Bukan Hanya Everest, Ini 10 Gunung Tertinggi Di Dunia

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67877″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Banyak sekali gunung-gunung yang bangun tegap di daratan bumi kita ini. Masing-masingnya pun mempunyai ketinggian berbeda-beda, bahkan beberapa diantaranya ada yang hingga 8.000an meter diatas permukaan maritim.

Nah, titik tertinggi itulah yang membuat para pendaki dari seluruh penjuru dunia merasa tertantang dan mereka pun berlomba-lomba untuk menaklukkannya.

Seperti dilansir dari banyak sekali sumber, setidaknya ada 25 gunung yang populer memiliki puncak paling tinggi sejagat raya. Dan dari daftar tersebut, dibawah ini JejakPiknik telah merangkum 10 gunung tertinggi yang ada di dunia. Apa saja? Yuk kita intip sama-sama!

1. Gunung Mauna Kea

Foto By @kailakeyphoto

Selama ini kita yang kita ketahui Everest yaitu puncak paling tinggi di dunia. Namun sayangnya, baru-baru ini fakta tersebut telah dipatahkan oleh pihak peneliti United States Geological Surgey (USGS).

Dari penelitian yang dilakukan oleh USGS ini berhasil membuktikan bahwa Everest bukan puncak paling tinggi di dunia. Menurut mereka, Mauna Kea lah urutan pertama, dimana ketinggian mencapai 10.210 meter.

10.210 meter tersebut didapat jikalau diukur dari kakinya yang berada di bawah laut. Sementara jika secara mdpl, tingginya sekitar 4.205 meter. Mauna Kea termasuk salah satu gunung yang terdapat di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat.

Menurut catatan, Mauna Kea termasuk jenis berapi purba yang sudah tidak aktif lagi dan dulunya dikenal dengan nama Mauna a Wakea yang artinya “gunung putih”. Penduduk di sekitarnya percaya bahwa ini merupakan asal-ajakan nenek moyang mereka.

2. Gunung Everest

Foto By @momotrekking

Dikenal sebagai puncak tertinggi di dunia, nama Everest tentu sudah tidak abnormal lagi. Lantas, apa kau tahu dibenua mana bantu-membantu gunung tersebut berada?

Ya, Mount Everest yakni deretan tertinggi kedua di dunia yang terletak di benua Asia. Secara administratif, spot berketinggian 8.848 meter diatas permukaan laut ini letaknya berada di perbatasan antara Nepal dan Tibet.

Puncak paling tinggi ke-2 yang masuk dalam barisan pegunungan Himalaya dan pernah memakan korban pada tahun 2015 ini memiliki beberapa nama lain yakni “Sagamatha” (menurut orang Nepal) dan “Chomolanga” atau Qomolangna (dalam bahasa Tibet).

Orang yang pertama kali berhasil mendaki puncak gunung yang kerap masuk dalam soal TTS ini adalah Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada tanggal 29 Mei 1953 silam.

3. Gunung K2 (Chhogori/Godwin-Austen)

Foto By @thesearchingsouls

K2 atau Chhogori ini yakni gunung tertinggi ketiga di dunia yang mana letaknya berada di negara Pakistan dan Xinjiang, China. Spot tersebut juga merupakan bagian dari Pegunungan Karakoram.

Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan puncaknya adalah Achille Compagnoni dan Lino Lacedelli pada tahun 1954 silam. Ketinggiannya sendiri kurang lebih sekitar 8.611 meter diatas permukaan maritim.

Menurut pengalaman para pendaki, Chhogori merupakan spot paling kejam karena menawarkan tingkat kesulitan dengan faktor cuaca cukup jelek.

4. Gunung Khangchenjunga

Foto By @directionkathmandu

Lokasi dari spot satu ini mampu dibilang masih berdekatan dengan Everest, dimana meliputi 2 negara adalah Nepal dan India. Letak tersebut menawarkan bahwa ia masih merupakan barisan dari pegunungan Himalaya.

Khangchenjunga sendiri berada di 8.586 meter diatas permukaan bahari (mdpl). Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan puncaknya yaitu George Band dan Joe Brown pada tahun 1955.

Nama Khangchenjunga mempunyai arti yaitu “ Lima Harta Karun Salju”. Dinamakan demikian sebab memang terdapat 5 puncak, dimana 4 diantaranya ketinggiannya mencapai 8.450 mdpl.

Spot tersebut juga merupakan area konservasi yang melindungi satwa Panda Merah, burung serta aneka macam tanaman khas Nepal.

5. Gunung Lhotse

Foto By @pratik_rayamajhi

Puncak tertinggi kelima berikutnya berjulukan Lhotse ini memiliki ketinggian sekitar 8.516 meter diatas permukaan laut. Letak dari spot tersebut juga masih bertetangga dengan Mount Everest.

Lokasi tepatnya adalah berada di perbatasan antara tempat Khumbu, Negara Nepal dan Tibet. Pendaki pertama yang sukses mencapai puncaknya yaitu sekelompok orang Swiss bentukan dari Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss pada tahun 1956.

Menariknya, spot pendakian tersebut mempunyai Lhotse Middle yaitu cabang puncak Lhotse Mountain dimana ketinggiannya berada pada 8.410 meter diatas permukaan maritim dan termasuk salah satu destinasi yang sulit untuk didaki.

6. Gunung Makalu

Foto By @utmostadventure

Makalu Mountain ini memiliki ketinggian kurang lebih kisaran 8.485 meter diatas permukaan maritim. Lokasi spot tersebut juga tidak jauh dari Mount Everest, hanya sekitar 19 kilometer saja ke arah tenggara.

Secara administratif, letak Makalu berada di perbatasan antara negara Nepal dan China. Ia cukup terkenal alasannya adalah mempunyai puncak berbentuk piramida.

Pendakian ke Makalu pertama kali dilakukan oleh Jean Couzy dan Lionel Terray pada tahun 1955. Ini disebut-sebut sebagai salah satu spot yang sangat sulit ditaklukkan, alasannya adalah letaknya di daerah terpencil kemudian banyak tebing-tebing terjal.

Sebelum berniat mendaki ke puncak 8.485 mdpl, kau harus terlebih dahulu menguasai bagaimana tehnik panjat tebing dan es yang benar. Bagaimana, tertarik ingin menaklukkannya?

7. Gunung Cho Oyu

Foto By @alpenglowexpedition

Spot pendakian berjulukan Mount Cho Oyu ini juga sangat sulit ditaklukkan. Meskipun kelihatannya mudah untuk didaki, namun sesungguhnya gunung tertinggi nomor tujuh di dunia ini terletak pada 8.188 meter diatas permukaan bahari.

Namun jikalau dibandingkan dengan ke-enam daftar sebelumnya, Cho Oyu memang paling mudah untuk didaki sebab memiliki kemiringan lereng yang gampang diakses.

Nama Cho Oyu sendiri berarti “Turqouise Goddess”. Letak dari spot tersebut berada diantara negara China dan Nepal. Pendakian menuju puncaknya pertama kali dilakukan oleh 2 orang berkebangsaan Austria bernama Herbert Tichy serta Joseph Jochler di tahun 1954.

8. Gunung Dhaulagiri

Foto By @trek_in_nepal

Memiliki ketinggian mencapai angka 8.167 meter diatas permukaan laut, membuat Dhaulagiri masuk dalam gugusan gunung tertinggi di dunia.

Dhaulagiri sendiri terletak di negara Nepal dan pendaki pertama yang berhasil menaklukkannya yaitu sekelompok campuran orang Swiss, Nepal dan Austria pada tahun 1960.

Menariknya, sebelum menduduki urutan kedelapan, Mount Dhaulagiri ini pernah dinobatkan sebagai puncak tertinggi pertama di dunia pada tahun 1808. Kemudian digantikan Kangchenjunga di tahun 1838 dan sesudah itu digeser oleh Everest di thn 1858.

9. Gunung Manaslu

Foto By @peaceful_himalayas

Manaslu ini juga merupakan salah satu daftar dalam gugusan gunung tertinggi di dunia. Letaknya sendiri masih berada di Nepal, tepatnya di Mansiri Himal dan berada dalam barisan pegunungan Himalaya.

Spot berketinggian 8.156 meter diatas permukaan maritim ini pertama kali ditaklukkan oleh Gyaltsen Norbu dan Toshio Imanishi pada tahun 1956.

Nama Manaslu diambil dari bahasa Sanskerta ialah “Manasa” yang artinya “Gunung Jiwa”. Ini yaitu puncak paling tinggi di Gurkha dan lokasinya sekitar 40 mil dari sebelah timur mount Annapurna.

10. Gunung Nanga Parbat

Foto By @picturepakistan

Nanga Parbat ini merupakan gunung tertinggi urutan ke-10 yang terletak di negara Pakistan dan masih merupakan bab dari Barisan Himalaya.

Pendaki pertama yang berhasil mencapi puncaknya di ketinggian 8.126 meter diatas permukaan bahari ialah Hermann Buhl di tahun 1953. Lokasi dari Nanga Parbat sendiri berada di bab utara Pakisatan dan dijuluki “The Man Eater”.

Meski mempunyai medan cukup sulit, namun panorama Nanga Parbat tak kalah indah dari mount Kilimanjaro di Afrika. Keindahannya sangat layak buat diabadikan dalam gambar atau vidio-vidio.

Itulah tadi 10 daftar gunung tertinggi dari 100 urutan di dunia. Kamu sendiri punya hobi mendaki tidak? Kalau begitu, dari list yg ada mana nih kira-kira paling menarik untuk ditaklukkin?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni