai nilai mistis.

Beberapa makam bahkan ada yang dipajang di atas gunung, di dalam lemari beling, ada juga beberapa makam yang dijeruji agar tidak dicuri, itu alasannya adalah pemilik makam yang sudah meninggal di dalamnya menyimpan harta benda berharga mereka disana.

13. Kawasan Adat Ammatoa

Alamat: Ammatoa, Kajang, Bulukumba

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Kawasan Adat Ammatoa (foto: rachmatalamsyah.com)

Desa ini sebetulnya yakni kumpulan masyarakat dari suku Kajang yang tinggal bersama, namun daerah ini juga bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Kawasan Adat Ammatoa ini sendiri memiliki total 8 desa besar dan 6 dusun kecil, untuk suku Kajang sendiri terbagi dua menjadi suku Kajang dalam dan suku Kajang luar.

Suku Kajang dalam sama sekali tidak memperbolehkan masyarakatnya menggunakan teknologi dari luar, bahkan wisatawan tidak boleh memakai sandal ketika memasuki kawasan dalam. Sedangkan Suku Kajang luar sudah bisa mendapatkan teknologi seperti layaknya listrik, televisi, radio, dan lain sebagainya.

14. Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Alamat: Tana Beru, Bontobahari, Bulukumba

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi (foto: travel.detik.com)

Daerah Tana Beru memang sangat populer dengan pusat kerjainan perahu Phinisi khas orang Makassar. Kapal Phinisi sendiri addalah perahu khas Sulawesi Selatan, disini para pekerja menciptakan kapal secara manual dengan keterampilan dan kesabaran luar biasa.

Tempat pembuatan perahu ini terletak di pesisir pantai, sehingga bila pengunjung telah menikmati pemandangan pantai Tana Beru ini mampu melihat sekilas mengenai pembuatan kapal Phinisi secara pribadi.

Pengetahuan para pekerja dalam membuat kapal didapatkan dari nenek moyang mereka dulu, bahkan tanpa pinjaman sketsa atau gambaran apapun, hasil kapalnya tetap anggun dan kokoh.

15. Benteng Somba Opu

Alamat: Jl. Daeng Tata, Barombong, Gowa

Koordinat: Klik Disini

Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 19:00

HTM: Rp.2.000

Benteng Somba Opu (foto: objekwisatapopuler.com)

Benteng Somba Opu terletak tidak jauh dari Gowa Discovery Park, dimana benteng ini merupakan peninggalan sejarah jaman kolonial Belanda. Di dalam benteng ini juga terdapat rumah adab tradisional seluruh Sulawesi Selatan, sehingga cocok untuk para wisatawan yang ingin berwisata sejarah dan budaya.

Untuk Gowa Discovery Park sendiri adalah wahana bermain air yang juga merupakan kawasan tujuan wisata. Tiket masuk ke Gowa Discovery Park ini sebesar Rp.85.000 pada hari Senin – Jumat, dan Rp 100.000 setiap Sabtu dan Minggu.

Halaman Selanjutnya: Selain Losari, Ini Daftar Pantai di Makassar Yang Akan Bikin Kamu Pengen Balik Lagi

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni