45 Kawasan Makan Di Jogja, Recommended Buat Makan Bersama Keluarga

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”164″
data-slug=””>

3.7
/
5
(
30

votes

)

JejakPiknik.com Tempat makan menjadi target wisatawan yang datang ke Jogja. Tidak hanya kawasan wisatanya saja yang menjadi destinasi bagi wisatawan, namun kawasan kulinernya pun mempunyai daya magis tersendiri.

Banyak bermacam-macam masakan yang bisa menggoyang pengecap Anda. Restoran di Jogja pun harganya murah meriah. Sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati hidangan-hidangan tersebut.

Berikut ini yaitu daftar tempat makan di Jogja yang paling lezat, unik dan murah meriah yang wajib untuk Anda kunjungi dikala datang ke Jogja:

1. House of Raminten

House of Raminten (foto: v1olet.blogspot.co.id)

Restoran pertama yang wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Jogja ialah Raminten. Jika dilihat dari dalam ruangan nya, restoran ini terkesan kebarat-baratan, meskipun begitu menu yang ditawarkan di dalam restoran ini masih tradisional dan cocok bagi pengecap orang timur.

Waitress di House of Raminten ini memakai pakaian tradisional berupa kemben dan jarik. Tidak hanya itu saja, di setiap meja disediakan sebuah kentungan jika dipukul pelayan akan datang ke meja Anda.

Menu yang bisa Anda rasakan di sini ialah bola tahu, wedang sereh, nasi brongkos dan masih banyak lagi lain nya. Anda bisa tiba ke restoran ini kapan saja, alasannya buka selama 24 jam.

Alamat: Jalan FM Noto 7 Kota Baru, Yogyakarta

Harga: Rp. 10.000 s/d 40.000

Jam buka: 24 jam

2. Bong Kopitown

foto by @voilajogja

Bong Kopitown akan membuat Anda merasakan makan di dalam penjara. Meski bukan di penjara sungguhan, namun makan di kawasan ini akan menunjukkan kesan yang unik dan tidak terlupakan.

Buku sajian nya pun juga unik. Jika restoran pada umum nya akan memperlihatkan katalog menu berupa buku, di sini Anda akan menemukan katalog menu seperti koran.

Penyajian masakan di sini menggunakan piring seng sama mirip di penjara. Menu andalan nya yaitu Penang Fried Noodle, Chicken atau Beef Rice Claypot dan yang ketiga adalah Singapore Laksa Noodle. Untuk minuman andalan yang ada di Bong Kopitown yaitu teh tarik.

Alamat: Jalan Sagan Kidul No 4 Terban Gondokusuman Yogyakarta

Harga: Rp 6.000 s/d Rp 35.000

Jam buka: 10.00 – 24.00

3. The Captain Urban Lounge

The Captain Urban Lounge Yogyakarta (foto: chndradew.blogspot.co.id)

Tempat makan unik yang ada di Jogja dan wajib dikunjungi yaitu The Captain Urban Lounge. Keunikan dari tempat ini ialah adanya bab kokpit depan pesawat yang ada di bagian restoran ini.

Bagian kokpit pesawat ini juga dijadikan sebagai pintu masuk ke dalam restoran ini. Di dalam restoran ada badan pesawat Foker 28. Anda juga bisa menikmati live music di dalam restoran ini.

Untuk kuliner yang disajikan di The Captain Urban Lounge menyajikan makanan berupa snack dan juga camilan sehingga menu nya tidak terlalu mengenyangkan. Anda bisa memesan menu andalan di sana berupa nachos dan tacos.

Alamat: Jalan Damai 41 Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga: Rp. 20.000 s/d Rp. 40.000

Jam Buka: 17.00 – 24.00

4. Kastil Mang Engking

Kastil Mang Engking, foto by @dedydeesprie

Jika Anda hobi mengkonsumsi makanan yang serba seafood, Anda bisa makan di kawasan Mang Engking. Di restoran ini Anda bisa mengkonsumsi aneka macam macam olahan seafood mulai dari kepiting, udang dan juga ikan bakar.

Anda juga mampu makan di kawasan yang sangat unik. Salah satunya ialah di kastil di dalam restoran ini. Kastil ini dibangun seperti kastil kerajaan, sehingga Anda seperti menjadi raja dalam satu hari.

Bagi Anda yang suka makan di luar ruangan, Anda mampu makan di pondok bambu. Pondok bambu ini dibangun di atas bak ikan, sehingga Anda juga bisa melihat ikan-ikan yang ada di Kolam tersebut.

Alamat: Jalan Soragan No 13, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga: Rp. 35.000 s/d Rp. 85.000

Jam Buka: 10.00 – 21.00

5. Sate Klathak Pak Pong

Tempat buka puasa di jogja yogyakarta bersama recommended referensi keluarga makan buat untuk berbuka asyik resto rekomendasi gratis bareng asik enak yang daerah yg murah nongkrong romantis
Sate Klathak Pak Pong, foto by @faizal_rizqi_ramlee89

Bagi penggemar sate, jangan lupa untuk mampir di Sate Klathak Pak Pong. Sate Klathak ini merupakan kuliner di Jogja bagian selatan. Dinamakan Sate Klathak dikarenakan sate ini tusuk sate nya terbuat dari jeruji besi.

Jeruji besi merupakan benda konduktor panas, dengan besi tersebut daging sate yang tidak terbakar dengan bara api akan terkena panas dari besi sehingga akan tetap matang hingga ke bab dalam daging.

Di sini Anda tidak hanya mampu menikmati sate klathak saja, namun Anda juga bisa menikmati banyak sekali macam olahan daging kambing contohnya saja adalah gulai, tongseng, tengkleng dan lain-lain.

Untuk mampu sampai ke daerah ini, dari perempatan Terminal Yogyakarta Anda bisa mengambil arah ke selatan. Setelah itu lurus sampai Anda menemukan perempatan lampu merah kembali, kemudian belok kanan.

Alamat: Jalan Imogiri Timur, Wonokromo, Pleret, Bantul

Harga: Rp.10.000 s/d Rp 25.000

Jam Buka: 08.00 – 23.00

6. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo, photo by @diditjandra

Pasar Beringharjo menjadi salah satu ikon kota Jogja. Selain itu, di dekat pasar ini terdapat kuliner yang legendaris sampai dikala ini adalah nasi Goreng Beringharjo.

Nasi goreng Beringharjo ini didirikan sejak tahun 1960 silam. Meski sudah usang, nasi goreng nya tetap mempunyai cita rasa yang sama mirip dahulu.

Cita rasa nya tetap yummy dan menggugah selera, tidak mengherankan bila daerah makan ini memiliki penggemar yang setia bahkan terus bertambah hingga saat ini.

Selain nasi goreng, Anda juga mampu memesan bihun goreng atau bakmi goreng. Cita rasa nya pun juga lezat dan tidak mengecewakan.

Alamat: Jalan Mayor Suryotomo, No. 7 Gondomanan, Yogyakarta

Harga: Rp 8.000 s/d Rp 15.000

Jam Buka: 19.00 – Habis

7. Pondok Makan Pelem Golek

Pondok Makan Pelem Golek, gambar by @fajar_ngindonesia

Jika Anda menyukai tempat makan di Jogja yang bernuansa alam Anda bisa mampir ke tempat ini. Di sini Anda mampu menikmati suara gemercik riam dan juga mendengarkan kicauan burung yang sangat merdu.

Lokasi nya sendiri berada di Jogja bab utara dan letak nya berada sempurna di pinggir sungai yang bersih dan airnya bening.

Menu yang bisa Anda santap di restoran ini yakni gurameh tabur permata, udang dengan saus lada hitam dan lain-lain nya. Memang sajian yang disajikan kebanyakan ialah seafood.

Alamat: Jalan Palagan Tentara Pelajar km 7 Sendangdadi Mlati Sleman

Harga: Rp 10.000 s/d Rp. 73.000

Jam Buka: 10.00 – 22.30

8. Sawa Steaks and Grills

Sawa Steaks & Grill (foto: hoolme.com)

Pecinta kuliner steaks bisa mampir ke Satwa Steaks and Grills. Selain mempunyai nuansa alam yang indah, daerah makan di sini juga unik. Keunikan nya ada pada desain interior nya yang mengusung konsep pedesaan Jogja dan juga Bali.

Sesuai dengan nama nya, menu yang ditawarkan di sini merupakan hidangan berbau western seperti pasta, spaghetti, chicken teriyaki, tempura dan juga steak. Steak favorit yang ada di daerah ini yakni Prime Sirloin.

Lokasi: Jalan Damai, Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman

Harga: Rp 20.00 s/d Rp. 300.000

Jam Buka: 11.00 – 23.00

9. Kimchi Go

Kimchi Go, gambar by pritadewii.blogspot.com

Anda suka kuliner Korea? Anda wajib mengunjungi tempat satu ini. Kimchi adalah kuliner khas Korea yang menyehatkan dan mengenyangkan. Anda mampu menemukan kawasan makan ini di lantai 2 Jogja City Mall.

Memang selama ini masyarakat Indonesia sangat menggemari segala hal yang berbau Korea salah satu nya adalah kuliner khas nya. Tidak hanya kimchi saja yang bisa Anda nikmati di sini namun Anda juga bisa menikmati kuliner khas Korea lain nya.

Misalnya saja yakni Bulgogi, Ramyeon, Tok Bok Ki dan lain-lain. Setelah Anda lelah mengelilingi Jogja City Mall, jangan lupa mampir makan di kawasan ini.

Alamat: Jalan Magelang km 6 No 18 Sinduadi Sleman (JCM lantai 2)

Harga: Rp 7.000 s/d Rp. 89.000

Jam buka: 10.00 – 22.00

10. Jadah Tempe Mbah Carik

Jadah tempe mbah carik (foto: ksmtour.com)

Tentu Anda tidak asing lagi dengan masakan khas Jogjakarta satu ini?, ya benar sekali meskipun sangat sederhana kuliner ini masih populer sampai kini. Makanan ini merupakan masakan yang menjadi favorit dari Sri Sultan Hamengkubuwono yang ke-9.

Ciri khas dari Jadah Tempe ialah rasanya yang kenyal, gurih ditambah dengan rasa manis. Rasa gurih dan kenyal didapatkan dari jadah nya sedangkan rasa elok didapatkan dari tempe nya. Jadah Tempe Mbah Carik merupakan salah satu kawasan masakan jadah tempe paling terkenal. Lokasi nya berada di Jalan Kaliurang erat dengan kaki Gunung Merapi.

Alamat: Jalan Kaliurang km 15

Harga: Rp. 10.000 s/d Rp 20.000

Jam Buka: 08.00 – 18.00

11. Secret Garden Coffee and Chocolate

Secret garden coffee and cocholatte (foto: kulineraric.blogspot.com)

Bagi pasangan muda-mudi jangan lupa untuk mengunjungi daerah makan romantis satu ini. Meski belum usang didirikan, namun Secret Garden Coffee and chocolate bisa menarik musim masyarakat Jogja.

Tempat ini cocok untuk Anda kunjungi saat malam hari, karena dikala malam hari suasana akan sangat romantis. Tempat makan di outdoor dihiasi dengan aneka warna lampu hias membuat malam Anda bersama dengan pasangan semakin romantis.

Anda bisa memesan kopi maupun minuman cokelat di sini. Anda juga mampu memesan jus, mocktail, shake dan lain-lain. Untuk masakan di sini menyediakan steak, makanan Indonesia dan juga main course.

Alamat: Jalan Amri Yahya No 3 Gampingan, Wirobrajan, Pakuncen

Harga: Rp 6.000 s/d Rp 29.000

Jam Buka: 17.00 – 24.00

12. Roaster and Bear

Roaster and Bear (foto: mangajunreny.blogspot.co.id)

Tempat makan di Jogja selanjut nya yang recommended buat Anda ialah Roaster and Bear. Sesuai dengan nama nya di bar ini Anda akan menemukan gambar ayam dan beruang yang menghiasi dinding kafetaria.

Memang kafetaria ini masih terbilang gres namun beragam sajian nya patut untuk Anda coba. Di sini Anda bisa memesan pizza, carbonara dan jangan lupa untuk mengicipi dessert nya yang yummy dan menyegarkan.

Alamat: Jalan Margo Utomo No 52 Gowongan Jetis Yogyakarta

Harga: Rp. 12.000 s/d Rp. 55.000

Jam buka: 07.00 – 23.45

13. Aglioo Pasta and Pizza Jogja

Bagi Anda penyuka pasta dan pizza Anda bisa datang ke kawasan ini. Tempat ini merupakan daerah yang asik buat nongkrong bersama dengan sobat-sahabat Anda. Saat siang dan malam hari, kafe ini selalu ramai di datangi oleh anak muda.

Di daerah ini Anda mampu memesan hidangan andalan yaitu Turkey Pizza. Tidak hanya itu saja, Anda juga mampu memesan menu Lasagna, Pasta dan Insolata. Untuk urusan harga tidak perlu khawatir, alasannya adalah Jogja selalu menyediakan masakan dengan harga yang murah meriah.

Alamat: Jalan Prawirotaman No 43 Brontokusuman Mergangsan

Harga: Rp.15.000 s/d Rp.50.000

Jam Buka: 08.00 – 24.00

14. Indische Koffie Benteng Vredeburg

Indische Koffie Benteng Vredeburg (foto:travel.detik.com)

Pecinta kopi jangan lupa untuk mampir di tempat ini. Selain Anda mampu bersantai dan berwisata kuliner di daerah ini, Anda juga mampu mengenang sejarah dari Kota Jogja.

Benteng Vredeburg merupakan benteng peninggalan saat zaman penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh sampai saat ini.

Keunikan dari tempat ini, selain berada di dalam benteng, bar ini juga memiliki desain interior yang klasik dan juga unik. Anda bisa menikmati hidangan ala Eropa di sini mirip sandwich dan kentang goreng, milk shake dan lain-lain.

Di sini Anda juga bisa berwisata kuliner secara rombongan. Indische Koffie Benteng Vredeburg menyediakan menu buffet atau prasmanan dimana menu nya disediakan dalam aneka macam macam pilihan.

Gaya buffet ini bisa disediakan bila jumlah person nya minimal 30 person. Jangan lupa untuk membawa keluarga dan saudara Anda untuk menikmati menu enak di tempat ini.

Alamat: Jalan Jend. A.Yani No.6 Benteng Vredeburg Ngupasan Gondomanan Yogyakarta

Harga: Rp. 10.000 s/d 128.000

Jam Buka: 10.00 – 17.00

15. Tempo Gelato Prawirotaman

foto by @marisa_tumbuan

Tempo Gelato merupakan salah satu daerah makan hits di Jogja. Selain dijadikan sebagai tujuan kawasan wisata, Tempo Gelato juga sering dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda Jogja. Lokasi nya masih di sekitar Prawirotaman.

Selain menyediakan es krim gelato, Tempo Gelato juga menyediakan berbagai macam kopi. Gelato sendiri merupakan es krim tradisional khas dari negara Itali. Gelato yang mampu Anda pilih ialah cokelat, vanila, stroberi, red dragon, nutella dan masih banyak lagi lain nya.

Alamat: Jalan Prawirotaman No. 43

Harga: Rp. 20.000 s/d Rp. 25.000

Jam Buka: 11.00 – 22.00

16. Bungong Jeumpa

foto by @ariefrizman

Jogja tidak hanya menyediakan kawasan makan khas Jogja saja, namun Jogja juga menyediakan masakan khas Aceh. Salah satu tempat makan di Jogja yang menyediakan masakan khas Aceh ialah Bungong Jeumpa. Tepatnya berada di kawasan Seturan Jogja.

Nama Bungong Jeumpa sendiri diambil dari lagu tempat di Aceh. Di sini Anda mampu memesan Mie Aceh yang dijadikan sebagai hidangan andalan di sini. Rasa rempah-rempahnya yang sangat terasa membuat Mie Aceh begitu digemari di sini.

Alamat:Jalan Seturan Raya, Ruko Seturan Square no 5, Caturtunggal, Depok, Sleman

Harga: Rp 10.000 s/d Rp. 20.000

Jam Buka: 08.00 – 22.00

17. Kalimilk Jogja

kalimilk jogja (foto: telusurindonesia.com)

Bagi pecinta susu sapi jangan lupa untuk mampir ke Kalimilk Jogja. Lokasinya berada di jakal km 4,9.

Anda mampu menikmati susu dalam aneka macam macam rasa mirip Oreo, green tea, caramel dan masih banyak lagi lain nya. Untuk snack nya Anda mampu menikmati sandwich, kentang goreng dan lain-ain.

Sebelum kedai minum susu marak seperti kini di Jogja. Kalimilk merupakan pencetus minum susu di Jogja. Susu yang ada di Kalimilk ini tidak akan menawarkan kesan bacin dan juga eneg.

Alamat: Jalan Kaliurang ( Jakal ) km 4.9 caturtunggal depok Sleman

Harga: Rp 9.000 s/d Rp. 15.000

Jam Buka: 09.00 – 22.00

18. Restoran Tradisional Joglo Mlati

Joglo mlati, gambar by @julianamardikaa

Untuk ulang tahun, Anda bisa merayakan nya di restoran ini. Dikarenakan bangunan joglo nya yang mampu menampung orang banyak, restoran ini mampu digunakan untuk program ulang tahun, seminar, pernikahan, rapat dan lain-lain.

Restoran tradisional Joglo Mlati sudah didirikan sejak tahun 1995 dan hingga dikala ini masih terus berkembang. Untuk makan di sini Anda akan ditawarkan dengan sistem paket.

Paket yang ditawarkan yakni Paket Java Authentic, Java Exotique Night dan masih banyak lagi lain nya.

Alamat: Jl. Kebon Agung No.170, Tlogoadi, Mlati, Kabupaten Sleman

Harga: Rp 55.000 s/d Rp. 175.000 per pack

Jam Buka: 08.00 s/d 20.00

19. Abhayagiri Restoran

Abhayagiri Restaurant, foto by @kosasihryan

Restoran dengan pemandangannya elok salah satunya ada di Restoran Abhayagiri. Pengunjung yang datang ke restoran ini akan disuguhi dengan dua buah pemandangan yang menakjubkan yakni Candi Prambanan dan juga Gunung Merapi.

Letak nya yang ada di atas bukit, akan menciptakan Anda betah berlama-lama berada di tempat ini. Tidak hanya view nya saja yang elok, namun masakan di sini juga lezat-enak. Anda bisa memesan kuliner beef black paper, apple crumble, churos dan lain-lain.

Alamat: Sumberwatu Heritage Resort, Sumberwatu RT. 02 / RW. 01, Sambirejo, Prambanan

Harga: Rp 20.000 s/d Rp 125.000

Jam Buka: 11.00 – 22.00

20. Gudeg Yu Djum

Gudeg yu djum (foto: gudegyudjumpusat.com)

Makanan gudeg bisa dengan gampang Anda temukan di Jogja. Namun yang paling terkenal yaitu Gudeg Yu Djum. Jika Anda malas untuk keluar rumah, Anda mampu menggunakan jasa delivery dari rumah makan ini.

Gudeg Yu Djum merupakan salah satu daftar rumah makan yang bisa delivery hingga ke rumah Anda.

Sesuai dengan nama nya, Anda bisa memesan hidangan serba gudeg di sini, mau gudeg kering, gudeg kendhil, gudeg lembap dan lain-lain nya mampu Anda pesan di sini. Jangan lupa untuk menambahkan sambal krecek ke dalam gudeg Anda.

Alamat: Jalan Wijilan, Panembahan, Kraton, Panembahan, Yogyakarta

Harga: Rp 10.000 s/d Rp 285.000

Jam Buka: 06.00 – 22.00

21. Nanamia Pizzeria Mozes

gambar by @silviaindram

Kuliner dekat dengan bandara salah satu nya ialah Nanamia Pizzeria Mozes. Restoran ini menyajikan kuliner pizza dengan aneka topping.

Yang berbeda di sini yakni pizza tidak akan di panggang menggunakan panggangan listrik, namun pizza akan di panggang menggunakan panggangan kayu yang tradisional.

Untuk urusan harga dibedakan menurut jenis dan ukuran nya. Pizza ini juga melayani layanan delivery service namun batas order nya pada pukul 3 sore.

Alamat: Jalan Moses Gatotkaca B9 dengan jarak 4,6 dari bandara

Harga: Rp 15.000 s/d Rp 45.000

Jam Buka: 11.00 – 23.00

22. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

(foto: emkatourjogja.com)

Bagi penyuka pedas, Anda mampu mencoba masakan oseng-oseng mercon Bu Narti. Oseng-oseng mercon ini yakni salah satu kuliner yang legendaris di Jogja. Rasa pedas nya yang menggetarkan lidah membuat kuliner ini disebut dengan oseng-oseng mercon.

Oseng-oseng mercon ini merupakan salah satu kawasan kuliner di kawasan wisata Malioboro. Jika Anda gres pertama kali mengicipi makanan ini sebaiknya menyediakan air mineral biar tidak kepedasan.

Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta

Harga: Rp. 20.000

Jam Buka: 17.00 – 22.00

23. Bukit Bintang

Picture from @agusbaee_

Tempat makan di Jogja malam hari dengan pemandangan eksotik hanya ada di Bukit Bintang. Anda mampu makan ditemani dengan ribuan bintang-bintang dari atas bukit.

Bintang-bintang yang ada di sini yaitu lampu kota yang terlihat gemerlap mirip bintang dari atas bukit. Untuk menuju ke bukit bintang ini Anda harus lebih berhati-hati alasannya adalah jalan yang menanjak dan curam.

Menu yang bisa Anda pesan di sini yakni jagung bakar, roti bakar, kopi panas, wedang jahe, bajigur, pecel lele, bakso, ayam goreng atau bakar dan lain-lain.

Alamat: Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

Harga: Rp. 5.000 s/d Rp. 15.000

Jam Buka: 17.00 – 24.00

24. Dimsum Edane

(foto: informasi-jogja.com)

Mencari dimsum di Jogja memang gampang, namun dimsum yang enak hanya ada di Dimsum Edane. Banyak orang yang ingin balik lagi ke dimsum ini sebab cita rasanya yang benar-benar lezat.

Lokasi tempat makan ini tepatnya berada di Jalan Magelang KM 5 Jogja tepatnya 300 meter sebelah utara TVRI Jogja.

Menu andalan yang bisa Anda pesan di sini ialah Siolong Pao, Kei Chak, Lomeke dan Bubur Hongkong.

Siolong Pao yakni bakpao dengan isi olahan ayam dan juga jahe, lomeke adalah beras ketan dengan isi ayam yang dibungkus daun jati, Kei Chak adalah makanan dari jamur, udang dan ayam kemudian dibungkus dengan kulit tahu hidangan ini mampu dimakan dengan bubur hongkong.

Alamat: Jalan Magelang Km.5, Sinduadi, Mlati, Sleman

Harga: Rp. 10.000

Jam Buka: 15.00 – 22.00

25. Sasanti Restaurant and Gallery

Sasanti Restaurant and Gallery (foto: inspirasikukeni.blogspot.co.id)

Tempat makan di Jogja ini berada di kawasan Palagan. Keunikan dari daerah ini, Anda tidak akan hanya bisa berwisata kuliner namun Anda juga bisa menikmati karya seni dari pengrajin Yogyakarta. Masakan di daerah ini diolah oleh chef dengan taraf internasional.

Desain interior yang ada di restoran ini mengusung dua kebudayaan ialah Bali dan juga Jogja. Menu yang mampu Anda pesan di sini yaitu barbeque ribs, lamb rack, steak, mushroom soup dan lain-lain.

Alamat: Jalan Palagan Tentara Pelajar No. 52A, Sariharjo, Sleman

Harga: Rp. 17.500 s/d Rp. 110.000

Jam Buka: 11.00 – 22.00

26. Omah Dhuwur Restoran

Omah Dhuwur Restaurant, foto by @chipriant_antok

Di kotagede, ada restoran mewah khusus untuk kalangan atas. Tidak hanya warga Jogja saja yang makan di restoran ini, namun turis dan wisatawan abnormal pun suka makan di daerah ini.

Restoran ini tepatnya berada di sebelah timur dari Sungai Gadjah Wong. Dinamakan Omah Dhuwur dikarenakan bangunan nya yang tinggi sehingga untuk masuk ke restoran ini pengunjung harus naik anak tangga terlebih dahulu.

Menu yang ada di sini beragam, ada yang western dan juga ada yang hidangan tradisional.

Alamat: Jl. Mondorakan No.252, Prenggan, Kotagede

Harga: Rp. 50.000 – Rp. 135.000

Jam Buka: 11.00 – 22.00

27. Nikkou Ramen

Nikkou ramen (foto: aline-aline-aline.blogspot.co.id)

Tidak hanya masakan Aceh dan Korea saja yang ada di Jogja, namun Jogja juga mempunyai bermacam-macam restoran yang menawarkan masakan Jepang.

Salah satu masakan Jepang yang sedang banyak digemari yakni mie ramen. Salah satu kawasan makan mie ramen yang terkenal yaitu Nikkou Ramen.

Menu yang bisa Anda pesan di sini Gyu-Gyu Ramen, Spicy Chicken Ramen, Sea Food Ramen dan masih banyak lagi lain nya. Selain mie ramen Anda juga bisa memesan makanan khas Jepang lain nya.

Alamat: Jalan A. M. Sangaji No. 90, Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta

Harga: Rp 10.00 s/d Rp 20.000

Jam Buka: 10.00 – 19.00

28. Kampung Ramadhan Jogokaryan

(foto: saisane.com)

Tempat makan di Jogja yang cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat untuk buka puasa adalah Kampung Ramadhan Jogokaryan.

Letaknya tepat di jalan samping masjid Jogokaryan. Kampung ini mirip pasar yang menyediakan masakan untuk buka puasa dan hanya ada ketika ramadhan saja.

Menu yang mampu Anda temukan di sini adalah kolak, es campur, siomay, sosis bakar dan lain-lain. Untuk harga nya pun sangat murah meriah.

Alamat: Jalan Jogokaryan No.36, Mantrijeron

Harga: Rp 5.000 s/d Rp. 20.000

Jam Buka: 16.00 – 18.30

29. Mangut Lele Mbah Marto

(foto: emkatourjogja.com)

Warung makan yang satu ini dilarang untuk Anda lewatkan. Rasa mangut lele nya yang pedas dan gurih menciptakan siapa pun ketagihan lagi untuk kembali lagi makan di sini. Ciri khas dari makanan ini yakni lele yang diberikan kan santan kuah kuning dengan rasa pedas dan gurih.

Tidak hanya mangut lele saja yang mampu Anda rasakan di sini namun Anda juga mampu memesan lele asap, lele bakar, lele goreng dan masih banyak lagi lain nya.

Alamat: Sewon, Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta

Harga: Rp 20.000 s/d Rp 25.000

Jam Buka: 11.00 – 16.00

30. Tap House Beer Garden

TapHouse Beer Garden (foto: warung24.com)

Wisata masakan di Jogja Anda tidak akan lengkap bila Anda tidak mengunjungi tempat satu ini. Wisata kuliner Anda akan menarik sebab desain interior nya dibentuk seperti puing-puing rumah yang hancur.

Pada saat malam ahad ada penampilan DJ di kawasan ini. Selain memesan bir Anda juga mampu memesan snack ringan di tempat ini.

Alamat: Jalan Jlagran No 18 Jogjakarta

Harga: Rp. 20.000

Jam Buka: 18.00 – 03.00

31. ViaVia Jogjakarta

(foto: liliskhusniati.com)

Di sinilah kawasan berkumpul nya para backpacker. Suasana hangat dilengkapi dengan bantal-bantal yang nyaman menciptakan Anda betah berlama-usang berada di tempat ini. Kenyamanan nya seperti dengan kenyamanan rumah Anda sendiri.

Menu yang ada di sini kebanyakan roti yang dilengkapi dengan cokelat maupun selai, di sini juga disediakan sandwich yang akan menggugah selera makan Anda.

Alamat: Jalan Prawirotaman No 30

Harga: Mulai dari Rp 42.000

Jam Buka: 07.30 – 23.00

32. Rosella Easy Dinning

gambar by @wulandarinells

Untuk Anda yang tidak suka dengan kebisingan di kota Anda mampu mampir di Rosella Easy Dinning. Restoran di sini menyatu dengan alam sebab di kanan dan kirinya adalah areal persawahan.

Di sini Anda bisa mencoba menu tradisional yang disajikan dalam hidangan modern berjulukan Rijstaffel. Menu ini disajikan dalam porsi makanan yang kecil sehingga mirip prasmanan.

Alamat: Jalan Kabupaten km 3,5 No 50 Sleman

Harga: Mulai dari Rp. 42.000

Jam Buka: 10.00 – 23.00

33. Beukenhof Restoran

Beukenhof Restaurant, gambar by @jajanankuu_

Jika Anda berkunjung ke kawasan wisata Kaliurang, jangan lupa mampir ke sini. Restoran ini tepat nya berada di dalam Museum Ulen Sentalu. Keunikan dari daerah ini desain interior nya yang identik dengan zaman kolonial Belanda.

Menu yang bisa Anda pesan di sini ialah cream soup yang kental dan gurih dan juga cordon bleu yang mampu mengenyangkan Anda. Menu ala western pun juga disediakan di sini mirip burger, spaghetti dan lain-lain.

Alamat: Jalan Boyong Kaliurang Jogja

Harga: Rp. 10.000 s/d Rp 100.000

Jam Buka: 11.00 – 17.30 hari senin tutup

34. Jejamuran

foto by @jejamuran.id

Jejamuran merupakan daerah makan di Jogja yang hidangan nya serba jamur. Restoran ini membudidayakan sendiri jamur yang dipakai dalam produksi nya. Tidak mengherankan bila jamur yang dipakai dalam kualitas yang fresh dan segar.

Saat berada di sini jangan lupa untuk memesan sate jamur, omelet jamur, keripik jamur, gulai jamur dan minuman nya pun mengandung jamur.

Alamat: Jalan Magelang km 11 Niron Pandowoharjo Sleman

Harga: Rp. 14.000 s/d Rp. 23.000

Jam Buka: 09.00 – 21.00

35. Milas Vegetarian Resto

Milas Vegetarian Resto, foto by @samunav

Milas merupakan restoran yang dikhususkan untuk Anda yang vegetarian. Masakan yang diolah pun merupakan hasil dari kebun sendiri sehingga kualitas nya pun lebih terjamin. Anda akan merasakan sajian-menu yang variatif dan juga inovatif.

Menu yang mampu Anda coba di sini yaitu salad sayur, sayur lodeh dan banyak sekali macam es krim yang terbuat dari sayuran. Anda juga belanja sayur di sini untuk dibawa pulang.

Alamat: Jalan Prawirotaman No 4

Harga: Harga mulai dai Rp. 21.000

Jam Buka: 11.00 – 22.00

36. Blanco Coffee and Books

Blanco Coffee & Books, gambar by @blancoyk

Konsep kafe ini sangat unik sebab menggunakan buku di dalam nya. Tempat ini bisa Anda jadikan sebagai destinasi masakan yang pas. Terutama kalau Anda sedang ada peran, Anda mampu mengerjakan di tempat ini.

Menu yang mampu Anda pesan di sini ada croissant dengan keju nya yang enak. Yang pasti Anda mampu memesan kopi dengan berbagai macam varian untuk menemani Anda mengerjakan peran.

Alamat: Jl. Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Jetis

Harga: Rp. 15.000 s/d Rp. 30.000

Jam Buka: 07.00 – 01.00

37. Lokal Resto

photo by @titisuwandi

Tempat ini memiliki nuansa instagram able khusus untuk anak muda. Bahkan resto ini pun dijadikan sebagai setting untuk film AADC 2.

Anda akan menemukan tulisan Jogjakarta dengan aneka warna di resto ini. Banyak dewasa yang menggunakan goresan pena tersebut sebagai latar belakang foto sehingga nuansa ya disebut dengan instagram-able.

Menu yang bisa Anda coba di sini seperti fruit salad, nasi rendang, grilled chicken, baked alaska dan lain-lain. Menu di sini dibagi menjadi tiga adalah sajian pembuka, sajian utama dan penutup.

Alamat: Jl. Jembatan Merah, Gejayan, Jogja

Harga: Rp 20.000 s/d Rp 30.000

Jam Buka: 07.00 – 23.00

38. Ruang Cafe

photo by @mericiputri

Ruang cafe atau cafetarium Jogja dijadikan sebagai tempat nongkrong yang asyik di Jogja. Dengan konsep kekeluargaan membuat cafe ini mempunyai suasana yang hangat.

Menu yang bisa Anda pesan di sini yakni Juice, Coffee, shake, nasi goreng pattaya dan masih banyak lagi lain nya.

Alamat: Jl. Ringroad Utara Monjali, Ngaglik, Sleman

Harga: Rp. 2.000 – Rp. 25.000

Jam Buka: 17.00 – 00.00

39. Kedai Poci

Kedai poci (foto: madangwae.com)

Kedai poci merupakan kawasan makan yang menyediakan bermacam-macam menu seperti nasi goreng, cap cay, beragam sate seperti sate usus, sate telur puyuh dan masih banyak lagi lain nya.

Minuman yang sering dipesan ketika berada di sini adalah minuman teh yang diseduh di dalam poci. Suasana lesehan di tempat ini membuat pengunjung nya betah berlama-usang bercengkrama di sini.

Alamat: Jl. Boyong, Dusun Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Pakem

Harga: Rp. 4.000 s/d Rp 15.000

Jam Buka: Buka 24 Jam

40. Cafe Cokelat

Cafe cokelat (foto: missyoan.wordpress.com)

Bagi Anda pecinta cokelat wajib untuk datang ke daerah ini. Banyak hidangan dari aneka cokelat yang mampu Anda coba di sini.

Anda mampu mencoba minuman cokelat panas atau masbodoh ditambah dengan pancake yang di atasnya diberikan toping es krim dengan cokelat. Sangat yummy sekali tentu nya.

Jangan lupa juga untuk mencoba menu Lava You. Menu ini cocok untuk Anda yang couple an dengan dua buah macam kue beda warna yang materi nya menggunakan cokelat putih dan hitam.

Alamat: Jl. Cik Di Tiro No.19, Terban, Yogyakarta

Harga: Rp. 10.000 – Rp. 35.000

Jam Buka: 11.00 – 23.00

41. Mato Kopi

Suasana area parkir mato kopi, tempatnya luas dan parkirannya gratis, photo by @matokopi

Kafe ini diambil dari bahasa Madura. Mato sendiri artinya adalah pecandu. Menu yang ditawarkan di sini serba kopi.

Minuman khas yang ada di sini yaitu Kopassus abreviasi dari Kopi Susu, Kotangsu singkatan dari Kopi Susu Gelas Tanggung dan Kopaja akronim dari kopi jahe.

Untuk kuliner yang bisa Anda coba di sini yaitu penyetan, nasi goreng, mie goreng dan lain-lain.

Alamat: Jl. Selokan Mataram, Condongcatur, Sleman

Harga: Rp. 2.500 s/d Rp. 10.000

Jam Buka: 24 Jam

42. Soto Kadipiro

foto by @kulinersuraboyo

Tempat makan di Jogja yang sudah tidak gila lagi ialah Soto Kadipiro. Soto Kadipiro ini telah memiliki banyak cabang sehingga Anda tidak akan kesusahan lagi untuk mencari nya. Namun warung Soto yang orisinil dan terlama terletak di Jalan Wates No 33.

Menu yang mampu Anda coba di sini adalah soto ayam dicampurkan dengan kol, taoge, bawang goreng dan seledri. Anda juga bisa menambahkan perkedel, sate usus, sate telur puyuh, tempe dan tahu bacem ke soto Anda. Dijamin rasanya akan semakin lezat.

Alamat: Jalan Wates No 38

Harga: Rp 21.000

Jam Buka: 07.00 – 21.00

43. Brongkos Bu Padmo

gambar by @brongkos_bupadmo

Brongkos ialah kuliner kesukaan Sri Sultan HB IX. Warung makan brongkos yang terkenal ialah Brongkos Bu Padmo akrab dengan alun-alun selatan Jogja.

Di sini Anda bisa menikmati brongkos dengan banyak sekali macam isi mirip telur, daging sapi dan telur angsa.

Alamat: Jl. Magelang No.12, Jlegingan, Margorejo, Kec. Tempel, Kabupaten Sleman

Harga: Rp. 10.000 s/d Rp 15.000

Jam Buka: 07.00 – 17.00

44. Gudeg Pawon

foto by @henrywidiarto

Menikmati gudeg akan lebih nikmat jikalau di dapurnya eksklusif. Anda bisa menikmati gudeg pawon ini di dapurnya pribadi akrab dengan tungku perapian.

Pengunjung pun harus berdesak-desakan di dapur untuk menikmati gudeg ini. Rasanya yang enak menciptakan orang rela antre untuk se porsi gudeg pawon ini.

Alamat: Jl. Janturan UH/IV No. 36, Umbulharjo, Warungboto

Harga: Rp. 7.000 – Rp. 35.000

Jam Buka: 22.00 – 24.00

45. Ayam Goreng Mbah Cemplung

gambar by @androprabowo

Pecinta ayam goreng kampung mampu tiba ke daerah ini. Anda akan dimanjakan dengan banyak sekali macam olahan ayam goreng kampung yang empuk dan gurih.

Dinamakan Mbah Cemplung alasannya pemilik nya ialah nenek-nenek dan asalnya dari kampung Cemplung.

Alamat: Sendang Semanggi, RT.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul

Harga: Rp. 25.000 – Rp. 45.000

Jam Buka: 08.00 – 19.00

Demikianlah rekomendasi kawasan makan di Jogja yang mampu Anda kunjungi bersama dengan teman dan keluarga Anda, biar berita ini bermanfaat bagi Anda.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni