Cantiknya Pantai Menganti

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”10217″
data-slug=””>

4.4
/
5
(
15

votes

)

Lokasi: Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah

Map: Klik Disini

HTM: Rp.10.000

Buka Tutup: 07.00 – 17.00

Harga Tiket Masuk

Eksotisnya pemandangan yang dimiliki Pantai Menganti, membuat harga tiket masuk ke lokasi wisata sedikit lebih mahal dibanding pantai-pantai lain yang ada di Kebumen, meskipun Menganti merupakan objek wisata yang relatif baru.

Pengunjung yang ingin memasuki objek wisata dikenakan tiket masuk sebesar Rp.10.000, belum termasuk ongkos parkir sebesar Rp.3.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

foto by instagram.com/yulianawahyutriwulan

Memiliki garis pantai yang membujur mulai dari wilayah Kabupaten Cilacap sampai Kabupaten Purworejo, menciptakan sisi Selatan Kabupaten Kebumen dihiasi pantai-pantai yang indah.

Beberapa dari pantai tersebut sudah cukup bersahabat di indera pendengaran traveller, mirip Pantai Karang Bolong, Pantai Ayah, Pantai Petanahan dan Pantai Suwuk, sebagian lainnya masih belum lama dikembangkan dan ada sejumlah pantai yang kondisinya masih alami alasannya belum dikelola sebagai objek pariwisata.

Diantara beberapa objek wisata pantai di Kebumen yang terbilang baru, Pantai Menganti menduduki posisi teratas dari banyaknya jumlah pengunjung. Hal tersebut disebabkan sebab pantai ini memiliki daya tarik lebih dibanding pantai-pantai yang lain.

foto by instagram.com/nurulhidayah0h

Daya tarik yang disuguhkan Pantai Menganti, tidak hanya dari keindahan panorama pantainya, tapi juga adanya teladas dan goa yang menjadi bonus bagi mereka yang berkunjung ke objek wisata ini.

Itu sebabnya meski gres dibuka pada tahun 2011 bersamaan dengan pelaksanaan lomba selancar nasional yang digelar di sini, Pantai Menganti eksklusif menyedot perhatian wisatawan dan tidak pernah sepi dari pengunjung.

Tentang Pantai

Sebelum dikelola sebagai objek wisata, Pantai Menganti merupakan daerah pendaratan bahtera para nelayan sesudah pulang dari mencari ikan. Fungsi tersebut sampai kini masih tetap berjalan, namun oleh pemerintah tempat dikembangkan menjadi objek wisata dengan penambahan sejumlah akomodasi dan sarana.

foto by instagram.com/wonderful.jateng

Panorama Pantai Menganti terlihat menawan alasannya pantai ini dikelilingi perbukitan kars sehingga siapapun akan dibentuk terkagum dikala berada di lokasi dan keindahan itulah yang menciptakan Pantai Menganti dijuluki Hawaiinya Indonesia.

Legenda dan asal ajakan nama Pantai Menganti, bersumber dari kisah seorang panglima perang Majapahit yang melarikan diri sebab hubungannya dengan sang kekasih yang tidak lain adalah putri raja tidak direstui.

Sepasang kekasih tersebut berjanji untuk bertemu di pesisir pantai yang berpasir putih, sehingga panglima perang itupun menunggu kekasihnya di atas bukit kapur sambil tidak henti-hentinya memandang bahari lepas.

Penantian panjang itulah yang kemudian menyebabkan pantai daerah panglima perang menunggu putri raja dinamakan Pantai Menganti yang artinya menunggu.

foto by instagram.com/feryhamdanitobing

Versi lain tentang asal permintaan nama Pantai Menganti bersumber dari cerita persahabatan Syech Maulana Malik Ibrahim yang lebih dikenal dengan julukan Sunan Gresik dengan Syekh Subakir.

Saat gotong royong mengembangkan agama Islam, mereka berpisah di pantai yang ada di Kebumen ini dan berjanji untuk bertemu lagi di pantai tersebut.

Ketika waktu bertemu tersebut datang, Sunan Gresik yang tiba lebih dahulu dan harus menunggu sahabatnya sampai berhari-hari lamanya sebelum melanjutkan lagi perjalanan.

Kesetiannya dalam memegang kesepakatan dan menunggu Syekh Subakir itulah yang menciptakan pantai daerah Sunan Gresik ini menunggu lalu dikenal dengan nama Pantai Menganti, meski pada alhasil orang yang ditunggu itupun datang untuk menepati janjinya.

foto by instagram.com/fadliatunnafiah17_

Lamanya Syech Maulana Malik Ibrahim menunggu tidak sebanding dengan lamanya waktu pertemuan. Karena tidak usang setelah bertemu, mereka kembali berpisah.

Syech Maulana melanjutkan perjalanan menuju ke Arab, sedang Syekh Subakir menuju ke Gunung Tidar yang ada di Magelang.

Terlepas benar tidaknya kedua legenda tersebut, Pantai Menganti merupakan tempat yang tepat bagi mereka yang ingin menikmati indahnya panorama alam.

Rute Menuju Lokasi

Secara administratif, Pantai Menganti beralamat di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi tersebut berjarak sekitar 35 km dari Gomdong dan sekitar 42 km dari pusat Kota Kebumen.

Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung harus membawa kendaraan pribadi, alasannya rute yang menuju ke lokasi masih belum dilewati oleh sarana transportasi umum. Rute tersebut dapat dicapai dengan melmilih salah satu satu dari dua jalur yang ada.

foto by instagram.com/endah_nukha

Pertama dengan menyusuri jalan yang menuju ke Puring dan berbelok kanan ke arah Pantai Suwuk. Sesampai di Pantai Suwuk lanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan poros yang lurus sebelum kesudahannya tiba di tujuan.

Jalur pertama ini lebih pendek dibanding jalur kedua sebab jaraknya sekitar 30 km. Namun demikian jalan masuk jalan yang harus dilewati cukup ekstrim alasannya memiliki sejumlah tikungan tajam berikut tanjakan dan turunan yang menantang.

Jalur kedua yang jaraknya sekitar 45 km relatif datar dengan terusan jalan yang gampang dilalui. Jalur ini dapat ditempuh dengan melewati Gombong menuju ke Pantai Ayah atau Pantai Logending yang ada di sebelah barat.

Sesampai di Pantai Ayah, tinggal mengikuti jalan poros yang menuju k Pantai Menganti.

Indah dan Unik

Pemandangan eksotis tersaji di Pantai Menganti sebab pantai yang mempunyai pasir berwarna putih bersih ini dikepung oleh tebing yang tinggi dan tersembunyi di balik pegunungan karst. Karena keindahannya itulah menyebabkan tebing tersebut diberi nama Tebing Bidadari.

foto by instagram.com/ibnuabdulrohman

Selain menambah indahnya pesona alam, eksistensi tebing yang tinggi dan gunung kapur juga menciptakan ombak di pantai ini tidak begitu besar meskipun Menganti bab dari Pantai Lautan Selatan.

Itu sebabnya, mandi dan berenang di maritim menjadi aktifitas wajib pada dikala berkunjung ke daerah wisata ini alasannya adalah memang aman sekaligus menyenangkan.

Tidak hanya mandi dan berenang saja aktifitas menarik yang mampu dilakukan di sini, tapi juga banyak sekali aktifitas lain yang dilakukan di atas hamparan pasirnya yang lembut.

Menikmati pemandangan alampun menjadi aktifitas yang menarik di Pantai Menganti, alasannya panorama yang tersaji di sini sulit untuk ditemui di daerah lain.

Terlebih di pinggir pantai tepatnya di pinggir tebing tersedia gubuk-gubuk yang dapat disewa untuk dipakai beristirahat dan menikmati panorama sekitar.

foto by instagram.com/pantaimenganti

Lokasi pantai yang jauh dari perkampungan penduduk menjadikan kawasan pantai selalu terlihat damai dan nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat dan membuang penat, kecuali pada ketika libur panjang, dimana jumlah wisatawan yang berkunjung melebihi batas normal.

Keindahan alam akan semakin terlihat sempurna bila pengunjung mau berjalan ke arah timur – tenggara pantai, sebab di kawasan ini mampu dijumpai Tanjung Karangbata serta mercusuar setinggi 20 meter.

Di atas mercusuar yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1912 – 1915 itulah perbukitan karang serta birunya bahari terlihat berpadu dengan serasi menyuguhkan lukisan alam yang indah.

Puas menikmati panorama pantai, pengunjung mampu menuju ke goa yang ada di bukit karst. Goa ini banyak dikunjungi para peziarah alasannya dipercaya sebagai kawasan petilasan Sunan Gresik atau Syech Maulana Malik Ibrahim.

Tidak hanya itu saja objek menarik yang ada di sini, tapi juga jeram yang lokasinya lumayan jauh dari tempat pantai dan harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Menunggu Sunset, foto by instagram.com/wahhyujhowah_

Meski untuk menuju ke lokasi air terjun cukup melelahkan, tapi begitu sampai di lokasi, rasa lelah tersebut akan terbayar, alasannya adalah di lokasi tidak hanya ada 1 air trjun melainkan 4 air terjun yang rata-rata mempunyai ketinggian sekitar 30 meter.

Fasilitas Yang Ada

Karena sudah dikelola secara profesional, meski Pantai Menganti berada jauh dari perkampungan penduduk namun wisatawan tidak perlu khawatir soal fasilitas.

Hampir semua yang dibutuhkan pengunjung sudah tersedia di lokasi, seperti kamar mandi dan toilet, mushollah, area parkir, warung dan kios-kios, sampai dengan penginapan dalam bentuk homestay dan villa.

Karena objek wisata ini juga masih difungsikan sebagai tempat bersandar bahtera-bahtera nelayan, maka pengunjung mampu membeli aneka macam jenis ikan yang masih segar untuk dijadikan oleh-oleh pada saat meninggalkan Pantai Menganti.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni