Berkat Saran Supporter, Ini Kondisi Stadion Surajaya

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”12821″
data-slug=””>

3.2
/
5
(
12

votes

)

Lokasi: Jl. Raya Gresik – Babat, Kec. Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62291

Map: Klik Disini

HTM: Rp.15.000 – 50.000 (Ketika Pertandingan)

Buka Tutup:

Telepon:

Stadion, pada umumnya ketika kita dengar kata tersebut yang ada di pikiran kita yaitu pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis, atau bahkan lainnya.

Namun tahukah anda bahwa tidak semua stadion mempunyai satu fungsi saja sebagai daerah penyelenggaraan pertandingan.

Beberapa menyediakan aneka macam akomodasi untuk umum sebagai bentuk pelayanan. Tidak hanya ketika diadakan suatu pertandingan namun setiap hari pun beberapa stadion tersebut ramai akan pengunjung.

foto by instagram.com/parkirsrjy

Dan tentu saja beberapa diantaranya berada di Indonesia. Jika anda mengira stadion multifungsi hanya ada di Negara maju anda salah.

Stadion tidak hanya dipakai untuk penyelenggaraan pertandingan namun bisa dijadikan tujuan wisata keluarga. Mesikipun pada dasarnya fungsi utama dari stadion yaitu pada penyelenggaraan pertandingan.

Salah satu stadion multifungsi di Indonesia terletak di Lamongan tepatnya ber-alamat di Jalan Raya Gresik Babat, Deket Kulon, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 6229.

Kota dengan motto nya “ Memayu Raharjaning Praja” ini memiliki stadion kebanggan dengan nama STADION GELORA SURAJAYA LAMONGAN.

Stadion ini bisa menampung hingga 14.000 penonton dan bahkan sudah direnovasi sehingga mampu menampung 25.000 penonton pada saat ini.

Kebanggan Lamongan

Stadion ini biasa dipakai untuk latihan para pemain Persela Lamongan. Salah satu klub sepak bola profesional Indonesia yang menjadi kebanggaan masyarakat Lamongan.

Klub ini berdiri pada tahun 1967 namun gres bisa menawarkan daya saingnya pada tahun 2003. Hingga masuk ke dalam Divisi Utama Liga Indonesia.

foto by instagram.com/anggaaripradanaa

Sebelumnya klub ini hanya mampu bersaing di divisi dua liga Indonesia. Dan pada tahun 2003 juga akibatnya Persela mampu menembus Superliga level liga tertinggi di Indonesia.

Dan performa nya tidak pernah menurun hingga sekarang. Setiap klub memang memiliki sejarah masing-masing begitu juga Persela Lamongan.

Stadion tentu identik dengan pertandingan olahraga dimana salah satunya adalah sepak bola. Satu hal yang paling identik dengan sepak bola ialah rumput.

Ya, setiap stadion sepak bola tentu memperhatikan salah satu aspek ini. Karena kualitas rumput mempunyai imbas besar dalam permainan sepak bola.

foto by instagram.com/wisnuah

Apabila rumput tidak terawat baik tentu akan mengganggu jalannya pertandingan. Dan perlu anda ketahui bahwa untuk rumput saja ada penerapan standarisasi nya bagi setiap stadion.

Ada standar untuk nasional maupun internasional. Beberapa stadion sepak bola di Indonesia mempunyai kualitas rumput standar internasional.

Standar Internasional

Stadion Gelora Surajaya Lamongan yakni salah satu nya. Stadion ini kini memiliki rumput standar internasional. Padahal dulunya, stadion ini dikenal dengan kualitas rumput buruk. Dengan keadaan tanah tidak rata, tanah yang terlalu keras, licin dan lain sebagainya.

foto by instagram.com/wisnuah

Akhirnya pihak manajemen menetapkan untuk melaksanakan renovasi pada bagian rumput. Proses di mulai dengan membuang rumput lama.

Setelah itu menyiakpan rumput baru, tak tanggung-tanggung rumput yang dipilih yakni jenis Stolon Shuldin. Rumput dengan kualitas internasional ini disiapkan dengan anggaran 1,21 milyar sekaligus untuk keperluan renofasi lainnya.

Rumput tersebut mempunyai keunikan pada tampilannya. Karena apabila di potong dengan arah berbeda, akan menghasilkan warna berbeda pula. Tentu hal ini akan menciptakan tampilan lebih artistik dan menarik.

Selalu Dirawat

Tentu tidak hanya soal kualitas dan keindahan saja untuk renovasi pada bagian rumput ini. Namun ada aspek maintenance yang juga harus di tunjang kualitasnya. Dalam hal perawatan pihak administrasi memilih media tanam rumput yang lebih gampang mengalirkan air. Untuk penyiraman memakai alat dengan kapasitas 15 KW dan 16 sprinkler untuk menyalurkan air.

foto by instagram.com/anggaaripradanaa

Sebanyak 4 sprinkler diletakkan di tengah lapangan dengan full circle mode artinya air akan di siramkan secara berputar penuh. 12 lainnya di letakkan di tepi lapangan dengan half circle mode artinya air hanya akan disiramkan sejauh 180° saja. Alat ini yaitu alat untuk sistem penyiraman modern.

Fasilitas Baru

Berbagai fasilitas yang belum ada sebelumnya juga di sediakan di stadion ini. Misalnya Press Room yang berfungsi untuk banyak sekali kegiatan pers terkait dengan acara di stadion. Sebelum di renovasi ruangan ini belum tersedia. Dan sekarang banyak sekali acara pers sudah mampu di selenggarakan.

foto by instagram.com/briyan_d2

Ruang ganti untuk pemain juga tidak lepas dari perhatian administrasi dalam progress renovasinya. Ruang ganti pemain kini sudah lebih modern dengan berbagai fasilitas aksesori.

Kemudian ruang official pertandingan juga mendapat beberapa sentuhan biar lebih modern dan fungsional. Bahkan lampu sorot stadion pun juga dipasang dengan lampu gres dengan kapasitas yang lebih memadai.

Tiket Masuk

Dari tribun disini terdapat 4 jenis atau kelas tribun yang tersedia. Pertama ada tribun VIP, VIP, ekonomi, dan tribun media. Untuk tribun VVIP dengan letak terbaik satu bangku nya di bandrol dengan harga 50 ribu. Tribun VIP dengan kualitas “menengah” cukup dengan harga 35 ribu.

Tribun ekonomi biasanya di gunakan untuk anak-anak muda dengan banyak sekali atributnya. Berbagai atribut mirip bendera, gambar logo klub, spanduk, alat musik pukul, dan lain sebagainya. Kelas ekonomi hanya perlu membayar 15 ribu saja. Terakhir ialah tribun media yang biasa dipakai untuk kepentingan media massa.

foto by .instagram.com/antiri92

Sebenarnya dari kelas-kelas tribun yang membedakan yakni posisi tempat duduknya. Jika VVIP berada di tengah dan tidak panas. Berbeda dengan ekonomi biasanya pribadi terkena sinar matahari. Tapi semuanya seimbang dengan harga yang di tawarkan.

Sangat Strategis

Satu lagi yang menarik dari stadion ini ialah lokasi nya strategis. Dekat dengan jalur pantura yang menghubungkan Surabaya dengan Gresik. Sehingga tidak perlu galau mencari alamat di peta karena tidak jauh dari jalan utama.

Dan juga terletak dekat dengan stasion Lamongan sehingga dalam hal mobilitas stadion ini dapat dibilang gampang dicapai.

foto by instagram.com/agusjtv

Dalam hal estetika pun stadion ini juga dapat dijadikan sebagai spot foto yang menarik. Tidak sedikit citizen yang berkunjung hanya untuk berfoto dan biasa nya dijadikan foto profil mereka. Beberapa fans Persela Lamongan juga biasa berfoto di stadion ini untuk kemudian di upload ke Instagram.

Kapan Saja

Kondisi terbaru stadion ini memang kerap mengundang banyak sekali kalangan untuk berkunjung. Dan memang sebagian besar mereka juga berkunjung di hari-hari biasa dan tidak ada acara pertandingan yang diselenggarakan.

Kondisi bangunan secara struktural kalau di garap dengan apik memang akan menjadi satu nilai tambah. Hal ini tentu berlaku untuk semua jenis pembangunan.

foto by instagram.com/randi_barberman

Bangunan yang unik atau dengan ciri khas tersendiri akan memberi imbas magnet bagi pengunjung untuk datang. Tentu hal ini sangat baik dalam segi finansial.

Wisatawan yang tiba akan menunjang kondisi finansial. Dengan kondisi finansial yang baik maka pembangunan pun akan baik pula, begitu seterusnya.

Stadion Gelora Surajaya Lamongan sudah pertanda bahwa kualitas dan estetika perlu disandingkan.

Bagi anda yang ingin berlibur tapi belum memiliki destinasi pasti, tidak perlu resah karena stadion pun bisa anda jadikan tujuan wisata yang unik dan menarik.

Bagaimana? Ubah sejenak mindset anda ihwal stadion dan cobalah untuk berkunjung ke Stadion Gelora Surajaya Lamongan ini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni