7 Daerah Ngabuburit Di Jakarta Timur Yang Keren

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”27652″
data-slug=””>

4.2
/
5
(
4

votes

)

Saat bulan Ramadhan tiba, niscaya ada moment yang tidak akan pernah dilewatkan oleh orang-orang berpuasa dengan begitu saja yaitu waktu berbuka atau lebih dikenal dengan “Ngabuburit”.

Biasanya, budaya menunggu waktu berbuka puasa tersebut diisi dengan mengunjungi aneka macam tempat-kawasan menarik baik itu seperti lokasi wisata, cafe tongkrongan ataupun taman indah.

Nah, di tempat Jakarta Timur sendiri terdapat aneka macam tempat-kawasan menarik dan terkenal yang kerap dijadikan sebagai lokasi untuk ngabuburit. Mau tahu apa saja? Mari kita simak bersama.

1. Pasar Rawamangun

foto by ewscb.kemendag.go.id

Alamat: Jln.Pinang No.26, RT.09 RW.08, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur

Map: Klik Disini

Pasar Rawamangun yakni salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah setempat untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

foto by wartakota.tribunnews.com

Dengan menunjukkan harga yang cukup terjangkau, pasar Rawamangun tersebut kerap dijadikan sebagai daerah berburu barang berkualitas untuk mengisi waktu luang sambil menunggu berbuka.

Dan untuk memenuhi sajian berbuka puasa, kita tak perlu khawatir pasalnya dikala bulan mulia pasar Rawamangun ini akan dipenuhi bermacam-macam penjual kuliner yang siap menggoyang lidah.

2. Taman Bambu Lubang Buaya

foto by youtube.com

Alamat: Jln.Rawa Binong, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur

Map: Klik Disini

Menjelang sore hari terutama dikala weekend, Taman bambu akan menjadi salah satu destinasi yang selalu ramai dikunjungi oleh warga Jakarta Timur dan sekitarnya.

foto by mommiesdaily.com

Dilengkapi dengan gazebo, arena bermain dan pasar kaget, membuat Taman Bambu tersebut cukup nyaman untuk dijadikan sebagai kawasan mengisi waktu luang sembari beristirahat.

Selain itu, eksistensi kemudahan tempat ini juga membantu masyarakat Jakarta Timur dan sekitarnya menjadi sebagai salah satu taman rekreasi keluarga dikala menunggu waktu berbuka.

3. Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal TMII

Alamat: Jln.Raya TMII Pintu 1, Pinang Ranti, Makassar, Cipayung, Jakarta Timur

Map: Klik Disini

Tempat cantik selanjutnya yang juga bisa kita jadikan sebagai lokasi ngabuburit yaitu Bayt Al-Alquran dan Museum Istiqlal TMII.

foto by situsbudaya.id

Bangunan yang diresmikan pada tahun 1994 ini merupakan mushaf berukuran besar yang dihiasi dengan goresan pena khat indah dan menjadi daerah menyimpan berbagai macam bentuk Al-quran.

Nah, untuk mengisi waktu ngabuburit dengan hal berguna, berkunjung ke lokasi ini akan menjadi pilihan paling tepat sebab disini kita mampu mengkaji sejarah serta budaya Islam nusantara.

4. Taman Agro Wisata Cilangkap

foto by indonesiakaya.com

Alamat: Jln.Raya Cilangkap No.45, RT.06 RW.01, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur

Map: Klik Disini

Sebagai salah satu taman rekreasi yang dimiliki oleh Jakarta Timur, lokasi cantik tersebut juga cukup mantap bila kita jadikan sebagai tempat ngabuburit sambil menunggu bedug.

Selain itu dikarenakan telah dilengkapi dengan danau dan ditumbuhi beraneka jenis pohon rindang disekitarnya menciptakan daerah ini juga cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga.

Bukan hanya itu saja, ketersediaan beberapa kemudahan seperti arena olahraga, jogging track dan area bermain menjadi sarana sempurna untuk mengisi waktu ngabuburit.

Masalah kuliner tidak perlu diragukan lagi sebab baik di hari biasa maupun Ramadan, daerah taman tersebut selalu ramai penjaja makanan lezat dengan harga terjangkau.

5. Museum Pusaka

foto by tamanmini.com

Alamat: Jln.Raya Taman Mini, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur

Map: Klik Disini

Mengisi waktu ngabuburit sembari menunggu waktu berbuka puasa dengan mengunjungi tempat-daerah bersejarah mungkin bukanlah hal yang buruk.

Contohnya dengan mengunjungi Museum Pusaka di jalan Raya Taman Mini ini kita mampu berguru lebih mengenal berbagai koleksi senjata tradisional paling lengkap dari setiap provinsi di Indonesia.

Mengisi aktivitas ngabuburit dengan hal berkhasiat akan menciptakan pengetahuan dan wawasan kita semakin bertambah, selain itu waktu juga tidak terbuang dengan begitu saja.

6. Taman Bermain Waringin Permai

Alamat: Jln.Wirabakti I Blok K No.04, RT.03 RW.07, Cipinang Melayu, Makassar, Jakarta Timur

Map: Klik Disini

Tempat ngabuburit berikutnya yang juga selalu ramai dikunjungi dikala menunggu berbuka puasa oleh masyarakat Jakarta Timur yakni taman bermain Waringin Permain di Cipinang Melayu.

Taman yang berada di komplek perumahan Waringin Permai tersebut telah dilengkapi banyak sekali fasilitas pendukung seperti arena bermain anak dan juga daerah duduk untuk bersantai.

Selain itu, taman bermain tersebut juga ditanami pepohonan rindang yang memperlihatkan suasana sejuk juga asri jadi sangat mantap untuk melepaskan kepenatan sembari menunggu berbuka.

7. Museum Fauna Indonesia, Komodo Dan Taman Reptilia

foto by jejakpiknik.com

Alamat: Jln.Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur

Map: Klik Disini

Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia ialah salah satu kawasan ngabuburit pilihan yang mana mengusung konsep tema dunia satwa dalam bentuk awetan dan reptilia hidup.

foto by infojakarta.net

Untuk mengisi acara ngabuburit, di museum ini kita mampu berguru mengenal komodo dan 150 jenis binatang lainnya yang sudah diawetkan.

Lokasi tersebut sangat mantap jika dijadikan sebagai tempat ngabuburit bersama keluarga tercinta terutama bagi anak-anak alasannya di daerah tersebut kita mampu berwisata edukasi perihal fauna.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni