Air Terjun Lano, Keindahan Di Tengah Hutan Tropis Borneo

Pesona air terjun lano di Kalimantan selatan sulit dikalahkan. Meski lokasi riam berada di tengah hutan, tak memudarkan daya tarik air terjun ini untuk dikunjungi. Pepohonan yang tinggi dan rimbun, tidak mampu menutupi kecantikan yang dimiliki riam Lano.

Air Terjun Lano tetap cantik mempesona walau ada di tengah rimba borneo
Air terjun lano. Image via: @rafsanjani1990

Lokasi Air Terjun Lano

Air Terjun Lano Tabalong terletak di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Tepatnya di Jl. Tj. – Kuaro, Lano, Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Rute Menuju Air Terjun Lano

Rute perjalanan menuju Air Terjun Lano ini terbilang cukup mudah. Bagi  pengunjung yang memulai perjalanan dengan berangkat dari Kabupaten Tabalong atau secara umum dari bagian Kalimantan selatan lainnya, akses utama untuk menuju Desa Lano cuma satu ialah jalan Trans Kalsel-Kaltim menuju ke arah Kalimantan Timur karena Desa Lano berada erat dengan perbatasan Kalsel-Kaltim.

Dari kota tabalong perjalanan diawali dengan menuju pertigaan Jalan Tj. –Kuaro. Di pertigaan itu ambil belok kiri. Perjalanan dilanjutkan dengan terus mengikuti jalan ini sepanjang sekitar 21 km. Pintu gerbang desa terletak di sebelah kanan Jalan.

Setelah sampai di Desa Lano, pengunjung mampu melihat sepanduk yang bertuliskan info mengenai keberadaan Air Terjun Lano di situ titik pengunjung harus meletakkan kendaraan. Rute selanjutnya ialah tracking sekitar 800 meter.

Pada musim liburan Air terjun lano sangat ramau didatangi pengunjung, kadang harus bergiliran
Lagi rame. Image via: banjarmasin.tribunnews.com

Simak juga: Wisata sekitar Banjarmasin

Jam Buka Air Terjun Lano

Untuk waktu berkunjung ke lokasi teladas lano, daerah ini buka 24 jam. Namun demikian, berkunjung malam tidak direkomendasikan. Selain kesulitan menikmati keindahan gerojokan, juga disini belum ada kemudahan penerangan yang memadai untuk wisata malam.

Tiket Air Terjun Lano

Untuk dapat menikmati keindahan panorama air terjun Lano, pengunjung diminta membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 saja.

Ini belum termasuk biaya parkir yang dikenakan kepada kendaraan yang dibawa oleh pengunjung.

fasilitas air terjun mano diadakan dan dibanguns ecara gotong royong oleh warga
Fasilitas dibangun warga. Image via: Midun JS

Fasilitas Air Terjun Lano

Pengelola Air Terjun Lano tampaknya memperhatikan dengan serius kebutuhan akan kenyamanan bagi para pengunjung di lokasi ini. Fasilitas umum yang disediakan cukup baik. Fasilitas umum pertama yakni WC dan kamar mandi. Kamar mandi yang ada di sini juga sangat baik. Selain untuk buang air kecil dan besar, kamar mandi juga berfungsi sebagai ruang ganti, para pengunjung yang ingin mengganti pakaian yang berair setelah bermain air di sekitar gerojokan.

Fasilitas umum yang lain adalah keberadaan jembatan-jembatan kecil untuk menyeberangi sungai dan kawasan peristirahatan yang ada di jalan menuju penderasan juga sangat baik.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Lano

  1. Trekking

lintasan trekking menuju air terjun lano melalui beberapa sungai kecil dana ir terjun kecil
Lintasan Trekking. Image via: haruai-wirang

Simak juga: Air terjun Takapala

Sesampai di pintu gerbang yang bertuliskan Objek Wisata Air Terjun Lano pengunjung harus meletakkan kendaraan. Pengunjung akan diminta untuk trekking kurang lebih 800 meter untuk menuju lokasi riam utama. Walaupun berjalan kaki, susukan menuju riam juga mampu dikatakan sangat gampang dan menyenangkan.

Lintasan trekking ini sangat mudah, dikarenakan jalan setapak menuju air terjun sudah dikelola dengan baik oleh warga setempat. Jalan setapak tersebut sudah diberi watu agar tidak licin. Selain itu juga untuk menuju lokasi teladas tidak begitu melelahkan, karena tidak ada tanjakan yang terlalu tinggi. Pengunjung hanya diajak melewati tanjakan-tanjakan kecil dan sedikit menaiki bebatuan.

Dengan trekking ini, kunjungan ke lokasi ini wisata sekaligus olah raga. Jika di tengah perjalanan pengunjung merasa kelelahan, pengelola Objek Wisata Air Terjun Lano sudah menyediakan pos-pos peristirahatan.

Trekking menuju lokasi air terjun sangat menyenangkan, terutama bagi yang menyayangi suasana alai dan asri. Hal itu alasannya pengunjung diajak untuk melewati beberapa anak sungai kecil. Sepanjang perjalanan  pengunjung mampu menikmati pemandangan alam, hijau dedaunan, lebat hutan tropis, tumbuhan yang menjulang tinggi, vegetasi yang beraneka ragam dan aroma alam hutan hujan tropis yang khas.

  1. Air terjun yang indah

Air terjun lano tidak memeilki kolam bawah air terjun yang dalam, sehingga relatif aman agi pengunjung bahkan anak anak seklaipun
Aman bagi anak. Image via: puspa diah

Keindahan panorama alam pegunungan yang masih sangat asri, sapaan gemuruh air terjun, dan sejuk bias embun udara yang disuguhkan jeram  alam ini sungguh luar biasa indah. Berada di teladas Lano angat baik untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa bosan dengan acara pekerjaan monoton yang menguras tenaga dan fikiran.

Sebenarnya di lokasi ini terdapat lebih dari satu riam. Ada banyak air terjun kecil itu serta sungai-sungai kecil. Yang mana semua itu mampu dinikmati selama dalam rute tracking dari lokasi parkir sampai ke teladas utama.

Air terjun utama Air terjun Lano mempunyai ketinggian sekitar 15 sampai 20 meter. Air ini terjun merambat di dinding watu yang berwarna hitam gelap. Di bawah gerojokan tidak terbentuk bak air. Air langsung jatuh dan hanya menggenang sedikit sebelum alhasil mengalir ke dalam Sungai.

Kondisi ini menciptakan pengunjung bisa mendekat sampai sangat dekat, bahkan hingga menyentuh penderasan. Ini menciptakan penderasan menjadi sangat aman sebagai tempat bermain air, tanpa resiko kecelakaan terjebak karam di bawah tekanan di bawah air terjun.

Banyak pengunjung manfaatkan “Jinak nya” riam lano untuk foto selfie bangkit sedekat mungkin ke jeram.

  1. Alam yang Asri

Spot foto di air terjun lano jamlahnya ada sangat banyak, tergantung kreatifitas pengunjung mengambil sudut dan lokasi
Spot foto alam. Image via: Rommy Waskita

Simak juga: Air terjun Blangsinga

Kondisi alam di sekitar air terjun lano masih sangat Asri. Kondisi alam sekitar gerojokan, benar-benar menggambarkan kondisi ideal dari sebuah kawasan wisata di tengah hutan tropis. Landscape yang dipenuhi oleh warna hijau sejauh mata memandang, pohon-pohon besar di kiri dan kanan kemanapun mata menoleh.

Pengunjung mampu menikmati bunyi kicauan burung yang terdengar di kejauhan. Bahkan tak jarang sangat erat dari pohon di sebelah kita berdiri. Pada momen tertentu bunyi simpanse dan binatang hutan lain terdengar di kejauhan.

Air sungai yang jernih mengalir di jeram utama dan penderasan kecil, memberikan jikalau alam di kawasan ini masih sehat. Hutan masih bisa menjalankan fungsi menyerap air hujan dengan anggun, sehingga menjaga debit air di gerojokan ini.

Untuk penyuka fotografi alam , mengambil foto di spot sekitar gerojokan sangat menarik. Pengunjung bisa memanfaatkan kerikil besar, bisa memanfaatkan pokok pohon ataupun memanfaatkan landscape hijau yang luas

sepnajang lintasan perjalananmenuju air terjun lano pengelola menyediakan gubuk kecil untuk beristirahat sejenak
Istirahat sejenak. Image via: haruai-wirang

Tips Mengunjungi Air Terjun Lano

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika merencanakan kunjungan ke Air Terjun Lano. Berikut beberapa diantaranya:

Pilih waktu kunjungan pada ekspresi dominan kemarau. Mengingat ini ialah wisata air dan ada unsur trekking, kunjungan dikala musim hujan bisa sangat menyulitkan balasan jalan yang licin. Selain itu juga menjaga resiko banjir mendadak di riam.

Gunakan bantalan kaki yang nyaman. Jangan menggunakan ganjal kaki dengan bantalan licin apalagi sandal jepit. Akan sangat menyulitkan saat melakukan trekking menyeberangi sungai-sungai kecil.

Bawa bekal minum dan snack. Setelah sampai di gerojokan dengan melalaui perjalanan 800 m, tentu akan terasa haus. Minum air putih dan sedikit snack bisa memulihkan stamina untuk menyiapkan badan menikmati keindahan jeram.

Pastikan baterai HP tercash penuh dan bawa power bank. Akan sangat rugi bila sampai tidak mampu foto-foto di lokasi seindah ini hanya sebab baterai lupa terisi.

gerbang selamat datang sekaligus lokais parkir kendaraan bagi pengunjung yang akan melanjtkan jalan kaki menuju air terjun lano
Selamat datang. Image via: purnotri darman

Simak juga: Air terjun sipiso piso

Objek Wisata Dekat Air Terjun Lano

Setelah puas bermain air di wisata alam air terjun lano, pengunjung bisa melanjutkan ke lokasi wisata lain di daerah Lano. Yang terdekat ada Goa liang kantin dalam jarak 16 km. Goa ini yang terletak desa Garagata ini memiliki hal yang menarik di dalam goa. Pengunjung mampu melihat Stalaktit dan Stalakmit yang mengagumkan dan juga sangat indah.

Sedikit lebih jauh, namun masih di kabupaten yang sama, dalam jarak 26 km ada danau Sampalang. Danau Sampalang yang terletak di desa Puri, mempunyai keindahan pemandangan hamparan air yang luas dan perbukitan karet yang mengelilingi danau.

Hanya sekian yang bisa kami ceritakan soal Air Terjun Lano. Bukan berarti keindahan dan keseruan di kawasan hanya sebatas itu. Namun tangan dan ekspresi kami lah yang terbatas untuk menceritakan beragam keindahan di lokasi ini. Untuk bisa melihat dengan utuh serta menikmati, silakan jadwalkan kunjungan ke lokasi wisata Kalimantan selatan ini. Selamat berlibur.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni