Bukit Barede, Memandangi Keagungan Borobudur Dari Ketinggian

Bukit Barede mempunyai daya tarik tersendiri dengan keindahan view sunrisenya. Sinar keemasan menerobos hijau pegunungan dan terlihat jelas megahnya candi Borobudur. Serta tersedia juga beberapa rumah pohon yang mampu teman-sahabat gunakan dikala menikmati sunrise.

Bukit Barede mempunyai daya tarik tersendiri dengan keindahan view sunrisenya. Sinar keemasan menerobos hijau pegunungan dan terlihat jelas megahnya candi Borobudur.
Bukit Barede. Image via: dakatour.com

Bukit Barede yaitu salah satu kawasan di daerah Pegunungan Menoreh yang dulunya sempat digunakan Pangeran Diponegoro untuk mengumpulkan pasukan dikala terjadinya Perang Jawa.

Barede kepanjangan dari “Bubare perang gedhe” atau selesainya perang besar/sesudah perang besar. Sejak saat itu, nama Barede terus melekat di Perbukitan ini.

Objek wisata alam bukit Barede memiliki panorama khas pegunungan. Dengan latar belakang rindang pepohonan hijau dan seolah-olah membentuk benteng bukit-bukit tak terlampau tinggi.Karena lokasi wisata ini hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer dari candi Borobudur, tentu memiliki nuansa keindahan tersendiri.

Lanskap berupa area pegunungan dan hamparan dataran rendah begitu memukau. Tidak hanya itu, Objek wisata alam Magelang ini pun menjadi salah satu kawasan kece menyaksikan fenomena sunrise. Cukup berada di lokasi wisata, pengunjung dapat melihat kegagahan candi Borobudur.

Panorama Bukit bardede dengan latar pegunungan yang gagah.
Panorama bardede. Image via: @shnselin

Simak juga: lokasi-lokasi indah di Magelang

Lokasi Bukit Barede

Secara administrasi jikalau posisi Barede hill Magelang berada di Dusun Sendaren dua, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Jarak antara candi Borobudur ke lokasi wisata sekitar 2 kilometer saja.

Lokasi Bukit Barede berasa disisi barat Candi Borobudur, sedikit di sebelah timur Puntuk Setumbu. Spot ini bahwasanya yakni alternatif spot foto selain Puntuk Setumbu. Kata beberapa orang Bukit Barede lebih “nyaman” dibanding Puntuk Setumbu alasannya adalah jarak antara lokasi parkir kendaraan dan spot atas bukit lebih erat, belum terlalu banyak orang.

Rute Menuju Bukit Barede

Seperti yang sudah kita singgung di awal, lokasi Bukit Barade ini terletak di bersahabat candi Borobudur sekitar 2 km. Lokasinya memang agak terpelosok. Namun jangan khawatir alasannya akses jalan menuju ke lokas cukup baik.

taman bunga melengkapi pesona bukit barede
Taman Bunga Bardede. Image via: @bukit_barede

Bila dari ruang parkir wisata Borobudur anda mampu ambillah jalur ke barat menuju Purworejo. Sesudah anda sampai di perempatan Bangsongan (gardu londho) belok kiri sampai hingga di persimpangan jalan (SD RINGIN PUTIH) diambil jalan ke kanan dari situ tempat telah bersahabat.

Teruskan saja hingga ketemu dengan gapura Selamat Datang Di Desa Karangrejo. Ikuti jalan selalu, hingga persimpangan belok kiri lanjut sampai hingga di kawasan parkir bukit barede.

Jam Buka Bukit Barede

Wisata bukit berede buka setiap hari. DI pagi hari buka jam 04.00 dan tutup di sore hari pada jam 17.00.

Tiket Bukit Barede

Tidak perlu merogoh dompet dalam supaya mampu menikmati suasana alam di Bukit Barede. Pengunjung cukup membayar ongkos tiket yang jadi satu dengan parkir saja, yakni sebesar Rp. 2.000 sepeda motor dan Rp. 5.000 kendaraan kendaraan beroda empat.

Fasilitas Bukit Barede

Fasilitas wisata pun tergolong lengkap seperti gazebo, lahan parkir luas, warung penjual masakan-minuman dan gardu pandangan berupa rumah pohon

Daya Tarik Bukit Barede

  1. Berburu Sunrise

Sunrise menjadi salah satu pesona utama Bukit Barede.
Sunrise Bukit Barede. Image via: wisatangehits.com

Simak juga: Wisata Petungkriyono

Untuk menimati sunrise yang tepat biasanya harus berjalan kaki mendaki gunung berjam-jam. Bahkan harus berkemah di tengah dinginnya udara gunung semalaman. Hal itu tidak hanya membutuhkan persiapan fisik dan mental.

Namun tidak demikian halnya kalau menikmati Sunrise di Bukit Barede.

Pemandangan yang luar biasa di sajikan di sekitar daerah  Bukit Barede, Malang. Keindahannya kawasan Taman Wisata Borobudur ini sudah dikenal di seluruh dunia. Kawasan ini disebut juga termasuk Sunrise terbaik di sekitar Magelang.

Tidak heran bila para wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik banyak yang ber wisata di daerah ini. Untuk dapat menyaksikan ‘The Famous Sunrise’ dengan tepat, pengunjug harus sudah ada di view point Bukit Barede pada pukul 04.00 wib atau sebelum matahari terbit.

Carilah tempat yang strategis untuk mengabadikan indahnya sunrise di Bukit ini. Biasanya daerah ini akan penuh sesak oleh pengunjung terutama pada hari libur.

  1. Menyaksikan Borobudur dari ketinggian

borobudur di kejauhan dilihat dari bukit barede
Borobudur di kejauhan. Image via: jejakpiknik.com

Selain mampu menyaksikan mentari yang menyembul perlahan dari Gunung Merapi atau Merbabu, wisatawan Bukit Barede juga mampu menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian. Tentu saja ini menjadi laba tersendiri.

Tidak heran jika akibatnya Bukit Barede menjadi lokasi favorit menyaksikan sunrise bagi wisatawan aneh dan juga spot favorit para fotografer. Karena ada aksen pelengkap borobudurnya.

Di daerah ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang bisa dipakai duduk mengamati pemandangan alam.

Dari parkiran yang ada di kaki bukit, pengunjung harus trekking sekitar 15 menit untuk mencapai puncak dengan rute berupa jalan makadam dan tanah. Bagi yang tidak besar lengan berkuasa trekking sampai puncak, tak jauh dari daerah parkir terdapat gazebo di mana wisatawan sudah mampu menyaksikan Borobudur dari kejauhan.

Meskipun perjalanan treking di pagi hari sedikit melelahkan, namun hal tersebut akan terbayar lunas ketika menyaksikan sapuan kabut borobudur yang perlahan terangkat naik dan mentari yang muncul dari balik gunung dengan malu-aib.

  1. Gardu Pandang

Gardu pandang unik di bukit barede
Gardu Pandang. Image via: tripadvisor.in

Simak juga: Benteng Kalamata

Wisata dengan konsep gardu pandang saat ini cukup terkenal di banyak kawasan. Dari gardu pandang, biasanya wisatawan mampu bebas memandang keindahan alam setempat lebih jauh tanpa terhalang apapun dari ketinggian. Demikian juga dengan bukit barede ini.

Gardu Pandang sengaja dibangun pengelola, bagi pengunjung yang ingin menikimati pemandangan dengan lebih leluasa. Juga mampu menjadi daerah Area swafoto atau selfie semoga pengunjung mampu mengabadikan kenangannya di tempat itu..

Di lokasi juga terdapat warung kopi yang didirikan oleh para penduduk lokal. Adanya warung kopi dengan panorama pegunungan ini diperlukan pengunjung bisa menikmati kopi di atas bukit dengan sensasi yang memesona.

Cahaya Sunrise di bukit barede
Cahaya emas Sunrise. Image via: freeandhopeful

Tips Mengunjungi Bukit Barede

Sedikit tips bagi calon pengunjung Bukit Barde, untuk mendapatkan view yang dibutuhkan, sebaiknya datang pagi-pagi sekali sekitar pukul 04.30 supaya sahabat-sahabat dapat menyaksikan matahari terbit dari awal.

Dapat juga sekalian melakukan camping di puncak Barede agar tidak melewatkan moment yang menakjubkan serta sangat berkesan di Bukit Barede.

Borobudur Saat perayaan tampak gemerlap dari bukit barede
Borobudur di malam perayaan. Image via: tipswisata.co

Simak juga: Pusat Laut Donggala

Objek Wisata Dekat Bukit Barede

1, 5 km di sebelah barat Bukit Barede, terdapat wisata perbukitan yang sudah legendaris. Punthuk Setumbu. Dari daerah ini candi Borobudur akan tampak mempesona dengan jajaran gunung merapi dan merbabu. Tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara akan melirik daerah ini yang memiliki harga cukup murah dibandingkan dengan Borobuddur.

Sedikit lebih jauh, namun masih di kabupaten Magelang, dalam jarak 30 km ke timur terdapat Ketep Pas. Kawasan ini berada di Puncak Bukit Sawangan yang berada di tengah-tengah antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Di daerah ini wisatawan akan melihat keindahan cahaya matahari pagi yang begitu menggemaskan dan benar-benar menggoda. Matahari ini muncul diantara dua gunung termegah itu.

Berkunjung ke daerah ini sangat disarankan bagi wisatawan yang ingin melepas penat dari rutinitas perkotaan dan riuhnya pekerjaan. Salah satu wisata keluarga yang wajib dikunjungi jika berada di tempat Magelang atau Borobudur.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni