40 Kawasan Wisata Di Jakarta Yang Murah

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”792″
data-slug=””>

4.7
/
5
(
3

votes

)

Memiliki status sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia tentu saja Jakarta adalah salah satu tujuan orang-orang untuk wajib dikunjungi.

Selain sebagai daerah untuk tujuan berwisata, Jakarta juga menjadi impian beberapa kalangan untuk mengais rezeki dan mendalami pendidikan.

Meski saja dikenal dengan kota yang ramai dengan kemacetan serta padatnya penduduk, Jakarta masih menjadi kota yang menarik kita datangi, selain mall ternyata mempunyai beberapa destinasi wisata.

Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa daftar daerah wisata di Jakarta Daerah Selatan, Kota, Barat, Timur, Pusat, Utara dan sekitarnya yang murah meriah, seru, romantis dan terkenal. Apa aja? Yuk kita simak bantu-membantu.

1. Dunia Fantasi (Dufan)

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 190.000 (weekday) dan Rp 270.000 (weekend)

Operasional: 10.00 – 20.00 WIB

Telepon: 021 29222222

Dunia Fantasi Dufan (foto: whitewaterwest.com)

Dufan sangat disayangkan jikalau kau melewatkan liburan tanpa mengunjunginya. Tentu saja Dufan sangat digemari oleh semua kalangan mulai dari anak kecil, sampaumur sampai orang bau tanah.

Berbagai wahana bisa kamu coba disini. Dufan juga sudah menjadi icon Ibu Kota Jakarta, maka tak lengkap rasanya jikalau melewatkannya.

Selain wahana yang akan memanjakan adrenalin kau, disana juga disediakan fasilitas kolam renang yang cukup lengkap dengan ukuran yang sangat besar. Di Dufan kamu serasa mengelilingi dunia sebab terdapat beberap spot yang ada di Eropa, Amerika dan Indonesia.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Lokasi: Ceger, Cipayung, Jakarta Timur

Map: Klik Disini

HTM: Rp 10.000 / orang

Operasional: 07.00 – 22.00 WIB

No. Telp: 021 87792078

Taman Mini Indonesia Indah TMII (foto: indonesia-tourism.com)

Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disebut TMII ini juga merupakan tempat wisata yang terkenal di Jakarta. Bahkan turis mancanegara pun juga sudah mengenal tempat wisata ini.

Banyak sekali beberapa miniatur khas tempat yang ada di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. Selain berwisata tentu saja aneka macam edukasi yang mampu kamu dan keluarga ambil disini.

Selain itu, disediakan juga beberapa kemudahan lain seperti kereta gantung, kolam renang serta istana bawah umur yang pasti disukai oleh para balita dan anak-anak kecil.

3. Atlantis Water Adventure

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, Pademangan, RW.10

Peta: Klik Disini

Buka/Tutup: 07.00 – 20.00 WIB

Telpon: 021 29222222

Atlantis Water Adventure (foto: groupon.co.id)

Ingin menimati wahana air yang seru di Jakarta? Atlantis Water Adventure lah tempat yang cocok untuk kau. Banyak sekali wahana air yang disediakan untuk kau dan keluarga yang berkunjung disini, tentu saja dijamin sangat seru dan menyenangkan.

Ada 8 kolam utama dan 13 jenis permainan yang mampu kau mainkan disini. Tenang saja bagi kau yang tidak bisa berenang sudah disediakan yang berjulukan kolam apung.

Bagi kamu yang suka meluncur di air, wajib mencoba seluncuran di arena crazy highest longest slide.

4. Taman Impian Jaya Ancol

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan

Koordinat: Klik Disini

Harga Tiket Masuk: Rp 25.000

Operasional: 24 Jam

Telepon: 021 29222222

Taman Impian Jaya Ancol (foto: baliwww.com)

Tempat wisata yang ada di Jakarta tak kalah bagusnya dengan yang lain ialah Taman Impian Jaya Ancol. Tempat ini selalu ramai pengunjung baik dari wisatawan dalam kota maupun luar kota, bahkan turis abnormal juga kerap terlihat di tempat wisata ini.

Banyak sekali wahana yang mampu dinikmati di Taman Impian Jaya Ancol Ini. Seperti Sea Worl, Dunia Fantasi, Gelanggang Samudera dan masih banyak yang lainnya. Lokasinya cukup strategis, berada di kawasan Kota Jakarta Utara.

5. Monumen Nasional (Monas)

Alamat: Gambir, Jakarta Pusat

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 10.000 (belum dewasa) dan Rp 20.000 (akil balig cukup akal)

Operasional: 09.00 – 16.00 WIB

Telepon: 021 3822255

Monumen Nasional Monas (foto: indoindians.com)

Monumen Nasional atau yang biasa disebut Monas dibuka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 4 sore, kecuali hari senin disetiap selesai minggu setiap bulan Monas tidak buka. Monas dibangun khusus untuk mengenang usaha dan perlawanan oleh rakyat Indonesia merebutkan kemerdekaan daro jaahan Belanda.

Banyak objek foto-foto yang anggun bisa kamu peroleh disini. Selain menjadi tempat rekreasi dan edukasi budaya bagi keluarga saja, Monas juga terkenal sebagai icon kota Jakarta.

Lokasinya juga sangat strategis, dekat sekali dengan stasiun Gambir. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang 10 ribu untuk bisa masuk ke Monas.

6. Kebun Binatang Ragunan

Alamat: Jl. Harsono No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 3.000 (anak-anak) dan Rp 4.000 (cukup umur)

Operasional: 07.00 – 16.00 (Hari Senin Tutup)

Telepon: 021 78847114

Kebun Binatang Ragunan (foto: poskotanews.com)

Di final pekan, Kebun Binatang Ragunan selalu ramai pengunjung. Memiliki luas sekitar 147 hektar, Kebun Binatang Ragunan memiliki lebih dari 2000 hewan, serta lebih dari 50.000 pohon yang menciptakan suasana menjadi sangat sejuk.

Pada awalnya kebun binatang ini didirikan oleh komunitas penyayang Flora dan Fauna.

7. Ocean Ecopark

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Mulai dari Rp 25.000 – Rp 180.000 / wahana permainan

Operasional: 08.00 – 18.00 WIB (Hari Sabtu dan Minggu Tutup)

Telepon: 021 29222222

Ocean Ecopark (foto: TripAdvisor.com)

Berasa dikawasan Ancol, Ocean Park banyak mengeluarkan acara yang gres. Salah satunya ialah Ecofishing ialah kamu bisa memancing sepuasnya.

Ocean Park mempunyai konsep berlibur di alam terbuka. Terdapat beberapa permainan yang cukup unik dan seru seperti paintball, rumah lebah dan kano.

Jika kau ingin membeli oleh – oleh disini juga disediakan Eco Market. Banyak sekali cendera mata yang mampu dibeli untuk kerabat sebagai oleh-oleh saat mengunjungi ke Kota Jakarta.

8. Kepulauan Seribu

Alamat: Jalan Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Untung, Kepulauan Seribu Selatan

Koordinat: Klik Disini

Telepon: 021 5457222

photo by wirasel.com

Siapa yang tak kenal dengan Kepulauan Seribu yang ada di Jakarta. Kepulauan Seribu merupakan salah satu destinasi kawasan berwisata yang menjadi favorit di Indonesia apalagi wisata laut.

Dari namanya saja kita tentu sudah tahu bahwa terdapat banyak sekali pulau – pulau kecil yang indah akan laut dan pemandangannya.

Kamu bisa menikmati indahnya kehidupan bawah bahari dengan bersnokling, serta mencicipi pasir yang putih dan halus. Cocok sekali bagi kamu yang juga ingin hunting foto karena terdapat berbagai spot yang manis untuk diambil gambar.

9. Pulau Tidung

Alamat: Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan

Koordinat: Klik Disini

Telepon: 021 5457222

Pulau Tidung (foto: pulautidungpaket.com)

Kebanyakan para wisatawan mencicipi teduh dan asri dikala berada di Pulau Tidung. Suasananya cukup damai dan nyaman sangat cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan penat dan lelah dari suasana pekerjaan di kantor.

Beberapa akomodasi permainan air yang ada di Pulau Tidung ialah Jet Sky, Water Sport, Banana Boat dan masih banyak yang lainnya.

10. Pulau Bidadari

Alamat: Kelurahan Pulau Sakit, Kepulauan Seribu Selatan

Koordinat: Klik Disini

Telepon: 021 5457222

Pulau Bidadari (foto: vivacitravel.com)

Karena memliki nama Kepulauan Seribu tentu saja disana masih banyak pulau-pulau yang wajib kau kunjungi, salah satunya yakni Pulau Bidadari.

Dengan menggunakan kapal, kamu perlu waktu dalam perjalanan sekitar 20 menit untuk samapi di Pulau Bidadari dari Pelabuhan Marina.

Tempat wisata pantai ini mampu dibilang salah satu tujuan wisata untuk kalangan menengah sebab disini disediakan akomodasi yang sangat istimewa.

11. Pelabuhan Marina

Alamat: Jl. Marina, RW.10, Ancol, Pademangan

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 24 Jam

Telepon: 0813-1420-8009

Pelabuhan Marina (foto: pixabay.com)

Nah, untuk bisa sampai di Pulau Bidadari kau harus berangkat dari Pelabuhan Marina. Banyak disediakan kapal – kapal yang akan mengantar kamu berwisata.

Selain itu Pelabuhan Marina juga menjadi tujuan wisata alasannya adalah berbagai spot-spot yang bisa kau dapatkan untuk mengambil foto. Bagi kamu yang hobi fotografi, ini yakni daerah yang pas bagi kamu.

12. Pulau Pari

Alamat: Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan

Koordinat: Klik Disini

Telepon: 021 5457222

Pulau Pari (foto: irhamfaridh.com)

Tujuan wisata yang satu juga patut kamu datangi di Kota Jakarta. Memiliki pasir yang berwarna putih dan air yang bening agak kehijauan salah satu keunikan yang dimiliki Pulau Pari. Pulau Pari juga terletak di Kepulauan Seribu yang mempunyai banyak spot yang manis.

Pulau Pari memiliki tiga objek andalan untuk dikunjungi mirip Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahari dan Pantai Pasir Kresek.

13. Pulau Pramuka

Alamat: Kepulauan Seribu

Koordinat: Klik Disini

Telepon: 021 5457222

Pulau Pramuka (foto: astratravellersjourney.com)

Pulau pramuka merupakan sentra manajemen dan pemerintahan di Kepulauan Seribu. Berada pada deretan Kepulauan Seribu tentu saja menciptakan Pulau Pramuka juga menjadi salah satu objek wisata pantai yang tak kalah indahnya.

Selain dapat menikmati indahnya pemandangan laut, kau akan disuguhkan dengan pelestarian penyu sisik. Kamu mampu menyaksikan bagaimana penyu sisik bertelur hingga pelepasan ke maritim.

Untuk dapat sampai ke Pulau Pramuka, kau bisa menggunakan bahtera motor atau kapal nelayan yang berangkat dari pelabuhan nelayan.

14. Pulau Pelangi

Alamat: Jl. Pantai Mutiara RT.10/RW.16, Pluit Penjaringan

Koordinat: Klik Disini

Telepon: 021 6909749

Pulau Pelangi (foto: wisatapulauseribu.co.id)

Pulau yang satu rupanya berbeda dengan beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu.

Pulau pelangi yaitu pulau yang digolongkan sebagai pulau private yang dikelola sangat baik dan menawarkan layanan yang istimewa bagi para wisatawan. Terdapat beberapa cottage yang memiliki kemudahan sangat lengkap dan nyaman.

Jarang sekali para wisatawan merasa kurang puas ketika setelah berwisata ke Pulau Pelangi. Semua pengunjung niscaya merasa puas dan riang karena pemandangan yang didapat disini sangat manis.

15. Bunderan HI

Alamat: Jalan M.H. Thamrin No.75, Gondangdia, Menteng, RT.1/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Operasional: 24 Jam

Bunderan HI (foto: akmanihotel.com)

Berada di tengah bundaran Hotel Indonesia ialah penyebab monumen ini sering disebut dengan Bunderan HI.

Monumen ini adalah sebuah patung yang terdiri dari sepasang insan yang menggenggam bungan dan melambaikan tangan. Artinya bahwa mereka akan menyambut tamu – tamu yang hadir dari arah utara yaitu Monumen Nasional.

16. Pasar Seni

Alamat: Jalan Lodan TImur No. 7, RW.10 Pademangan

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 10.00 – 20.00 WIB

Telepon: 021 64713218

Pasar Seni (foto: sendokransel.wordpress.com)

Pasar Seni merupakan kawasan kegiatan seni yang ada di Jakarta. Selain kegiatan seni, disini juga terdapat aneka macam kerajinan yang dihasilkan oleh beberapa ahli seni di berbagai bidang.

Untuk kau yang punya jiwa seni yang tinggi, kamu harus tiba ke Pasar Seni yang berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol ini.

Beberapa festival dan galeri sering dilakukan disini. Kamu akan mendapatkan aneka macam inspirasi saat pulang dari Pasar Seni. Toko Cenderamata juga ada disini untuk kamu yang ingin membeli oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga.

17. Jembatan Kota Intan

Alamat: Ancol, Pademangan, RT.8/RW.7, Pinangsia, Tamansari

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Operasional: 24 Jam

Jembatan Kota Intan (foto: sarana888.blogspot.com)

Jembatan Kota Intan memiliki panjang yang mencapai 30 meter dan lebar kurang lebih 4,5 meter. Nilai sejarah yang cukup kental menimbulkan Jembatan Kota Intan salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan ketikan berkunjung ke Kota Jakarta.

Jembatan Kota Intan selain menjadi tempat wisata, disini sering sekali diadakan berbagai aktivitas, misalnya observasi budaya dan pengambilan foto untuk para fotografer.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang jikalau berkunjung kesini, cukup menjaga kebersihan dan tetap melestarikan nilai budaya yang ada di Jembatan Kota Intan.

18. Museum Fatahilah

Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 5.000

Operasional: 09.00 – 15.00 WIB

Telepon: 021 6929101

Museum Fatahilah (foto: commonswikimedia.com)

Museum Fatahilah ialah salah satu daerah saksi bisu dari perjuangan dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia.

Sebelum mempunyai nama Fatahilah, dulunya museum ini berjulukan Museum Batavia. Pada ketika penjajahan VOC di Indonesia museum ini dipakai sebagai tempat balai kota dan pengadilan.

Terdapat tiga lantai, di lantai pertama terdapat beberapa barang-barang peninggalan VOC. Di lantai dua, memiliki konsep desain Belanda sebab terdapat beberapa benda peninggalan para bangsa Belanda.

Sedangkan di lantai ketiga merupakan ruang penjara. Kamu mampu langsung melihat beberapa tahanan yang ingin melawan para penjajah.

19. Museum Bank Indonesia

Alamat: Jl. Lada No.3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Tamansari

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 2.000 / orang

Operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Telepon: 021 2600158

Museum Bank Indonesia (foto: wisatanesia.co)

Kamu tentunya sudah tidak abnormal lagi dengan Bank Indonesia. Bank ini merupakan bank central dimana mata uang Indonesia adalah rupiah dicetak dan ditarik kembali.

Uniknya, dahulu gedung ini yaitu sebuah Rumah Sakit Binnen Hospital. Tetapi seiring berajalannya waktu dan perkembangan zaman, rumah sakit tersebut beralih fungsi menjadi bank.

Jika mengunjungi Museum Bank Indonesia ini kau akan mempunyai banyak pengetahuan wacana asal mulai uang diciptakan.

Banyak sekali wisatawan yang tiba ke museum ini baik dari dalam maupun luar negeri. Lokasi museum ini sangat mudah ditemui, alamatnya berada di jalan Lada daerah Kota Jakarta Barat.

20. Kidzania

Alamat: Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.52-53, RT.5/RW.3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 50.000 / batita

Operasional: 09.00 – 14.00 WIB dan 15.00 – 20.00 WIB

Telepon: 021 5154888

Kidzania (foto: chelsea-academy.org)

Bagi kau yang sudah mempunyai anak kecil atau adik, Kidzania adalah daerah yang cocok. Tempat ini selalu ramai ketika selesai pekan datang. tempatnya berada di Pasific Palace Mall yang erat dengan Kantor Polisi Polda Metro Jaya.

Banyak sekali pembelajaran yang diperoleh saat anak – anak bermain di Kidzania. Dikemas dengan sangat menyenangkan dan nyaman, anak – anak dijamin senang dan betah.

Ada beberapa wahan mirip pamadam kebakaran, montir, pembalap dan masih banyak yang lainnya. Tiket masuk ke Kidzania cukup bermacam-macam. Mulai dari batita, balita sampai anak usia dini mampu mencicipi wahana yang ada di Kidzania.

21. Museum Taman Prasasti

Alamat: Jl. Tanah Abang I No.1, Kecamatan Gambir, RT.11/RW.8, Petojo Selatan

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 2.000 (sampaumur) dan Rp 1.000 (Mahasiswa / Pelajar)

Operasional: 09.00 – 15.00 WIB

Telepon: 021 3854060

Museum Taman Prasasti (foto: jakarta-tourism.go.id)

Museum ini yaitu peninggalan dari kala penjajahan Belanda. Beberapa miniatur makam khas di seluruh provinsi di Indonesia bisa kau temui di museum ini. Bahkan kau mampu melihat koleksi kereta mayat yang sangat antik dan berbeda dari lainnya.

Beberapa makam tokoh Belanda ada di Museum Taman Prasasti ini. Seperti Soe Hok Gie yang populer dengan mahasiswa penggagas pada tahun 1960-an, bahkan pernah dijadikan film yang diperankan oleh Nicholas Saputra.

Ada juga Kapitan Jas yang makamnya banyak diyakini memberi sebuah keselamatan dan kebahagiaan.

22. Museum Wayang

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Telepon: 021 6929560

Museum Wayang (foto: jktgo.com)

Museum ini berada di kawasan Kota Jakarta Barat tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara. Berbagai jenis dan bentuk wayang bisa kau temui disini.

Tentu saja di setiap tempat di Indonesia memiliki budaya wayang tersendiri, bahkan wayang yang berasal dari luar negeri juga mampu kamu temui di Museum Wayang ini.

Sampai dikala ini Museum Wayang mengoleksi kurang lebih hampir 3000 wayang yang terdiri dari wayang golek, wayang kulit, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, dan gamelan.

Setiap bulan di ahad kedua dan ketiga, di Museum Wayang selalu diselenggarakan pagelaran yang tentunya wajib untuk kau datangi.

23. Wisata Kawasan Kota Tua

Alamat: Jl. Taman Fatahillah No.1, RT.7/RW.7, Pinangsia

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Operasional: 24 Jam

Wisata Kawasan Kota Tua (foto: beritadaerah.co.id)

Sudah tidak aneh lagi di telinga warga Jakarta, tempat wisata kota renta yakni tempat yang pas untuk menghabiskan liburan kau di Ibu Kota.

Terdapat berbagai daerah – tempat yang mempunyai nilai sejarah yang wajib kamu kunjungi mirip Museum Fatahilah dan Museum Bank Indonesia yang terletak di seberangnya.

Selain itu kamu juga mampu menikmati beberapa masakan yang ada. Tentu saja tidak perlu diragukan lagi rasanya yang begitu enak.

Ada kerak telor yang merupakan salah satu kuliner khas Betawi ini. Selain kerak telor kau akan menemukan masakan lainnya seperti soto betawi, gado-gado dan es selendang mayang.

24. Masjid Istiqlal

Alamat: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar. Baru, Sawah Besar

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 24 Jam

Telepon: 021 3811708

Masjid Istiqlal (foto: tetembatu.wordpress.com)

Di Jakarta juga mampu melakukan wisata religi. Kamu bisa mengunungi Masjid yang sudah sangat populer adalah Masjid Istiqlal.

Di dalam sebuah evaluasi tingkat internasional, keterangannya bahwa masjid ini adalah masjid terbesar se-Asia Tenggara. Desainnya sangat unik alasannya menggabungkan antara arsitektur di Indonesia, Timur Tengah dan juga Eropa.

Masjid ini mampu menampung sampai 200.000 jamaah dan mempunyai arsitektur modern. Dinding dan lantainya dihiasi beberapa ornamen geometrik dari baja yang antikarat.

Uniknya, rancang bangkit dari Masjid Istiqlal ini di arsiteki oleh penganut agama Nasrani Protestan yakni Frederich Silaban.

25. Gereja Katedral

Alamat: Jl. Katedral No.7B, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 24 Jam

Telepon: 021 3519186

Gereja Katedral (foto: ranselkosong.com)

Disebelah Masjid Istiqlal juga terdapat tempat ibadah yang juga bisa dijadikan tujuan wisata religi kamu bersama keluarga yakni Gereja Katedral. Gereja Nasrani ini merupakan gereja tertua yang ada di Jakarta, dibangun sekitar tahun 1901 mempunyai gaya arsitektur neo geotik.

Selain sebagai kawasan ibadah, di geraja ini juga terdapat sebuah museum yang memiliki 400 koleksi barang. Salah satu koleksi yang populer yakni tongkat milik Paus Paulus VI dan piala Paus Yohanes Paulus kedua.

26. Museum Nasional

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 10.000 (wisatawan Mancanegara), Rp 5.000 (cukup umur) dan Rp 2.000 (belum dewasa)

Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Telepon: 021 3868172

Museum Nasional (foto: jakarta100bars.com)

Memiliki lebih dari ratusan ribu benda bersejarah yang terhimpun dalam 7 jenis yakni salah satu keunggulan dari Museum Nasional ini. 7 jenis koleksi itu terdiri dari prasejarah, arkeologi, geografi, sejarah, etnografi, keramik dan muistik heraldik.

Museum Nasional sendiri hanya buka di hari Selasa sampai Minggu. Tepat di hari senin museum ini tidak buka.

Harga tiketnya pun sangat terjangkau, dengan hanya membeli dengan harga 5 ribu untuk dewasa dan 2 ribu untuk bawah umur, kamu dan keluarga bisa masuk ke Museum Nasional ini.

27. Pasar Tanah Abang

Alamat: Jalan H. Fachrudin No. 1, Tanah Abang, Kampung Bali

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 07.00 – 16.00 WIB

Telepon: 021 23570001

Pasar Tanah Abang (foto: anythingjakarta.com)

Inging berbelanja dengan harga yang sangat murah tetapi kualitas yang bagus? Pergi saja ke Pasar Tanah Abang. Tempat sentra perbelanjaan ini tidak hanya populer di kalanganan warga lokal, tetapi tidak jarang turis gila juga berbelanja di Pasar Tanah Abang.

Pasar ini dibuka mulai dari subuh sampai sore hari. Apalagi jikalau tamat pekan tiba, pasar ini akan semakin ramai pembeli. Kamu harus pintar-berakal untuk menawar dan memilih harga karena semakin banyak yang beli maka harga termurah pasti akan kau peroleh.

28. Pecinan Glodok

Alamat: Jl. Kemenangan III Petak Sembilan No. 19, RT.03 / RW.02, Glodok

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 07.00 – 24.00 WIB

Pecinan Glodok (foto: boombastis.com)

Diseluruh Kota di Indonesia etnis China bisa kamu temui termasuk di Ibu Kota Jakarta. Tepatnya di tempat Glodok. Disini kamu akan menemui bermacam-macam aktivitas administratif dan kuliner dari etnis Tionghoa.

Bahkan bangunan-banguna disini juga sangat kental dengan tradisi Tionghoa. Dominasi warna merah dan beberapa pernak pernik khas China sangat tampak disini.

Kamu juga akan menemui vihara dan kelenteng yang besar yang menjadi pusat kawasan beribadah orang Tionghoa.

29. Sea World

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, RW.10, Pademangan

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 160.000 (weekday) dan Rp 200.000 (weekend)

Operasional: 09.00 – 18.00 WIB

Telepon: 021 6452976

Sea World (foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Tempat wisata yang satu ini terletak satu kawasan dengan Ancol. Kamu bisa melihat beragam aneka kehidupan bahari di dalam aquarium yang sangat besar.

Ada sangat banyak koleksi biota yang kurang lebih terdiri dari 22 ribu ekor ikan, 28 reptil dan biota perairan bahari yang terdiri dari lebih kurang 5 ribu ikan, 79 averbrata, 30 reptil dan 1 jenis mamalia.

Bahkan bukan hanya di selesai pekan, di hari – hari biasa pun Sea World selalu ramai pengunjung. Tak jarang rombongan dari sekolah-sekolah atau hanya sekedar keluarga sering tiba ke Sea World.

30. Wisata Agro Edukatif Istana Susu Cibugary

Alamat: Jalan Peternakan Raya Blok C No. 12, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 35.000 / orang

Operasional: 09.00 – 17.00 WIB (Senin – Jumat) dan 14.00 – 17.00 WIB (Sabtu – Minggu)

Telepon: 0877-8009-3450

Wisata Agro Edukatif Istana Susu Cibugary (foto: wisatajakarta.net)

Awalnya Cibugary Garden adalah sebuah peternakan sapi perah dan kambing di kawasan Cibubur. Tetapi seiring baerjalannya waktu sang pemilik mengakibatkan sebagai tempat wisata edukatif bagi belum dewasa.

Salah satu edukatif yang diberikan ialah pengetahuan bagaimana cara memelihara sapi dan kambing dengan baik, bagaimana cara memeras susu dengan benar.

31. Tanah Tingal

Alamat: Jl. Merpati Raya No. 32, Kel. Sawah Baru, Ciputat

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Telepon: 021 7409454

Tanah Tingal (foto: puncakoutboundbogor.com)

Berada di Desa Baru, Ciputat, Tanah Tingal merupakan salah satu tujuan wisata yang patut untuk dikunjungi. Banyak sekali wahana permainan yang edukatif untuk belum dewasa agar mampu mengenal lingkungan semenjak dini.

Permainan yang ada disini antara lain seperti memanen padi di sawah, belajar berkebun , flying fox, panjat dinding dan masih banyak yang lainnya.

32. Kandank Jurank Doank

Alamat: Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Desa Sawah Baru, Sawah Lama, Ciputat

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 09.00 – 17.00 WIB

Telepon: 021 74631934

Kandank Jurank Doank (foto: jakarta.panduanwisata.id)

Di Ciputat juga ada wisata lain yang wajib kau kunjungi dikala ke Jakarta. Awalnya Kandank Jurank Doank didirikan hanya untuk belum dewasa sekitar tetapi sebab semakin dikenal maka dibuka untuk umum.

Dibangun sekitar tahun 1993, Kandank Jurank Doank memiliki beberapa akomodasi mirip permainan air.

33. Wisata Alam Mangrove Angke

Alamat: Jl. Garden House, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 25.000

Operasional: 07.00 – 18.00 WIB

Telepon: 021 29033066

Wisata Alam Mangrove Angke (foto: travel.detik.com)

Di Wisata Alam Mangrove Angke kau dapat menemui 3 lokasi hutan mangrove yang berbeda. Ketiga itu terdiri dari Suaka Margasatwa Muara Angke, Hutan Mangrove dan Taman Wisata Alam Angke Kapuk.

Sayangnya tidak semua daerah tersebut dibuka oleh umum, seperti Suaka Margasatwa yang diperbolehkan masuk jika mendapat ijin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam.

Yang sedang populer disosial media sekarang yakni Taman Wisata Alam Angke Kapuk alasannya mempunyai spot foto yang sangat bagus. Ada beberapa pondok – pondok disekitar daerah taman wisata ini.

34. Setu Babakan

Alamat: Kelurahan Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 08.00 – 17.30 WIB

Setu Babakan (foto: jakartabytrain.com)

Kawasan cagar budaya yang wajib kau kunjungi selanjutnya yakni Setu Babakan. Kamu akan dapat melihat bangunan khas Betawi. Selain itu juga terdapat danau yang besar yang sering dipakai menjadi kawasan rekreasi keluarga.

Di beberapa kesempatan biasanya sering diadakan kegiatan khas Betawi. Ada juga kuliner yang bisa kamu cicipi disini mirip soto betawi, kerak telor dan kue apem.

35. Taman Suropati

Alamat: Jl. Taman Suropati, RT.05 / RW.05, Menteng

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 05.00 – 19.00 WIB

Taman Suropati (foto: tripadvisor.com)

Taman Suropati juga sangat pas dijadikan salah satu destinasi berlibur kamu. Taman ini mempunyai desain yang sangat apik dan rapi sehingga para pengunjung dirasa sangat nyaman dan betah berada disini.

Selain menjadi kawasan wisata keluarga, Taman Suropati juga berbagai didatangi pasangan muda – mudi yang sedang pacaran.

Taman ini mempunyai luas sekitar 1,5 kali dari lapangan sepak bola. Cukup luas bukan, jadi banyak hal yang bisa kau lakukan disini mirip bersepeda, joging bahkan tempat nongkrong.

Selain itu kamu juga mampu merasakan beberapa masakan yang ditawarkan oleh beberapa pedagang kaki lima yang ada di sekitar Taman Suropati.

36. Pasar Taman Puring

Alamat: Jalan Kyai Maja, RT.07 / RW.01, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 07.00 – 17.00 WIB

Telepon: 021 7763455

Pasar Taman Puring (foto: fotolokasi.com)

Kamu ingin mencari sepatu yang bermerk tetapi harga miring? Pasar Taman Puring lah kawasan yang pas untuk kamu.

Pasar yang berlokasi di Kebayoran Lama ini dulu ialah pasar dimana sepatu-sepatu yang ditolak oleh pabrik populer yang ada di Jakarta. Meski ditolak di pabrik-pabrik tetapi masyarakat sangat menyukainya dan alhasil sampai sekarang pasar ini terus beroperasi.

37. Grand Indonesia Mall

Alamat: Jalan M.H. Thamrin No.1, Kebon Melati

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 10.00 – 22.00 WIB

Telepon: 021 23580001

Grand Indonesia Mall (foto: easybook.com)

Grand Indonesia yakni salah satu shopping mall yang mampu dibilang untuk kalangan menengah keatas. Harga yang ditawarkan lumayan cukup menguras kantong tetapi untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selian mampu berbelanja, disana juga tersedia beberapa masakan yang sangat sayang jikalau dilewatkan. Banyak sekali pilihan daerah nongkrong dan café di Grand Indonesia Mall.

38. Ice Skating

Alamat: Mall Taman Anggrek Lantai 3, Kel. Tanjung Duren, Kec. Grogol Petamburan

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 65.000

Operasional: 08.30 – 21.30 WIB

Telepon: 021 5642888

Ice Skating (foto: liburananak.com)

Ingin merasakan sensasi cuek dan permainan sky? Di jakarta juga ada loh. Kamu bisa pergi ke Mall Taman Anggrek lantai 3.

Kamu mampu menjajal beberapa atraksi sky sepuasnya, bahkan kalau termasuk pemula, sudah disediakan pelatih untuk menemani dan memberi pengarahan. Skating di Mall Taman Anggrek ini merupakan arena terluas di Asia Tenggara.

39. Bumi Perkemahan Cibubur

Alamat: Jalan Buperta – Jambore, Cibubur, Jakarta Timur

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 10.000 per Malam

Operasional: 24 Jam

Telepon: 021 8444948

Bumi Perkemahan Cibubur (foto: travel.detik.com)

Bumi Perkemahan Cibubur memberikan bagi para pengunjung yang ingin merasakan suasan alam dengan tidur di perkemahan. Lokasinya terletak di bab timur Kota Jakarta, ialah Cibubur.

Banyak sekali akomodasi yang mampu didapatkan disini dengan hanya membeli tiket masuk 10 ribu per malamnya. Ada arena outbond dan beberapa kawasan ibadah.

Selain Bumi Perkemahan Cibubur ini adalah tujuan wisata keluarga, tak jarang yang datang ialah rombongan dari komunitas bahkan sekolah-sekolah.

40. Istana Negara Republik Indonesia

Alamat: Jl. Merdeka Utara, Gambir, RT.2/RW.3, Gambir

Koordinat: Klik Disini

Operasional: 24 Jam (Hanya Sabtu dan Minggu)

Istana Negara Republik Indonesia (foto: presidenri.go.id)

Istana Negara Republik Indonesia memang dibuka untuk umum, tetapi tidak setiap hari.

Hanya dibuka di hari Sabtu dan Minggu para pengunjung baik dari perorangan dan rombongan mampu mengunjungi Istana Negara Republik Indonesia hingga ke dalam.

Tetapi harus sesuai prosedur dan perijinan tentunya.

Kamu dan rombongan akan ditemani oleh instruktur untuk menawarkan beberap penjelalasan dan keterangan. Banyak sekali pengetahuan yang bisa kau ambil sehabis berkunjung ke Istana Negara Republik Indonesia.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni