Bendung Gerak Sembayat Gresik

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11559″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Jalan Sidomukti – Masangan, Desa Sidomukti, Kec. Bungah, Kab. Gresik, Jawa Timur 61152

Map: Klik Disini

HTM: Gratis

Tempat Pelesir

Di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, terdapat banyak bendungan yang dijadikan daerah pelesir. Salah satunya, yakni Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Jateng.

Selain menyuguhkan keindahan air yang jatuh pada floodgate, ia juga memberikan pengalaman wisata, mirip memancing, mengelilingi perairan dengan kapal boat dan melaksanakan olahraga layar gantung atau gantole.

foto by instagram.com/eftyo_harisa

Ada pula Bendungan Wilalung di Kudus, Jawa Tengah yang belakangan ini mencuri perhatian banyak orang. Bernama lain Waduk Lawang 9, dia mempunyai bentuk konstruksi yang khas alasannya merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Di samping menjadi pengendali air, beliau juga dipakai sebagai kawasan pemancingan dan latar belakang untuk foto pre wedding.

Kemudian, terdapat Bendungan Wadaslintang di Wonosobo, Jawa Tengah. Keunikan dari tempat ini ialah adanya gardu pandang untuk menikmati panorama sekitar dengan terang.

foto by instagram.com/faisolamirrr

Lalu, ada Bendungan Karangkates di Malang, Jawa Timur yang menerima anutan air dari Sungai Brantas. Sama dengan Wilalung, beliau juga memiliki julukan lain, yakni Bendungan Sutami. Ia dimanfaatkan sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik serta wahana olahraga dan wisata.

Ada lagi Bendungan Gerak Sembayat (BGS) di Kota Semen, Gresik. Ia mempunyai 7 floodgate dan daya tampungnya sangat besar. Walaupun belum diresmikan, potensi wisata yang dimilikinya begitu luar biasa.

Deskripsi Singkat

foto by instagram.com/ruangjamu

Bendungan Gerak Sembayat yaitu proyek dari pemerintah pusat yang melibatkan Pemprov Jawa Timur dan Pemerintah Daerah Gresik. Pembangunannya telah dimulai sejak bulan Desember 2011 dan akhir pada Oktober 2016.

Ia merupakan bagian dari Wilayah Sungai Bengawan Solo, yaitu BG Babat yang rampung pada 2004, BG Bojonegoro yang final 2012 dan BG Karangnongko yang kini masih dalam proses Amdal (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan).

BGS sendiri dibentuk bukan tanpa alasan. Ia difungsikan untuk mengurangi luapan Kali Bengawan Solo saat animo hujan. Sehingga, banjir bisa dihindari.

foto by instagram.com/kim.pongangan

Cara Kerjanya

Cara kerja waduk tersebut dalam menanggulangi bah berkaitan dengan namanya, bendung gerak. Disebut demikian alasannya adalah tinggi bendungan mampu diubah-ubah.

Muka air di hulu bendungnya pun mampu dikontrol naik-turun dengan membuka atau menutup floodgate yang jumlahnya 7 buah dan dikerjakan oleh PT Waskita Karya tbk, PT Wijaya Karya tbk dan PT Brantas Abipraya.

Apabila banjir, pintu itu dibuka agar air tidak menyebar kemana-mana. Sebab, beliau akan mengalir melalui pintu ke arah hilir.

Lain dengan bendung tetap yang tingginya tidak bisa disesuaikan. Sehingga, muka air di hulu bendung tidak dapat dikendalikan.

foto by instagram.com/faiz_mv/

BGS juga memiliki daya tampung Long Storage untuk menyuplai kebutuhan persediaan air baku sekitar 10 juta m3.

Air itu mampu dipakai untuk irigasi atau pengairan seluas 800 hektar dan irigasi pompa 3.569 hektar, khususnya pada animo kemarau panjang. Selain itu untuk keperluan domestik dan industri kurang lebih 1.258 m3/detik serta mencegah instrusi air laut.

Selain itu, ia pun dimanfaatkan sebagai destinasi wisata yang murah meriah di Kota Pudak. Bahkan, dikala konstruksi belum selesai 100%, sudah banyak pengunjung yang mendatanginya.

foto by instagram.com/gresiktourism

Sekadar untuk memuaskan rasa ingin tau atau mengabadikan foto dengan latar belakang goresan pena “Bendung Gerak Sembayat” maupun suasana waduk. Ada pula yang menjadikannya kawasan untuk jogging.

Jumlah pengunjung akan meningkat saat long weekend atau libur panjang. Biasanya, mereka didominasi oleh para muda mudi.

Tanggul Ambrol

Seperti yang telah disampaikan, konstruksi BGS tuntas sejak caturwulan III tahun 2016. Namun, beberapa dikala sehabis proyek yang menghabiskan dana senilai 1,2 triliun rupiah itu diselesaikan oleh kontraktor, tanah bab dalam tanggulnya di sisi barat ambrol sekitar 25 meter.

foto by instagram.com/gresiktourism

Sehingga, menerima perbaikan yang serius. Supaya longsor tidak semakin parah, tanah pada sisi tanggul dipasangi pagar besi. Jadi, pergerakan tanah ke arah bangunan mampu diantisipasi.

Karena hal itu, dinding bendungan di beberapa titik tampak sedikit tenggelam. Permukaannya juga tidak rata.

Lokasi Dimana

gambar by instagram.com/abankrudhie

Alamat BGS ada di Jalan Sidomukti – Masangan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jarak lokasi dari pusat Kota Gresik sekitar 27 km.

Untuk menuju ke sana, silakan mengemudi ke arah Bungah. Lalu, belokkan kendaraan kalau bertemu pintu gerbang Desa Sidomukti, sempurna di ujung barat sebelum belokan ke Kecamatan Dukun. Sedikit lagi, Anda akan sampai di destinasi.

Bendung gerak sembayat bendungan gresik foto gambar kontraktor lokasi proyek alamat wisata
foto by instagram.com/gresiktourism

Berdasarkan berita dari beberapa sumber, sejauh ini, pengunjung tidak dipungut biaya untuk berwisata ke BGS. Namun, mereka bakal disuguhi pemandangan menarik yang bisa dilihat dari pelataran parkir.

Selain itu, bagi yang lupa membawa bekal, tidak perlu khawatir. Anda bisa mampir ke PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berderet rapi di samping area parkir untuk membeli makanan ringan atau air mineral.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni