8 Kebun Bunga Matahari Di Indonesia

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6138″
data-slug=””>

5
/
5
(
3

votes

)

Keindahan bunga matahari tentu sudah tidak ajaib lagi bagi mereka yang mempunyai hobby berkebun atau yang menyukai flora bunga, alasannya adalah tanaman yang konon berasal dari Amerika bab Utara ini memang sudah puluhan bahkan ratusan tahun ditanam oleh masyarakat Indonesia.

Keindahan flora yang mempunyai bunga besar berdiameter sekitar 30 cm ini menciptakan sejumlah objek wisata Kebun Bunga yang ada di Indonesia, menjadikan Sunflower sebagai salah satu flora pengisi area.

Beberapa kawasan wisata Kebun Bunga yang menimbulkan Sunflower sebagai salah satu koleksinya.

Diantaranya yakni: Taman Bunga Selecta di Malang Jawa Timur, Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang, Taman Bunga Wiladatika Cibubur, Taman Begonbia Lembang, Taman Bunga Sentul, Hutan Pinus Imogiri, Kebun Bunga Samigaluh Kulon Progo, Kebun Bunga Sekar Lawu Ngargoyoso Karangnyar, Taman Bunga Cangkringan Sleman, Bukit Bougenville Tawangmangu serta Taman Tjong Yong Hian yang ada di Medan.

foto by instagram.com/chejustche

Tahukah Anda, dibalik keindahan yang dipancarkan, Bunga Matahari juga mempunyai manfaat yang lain? Manfaat tersebut terkandung dari biji-bijinya yang diolah untuk dijadikan minyak. Minyak dari biji Bunga Matahari, berdasarkan hasil penelitian memiliki multi fungsi, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Karena itulah di sejumlah daerah di dunia, banyak petani yang membudidayakan Bunga Matahari.

Beberapa kawasan tersebut diantaranya yakni: di Tuscany Italia dan sejumlah kawasan di Eropa yang telah membudidayakan Sunflower sejak periode ke-18, di Hatyai Songkhla Thailand, di Ayer Tawar Malaysia, serta di Transit Hall Bandara Changi Singapura, meski pembudidayaan Sunflower di kawasan yang terakhir tersebut lebih difungsikan untuk keindahan.

Selain itu, Sunflower dipercaya oleh para hebat di Jepang, mampu menetralisir radiasi nuklir. Sehingga pasca Perang Dunia II, masyarakat Jepang banyak yang menanam Bunga Matahari, begitu juga saat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima Jepang dihancurkan Tsunami, jutaan tanaman Bunga Matahari ditanam oleh pemerintah dan masyarakat setempat.

foto by instagram.com/anoo_13

Berbeda halnya dengan di perkebunan Mongolia pedalaman, biji Bunga Matahari di sini dijadikan kuaci dengan dibumbuhi rempah-rempah sebelum direbus dan digoreng. Kuaci biji Bunga Matahari dari Mongolia merupakan produk ekspor yang dikirim ke sejumlah negara, termasuk ke Indonesia.

Melihat jutaan batang tanaman Bunga Matahari tumbuh di satu daerah, tentu merupakan pemandangan yang memukau. Jangankan dilihat secara eksklusif, ketika diabadikan ke dalam foto pun mampu menciptakan setiap orang takjub.

Keindahan dari Kebun Bunga Matahari yang ada di luar negeri tersebut mampu dilihat melalui foto-foto yang diupload di sejumlah website yang memang ditujukan untuk dijadikan gambar wallpaper CPU atau smartphone.

Tertarik untuk berkunjung ke perkebunan Bunga Matahari? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Karena saat ini, di sejumlah tempat di Indonesia juga terdapat objek yang sama yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum. Berikut beberapa kawasan di Indonesia yang mempunyai Kebun Bunga Matahari.

foto by instagram.com/winda.viana

1. Sky Garden Paris Van Java Bandung

Lokasi: Jl. Sukajadi 131 -139, Desa Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat, 40162

Map: KlikDisini

HTM: Rp.5.000

Buka/Tutup: 09.00 – 19.00

Letak Kebun Bunga Matahari yang ada di sini bukan di hamparan lahan pertanian, melainkan di rooftop alias bab atap gedung Mall Paris Van Java (PVJ) Bandung, alasannya itulah dinamakan Sky Garden. Itulah yang menjadi nilai lebih dan menciptakan indahnya Bunga-Bunga Matahari mampu dinikmati oleh masyarakat kota.

foto by instagram.com/why_ajie

Rooftop yang ada di mall ini memang didesain untuk dijadikan taman dan sebagian areanya diisi dengan flora Sunflower. Bahkan Kebun Bunga Matahari yang ada di kawasan ini merupakan salah satu ikon dari PVJ. Sehingga pada dikala Sunflower sedang demam isu berbunga, daerah ini ramai oleh pengunjung.

Karena memang didesain untuk dijadikan taman, ketika berada di lokasi pengunjung dapat menjumpai spot-spot menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan disuguhi pertunjukan Live Music serta menikmati kuliner dan minuman di outdoor cafe.

Selain dapat berfoto sepuas-puasnya cukup dengan hanya sekali bayar dikala akan masuk ke lokasi, pada waktu dilangsungkannya Sunflower Festival, pihak pengelola biasanya juga menggelar Week Ned Market, DIY Workshop dan Challenge Photo Contest dengan hadiah yang menarik.

2. Samas Bantul Yogyakarta

foto by instagram.com/jasintachristi

Lokasi: Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Map: KlikDisini

HTM: Rp.5.000

Buka/Tutup: 07.00 – 15.00

Berada di Jalur Lintas Selatan (JLS) di sebelah Utara Pantai Samas, Kebun Bunga Matahari yang terhampar di area persawahan seluas 1.000 meter2 ini awalnya ditanam untuk melindungi tumbuhan cabe. Menurut Etik Purwanti, pemilik lahan tersebut, semula ia menanam kenikir sebagai tanaman pelindung cabe. Namun atas usul putrinya yang menyukai bunga matahari, kenikir tersebut diganti dengan Sunflower.

Tidak disangka, 4 bulan lalu ketika Sunflower mulai berbunga, banyak pengunjung yang memenuhi areal persawahannya. Karena jumlah pengunjung yang membludak, risikonya dikenakan karcis sebesar Rp.5.000 dan bagi pengunjung yang inginb memetik Bunga Matahari untuk dijadikan souvenir dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.10.000.

Selain menjadi berkah bagi dirinya, tumbuhan Sunflower tersebut juga memperlihatkan rejeki bagi warga di sekitarnya, yang menerima penghasilan tambahan dengan menjadi juru parkir bagi kendaraan para pengunjung yang setiap hari memadati lokasi.

3. Watu Goyang Dlingo

Lokasi: Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Map: KlikDisini

HTM: Gratis

Buka/Tutup: 08.00 – 15.00

Masih di Bantul, Jogja, wisatawan yang ingin melihat indahnya Kebun Bunga Matahari, mampu menuju ke Watu Goyang yang mempunyai lokasi akrab dan searah dengan Kebun Buah Mangunan. Kawasan perbukitan Watu Goyang bagi masyarakat Bantul sudah tidak ajaib lagi karena merupakan salah satu daerah wisata kekinian yang menyuguhkan keindahan alam dari atas ketinggian serta aneka macam spot yang menarik untuk dijadikan background foto.

Beberapa spot foto yang ada di kawasan ini diantaranya yaitu spot bambu I ♥ U, batu goyang, helikopter, serta yang lain, termasuk Kebun Bunga Matahari. Disebut Watu Goyang sebab di lokasi wisata terdapat sebuah kerikil besar yang jika disentuh sedikit saja dapat bergoyang atau bergerak.

Uniknya, meski disentuh dengan keras bahkan dinaiki, batu tersebut tidak roboh. Hanya saja, pihak pengelola melarang para pengunjung untuk naik ke atas kerikil goyang, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk berkunjung ke lokasi dan berfoto dengan berbagai macam spot menarik atau dengan latar belakang Sunflower Garden, pengunjung tidak dikenai tiket masuk dan hanya membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp.3.000 untuk motor dan Rp.7.000 untuk mobil.

4. Gunung Api Purba

foto by instagram.com/kelurahan_singonegaran

Lokasi: Desa Nganggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Map: KlikDisini

HTM: Rp.7.000

Buka/Tutup: 24 Jam

Budidaya Sunflower dilakukan di Desa Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran sejak tahun 2012 dengan tujuan untuk mempercantik kawasan wisata sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, alasannya biji Bunga Matahari juga diolah untuk diambil minyaknya serta dijadikan kuaci.

Sebanyak 19 jenis bunga matahari ditanam di tempat ini sehingga keindahan pun akan eksklusif mampu dirasakan oleh wisatawan begitu memasuki tempat Desa Wisata atau pada saat akan mendaki puncak Gunung Nglanggeran.

Sebagai daerah wisata, Gunung Api Purba menyuguhkan serangkaian aktifitas menarik bagi wisatawan, mulai dari outbond, tracking, hicking dan banyak sekali aktifitas menarik lainnya.

Fasilitaspun juga tersedia lengkap, mulai dari Pusat Informasi, Posko Kesehatan, Home Stay, Balai Pertemuan, Fasilitas MCK, Tempat Ibadah, Camping Ground, Jalur Pendakian, hingga dengan Pusat Kuliner.

Sayangnya untuk menuju ke lokasi tidak tersedia sarana transportasi umum, sehingga wisatawan harus memakai kendaraan eksklusif atau rental.

Terdapat dua jalur yang dapat dilalui untuk menuju ke Gunung Api Purba, pertama dengan lewat Wonosari menuju Bunderan Sambipitu lantas ke Dusun Bobung, gres tiba di Desa Nglanggeran. Kedua, jikalau dari Jogja mampu melewati Bukit Bintang Patuk menuju arah Radio GCD FM kemudian ke Desa Ngoro – Oro, gres tiba di alamat yang dituju.

5. Kediri Jawa Timur

foto by instagram.com/kelurahan_singonegaran

Lokasi: JL. Selomangleng 143, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Map: KlikDisini

HTM: Gratis

Buka/Tutup: 09.00 – 16.00

Kebun Bunga Matahari yang ada di Kediri ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Kediri dan mampu dikunjungi dengan gratis oleh masyarakat, kecuali untuk retribusi parkir. Namun bila Anda memiliki uang lebih, tidak ada salahnya untuk membuatkan rejeki dengan menunjukkan tunjangan seikhlasnya kepada penjaga kebun.

Kebun Sunflower yang letaknya tepat di sisi Gedung BNN, Kota Kediri ini, awalnya berupa lahan kosong. Dengan maksud untuk menghijaukan lahan tersebut, penjaga kebun menanaminya dengan Bunga Matahari.

Tidak disangka, lahan yang semula tidak dilirik sama sekali oleh masyarakat yang lewat, begitu dihiasi Sunflower pribadi menjadi pusat perhatian dan menjadi daerah favorit anak-anak muda untuk berselfie ria.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Goa Selomangleng, ada baiknya untuk mampir ke Sunflower Garden milik Pemkiab Kediri ini, alasannya adalah lokasinya tidak jauh dari destinasi wisata tersebut.

6. Megastar Kota Batu

foto by instagram.com/putiayudestaislamii

Lokasi: JL. Jalibar, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota kerikil, Jawa Timur, 65311

Map: KlikDisini

HTM: Rp.25.000

Buka/Tutup: 08.00 – 17.00

Berada satu lokasi dengan Peternakan Kuda Megastar, Kebun Bunga Matahari yang ada di Kota Batu ini menempati lahan seluas 30 x 50 meter2 dengan bentuk tanah teras siring serta diberi pematang setiap lajurnya, sehingga tertata rapi dan sangat indah. Apalagi jauh di belakang kebun, berdiri Gunung Panderman yang tinggi, sehingga sangat cantik untuk dijadikan background foto.

Awalnya kawasan ini dapat dikunjungi secara gratis. Namun seiring dengan ramainya kunjungan wisatawan ke Kota Batu, Sunflower Garden Megastar pun mematok tarif masuk sebesar Rp.25.000 ditambah ongkos parkir kendaraan Rp.3.000. Jika ingin berkeliling lokasi dengan berkuda, pengunjung dikenakan biaya pemanis sebesar Rp.50.000.

7. Karangmalang Sragen

Lokasi: Dusun Lemah Ireng RT.24, Desa Pelemgadung, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah

Map: KlikDisini

HTM: Rp.5.000

Buka/Tutup: 08.00 – 17.00

Kebun Bunga Matahari yang ada di Sragen ini adalah milik Laras, mantan TKW yang bekerja di Taiwan dan sejak lama memang mengidamkan memiliki bisnis tumbuhan hias.

Sepulang dari Taiwan dia menanami lahannya dengan flora utama Bunga Matahari jenis giant yang berbunga besar ditambah beberapa jenis flora hias lainnya. Bibit-bibit tanaman hias tersebut dia datangkan dari sejumlah kawasan, mirip dari Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara sampai dengan Papua.

Saat ini lahan yang ditanami tanaman hias tersebut dapat dikunjungi dengan membayar biaya masuk sebesar Rp.5.000. Disamping itu, flora hias tersebut juga dijual kepada mereka yang menginginkan. Selain berjualan secara offline, Laras juga menjual bibit Bunga Matahari secara online.

Untuk setiap 30 butir biji Bunga Matahari, dia menjualnya seharga Rp.10.000. Dalam sehari-hari rata-rata terjual 20 bungkus dan dari waktu ke waktu omsetnya terus mengalami peningkatan.

8. Taman Bunga Nusantara Cianjur

foto by instagram.com/kediri.cetar

Lokasi: Jalan Mariwati KM.7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Map: KlikDisini

HTM: Rp.5.000

Buka/Tutup: Senin – Jumat 08.00 – 17.00, Sabtu – Minggu 08.00 – 17.30

Telepon: 0263 581 617, 0263 581 618

Taman Bunga Nusantara merupakan sebuah taman yang berlokasi di akrab Kebun Teh Bogor dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jika ditempuh dari Jakarta membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Taman Bunga seluas 23 hektar ini diresmikan pada 10 September 1995 oleh Ibu Tien Soeharto. Di dalamnya terdapat banyak sekali jenis spesies flora, termasuk 2.000 jenis Anggrek.

Taman Bunga terbesar dan juga terindah di Indonesia ini juga dikenal dengan nama “Taman Bunga Cipanas”, “Taman Bunga Puncak” dan “Taman Bunga Bogor”. Di dalamnya terdapat 8 jenis taman, yaitu: Taman Air, Taman Mawar, Taman Bali, Taman Perancis, Taman Palem, Taman Labirin / Maze Garden, Taman Jepang dan Green House / Rumah Kaca.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Sunflower, dapat menuju ke Taman Jepang, sebab Bunga Matahari oleh pihak pengelola dikategorikan bunga yang menjadi ciri khas dari Jepang disamping Bunga Sakura.

Hal tersebut tidak lepas dari perintah Pemerintah Jepang kepada penduduknya untuk menanam jutaan Bunga Matahari guna menetralisir radiasi nuklir, baik ketika pasca Perang Dunia II maupun sehabis PLTN di Fukhusima hancur diterjang Tsunami.

Itulah delapan Kebun Bunga Matahari yang ada di Indonesia, sehingga untuk dapat menikmati keindahan hamparan Sunflower di area yang luas, tidak perlu harus pergi jauh ke luar negeri.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni