Bukit Pamoyanan, Panorama Eksotis Di Subang Bak Negeri Diatas Awan

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”45653″
data-slug=””>

3.5
/
5
(
4

votes

)

Alamat: Kawungluwuk, Tanjungsiang, Subang, Jawa Barat 41284

Map: Klik Disini

Buka: 24 Jam

No. Telp: 0852 1211 5899

WhatsApp: 0852 1211 5899

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp. 5.000

Parkir Motor: Rp. 5.000

Parkir Mobil: Rp. 5.000

Foto by instagram.com/veni_ap148/

Bukit Pamoyanan merupakan salah satu objek wisata yang mampu dibilang sangat recommended untuk dikunjungi. Selain memberikan keindahan, Bukit Pamoyanan merupakan salah satu destinasi yang sangat cocok dikunjungi sebab budgetnya terjangkau.

Buat para wisatawan yang ingin mengunjungi Bukit Pamoyanan, kamu hanya perlu menyiapkan kocek sebesar 5ribuan saja per orangnya, murah banget kan? Karena inilah Bukit Pamoyanan ini digemari oleh para traveler tak hanya dari Subang saja tetapi luar kota juga.

Foto by instagram.com/hprl.valenvala/

Selain tiket masuk kamu juga perlu menyiapkan kocek untuk membayar karcis parkir kendaraan sebesar 5ribu. Kemudian buat kau yang pengen camping, disini juga sudah disediakan jasa sewa tenda dengan tarif mulai dari 50ribuan.

Hanya dengan budget yang tak lebih dari 100ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan keseruan menikmati cantiknya pemandangan diatas bukit. Jadi nggak masalah deh kalau mau liburan rombongan rame-rame bareng keluarga atau sobat juga masih terjangkau kok!

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/indriigege/

Bukit Pamoyanan sendiri berlokasi di Desa Kawungluwuk, Tanjungsiang. Untuk mencapai lokasi ini setidaknya kamu harus berkendara selama kurang lebih sekitar 1 jam lebih dengan jarak kira-kira 42 kilometer dari Lembang, Bandung.

Kebetulan lokasi Bukit Pamoyanan ini berada di daerah yang lebih akrab ke arah Lembang. Jika dari arah Subang malahan lebih jauh, estimasi waktunya bisa 2 jam lebih untuk mampu hingga di lokasi wisata.

Kamu mampu gunakan maps diatas untuk memandumu sampai di lokasi Bukit Pamoyanan. Patokan jalan menuju lokasi wisata bisa ditempuh lewat Tugu Nanas di Jalan Cagak menuju ke arah Timur.

Foto by instagram.com/nrs.fitriaa/

Setelah melewati SPBU Tanjungsiang, kamu akan menemukan Pasar Tanjungsiang, nah arahkanlah kendaraanmu menuju Desa Kawungwuluk. Saat memasuki Desa Kawungwuluk kamu akan menemukan papan petunjuk jalan yang akan mengantarmu hingga di Bukit Pamoyanan.

Akses menuju lokasi masih banyak ditemukan jalanan pasir berbatu, sehingga kami menyarankan untuk kau menggunakan sepeda motor saja agar lebih mudah.

Saat memasuki area parkir, untuk bisa hingga di puncak kamu harus berjalan kaki mendaki sekitar 30 menit terlebih dahulu. Meskipun melelahkan namun rasa lelahmu akan terbayar lunas sesudah melihat pemandangan yang disuguhkan semesta alam saat sampai diatas Puncak Bukit Pamoyanan.

Fasilitas

Foto by instagram.com/rizaltfk/

Bukit Pamoyanan yakni salah satu objek wisata yang tergolong masih anyar di Subang. Meskipun begitu, pihak pengelola objek wisata ini tetap memperhatikan kenyamanan para wisatawan yakni dengan memberikan pelayanan kemudahan yang memadai.

Beberapa kemudahan yang mampu kamu nikmati di Bukit Pamoyanan ini diantaranya ada area parkir luas, toilet dan terdapat juga sebuah kedai/warung 24 jam. Nah buat kau yang pengen nyobain bermalam diatas bukit disini juga sudah disediakan area camping ground cukup luas.

Buat para wisatawan yang pengen camping tapi males bawa peralatan dan perlengkapannya dari rumah nggak usah khawatir alasannya disini pun sudah ada penyewaan tenda lho. Harga sewanya juga bervariasi. Setidaknya siapkanlah budget mulai dari 50ribuan-100ribuan untuk jaga-jaga.

Kemudian buat para wisatawan yang ingin menjalankan ibadah shalat, disini juga sudah disediakan mushola. Ya meskipun tidak terlalu luas namun setidaknya ruangannya cukup layak dan nyaman untuk beribadah.

Spot Foto Instagenic

Foto by instagram.com/ruru_rukmana/

Salah satu magnet lain yang dimiliki oleh Bukit Pamoyanan dan menjadi rahasia mengapa daerah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan bukan lain sebab disini juga banyak spot foto super kece dan instaworthy banget lho.

Dengan latar belakang panorama alam khas Tanah Pasundan kau bisa berswafoto dengan penuh gaya yang nantinya bisa diunggah ke sosial media dan mempercantik tampilan instagram-mu.

Gardu pandang yang sengaja dibuat seakan menjadi sarana pemanis untuk menambah hasil foto terlihat lebih kece. Dengan menghadap ke arah alam lepas, kamu akan tertenggun dengan keindahan yang Tuhan ciptakan ini.

Foto by instagram.com/saeffulfallera/

Selain gardu pandang disini juga masih ada beberapa spot foto lain yang nggak kalah kece seperti bingkai raksasa berbentuk love misalnya. Pinter-pinternya kau aja cari angel yang cantik untuk dijadikan objek foto.

Megahnya Gunung Canggah juga bisa menjadi latar belakang foto yang nggak kalah keren dan kece. Ditambah lagi dengan ladang persawahan dan pemukiman warga juga mampu dijadikan sebagai objek fotomu.

Pesona Bukit Pamoyanan

Foto by instagram.com/ikbalfn_/

Mungkin sebagian dari kau hanya mengetahui Bandung sebagai salah satu nirwana wisata di Jawa Barat, ya? Padahal masih banyak lho tempat di Jawa Barat yang menyimpan segudang objek wisata dengan pesona memukau salah satunya yaitu Kota Subang.

Panorama alam di Kota Subang bisa dibilang nggak kalah elok seperti di Bandung maupun Bogor lho guys. Disini kamu bisa menemukan aneka macam destinasi mirip wisata alam, bersejarah, edukasi, budaya sampai yang kekinian juga lho.

Nah jikalau ngomongin soal kekinian nih, Subang juga punya lho objek wisata yang beberapa tahun belakangan ini kerap mewarnai dunia per-instagramman para milenials di Jawa Barat khususnya Subang, daerah tersebut yaitu Bukit Pamoyanan.

Bukit Pamoyanan sendiri mempunyai ketinggian sekitar 1000 mdpl. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun panorama alam yang ditampilkan disini bikin ogah pulang. Makara nggak heran deh kalo daerah ini jadi objek wisata primadona di Subang.

Bukan cuman Bukit Sikunir Dieng ajanih yang dijuluki sebagai negeri diatas awan, Bukit Pamoyanan ini juga memiliki sebutan sama lho. Kabut yang menyelimuti Bukit Pamoyanan saat pagi hari menciptakan objek wisata ini kolam mirip negeri diatas awan.

Kabut di pagi hari yang ada di Bukit Pamoyanan ini sering diincar para wisatawan untuk berburu foto fogwave. Buat yang belom tau, fogwave itu foto long exposure, mengabadikan kabut yang bergerak seolah-olah terlihat mirip air mengalir.

Foto by instagram.com/deni_kiki_sofyan/

Tidak bisa dipungkiri memang jika Bukit Pamoyanan ini memang mempunyai pesona yang luar biasa cantiknya. View yang disuguhkan yakni lanskap kota Subang dari atas ketinggian serta jejeran perbukitan dan pepohonan hijau.

Waktu paling pas untuk berkunjung ke Bukit Pamoyanan ini yaitu ketika pagi dan senja, dimana kau bisa melihat sunrise dan sunset yang amat menawan. Lautan awan yang mengelilingi Bukit Pamoyanan memperlihatkan sensasi yang luar biasa seru.

Pemandangan malam hari dari atas Bukit Pamoyanan juga tak kalah anggun dikala hari masih terang. City night view Subang dari ketinggian yang dihiasi oleh kerlap kerlip cahaya lampu kota membuat suasana terasa lebih hangat dan romantis.

Untuk menciptakan momen menjadi lebih romantis, biasanya para mendaki membuat api unggun sambil menikmati makanan ringan mirip jagung bakar dan wedang penghangat badan. Meskipun suhu udara diatas puncak Bukit Pamoyanan ini tidak terlalu masbodoh, namun kamu tetap perlu membawa baju hangat ya gengs.

Gimana? Eksotis banget kan potret pemandangan Bukit Pamoyanan diatas? Pas banget nih buat dijadikan destinasi short escape, rehat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Jika ingin lebih seru datanglah bersama keluarga ataupun sahabatmu deh!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni