Air Tagepe, Nikmat Alam  Diantara Celah Sempit

Obyek wisata alam Air Tagepe memperlihatkan pesona tebing kerikil yang berkelok-kelok. Dengan anutan sungai yang mengalir membelah dua tebing batu. Aliran sungai tersebut seakan memisahkan dua tebing watu, di sini kiri dan kanannya.

Obyek wisata alam Air Tagepe menawarkan pesona tebing batu yang berkelok-kelok. Dengan aliran sungai yang mengalir membelah dua tebing batu.
Air Tegepe. Image via: @irwanlette

‘Tagepe’ berasal dari Bahasa Melayu Kupang yang dalam Bahasa Indonesia baku sama artinya dengan ‘terjepit atau terhimpit’. Sehingga Air Tagepe artinya air yang terjepit atau terhimpit. Tempat ini dinamakan Air Tagepe sebab aliran air mengalir melewati celah barisan tebing kerikil yang sangat sempit.

Air tapege sendiri, airnya bersumber dari penderasan oehala yang mengalir sepanjang tahun. Air di obyek wisata yang satu ini berwarna kebiruan hampir mirip dengan warna air maritim. Terletak di dalam hutan yang masih alami menciptakan airnya sangat sejuk.

Lebar kedua sisi tebing bervariasi mulai dari 1 meter sampai 3 meter. Beberapa bagian memiliki lebar hanya 1 meter dan bab lain berlebar 3 meter. Areal Air Tagepe ini juga yakni areal hutan. Alam masih hijau dan sejuk sebab banyak pohon rindang dan udaranya cukup cuek.

Kedalam air tapege sendiri kurang lebih 1,70 meter. Cukup nyaman bagi anda yang ingin berenang.

Menyusuri air tagepe bisa menjadi kegiatan wisata yang snagat menyenangkan.
Menyusuri air tagepe. Image via: @yanalay24

Simak Juga: Berbagai Keindahan Alam Timor Tengah Selatan

Lokasi Air Tagepe

Air Tagepe berada di Desa Noinbila kecamatan Mollo Selatan, kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.

Lokasi ini sekitar 10 km sebelah utara kota SoE dengan mengambil jalur jalan menuju Kapan.

Rute Menuju Air Tagepe

Rute menuju Air Tagepe susah-susah gampang. Tapi memang nggak gampang. Dari Jakarta terbang dulu ke Bandara Eltari Kupang, jika direct 3 jam. Dari Kupang berkendara ke Kota Soe, ibu kota Kabupaten TTS, sekitar 110 km, selama selama  2-2,5 jam.

Sepanjang perjalanan ini, pengunjung akan termakan mampir-mampir buat berfoto. Diantaranya di Jembatan Noelmina dan Puncak Siso. Sunset dari Puncak Siso yang dikenal sebagai Puncak Pass-nya Soe patut dipujikan.

Dari Kota Soe, lokasi Air Tagepe sudah erat. Hanya berjarak 10 Km di sebelah utara Kota.

Berada Diantara Celah bebatian Air Tagepe memebrikan nuansa Magis dan mistis.
Diantara Celah. Image via: @andikapinas

Jam Buka Air Tagepe

Wisata Alam Air Tagepe buka 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan. Ini memudahkan pengujung untuk menyusun planning dalam menikmati keindahan lokasi ini.

Walau demikian tidka disarankan untuk tiba dikala hari sudah gelap. Karena likasi yang berisikan bebatuan besar dan juga tebing, bisa berbahaya kalau dikunjungi dikala kondisi kurang pencahayaan.

Tiket Air Tagepe

Untuk memasuki obyek wisata ini, para pengunjung yang tiba dengan sepeda motor akan dikenakan tarif masuk Rp 5000.

Sedangkan bagi anda yang mengendarai mobil, akan dikenakan tarif masuk 10.000 oleh masyarakat sekitar yang menjaga obyek wisata ini.

Fasilitas Air Tagepe

Walau belum ditata dengan baik, obyek wisata yang satu ini terbilang cukup nyaman.

Pemerintah desa telah membangun akses jalan sertu menuju lokasi air tagepe sepanjang kurang lebih 500 meter dari jalan umum.

Daya Tarik Air Tagepe

  1. Sungai yang Indah

menikmati keindahan alur sungai air tagepe
Sungai yang Indah. Image via: @desrigrace22

Simak juga: Air Terjun Oehala NTT

Air Tagepe yaitu sebagian dari arus sungai yang memiliki hulu dan hilir namun hanya bagian ini yang memiliki keunikan. Bagian arus sungai ini yang menarik dan kelihatan indah alasannya adalah barisan tebing batunya yang sangat mempesonakan mata.

Barisan tebing nampak mirip hasil pahatan. Beberapa bagian lain berbentuk mirip gua-gua kecil. Tebing batu berwarna cokelat kehijau-hijauan sebab lumut yang menempel. Tingkat kelembaban sangat tinggi di areal ini sehingga masuk akal jika berlumut dan licin.

Ada beberapa pancuran air yang mengalir turun melalui sisi-sisi tebing dan ada satu bab yang berbentuk riam kecil. Semua bentuk tebing kerikil ini yaitu proses alami.

Arus air tagepe sendiri tidak terlalu deras, walau air mengalir melalui tempat yang sempit. Terdapat beberapa genangan air yang cukup dalam sekitar 1 meter – setinggi dada orang cukup umur. Orang cukup umur tentu sangat enteng berjalan menyusuri sungai.

Tetapi untuk bawah umur perlu diwaspadai oleh orangtua alasannya bisa karam. Airnya juga dingin. Selain itu dasar sungai berbatu yang mana bisa melukai kaki jika tidak berhati-hati dan licin.

  1. Alam yang Asri

Aliran sungai air tagepe memeblah alam yang masih hijau oleh pepohonan
Diantara Pepohonan. Image via: @rinaldi.92

Areal Air Tagepe ini juga adalah areal hutan. Alam masih hijau dan sejuk karena banyak pohon rindang dan udaranya cukup cuek. Siang semakin terik di luar sana tetapi di areal Air Tagepe, yang ada hanya kesegaran.

Kesejukan ini seakan mengingatkan akan rasa ingin bersama dengan teman dekat dan memeluk hangat. Tetapi bila pun tiba sendiri, anda mampu memeluk pohon-pohon yang sudah setia menunggu anda.

Suasana romantisme kebersamaan dengan alam di sini semakin indah dengan terdengar bunyi merdu burung-burung yang berkicau riuh rendah.

Beberapa bagian air tagepe cukup dalam dugunakan untuk berenang
Masuk Ke Air. Image via: @exploretts/

Simak juga: Bukit berbentuk kapal, Bukit Fatukopa

Tempat ini indah untuk diabadikan dalam setiap jepretan foto. Pengunjung bisa menyusuri jalur Air Tagepe sepanjang 1 km sampai menemui gerojokan dan pastikan membidik setiap sudut daerah ini untuk sewaktu-waktu bisa dikagumi dikala anda sudah menjauh darinya.

Keindahan lokasi ini enarik minat Televisi Nasional. Air Tagepe pernah menjadi satu areal kunjungan MTMA (My Trip My Adventure) yang tayang di Trans TV pada hari Sabtu, 4 Februari 2017.

Air Tagepe menyimpan banyak keindahan broers. Tetapi dibalik keindahannya pengunjung perlu waspada dan berhati-hati. Pada isu terkini hujan, tebing kerikil yang sempit ini bisa rawan longsor. Selain itu juga perlu waspada akan bahaya banjir. Sudah pasti jika terjadi banjir, air akan mengalir sangat deras dan dalam pada areal sempit seperti ini.

  1. Berburu Foto

berburu foto menjadi salah satu kegiatan menyenangkan di Air Tagepe
Berburu Foto. Image via: @rangga_prasetyo23

Kali Noenbila atau  Air Tagepe sangat alami dan sejuk. Megalir diantara pepohonan. Kali Noenbila ini yaitu aliran air yang mengalir diantara dua celah Tebing dengan Lebar sekitar 4-5 meter dan Tinggi mencapai 5-6 meter dengan kedalaman Aliran air berkisar 1-2 meter.

Dimensi yang cukup lapang ini, menciptakan pengunjung bisa berjalan lewat pemikiran Air menelusuri celah Tebing. Pengunjung tidak perlu kuatir alasannya adalah celah Tebing ini terbentuk secara alami.

Karena bentuknya yang alami ini memungkinkan pengunjung memperoleh Foto-foto dengan panorama alamnya yang sangat mempesona dan otentik.

Banyak titik di sepanjang aliran air Tagepe yang bsia dijadkan tempat pengambilan foto yang indah
Spot Foto. Image via: @sartika_siburian

Simak juga: Air Hangat Eka Tirta Bali

Objek Wisata Dekat Air Tagepe

Selain sungai Unik, Timor Tengah Selatan juga punya riam Unik. Namanya ialah  Air terjun Oehala. Air terjun berundak 7, yang menyimpan keindahan yang luar biasa. Air terjun dikelilingi dengan pepohonan yang cukup tinggi dan rindang, yang menambah kesegaran di tempat ini.

Banyak wisatawan yang tiba untuk mandi atau sekedar berfoto maupun duduk menikmati keadaan alam di sekitar riam.Tujuh tingkat atau undakan Air Terjun Oehala seperti membentuk anak tangga raksasa dialiri air yang akan mempesona setiap pengunjung yang tiba di lokasi tersebut.

Untuk wisata Gunung, gunung yang terkenal yaitu Gunung Mutis. Gunung ini memiliki panorama luar biasa indah, menciptakan betah menghabiskan waktu berlama-usang di puncak. Legendanya, di puncak Mutis inilah para raja-raja Timor membahas dan membagi wilayah kekuasaan. Ketika semua raja telah menerima daerahnya masing-masing maka berkatalah mereka Mutis yang berarti lengkap.

Nah bagaimana? Apakah anda penasaran dengan keindahan yang ada di Sungai Air Tagepe ini? Kalau iya, eksklusif saja siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya. Berkemas dan eksklusif saja berangkat!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni