Bah Damanik, Pemandian Keluarga Raja Yang Kini Merakyat

Pemandian Bah Damanik  tidak hanya menunjukkan air yang jernih dengan pasir yang putih dan juga segar. Tapi juga memperlihatkan keindahan alam yang alami. Tempat wisata terbentuk secara alami atau bukan dari hasil karya seorang manusia.

Pemandian Bah Damanik  tidak hanya menawarkan air yang jernih dengan pasir yang putih dan juga segar. Tapi juga menawarkan keindahan alam yang alami
Bah damanik. Image via: idntimes.com

Konon menurut informasi dari warga sekitar, sebab sangking bersihnya, air itu mampu langsung di minum tanpa harus di masak terlebih dahulu.

Pemandian Dah manik ini pada jaman dulu yakni sebuah tempat mandi raja Damanik dan juga keluarganya. Saat ini, tempat ini manjadi sebuah sumber irigasi untuk sawah masyarakat setempat sampai menjadi sebiah destinasi wisata.

Sampai saat ini, kawasan ini masih di kelolah oleh keturunan raja Damanik. Para pengelolanya tetap menjaga kebersihan dan kelestarian daerah ini

Tempat ini bukan hanya cocok bagi orang dewasa saja tetapi juga cocok buat belum dewasa bagi anda yang sudah mempunyai keluarga dan membawa anak tidak duduk perkara alasannya pemandian air manik tidaklah terlalu dalam dan juga airny sangat jernih.

Menikmati ketenangan alam di pemandian bah damanik.
Menikmati ketenangan. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Objek wisata di Simalungun

Lokasi Bah Damanik

Wisata pemandian Bah Damanik lokasinya terletak di Desa Huta Lama, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Wisata ini berada di tempat perkebunan teh PTPN Sidamanik. Lokasi ini berjarak sekitar 150 kilometer dengan waktu tempuh 4 jam dari Medan. Sedangkan bila dari kota Pematangsiantar berjarak kurang lebih 21 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam, .

Rute Menuju Bah Damanik

Unutk perjalanan menuju pemandian Bah Damanik, apabila pengunjung berangkat dari kota Medan dapat memakai kendaraan bus. Pilih Bus rute menuju ke Pematangsiantar. Seperti bus intra atau sejahtera.

Dari kota Pematangsiantar di lanjutkan menggunakan kendaraan angkutan umum jalur siantar ke sidamanik. Perjalanan tersebut memerlukan waktu 25 menit, sesampai di lapangan desa hutan lama atau pasar sidamanik, melanjutkan perjalanan masuk ke jalan siamatahuting sejauh 700 meter.

Bila bertemu dengan simpang tiga silahkan belok ke arah kanan dan temukan petunjuk jalan ke lokasi wisata. Lokasi wisata tersebut berada dibawah, maka Pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga. Setelah menuruni tangga, maka hingga lah di pemandian alam Aek Manik dimana cirinya air berwarna biru jernih dan sejuk tentunya.

Jam Buka Bah Damanik

Pemandian bah damanik buka setiap hari. Mulai pagi hari di jam 09.00 sampai tutup di sore hari pada jam 17.00.

Tiket Bah Damanik

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam di pemandian Bah damanik segan harga yang terjangkau. Biaya tiket masuk pemandian ini hanya sebesar Rp 7.000 saja.

Fasilitas Bah Damanik

Pemandian Bah DAmanik menyediakan beberapa fasilitas yang mendukung. Seperti gazebo untuk beristirahat, kamar mandi, daerah berganti baju, dan juga cukup banyak warung yang menjajakan kuliner atau minuman.

Di bah damanik tersedia semacam gubuk untuk daerah duduk-duduk bagi untuk para pengunjung serta daerah berteduh pada ketika hujan turun. Di lokasi ini kira mampu melihat goresan-ukiran gambar buatan sendiri pengelola air manik.

Daya Tarik Bah Damanik

  1. Wisata Menyegarkan

Pemandian bah damanik memiliki air yang sangat jernih
Bening. Image via: trisuci.com

Simak juga: Bersua Orang Utan di Tanjung putin Kalimantan

Wisata Pemandian Bah Damanik lokasinya sangat mengasyikkan, keren dan menarik dikunjungi terlebih anda sedang berlibur di provinsi Sumatra Utara. Tempatnya masih asri, nampak air bak biru, jernih dan sejuk.

Belum lagi wisata bak di Medan ini dikelilingi pepohonan rindang sehingga setiap pengunjung berenang disini terhindar dari terik sinar matahari. Selain itu disekitar bak juga terdapat gardu sebagai daerah istirahat pengunjung.

Menariknya lagi, apabila beruntung maka pengunjung dapat berjumpa dengan segerombolan simpanse. Mereka biasanya bergelantungan dan meloncat dari satu dahan pohon ke dahan pohon lainnya.

Lokasinya cocok dipakai sebagai area camping ground. DI sekitar lokasi wisata, tepatnya di ujung pemandian ada lokasi strategis. Cocok diguanakan bercengkrama bersama sahabat-teman sembari menikmati santapan ikan bakar enak.

Camping di Bah Damanik.
Camping di Damanik. Image via: sumut.idntimes.com

Lebih serunya lagi, untuk menerima ikan, pengunjung bisa memancing atau langsung menombak ikan-ikan yang berada di ujung perairan, alasannya hingga sekarang lokasi tersebut masih terdapat banyak ikan.

Walaupun disebut sungai bahwasanya tempat ini tidak begitu panjang. Tempat ini menyerupai sebuah bak, karena air mengalir begitu sangat pelan, mirip bukan sungai biasanya. Jika dilihat dari kejauhan mirip sebuah bak renang. Hal Inilah yang menjadi keunikan tersendiri yang menarik pengunjung.

  1. Sejarah Zaman Kerajaan

Sejarah Pemandian Aek Manik sebelum menjadi pemandian dan sebagai sumber irigasi sawah warga, tempat wisata pemandian Bah Damanik merupakan kawasan pemandian raja Damanik dan keluarganya.

jalan menuju pemandianbah damanik melalui tangga
Tangga ke pemadian. Image via: yusufsitumorang7

Simak juga: Pantai Kasap, raja ampat di Pacitan

Oleh alasannya adalah itu mengapa hingga kini pemandian Aek Manik Simalungun Sumatra Utara masih terjaga kebersihan dan kelestariannya. Hingga dikala ini tempat pemandian masih dijaga dan dikelola oleh keturunan raja Damanik.

Makanya wisata ini disebut juga Bah Damanik, bila ditelaah makna Bah dan Aek berarti air dari bahasa Batak.

Terlihat dinding bak seperti ada bebatuan alami gesekan relief menghiasi sisi dinding yang terlihat sudah kusam berlumut. Ada pancuran fatwa air dari atas membawa air bersih dari pegunungan terlihat begitu segar.

Bahkan konon menurut warga setempat, Sangking bersihnya, air itu mampu diminum tanpa di masak terlebih dulu.

  1. Main Rakit

Salah satu yang menarik di tempat ini, tersedianya rakit untuk para pengunjung
Rakit. Image via: explorewisata.com

Salah satu yang menarik di daerah ini, tersedianya rakit untuk para pengunjung. Jika ingin, pengunjung bisa mengambarkan kepada belum dewasa arti pepatah “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian” dengan ‘alat peraga’ yang disediakan pengelola kawasan ini.

Seperti terlihat umum dilakukan oleh pengunjung, mereka bersama teman-temannya mengunjungi pemandian Bah Damanik alasannya ada rakit yang mampu digunakan sambil mandi-mandi. Ada yang mengaku Sekali seminggu, sama mitra-mitra mandi-mandi ke lokasi ini.

Alasan mereka sebab Airnya dari pancur mata air, sejuk.  Juga alasan lain yaitu keberadaan rakit. Pengunjung mengakui, bahwa dengan adanya rakit, membuat kawasan ini jadi khas.

Untuk pemakaian ‘fasilitas’, daerah ganti pakaian, rakit, pelampung dari ban, tidak dipungut biaya lagi, alias gratis.

bermain rakit bersama teman teman di bah damanik
Dengan rakit. Image via: magazine.job-like.com

Simak juga: Danau Kaco yang imut nan elok

Tips Mengunjungi Bah Damanik

Karena wisata alam ini masih dalam tahap pengembangan fasilitas, oleh alasannya itu bawalah barang-barang seperlunya.

Bila anda ingin bermain air di bak, sebaiknya titipkan terlebih dahulu pakaian serta barang berharga ke warga sekitar termasuk kendaraan pribadi jikalau membawanya.

Satu lagi bawa bekal makanan dari rumah ya, alasannya sekitar wisata belum ada warung makan juga.

Lingkungan hijau merupakan ciri khas dari bah damanik
Lingkungan hijau. Image via: tripelaketoba.com

Simak juga: Perahu langit di Jurang Tembelan

Objek Wisata Dekat Bah Damanik

Selain pemandian Bah Damanik, Simalungun juga punya Umbul Manigom Nauli. Kejernihan air yang menyebul dari bebatuan dan kealamian Umbul Manigom sempat vira di media sosial. Aksesibilitas belum cukup memadai, jadi lebih baik memakai kenderaan roda dua.

Kalau mencari lokasi wisata yang akrab dengan Bah DAmanik, yang terdekat tentu Perkebunan Teh Sidamanik. Panorama bak permadani hijau diPerkebunan Teh Sidamanik teramat instagramable. Hebatnya lagi pengunjung tidak  dipungut retribusi.

Kaprikornus kapan anda punya waktu buat menjajal sensasi berendam dia pemandian kerajaan di Sumatera Utara ini?

Pastikan pemandian Bah DAmanik,s ebagai objek yang di jajal, saat berkunjung ke ProvinsiSumatera Utara.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni