Bukit Pangonan, Medan Perburuan Foto Instagramable

Bukit Pangonan Pringsewu ialah area perbukitan yang sekarang dijadikan objek wisata. Kawasan bukit ini menyuguhkan pemandangan alam Lampung yang indah dan juga menghadirkan wisata kekinian berupa spot selfie di tempat bangunan yang unik-unik.

Bukit Pangonan Lampung dengan berbagai spot foto kreatifnya
Bukit pangonan. Image via: @kutaheriawan

Setiap akhir pekan, kawasan wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pengunjung berasal dari kalangan belum dewasa muda maupun keluarga.  Pengunjung yang ke Bukit Pangonan tidak hanya berasal dari Kabupaten Pringsewu saja, namun juga dari Kabupaten lain, termasuk dari Kota Bandar Lampung.

Panorama alam yang menawan ketika dilihat dari ketinggian bukit. Itulah yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung. Selain indah dipandang secara pribadi, panorama demikian juga sempurna menjadi background foto yang instagramable.

Bukit Pangonan dilengkapi kemudahan untuk foto selfie maupun wefie. Beberapa spot foto itu sekaligus menjadi ciri khas pengenal lokasi ini. Spot khas itu berupa panggung dari bambu bertuliskan simbol I LOVE U.

Unsur bambu memang mendominasi pembangunan spot foto di lokasi ini. Hal ini mungkin karena berlokasi di Pringsewu, yang dalam bahasa Jawa mempunyai arti harafiah “seribu bambu” atau “banyak bambu”.  Bisa jadi juga sebab faktor teknis. Sifat bambu yang gampang dalam pengaplikasiannya. Juga bambu relatif lebih tahan cuaca dari pada kayu.

Spot foto indah di bukit pangonan
Spot foto inovatif. Image via: @aa_iconk

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Lokasi Bukit Pangonan

Bukit Pangonan masih masuk dalam kawasan wisata Talang Air yang berada di desa Fajaresuk, Kecamatan Pringsewu Selatan, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung.

Untuk menuju Bukit Pangonan, dibutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Bandar lampung.

Rute Menuju Bukit Pangonan

Bagi pengujung yang ingin mengunjungi daerah ini, patokan termudah bantu-membantu ialah Gapura Bambu yang menjadi penanda Pringsewu. Namun bagi anda yang belum tahu daerah ini, mungkin bisa mencari arah pasar pringsewu sebagai patokan pada google maps.

Dari pasar pringsewu, lurus terus sampai menemukan tikungan tajam mengarah ke kiri selepas melewati pom bensin yang ada di bab kiri jalan. Setelah tikungan tersebut akan melalui jalur menanjak lebih kurang 300 meter selepas tikungan.

Siap-siap melambatkan laju kendaraan anda alasannya jalur masuknya berupa jalur aspal yang ada di sebelah kompleks kuburan.

Tidak seberapa jauh pengunjung akan menemukan tempat parkir. Dari lokasi parkir melanjutkan berjalan kaki menggunakan papan penunjuk yang tersedia di tempat tersebut.

kebersamaan keluarga di bukit pangonan lampung
Kebersamaan. Image via: @mercy_meri

Jam Buka Bukit Pangonan

Jam dan Hari buka Wisata Bukit Pangonan yakni mulai dari Senin sampai Minggu Pukul 08.00 – 17.30.

Tiket Bukit Pangonan

Untuk tiket masuk lokasi wisata Bukit Pangonan masih cukup murah ialah Rp 5.000. Namun untuk menikmati spot foto yang ada di sini, pengunjung harus membayar lagi sebesar Rp 3.000- Rp 5.000 / spot. Tergantung kepopuleran dan keunikan spot yang dipilih.

Fasilitas Bukit Pangonan

Bukit Pangonan ini memiliki banyak fasilitas yang sudah disediakan pengelola jadi kalian tak perlu khawatir. Fasilitas umum yang sudah tersedia mirip kolam renang, pemancingan, outbound area, gazebo, warung, toilet, mushola, parkiran yang luas dan tentu juga spot-spot foto yang instagramable dan kekinian.

Daya Tarik Bukit Pangonan

Pengelola lokasi ini sangat menyadari kekuatan daya tarik spot foto kreatif bagi pengunjung. Karena itu pengelola membangun beberapa spot mirip sarang burung, kandang burung, jam dinding, goresan pena love, jembatan cinta, bunga matahari, sayap burung, kupu-kupu dan lain-lain.

Hingga ini pengelola setempat masih terus menambah jumlah spot foto yang unik mengingat aneka macam pengunjung yang terus berdatangan ke Bukit Pangonan.

  1. Rumah Hobbit

rumah hobit BUkit Pangonan, salah satu spot paforit yang lucu imut
Rumah hobbit. Image via: @princess.tha.18

Simak juga rumah hobit coban rais.

Rumah Hobbit di tempat Bukit pangonan ini terbilang masih baru dan terinspirasi dari film The Hobbit. Di film itu aksara Frodo dan Bilbo Baggins tinggal di rumah kecil di bawah perbukitan. Hobbit memiliki bentuk rumah yang sangat unik nan menarik.

Dengan kehadiran spot rumah Hobbit di tempat Bukit Pangonan, diyakini mampu meningkatkan jumlah wisatawan yang tiba.

Rumah Hobbit Bukit pangonan lampung mempunyai karakteristik yang mirip, walau tidak 100% sama dengan Rumah Hobbit yang ada di daerah Selandia Baru. Yang menjadi lokasi syuting film film The Hobbit. Rumah Hobbit bukit pangonan pun dibangun berundak di daerah perbukitan hijau. Bangunan menempel di lereng bukit, dengan bagian inti bangunan masuk ke dalam bukit, Semacam gua.

Terdapat beberapa unit spot Rumah Hobbit yang mampu kamu jumpai di tempat ini. Struktur bangunan dibuat dari kayu papan. Dengan hiasan lampu gantung di depan rumah. Atap yang dijalari flora merambat. Dibuat sedekat mungkin dengan suasana dalam film. Rumah hobbit memiliki ketinggian sekitar 150 cm.

  1. Jembatan Love

Bunga love, salah satu spot foto instagramable di bukit pangonan lampung
Love yang Berbunga. Image via: @rimamelati45

Jembatan Love ini ramai banget sama pengunjung. Di jembatan Love ini ada tulisan I Love U Besar. Ada juga lambang Love dengan hiasan rambatan rangkaian bunga-bunga bagus. Ke dua spot ini yang menjadi kawasan favorit pengunjung untuk berfoto-foto.

Jembatan Love menjadi demikian terkenal, sebab spot ini memperlihatkan suasana yang romantis, terutama saat pagi dan sore hari. Keromantisan suasana Jembatan Love sudah diakui oleh banyak pengunjung. Bahkan, rasanya tidak berlebihan bila ada yang mau menimbulkan kawasan ini sebagai lokasi foto pre-wedding mereka.

Terbuat dari material dengan dominasi Bambu, Jembatan Cinta Bukit Pangonan memiliki spot berbentuk hati. Dengan latar belakang landscape alam luas, membuat siapa saja pasti takjub dikala bertandang ke tempat ini.

Walau tidak ada ketentuan baku berapa usang boleh berada di atas jembatan love, namun sebaiknya jangan terlalu usang. 5-8 menit mungkin sudah cukup. Karena pengunjung lain pun tentu juga ingin mengambil foto di spot tersebut.

  1. Jembatan Payung

Spot foto Payung memebrikan estetika tersendiri di bukit pangonan lampung
Sedia payung sebelum foto. Image via: yopiefranz.id

Keberadaan payung-payung anggun aneka warna yang seakan terbang melayang memberikan kesan berbeda. Walau trik fotografi ini bekerjsama sederhana, namun kehadiran aksen kaya waran dari payung-payung itu menciptakan foto lebih meriah dan hidup. Apalagi bila objek juga memakai baju dengan warna cerah.

Payung-payung cantik akan menyambut pengunjung ketika kita sampai di Bukit Pangonan Pajaresuk Pringsewu. Jangan lewatkan juga untuk foto selfie di Jembatan Payung Bukit Pangonan ini biar foto instagram Anda makin kece.

  1. Rumah Pohon

Kehadiran rumah pohon seakan menjadi hidangan wajib pada objek wisata dataran tinggi. Keindahan pemandangan dengan sudut pandang luas di dataran tinggi, menjadi lebih maksimal lagi dengan menambah ketinggian di atas rumah pohon.

Spot sarang burung yang seklaigus menjadi menara pandang di bukit pangonan lampung
Anakaan BirdMan. Image via: backpackerjakarta.com

Simak juga Rumah Pohon curug ciherang.

Pada beberapa lokasi, walau tidak bisa menciptakan rumah pohon, paling tidak mereka akan membuat platfond di atas pohon dan menggunakannya sebagai menara pandang .

  1. Saung

Keberadaan saung pada lokasi wisata alam hampir menjadi kewajiban. Selain sebagai penghias lokasi, saung juga menjadi kawasan beristirahat, melepas lelah, setelah berjalan menjelajahi objek tersebut. Demikian juga dengan Bukit Pangonan lampung ini. Saung atau pondokan untuk duduk-duduk pengunjung tersedia juga di Bukit ini.

Selain saung di bukit pangonan juga ada aula dengan desain bangunan tradisional. Saat berkunjung ke Bukit Pangonan pada hari-hari tertentu , terkadang ada pertunjukan musik di saung besar itu. Ini tentu menjadi bonus yang menemani pengunjung untuk melihat Pringsewu dari ketinggian serta foto-foto selfie.

  1. Ayunan

Spot ayunan di bibir jurang bukit pangonan
Ayunan. Image via: https://sutartimercusuar.wordpress.com/2017/07/11/talang-indah-lampung/

Simak juga: Pulau cinta Gorontalo.

Wisata ekstrem juga terdiri dari banyak sekali macam jenis, contohnya ayunan gantung yang langsung menghadap pemandangan alam yang indah. Adrenalin terpacu, sekaligus disuguhkan pemandangan yang indah dan instagramable.

Di bukit pangonan lampung pengunjung juga mampu mencoba fasilitas ayunan. Pengunjung akan merasakan hembusan angin saat mencoba wahana menarik ini. Tentu perlengkapan memadai sudah disiapkan sehingga Anda tidak perlu takut mencoba permainan seru ini.

Walau ayunan di bukit pangonan tidak setinggi ayunan ekstrim di Coban rais Batu, namun posisi yang tepat di tepi jurang curam, tetap memberikan sensasi melayang di udara.

Dari spot ayunan, pengunjung  bisa melihat pemandangan daerah perbukitan Pangonan.

Spot cungkup meditatif dengan latar lanscap alam yang luas di bukit pangonan
Damai. Image via: @luckyferdianto_

Tips Mengunjungi Bukit Pangonan

Beberapa tips yang dapat kami berikan untuk kau dikala berwisata ke Bukit Pangonan adalah sebagai berikut.

  • Pastikan tiba saat cuaca cerah. Jika cuaca mendung, foto yang dihasilkan kurang maksimal. Apalagi bila hujan, sebaiknya batalkan saja kunjungan ke lokasi ini.
  • Pakai sepatu yang nyaman. Lokasi ini akan mengajak untuk banyak berjalan kaki. Menjelajahi seluruh area untuk berburu spot foto anggun. Jadi akan sangat menyulitkan bila wanita memakai sepatu high hill atau pria memakai pantofel dengan sol halus.
  • Selalu jaga kebersihan. Berperan aktiflah dalam menjaga kelestarian alam yang ada di sekitar kawasan wisata tersebut, dengan cara tidak membuang sampah serta tidak merusak kemudahan yang ada.

Spot jam di bukit pangonan
Terjebak kurun lalu. Image via: @anyuu23

Objek Wisata Dekat Bukit Pangonan

Bagi pengunjung yang masih ingin tau dengan wisata dataran tinggi, di erat-akrab bukit pangonan, ada pilihan Bukit Panjarejo. Lokasi ini berjarak hanya 10 km. Di lokasi ini pengunjung dapat melihat pemandangan alam persawahan di Pringsewu yang cukup eksotis. View utama yang ditawarkan oleh kawasan wisata yang satu ini memang pemandangan persawahan di Pringsewu yang bagus, apalagi saat sedang hijau-hijaunya.

Dalam perjalanan pulang dari bukit pangonan, pengunjung masih mampu  mengambil bonus diperjalanan. Yakni singgah sejenak menikmati sore di Kawasan Rest Area Gapura Bambu Pringsewu. Tugu perbatasan masuk wilayah pringsewu ini berjarak 8.5 k, dari bukit pangonan. Kawasan ini cukup ramai pengunjung di sore hari. Di daerah ini, pengunjung bisa nongkrong sejenak sambil menikmati jagung bakar, kopi, atau aneka masakan lainnya.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi kawasan yang satu ini? Yuk kunjungi Bukit Pangonan Fajaresuk kemudian bagikan dongeng mu mengenai kawasan ini, melalui acc instagram dan FB anda.

 

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni