Bukit Skoter Dieng, Kawasan Wisata Favorit

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”13869″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Simpangan, Dieng, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456

MAp: Klik Disini

HTM: Rp.5.000

Buka Tutup: 07.00 – 17.00

Telepon: 0857-4144-111

Potensi Luar Biasa

Keindahan alam adalah potensi luar biasa dari Indonesia. Dari tempat pesisir sampai pegunungan, keindahannya tidak dapat dihitung.

Inilah hal yang harus disyukuri masyarakat Indonesia, sebab Sang Maha Pencipta telah menciptakan negara ini dengan aneka macam keindahan. Salah satu bentuk keindahan ini ialah Bukit Skoter Dieng.

foto by instagram.com/inainu.id

Lokasi Dimana

Bukit Scooter atau Bukit Skuter Dieng nama lainnya dari masyarakat sekitar, merupakan wisata baru khususnya bagi cukup umur yang hobi berburu foto untuk eksis di media umum.

Wisata ini terletak di Desa Dieng, Kulon, Banjarnegara Jawa Tengah. Akses menuju Bukit Scooter begitu mudah, alasannya adalah jalan menuju ke lokasi telah diaspal dengan baik, sehingga letaknya mudah diakses.

foto by instagram.com/bara.hits

Lokasi Bukit Scooter erat dengan beberapa penginapan, candi dan rumah makan. Penginapan terdekat yang mampu dikunjungi adalah Homestay Sikunir, tempatnya sekitar 2 km dari Bukit Skoter Dieng.

Saat hendak pergi maupun pulang merasa lapar, maka mampu berkunjung ke rumah makan di Bukit Skoter Dieng.

Selain itu, bagi yang suka dengan sejarah terutama candi, sehabis berkunjung di wisata ini dapat pergi ke candi Dwarawati dan Candi Arjuna yang letaknya sekiar 4 km dari lokasi.

Tidak hanya lokasi yang strategis, wisata ini terletak diketinggian kurang lebih 2.200 mdpl, pastinya akan seru bagi yang ingin berburu foto sunset dan sunrise.

foto by instagram.com/harmaulan

Rute Menuju Lokasi

Perjalanan ke Bukit Scooter Dieng dari Alun- Alun Banjarnegara menempuh waktu 1 jam 52 menit dengan jarak 58, 3 km bila memakai kendaraan beroda empat. Rute perjalanan dari alun-alun Banjarnegara menuju Bukit Skoter Dieng yaitu sebagai berikut :

Alun-alun Banjarnegara – Lurus menuju kea rah selatan Jalan. Jenderal Ahamd Yani – belok kiri ke Jalan. Campur Salam – lurus mengukuti jalan di tempat Wonosobo – lurus mengikuti jalan Dieng dan Jalan Raya Dieng menuju Dwarawati di Dieng Kulon – Wisata Bukit Scooter Dieng.

Ketika tiba di wisata komplek Candi Arjuna, anda dapat mengikuti papan petunjuk menuju ke Bukit Scooter Dieng. Namun, kalau tersesat saat dijalan, pastikan handphone terisi penuh dan kanal google maps sebagai navigasi perjalanan anda.

foto by instagram.com/halodieng

Perjalanan dari alun – alun Banjarnegara ke lokasi wisata membutuhkan waktu yang lama. Anda perlu mempersiapkan kondisi fisik yang bagus ketika berkendara dan pastikan membawa bekal supaya terjaga energi badan.

Namun, sebaiknya berangkat pada pagi hari alasannya pemandangan sawah dan alam hijau mampu dinikmati secara maksimal, sehingga perjalanan menjadi nikmat dan menyenangkan.

foto by instagram.com/putra_dieng

Bila sewaktu-waktu kondisi kendaraan rusak, maka mampu segera membawa ke bengkel terdekat. Namun jikalau berangkat dikala petang, sekitar jam 21.00, bengkel dan rumah makan banyak yang tutup.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisata Bukit Scooter termasuk sangat murah dengan pemandangan alam yang didapatkan. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang.

Anda dapat mengajak teman, keluarga, dan teman untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset di wisata ini. Bagi yang sedang berkantong tipis namun ingin berlibur, tempat wisata ini mampu jadi rekomendasi.

foto by instagram.com/beautiful_indonesia_official

Sunrise dan Sunset

Ketika berada di Bukit Scooter yang mempunyai ketinggian 2.200 mdpl, anda mampu melihat pemandangan indah.

Anda dapat melihat daerah Dieng yang tenang dan tenang. Anda mampu melihat sunset dan sunrise dengan leluasa dengan 260 derajat. Bila ingin berfoto dengan sunrise, harus memperhatikan waktu memfoto yang pas.

foto by instagram.com/shonegew

sebab sunrise kadang sedikit terhalang bukit. Wisata ini juga menyediakan gardu pandang untuk melihat pemandangan apabila dirasa posisi kurang tinggi. Hanya butuh waktu 15 menit untuk berjalan kaki menanjak menuju bukit Skoter.

Tapi, sebaiknya menggunakan jaket dan sarung tangan, karena suhu disini cuek.

foto by instagram.com/diwinner

Bila ingin menikmati keindahan langit di Bukit Scooter, jangan lupa untuk membawa kamera, melalui wisata ini anda dapat melihat galaksi bima sakti dan bintang-bintang alasannya disini tidak ada polusi udara.

Tempatnya juga kondusif buat anak-anak, jadi anda tidak usah khawatir membawa anak anda berwisata disini, tapi ingat yah, tetap dijaga anaknya.

foto by instagram.com/halodieng

Pokoknya seru bila bisa berwisata ditempat ini, dengan low budget anda mampu menikmati wisata negeri diatas awan. Namun, jangan lupa untuk menjaga wisata alam ini tetap higienis.

Pastikan juga membawa kantung plastik besar untuk membuang sampah. Yuk mari kita jaga dan rawat keindahan alam yang Tuhan berikan. Happy Holiday

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni