Bukit Khayangan, Memandang Danau Kerinci Dari Ketinggin Awan

Bukit Kayangan adalah sebuah bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan yang mengelilingi sebuah tempat yaitu Kerinci. Bukit Kayangan memperlihatkan panorama alam yang indah luar biasa. Saat cuaca cerah, pengunjung mampu menyaksikan Kota Sungai Penuh dan Danau Kerinci yang indah dari Puncak Bukit Kayangan.

Bukit Kayangan adalah sebuah bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan yang mengelilingi sebuah daerah yaitu Kerinci. Bukit Kayangan menawarkan panorama alam yang indah luar biasa. Saat cuaca cerah, pengunjung dapat menyaksikan Kota Sungai Penuh dan Danau Kerinci yang indah dari Puncak Bukit Kayangan.
Bukit Khayangan. Image via: aslikerinci

Pada dikala berkabut atau mendung Bukit Kayangan juga menakjubkan seperti di kayangan. Deretan Bukit Barisan berselimut awan, seperti negeri kayangan daerah para dewa. Di ketinggian 1500 mdpl, pengunjung akan merasakan akrab dengan awan, laksana tuhan yang turun ke bumi.

Pengunjung bisa melihat hamparan yang maha luas seperti Gunung Kerinci, Gunung Tujuh, Danau Kerinci dan landscape Kota Sungai Penuh terlihat dalam satu kesatuan indah yang tertumpah di utara dan timur.

Pemandangan yang indah yang ditawarkan Bukit Kayangan tidak hanya sewaktu cuaca itu sedang cerah namun. Pada ketika cuaca sedang berkabut atau pun mendung bukit kayangan masih memperlihatkan bentuk fenomena alam yang menabjubkan. Yaitu seolah-olah kita sedang berada di atas awan sebuah negri kayangan.

Bahkan dikala berada di Puncak Bukit Kayangan, pengunjung mampu menyaksikan dan merekam keindahan sunrise.

Pemandangan yang indah yang ditawarkan Bukit Kayangan tidak hanya sewaktu cuaca itu sedang cerah namun pada saat cuaca sedang berkabut atau pun mendung bukit kayangan masih memberikan bentuk fenomena alam yang menabjubkan yaitu seolah-olah kita sedang berada di atas awan sebuah negri kayangan.
Negeri atas Awan. Image via: backpackerjakarta.com

Simak juga: 10 lokasi wisata hits di Jambi

Lokasi Bukit Khayangan

Bukit Kayangan merupakan salah satu objek wisata andalan masyarakat Provinsi Jambi. Tepatnya di Desa Renah Kayu Embum, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Bukit Kayangan terletak di barisan Gunung Raya yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan bahari.

Rute Menuju Bukit Khayangan

Untuk melihat keindahan Bukit Kayangan, perjalanan mampu dimulai dari kota Jambi menuju Sungai Penuh. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum, kemudian naik ojek menuju Bukit Kayangan. Di sepanjang perjalanan menuju Bukit Kayangan,  akan disuguhkan dengan keindahan alam gunung raya yang sangat memukau.

Jalanan yang berkelok serta naik turun menyusuri tebing di lereng bukit, jurang curam sepanjang dinding tebing Gunung Raya yang keduanya berjarak sangat erat hanya terpisah oleh jalan.

Jarak tempuh menuju Bukit Kayangan sekitar 30 menit dari Kota Sungai Penuh.

Rute menuju BUkit Khayangan  Jalanan yang berkelok serta naik turun menyusuri tebing di lereng bukit, jurang curam sepanjang dinding tebing Gunung Raya yang keduanya berjarak sangat dekat hanya terpisah oleh jalan.
Rute ke Bukit Khayangan. Image via: @kerinci__sungaipenuh

Jam Buka Bukit Khayangan

Objek wisata bukit Khayangan di Kerinci ini terbuka 24 jam sehari, 7 hari sepekan. Ini tentu memudahkan pengunjung untuk mengatur jadwal kunjungannya, di sela-sela menikmati belasan objek lain yang awut-awutan di daerah Kerinci dan sekitarnya.

Tiket Bukit Khayangan

Untuk memasuki Bukit Khayangan, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 per motor. Sedangkan untuk kendaraan mobil, dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 50.000.

Fasilitas Bukit Khayangan

Bukit Kayangan mempunyai akomodasi yang cukup lengkap, seperti menyediakan toko-toko yang menjual aneka macam jenis oleh-oleh khas Kerinci yaitu masakan, benda-benda aksesoris dan tentu saja buah Kuini yang di olah ke banyak sekali macam.

Pengunjung objek wisata ini juga tidak perlu khawatir soal kawasan istirahat. Jika ingin menikmati suasana Bukit Kayangan lebih usang. khususnya pada malam hari atau pagi hari, sebaiknya menginap saja. Ada losmen atau hotel di kawasan Sungai Penuh yang tak jauh dari Bukit Kayangan.

Di sekitar penginapan pengunjung juga mampu mencicipi aneka macam olahan hidangan khas Sungai Penuh dan Kerinci.

Daya Tarik Bukit Khayangan

  1. Keindahan Panorama

Gazebo di Puncak Bukit Khayangan untuk mengamati panorama.
Gazebo di Puncak Khayangan. Image via: inews.id

Simak juga: Pantai Krui, acuan Surfer Dunia

Bila tiba berkunjung ke bukit khayangan Kerinci ini, pengunjung mampu menikmati keindahan alam dari Kerinci. Sebuah pengalaman indah  yang mungkin tidak akan mampu ditemukan pada tempat-daerah lain.

Pandangan pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan perbukitan hijau, puluhan ribu hektar sawah, serta kamu juga bisa merasakan sejuknya udara dataran tinggi. Kamu pun bisa juga melihat pemandangan dari Gunung Kerinci dan Danau Kerinci dari puncak bukit.

Bagi pengunjung yang  ingin melihat sunrise yang indah, mampu mencoba tiba ke puncak bukit sebelum matahari terbit. Pengunjung juga mampu merasakan sensasi berada di atas awan dikala berkunjung ke bukit Khayangan ini.

Panorama indah berpadu dengan lestari alam Kerinci, memebuat pengunjung mampu melupakan sejenak kegiatan sehari-hari dan total menikmati karunia keindahan dari Sang Pencipta ini.

  1. Sunrise dari Ketinggian

Panorama sunrise luar biasa di BUkit khayangan
Sunrise bukit Kahyangan, Image via: backpackerjakarta.com

Di dikala cuaca mendung, seolah Bukit Khayangan akan menawarkan sisi lain dari keindahan alam tanah Kerinci. Gerombolan awan bergerak secara perlahan, dan seketika menciptakan suasana mistis sekaligus romantis.

Fenomena alam ini pun menjadi salah satu momen yang paling dicari oleh wisatawan. Seolah wisatawan tengah berada di negeri atas awan, dengan hamparan awan layaknya sebuah lautan.

Pesona keindahan yang dimiliki bukit, seolah tidak ada habisnya untuk dinikmati. Saat pagi menjelang, wisatawan bisa menyaksikan panorama sunrise yang memukau dari puncak bukit. Udara cuek yang menusuk tulang, seketika tergantikan dengan hangatnya sinar matahari pagi.

Fenomena sunrise ini pun banyak mengundang rasa ingin tau dari wisatawan. Usai menyajikan keindahan sunrise, sang surya yang perlahan naik dan memancarkan sinarnya akan menciptakan panorama menawan.

Deretan perbukitan serta lembah disekeliling puncak pun seolah akan muncul kurang jelas menghasilkan tekstur alami kolam lukisan Sang Pencipta. Pemandangan yang ditawarkan bukit ini memang layaknya sebuah nirwana kecil di dataran tinggi Kerinci, sehingga patut untuk dilestarikan serta dijaga.

  1. Hunting Foto

Foto Preweding di  bukit khayangan.
Foto Preweding. Image via: @yayangnurizkyr

Simak juga: Pesisir Kalianda

Bukit Khayangan Kerinci ini juga menjadi primadona bagi para peminat seni fotografi. Banyak sekali panorama menawan yang sangat disayangkan bila tidak diabadikan. Penghobi fotografi mampu memotret perbukitan, hamparan sawah dan juga Kota Sungai Penuh dari ketinggian.

Karena keindahan lokasinya, bahkan bukit ini juga kerap dijadikan sebagai daerah melaksanakan foto prawedding. Pengunjung pun mampu berselfie dengan menggunakan background Gunung Kerinci yang megah.

Terdapat aneka macam spot selfie menarik yang bisa pengunjung pilih. Seperti gardu pandang atau landmark nama Bukit Khayangan. Mengambil gambar dengan memakai drone pun bisa penghuni fotografi lakukan. Dengan Drone, pastinya akan terlihat lebih indah sebab memotret bukit ini dari udara.

  1. Mitos Harimau Ghaib

Menurut warga setempat, bukit khayangandihuni oleh seekor harimau tua, yang disebut warga
Tugu Macan Kerinci. Image via: liputan6.com

Keberadaan Bukit Khayangan  yang jauh diatas bukit melintasi jalan yang dinamakan tempat Renah Kayu Embun. Menurut warga setempat, jalan tersebut menurut dongeng turun temurun dihuni oleh penunggu seekor harimau yang renta, yang disebut warga “Ntuwu dahek” penunggu hutan tersebut.

Namun anehnya, konon harimau tersebut menampakkan diri hanya sesekali. Dan juga dalam setiap kemunculannya itu, Ntuwu Dahek tidak pernah memangsa manusia. Oleh penduduk lokasl, Harimau ini dipercaya termasuk mahluk ghoib.

Warga mempercayai setiap harimau tersebut menawarkan dirinya, itu mengisyaratkan suatu menunjukan akan terjadi sesuatu yang besar. Konon terkahir harimau tersebut menampakkan dirinya pada tahun 2009 kemudian.

Berdekatan dengan waktu Harimau itu menampakkan wujudnya, pada tahun itu juga terjadi banjir bandang yang melanda Desa Talang Lindung Sungai Penuh.

Hingga dikala ini, warga setempat dan sekitar lokasi objek wisata Bukit Khayangan tersebut, tidak mengetahui secara pasti akan kepastian makhluk yang dianggap mistik tersebut.

Pesona dataran tinggi bukit khayangan
Pesona Dataran Tinggi. Image via: pesona.travel

Simak juga: Alun-Alun Kidul Jogja

Objek Wisata Dekat Bukit Khayangan

Wilayah kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh memang penuh dengan wisata dataran tinggi. Hal ini tidak lepas dari lokasi tempat dini yang ada di wilayah gunung Kerinci. Sealin Bukit Khayangan, ada lagi beberapa puncak perbukitan yang juga populer sebagai lokasi wisata.

Pertama ada Bukit Sentiong. Bukit ini dinamakan Sentiong karena memang di kaki bukit terdapat banyak makam China. Dari atas Bukit Sentiong, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kota Sungai Penuh, sembari ditemani oleh semilir angin sejuk yang berhembus dan suasana damai yang memanjakan pikiran.

Bukit selanjutnya yaitu Bukit Tapan. Akses jalan menuju ke Bukit Tapan cukup memadai dan bahkan mampu dilewati oleh kendaraan roda empat. Perpaduan antara perbukitan dan pepohonan yang rindang membuat bukit ini sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata liburan bersama keluarga.

Demikianlah ulasan nativeindonesia.com tentang keindahan yang disajikan oleh Wisata Alam Bukit Khayangan Kerinci, Jambi. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat, sahabat untuk menikmati wisata yang satu ini.

Rame-rame lebih seru.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni