Body Rafting Di Citumang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”10915″
data-slug=””>

3.6
/
5
(
5

votes

)

Lokasi: Komplek Objek Wisata Citumang Sukamanah, Bojong, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat 46393

Map: Klik Disini

HTM: Rp.19.000, Paket Body Rafting Rp.85.000

Buka Tutup: 07.00 – 16.00

Telepon: 0852-2317-1703

Membahas keindahan alam Indonesia merupakan hal yang tidak akan pernah usai. Tiap sudutnya, negara dengan julukan Nusantara ini mempunyai keindahan-keindahan yang dapat menciptakan tiap orang terdiam ketika melihatnya.

Ini yakni hal yang harus disyukuri, khususnya bagi masyarakat Indonesia, sebab keindahan alam ini adalah pinjaman dari Sang Maha Pencipta. Namun tidak cukup jikalau hanya bersyukur, kita juga harus menjaganya, tidak sekedar dimanfaatkan guna menambah pundi-pundi rupiah.

Indonesia dikala ini terdiri dari 34 provinsi. Dari 34 provinsi ini ada satu provinsi yang terkenal dengan kesejukkannya, adalah Jawa Barat. Memang umumnya orang-orang akan eksklusif terlintas di pikiran kesejukkan saat disebutkan kawasan ini dan tentunya Bandung.

foto by instagram.com/exo.doglaz_

Memang didaerah provinsi ini amat terkenal dengan suhu udaranya yang sejuk. Namun tidak hanya itu saja, keindahan alam di provinsi ini juga sangat banyak.

Hampir semuanya tak pernah sepi oleh pengunjung. Bukan suatu hal yang mengherankan, mengingat ketika ini tren wisata sedang mengarah ke keindahan alam.

Namun tentu kita tidak akan membahas semuanya satu-persatu. Oleh sebab itu diambil salah satu keindahan dari Jawa Barat yang berada di Ciamis. Nama kawasan wisata alam indah dan tengah hits ini ialah Sungai Citumang.

foto by instagram.com/awil_inst

Citumang sendiri yakni sungai yang membelah hutan. Aliran airnya sedang, namun terkadang cukup deras dikala trend hujan. Arah pemikiran ini menuju sebuah goa. Keindahan alam di kanan dan kirinya begitu mempesona.

Tumbuhan di sekitarnya membuat kawasan ini begitu asri. Tak heran daerah ini dijuluki Green Valley dan ada juga saudaranya ialah Green Canyon atau Cukang Taneuh.

Keindahan sungai Citumang tidak dapat dilukiskan. Tidak hanya airnya yang masih bersih, di sini para pengunjung juga mampu melakukan acara wisata seru. Namun sebelum beranjak lebih jauh, mari kita mengetahui sedikit cerita masyarakat sekitar mengenai kawasan ini.

Mitos Misteri

Tidak hanya mempunyai pesona menawan, Citumang river juga memiliki kisah. Cerita ini dari masyarakat dan dikenal sebagai mitos. Mitos kawasan ini amat menempel di masyarakat sekitar. Mitos yang beredar di masyarakat ini berawal dari kala kerajaan Indonesia.

Ketika era itu sebenarnya era kritis, dimana kerajaan Indonesia mulai menawarkan akan runtuh. Untuk menggali berita ini lebih lanjut, diutuslah seseorang guna mengetahui penyebab runtuhnya beberapa kerajaan di Nusantara ini.

foto by instagram.com/info_wisata_citumang

Ketika dia penelusuran info tersebut, dia menyusuri banyak sungai, sedang adventure. Namun tidak semua sungai yang dilaluinya terisi air. Ada satu sungai yang kering dan dia berhenti sejenak di sungai tersebut. Tidak adanya ajaran air membuat utusan dan rombongannya menghentikkan perjalanannya dan bersandar di sana.

Namun ada hal ajaib dari sini. Semua orang tersebut menghilang tanpa penyebab yang terang. Di sinilah mitos tersebut berkembang di masyarakat. Konon di dalam pemikiran sungai ada makhluk tak kasat mata yang mirip buaya putih. Makhluk inilah yang diduga penyebab hilangnya orang-orang itu. Namun ini tidak mengakibatkan daerah ini seram.

Asal Usul Nama

Tiap nama, entah itu nama daerah ataupun nama seseorang, biasanya diberikan dengan alasannya adalah tertentu, salah satu contohnya ialah Citumang. Nama tempat ini sendiri berasal dari bab sungai ini sendiri.

foto by instagram.com/gons_citumang

Ujung sungai ini terdapat sebuah curug. Bentuk curug ini seperti tungku. Kata tumang sendiri berarti tungku. Oleh alasannya adalah itu, nama kawasan ini dinamakan demikian.

Aktivitas Manarik

Di sungai Citumang banyak hal yang mampu dilakukan. Namun disini paling utama ialah melakukan body rafting.

Kegiatan wisata ini amat seru, alasannya kita akan menyusuri sungai dengan membiarkan tubuh kita terbawa arus. Bisa dibilang ini juga arung jeram. Snorkeling mungki mampu juga dilakukan jikalau arus tidak terlalu deras.

foto by instagram.com/kelilingpangandaran

Setelah melakukan body rafting, kita mampu mengabadikan momen. Keindahan tempat ini tentu harus menjadi target lensa kamera. Cari spot terbaik untuk mengambil gambar. Tentunya sudut pengambilan juga mensugesti hal ini.

Tidak sulit mencari spot foto terbaik di sungai Citumang, alasannya adalah intinya tiap jengkal area ini memang indah. Namun supaya hasil foto maksimal, maka gunakan kamera yang mampu menghasilkan gambar bagus. Jika tidak punya, maka kamera smartphone juga masih baiklah, sebab pencahayaannya mumpuni.

Harga Tiket Masuk

Memasuki area wisata Citumang ternyata harus memakai tiket masuk. Harga tiket masuk daerah wisata hits Jabar dari Ciamis, Panggandaran ini terbilang terjangkau. Cukup siapkan uang sebesar Rp. 19.000 per orang. Harga tiket masuk ini bisa jadi berubah sewaktu-waktu. Namun ini bisa digunakan untuk menentukan budget.

Harga Body Rafting

Ke Citumang tanpa bermain body rafting adalah suatu hal yang kurang lengkap. Harga kegiatan ini terbilang murah. Dari salah satu distributor wisata memperlihatkan paket sebesar Rp. 85.000. Ini adalah usulan menarik.

foto by instagram.com/sandy.vape_see

Fasilitas yang didapatkan dari harga ini antara lain tiket masuk, asurans, peralatan body rafting, pemandu wisata, full body rafting, dokumentasi, makan siang dan terapi ikan. Semua acara paket ini sudah terpola dengan baik, jadi mampu dipastikan pengguna jasa ini tidak akan gundah.

Syarat paket body rafting ini sendiri tidak ada. Namun jika kurang dari 12 orang maka tidak akan ada nasi liwet. Jadi pastikan mengumpulkan orang terlebih dahulu. Selain itu, ada juga peraturan lainnya, yaitu bila akseptor datang dadakan tanpa konfirmasi sebelumnya, maka dikenakan harga publise Rp. 125.000.

Cara Menuju Lokasi

Tempat wisata hits Ciamis, Pangandaran, Jawa Barat ini beralamat di Komplek Objek Wisata Citumang Sukamanah, Bojong, Parigi. Berdasarkan informasi yang beredar di dunia maya, jalan masuk jalan menuju lokasi wisata ini masih belum baik.

foto by instagram.com/mypangandaran

Akan banyak ditemui jalanan berlubang dikala masuk di Desa Bojong. Untuk menuju ke sini sendiri, maka diawali dengan menuju ke arah Barat Pangandaran. Jarak daerah wisata hits Jawa Barat ini sekitar 15 km dari pusat Kota Pangandaran.

Jika ingin rute lebih cepat, maka ambil alur Jalan Raya Pangandaran – Cijulang. Walaupun cukup akrab, yaitu hanya sekitar 4 km, namun rute ini jarang dilalui. Hal ini disebabkan jalannya masih jelek. Semua rute mampu dilalui dengan kendaraan pribadi dan belum ada berita, apakah dapat ditempuh dengan kendaraan umum.

Hotel Terdekat

Jika ingin sekalian menginap di hotel erat lokasi, maka tidak usah resah, alasannya ada juga paket wisata Citumang yang memberikan ini. Biayanya terbilang murah, adalah cukup Rp. 200.000 per orang.

foto by instagram.com/daayess

Fasilitas dari paket ini ialah hotel dengan pendingin udara, pemandu wisata, tiket masuk, asuransi, peralatan body rafting dan makanan khas sunda. Harga ini ternyata masih mampu dibicarakan jikalau lebih dari 15 orang. Harga mampu jadi berubah dikala hari libur.

Fasilitas Yang Ada

Fasilitas wisata Citumang terbilang lengkap. Di sini sudah ada toilet, kamar ganti, area parkir, tempat sholat, warung makan dan beberapa lainnya. Jika ingin berkunjung ke kawasan ini, maka pastikan mengunjunginya lebih dari jam 07.00, sebab wisata ini mulai buka pukul 07.00 dan tutup pada 16.00.

Informasi daerah wisata ini mampu dicari di Google, Kaskus, Youtube, Wikipedia beserta dengan imagenya. Pengunjung di sini bisa jadi dari banyak sekali daerah, seperti Sukabumi, Tasikmalaya, Batu Karas, Cibenda, Garut dan lainnya.

foto by instagram.com/merseyboi

Tidak diketahui secara pasti apa di sini bisa camping. Tiap pengunjung bisa melakukan my tripnya sendiri. Di objek wisata ini tidak diketahui ada resort grand hau atau tidak.

Hati Hati

Dari berita yang beredar di internet, ternyata Citumang pernah menelan korban sampai meninggal dunia. Dari informasi, meninggalnya sebab kelalaian dan tidak menuruti pemandu. Peristiwa ini menciptakan Citumang ditutup sementara saja.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni