7 Kawasan Ngabuburit Di Cirebon Yang Ramai

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”27689″
data-slug=””>

4.3
/
5
(
3

votes

)

Jika berbicara mengenai kota Cirebon, maka ada banyak hal yang dapat kita temukan di daerah tersebut baik itu mulai dari bermacam-macam tempat wisatanya hingga kulinernya.

Dan saat bulan Ramadhan tiba, maka sejumlah destinasi wisata ataupun kuliner tersebut akan berubah fungsi menjadi daerah ngabuburit oleh masyarakat Cirebon.

Bila berbicara soal ngabuburit, kota Cirebon sendiri memiliki sejumlah kawasan menarik yang tepat untuk dijadikan sebagai lokasi menunggu bedug dan berbuka puasa bersama keluarga atau sobat.

Dan berikut ini yakni sederet tempat menarik yang cukup cantik untuk kita jadikan sebagai lokasi ngabuburit baik itu bersama keluarga tercinta maupun sahabat-sahabat komunitas.

1. Alun Alun Kejaksaan

foto by explore-cirebon.blogspot.com

Alamat: Jln.Kartini, Kebon Baru, Kejaksaan, Cirebon, Jawa Barat

Map: Klik Disini

Salah satu daerah ngabuburit rekomendasi yang menjadi favorit masyarakat kota Cirebon adalah Alun-Alun Kejaksaan di kawasan Kartini Kebon Baru.

foto by jabar.tribunnews.com

Saat bulan rahmat datang, kawasan yang lokasinya berdekatan dengan Masjid Raya At-Taqwa ini akan menjadi salah satu destinasi paling ramai dikunjungi untuk menghabiskan waktu menunggu bedug.

Sebagai daerah ngabuburit favorit, di sekitar kawasan Alun-alun tersebut kita akan menemukan banyak sekali penjaja camilan yang bisa dijadikan sajian berbuka puasa.

2. Taman Sari Gua Sinyuragi

foto by tripadvisor.co.id

Alamat: Sunyargai, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat

Map: Klik Disini

Tempat ngabuburit rekomendasi cantik berikutnya ialah Taman Sari Gua Sinyuragi, salah satu situs bersejarah di kota Cirebon yang memberikan kekayaan budaya.

foto by prize5136.mmmgates37.club

Untuk mengisi acara ngabuburit di taman tersebut kita mampu duduk santai sembari menghirup udara sejuk atau berkeliling menikmati pemandangan indah dari objek tersebut.

Berbicara hidangan buka puasa kita tidak perlu pusing-pusing lagi, pasalnya di sekitar kawasan tersebut akan selalu ramai penjaja makanan dan juga minuman ringan.

3. Kompleks Olahraga Bima

Alamat: Desa Karyamulya, Sinyuragi, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat

Map: Klik Disini

Kompleks Olahraga Bima ini juga termasuk sebagai salah satu lokasi ngabuburit favorit masyarakat Cirebon, tak heran bila kawasan tersebut masuk dalam daftar rekomendasi.

Disini selain melaksanakan aktifitas olahraga, kita juga mampu berburu masakan enak dan nikmat untuk dijadikan sebagai sajian berbuka puasa, yang harganya sudah pasti sangat terjangkau.

4. Pantai Kejawanan

foto by pantainesia.com

Alamat: Pengambiran, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat

Map: Klik Disini

Meskipun tak seindah pantai yang ada di Lombok dan Bali namun pantai Kejawanan ini termasuk sebagai salah satu lokasi wisata terbaik di Cirebon.

foto by sejarahnusantara.web.id

Dan tidak hanya sebagai lokasi wisata saja, dikala bulan Ramadhan datang pantai Kejawanan tersebut juga kerap dijadikan sebagai kawasan ngabuburit bersama keluarga tercinta.

Sembari menunggu azan magrib datang, kita bisa bermain air ataupun duduk santai sambil menikmati keindahan sunset di pantai Kejawan tersebut.

Kalau berbicara mengenai menu berbuka, kita juga tidak perlu khawatir alasannya di sekitar kawasan akan banyak ditemukan penjual kudapan hingga berat yang siap menggoyang lidah.

5. Kota Tua

foto by saegaleri.com

Alamat: Jln.Pasuketan No.03, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat

Map: Klik Disini

Tidak hanya di Jakarta, di Cirebon juga kita akan menemukan sebuah daerah wisata Kota Tua yang selalu ramai dikunjungi baik itu masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar.

foto by pesona.travel

Kawasan Kota Tua ini tidak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata alasannya adalah apabila bulan Ramadhan tiba makan lokasi tersebut akan beralih menjadi kawasan ngabuburit paling favorit.

Selain duduk santai, di tempat Kota Tua tersebut kita juga mampu berfoto ria bersama keluarga maupun sahabat-sahabat komunitas dengan background bangunan yang cukup unik.

Bila membahas mengenai sajian berbuka, kita tidak perlu bingung pasalnya sepanjang hari kawasan tersebut akan selalu ramai penjual makanan ataupun minuman.

6. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

foto by ihategreenjello.com

Alamat: Jln.Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat

Map: Klik Disini

Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang berada di komplek keraton Kasepuhan ini juga termasuk sebagai salah satu kawasan manis untuk menghabiskan waktu sore hari menunggu bedug.

Saat bulan rahmat datang, masjid bau tanah yang cukup populer di kalangan masyarakat Cirebon ini akan selalu ramai dikunjungi baik itu oleh penduduk setempat ataupun wisatawan dari luar kota.

Masjid yang juga merupakan situs warisan budaya dan sejarah Cirebon ini cukup menarik untuk dikunjungi alasannya adalah memiliki berkaitan dengan Wali Songo.

Selain menjadi tempat memperdalam ilmu agama, di masjid ini kita juga akan mendapatkan berbagai sajian takjil secara cuma-cuma alias gratis.

7. Museum Pusaka Keraton Kasepuhan

foto by faktual.com

Alamat: Jln.Kasepuhan No.43, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat

Map: Klik Disini

Selain masjidnya, Museum di Kasepuhan ini juga termasuk sebagai salah satu daerah ngabuburit paling asyik alasannya adalah disini kita mampu berwisata edukasi mengenal sejarah kota Cirebon.

Tempat yang menyimpan dongeng sejarah dan merupakan perpaduan etnik dari Jawa, Sunda, Arab juga Tionghoa ini menjadi salah satu kawasan ideal untuk mengisi waktu luang menunggu bedug.

Ngabuburit disini kita mampu belajar mengenal sejarah kota Cirebon dan juga melihat aneka macam koleksi yang tersimpan di museum tersebut.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni