Catet! 10 Oleh Oleh Khas Purwodadi Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66351″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Bagi sebagian orang akan merasa kurang lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh ketika bertandang ke rumah sanak family atau ke daerah teman.

Buat yang mudik ke sekitar wilayah Purwodadi, ada beberapa jenis oleh-oleh yang mampu kau beli untuk dibawa pulang dari ibukota Grobogan ini. Apa aja sih referensinya? Berikut ulasan selengkapnya. Yuk disimak!

1. Emping Jagung

Foto By @tatita.id

Sebagai salah satu kawasan penghasil jagung terbesar di Jawa Tengah, tak heran bila ibukota kabupaten Grobogan ini memiliki beraneka macam masakan berbahan dasar jagung.

Salah satunya adalah emping jagung, cemilan ringan ini cukup populer dan kerap dijadikan sebagai buah tangan khas Purwodadi oleh para wisatawan. Kamu wajib memasukannya dalam list buruanmu dikala berkunjung kesana.

Untuk membuatnya, jagung cukup ditumbuh sampai pipih. Namun sebelumnya harus dicuci, lalu direndam dan direbus agar empuk ketika dipipihkan. Cemilan ini dibentuk dalam beraneka macam rasa, ada bagus dan juga gurih.

Tidak sulit untuk mendapatkannya, sebab sudah dipasarkan di sentra buah tangan, pasar-pasar tradisional, supermarket ataupun di retail modern lainnya. Menurut review para wisatawan, emping jagung adalah paling primadona dari semua jenis buah tangan di Purwodadi.

2. Tempe Hygiene

Foto By [email protected]

Selain jagung, Purwodadi juga dikenal sebagai salah satu produsen kedelai terbesar di Indonesia. Bahkan tempat ini populer memiliki varietas unggul dan telah mendapatkan sertifikat pada tahun 2008 lalu.

Salah satu kawasan produksi kedelai unggul di Purwodadi adalah RKG, yang mana dikelola eksklusif oleh Dinas Pertanian setempat dan tempe hygiene merupakan contoh hasil olahannya.

Meski dibuat secara tradisional dengan cara diinjak-injak menggunakan kaki, namun tempe hygiene ini termasuk salah satu masakan higenis dan menjadi buah tangan unggulan dari Purwodadi.

Selain di Rumah Kedelai Grobogan (RKG) di daerah Krangganharjo, Kecamatan Toroh, tempe hygiene ini juga mampu kamu dapat di beberapa supermarket di sekitar kota Purwodadi.

3. Sale Pisang

Foto By @snack.lily

Kudapan enak satu ini olahannya terbuat dari irisan tipis pisang yang lalu dijemur. Tujuan penjemuran dilakukan ialah untuk mengurangi kadar air supaya pisangnya bisa bertahan lebih usang.

Ada dua jenis pisang sale khas Purwodadi yang beredar di pasaran, yaitu dalam bentuk basah dan kering. Meski merupakan masakan asli dari Karangpucung atau Majenang di kabupaten Cilacap, namun cemilan ini banyak juga dikembangkan di Purwodadi.

Sale pisang biasanya mempunyai rasa cenderung bagus dengan tekstur agak kenyal. Makanan ini juga digemari semua orang, dari mulai rakyat biasa sampai kalangan pejabat tinggi.

Pusat buah tangan Bambang Sale di jalan Raya Purwodadi-Solo No.61, Toroh, kabupaten Grobogan adalah destinasi yang paling sering dijadikan wisatawan sebagai jujukan untuk membelinya.

4. Telur Asin Garam Bledug

Foto By @debbie_ariesthea

Buah tangan berupa makanan satu ini bahan utamanya yakni telur itik yang diawetkan dengan cara diasinkan menggunakan garam. Daerah penghasil paling populer akan penganan tersebut yaitu kota Brebes, Jawa Tengah.

Meski jauh dari laut, namun kawasan Grobogan juga dikenal sebagai penghasil garam. Maka dari itulah, masyarakat disana banyak yang berbagi usaha pembuatan telur asin.

Telur asin garam bledug ini juga dinobatkan sebagai salah satu buah tangan unggulan dari kota Purwodadi karena memanfaatkan materi lokal. Untuk mendapatkannya, kamu mampu membelinya di beberapa supermarket disana.

5. Sambal Pecel Gambringan

Foto By @sambalpecelgambringan

Selain Nganjuk, Blitar dan Madiun, tempat Purwodadi, Grobogan juga menyumbang masakan pecal yang tak kalah lezat, namanya yakni “Pecel Gambringan”.

Kuliner ini termasuk salah satu masakan legendaries Purwodadi alasannya sudah ada semenjak tahun 1960-an dan banyak dijajakan di sekitar stasiun Gambringan, Desa Tambirejo, kecamatan Toroh.

Pecel satu ini berbeda dengan yang biasa kita jumpai, sebab citarasanya cenderung asin dan gurih. Pembuatannya pun melalui proses sangrai terlebih dahulu sehingga rasanya semakin otentik juga sedap.

Sambal pecel gambringan sendiri telah diproduksi dalam bentuk kemasan sehingga cocok untuk dijadikan buah tangan. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau.

6. Yangko Godong

Foto By @yue_cooking

Meski populer di Yogyakarta, namun pada kenyataanya Yangko juga mampu kita jumpai di daerah Purwodadi. Cemilan ini terbuat dari tepung ketan yang dibuat seperti lonjoran kemudian dibaluri tepung terigu sangrai.

Untuk isiannya biasanya diberi gabungan gula merah dan kacang, rasanya legit juga lezat. Kue Yangko juga termasuk oleh-oleh yang banyak digemari. Namun sayangnya, belum dikembangkan secara optimal.

Jadi, untuk mendapatkannya kamu harus terlebih dahulu memesan ke beberapa produsen di desa Bugel. Atau bisa juga dijumpai di pasar tradisional Godong, namun biasanya dijual dalam jumlah terbatas.

7. Onde-onde

Foto By @claudiathe70

Bahan-materi untuk membuat onde-onde original khas Purwodadi ini kualitasnya harus tinggi, sehingga tak heran jika mempunyai citarasa berbeda dari yang ada di pasaran.

Jajanan ini juga wajib kau beli saat bertandang ke ibukota Grobogan sebab merupakan ikon kuliner disana. Waktu paling sempurna untuk menikmatinya biasanya sambil menonton, sembari ditemani secangkir teh hangat.

Onde-onde original ini bisa kamu temui diberbagai pusat oleh-oleh di sekitar kawasan Grobogan. Selain yummy, harganya pun sangat akrab.

8. Marning Jagung

Foto By @nisa_ulil

Selain emping, olahan jagung lainnya yang juga cukup populer sebagai buah tangan dari kawasan Purwodadi yakni marning jagung. Penganan ini cara pembuatannya tergolong gampang namun memiliki citarasa lezat, renyah dan gurih.

Meski sentra pembuatannya berada di Dusun Jatitengah, Tamanbakselo, namun banyak juga ditemui di sejumlah toko buah tangan, minimarket ataupun supermarket Purwodadi dan bahkan hampir di semua kecamatan Grobogan.

9. Nasi Jagung Instan

Oleh khas purwodadi jawa tengah grobogan pusat
Foto By @warung_online_belia

Warga Purwodadi yang berada di perantauan, seringkali membawa nasi jagung instan sebagai oleh-oleh khas dari kampungnya.

Seperti namanya, penganan ini materi dasarnya terbuat dari jagung. Untuk menemukannya pun tidak sulit alasannya adalah sudah tersedia di minimarket ataupun supermarket di sekitar Grobogan.

10. Kue Semprong

Foto By @riwindagusphita

Oleh-oleh khas Purwodadi selanjutnya yang juga tak kalah lezat dan unik, namanya adalah kue semprong. Bentuknya bundar panjang dengan lubang dibagian tengahnya. Rasanya bagus, gurih serta renyah.

Selain merk PDS, Kue Semprong dengan merk “Ganeca” yang beralamat di Jln.Bambu No.12, Wirosari juga cukup populer. Kamu pun mampu membelinya di supermarket atau minimarket yang ada di sekitar kawasan Grobogan. Untuk harganya, bisa dibilang sangat hemat.

Itulah 10 jenis oleh-oleh khas Purwodadi paling recommended untuk dibeli. Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satu dari daftar diatas?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni