Curug Cikuluwung, Little Green Canyon Di Bogor Yang Pesonanya Sangat Exotic

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”43911″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Alamat: Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810

Map: Klik Disini

Jam Buka: 08.00-15.00 WIB (Senin-Minggu)

No. Telp: 0812 9328 5682

WhatsApp: 0812 9328 5682

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp. 20.000

Parkir Motor: Rp. 5.000

Parkir Mobil: Rp. 10.000

Foto by instagram.com/ilhammadani_/

Sebagai pecinta Curug, sudah semestinya kamu menjajal salah satu Air Terjun andalan yang dimiliki oleh Kota Hujan ialah Curug Cikuluwung. Berbeda dengan curug pada umumnya, Air Terjun ini memperlihatkan sensasi dan atmosfer yang berbeda.

Wisata teladas yang berada di wilayah Pamijahan ini mampu mengurangi stress dan menghilangkan penat. Segar dan jernihnya air Curug Cikuluwung ini mampu melunturkan setiap letih ditubuhmu.

Kalau tertarik ingin mengunjungi kawasan ini dikala tamat pekan nanti, maka kau harus menyiapkan kocek untuk membayar tiket masuknya. Harga tiket masuk Curug Cikuluwung ini dibanderol dengan tarif sebesar 20ribu per orangnya.

Dengan harga tersebut kau mampu berenang sepuasnya di kawasan gerojokan ini mulai dari jam 8 pagi hingga 3 sore. Jika ingin mendapatkan sensasi lebih adem, better kamu tiba dikala pagi atau sore. Selain itu pada waktu tersebut belom banyak pengunjung yang datang, jadi kau bisa menikmati air terjunnya serasa milik langsung.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/anaktimurr_/

Curug Cikuluwung adalah salah satu wisata riam di Bogor yang akses jalannya gampang dan cukup akrab dari pusat kota.

Letak wisatanya berada di sebuah perkampungan yaitu Desa Suka Asih, Pamijahan. Jarak Curug Cikuluwung dari pusat Kota Bogor mampu ditempuh dengan waktu kurang lebih sekitar 1 jam.

Untuk bisa hingga di lokasi air terjun kau mampu menggunakan jalur menuju Dramaga, lalu dilanjutkan dengan perjalanan ke arah Cemplang. Dari pertigaan Cemplang kau harus melanjutkan perjalanan lagi menuju arah Parabakti ialah Pangkalan Ojek Gardu dengan jarak kira-kira 8 kilometer.

Lokasi wisata Curug Cikuluwung berjarak sekitar 700 meter dari Pangkalan Ojek Gardu atau setara dengan 15 menit perjalanan. Dari loket masuk menuju titik lokasi air terjunnya berada kau harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 5 menit.

Perjalananmu menuju teladas Cikuluwung akan melewati belasan anak tangga dengan jalur yang terjal dan licin, jadi kau harus berhat-hati ya. Better, kamu lebih baik pakai sendal gunung biar tidak gampang tergelincir saat melewati jalur air terjunnya.

Akses jalannya sudah elok, sehingga kamu mampu menjangkau tempat ini baik memakai sepeda motor ataupun mobil. Selama perjalanan menuju Curug Cikuluwung kamu akan dimanjakan dengan pemandangan khas pedasaan yang sangat memesona.

Fasilitas

Foto by instagram.com/haviiinr/

Buat kau yang tidak terlalu jago berenang tapi tidak ingin melewati setiap detik momen seru disini maka sewalah saja ban ataupun pelampung.

Demi menjamin keselamatan pengunjung, pihak pengelola sudah menyiapkan fasilitas pelampung yang mampu dipakai. Tarif sewa pelampungnya juga murah yakni hanya 10ribu-35ribuan saja.

Kalau sudah final berenang, kau mampu bilas dan ganti baju di kamar mandi yang telah disiapkan. Tapi kamu harus sabar karena jumlahnya tidak banyak, jadi kalau sedang rame pengunjung jangan bete kalau kudu ngantre ya.

Untuk kenyamanan para pengunjungnya, Pengelola Curug juga telah menyediakan area parkir yang dijaga oleh petugas khusus. Sehingga kau bisa memarkirkan kendaraanmu tanpa perlu khawatir dengan keamanannya.

Fasilitas umum lainnya yang bisa kau gunakan adalah mirip kawasan beristirahat sejenis gazebo. Biasanya akomodasi ini digunakan oleh para pengunjung untuk beristirahat dan menyimpan barang-barang. Setelah lelah berenang, istirahatlah sejenak di saung bambu ini sambil menikmati suasana sekitar.

Jika kurang puas sebab sekadar beristirahat saja tanpa menyantap cemilan, kamu bisa membeli kuliner atau minuman di warung makan yang tersedia di sekitar curug. Aneka camilan yang dijual ialah seperti gorengan, pop mie, snack dan soft drink.

Bukan hanya itu saja, pihak pengelola wisata juga menyediakan penginapan yang bisa disewa oleh para pengunjung. Jika ingin tau lebih lanjut mengenai info penginapannya kamu mampu menghubungi nomor diatas.

Pesona Curug Cikuluwung

Foto by instagram.com/imeldautamii_/

Saat sekarang liburan ke Curug yakni musim yang sedang banyak digandrungi oleh orang-orang. Bogor yaitu salah satu tempat di Jawa Barat dengan segudang Curug. Kamu mampu menemukan banyak penderasan di Kota Hujan ini salah satu paling terkenal yaitu Curug Cikuluwung.

Curug Cikuluwung ialah satu diantara Curug di Bogor yang mempunyai riam jernih dan berwarna kebiruan. Salah satu keistimewan dari Curug Cikuluwung ini yakni di sisi kanan kiri Curug terdapat batuan tebing yang menjulang tinggi.

Foto by instagram.com/fandyfebrianto/

Karena keistimewaannya itulah banyak orang menganggap bahwa Curug Cikuluwung yakni Green Canyon-nya Bogor. Hawa udara yang ditawarkan pun sangat segar dan sejuk, cocok banget buat merelaksasikan diri.

Tak hanya berenang saja, namun disini kau juga bisa hunting foto-foto keren dengan latar belakangan alam yang sangat cantik. Pepohonan hijau yang ada di sekitar curug menambah suasana sekitar menjadi lebih asri.

Foto by instagram.com/adhiegr/

Adanya pepohonan ini juga sangat berkhasiat untuk mengurangi panas atau setidaknya mampu melindungi kamu dari terik matahari. Sehingga, meskipun kau berenang dikala siang hari pun tidak akan merasa kepanasan sedikitpun.

Suara derasnya fatwa teladas yang jatuh kebawah serta kicauan burung-burung disini melengkapi suasana sekitar menjadi lebih nyaman dan menyegarkan. Tak salah kalau banyak orang menyebut bahwa Curug Cikuluwung ini yaitu Hidden Gem di Bogor.

Foto by instagram.com/styawan_wandi/

Perlu kamu ketahui juga bahwa sumber mata air atau anutan air dari Curug Cikuluwung ini sama dengan Curug Seribu. Curug Seribu yakni salah satu penderasan yang berada di kawasan Gunung Salak Endah.

Dengan segudang pesona dan keindahan yang ditawarkan oleh wisata penderasan ini, rasanya tidak ada alasan untuk menolak menyebabkan Curug Cikuluwung sebagai destinasi tamat pekan. Terutama buat kau yang berasal dari Ibukota Jakarta, tempat ini recommended banget deh buat short escape.

Alasan Harus Kesini

Foto by instagram.com/deaputri.u/

Disini kami akan memberikan beberapa alasan mengapa kamu harus datang ke Wisata Alam Curug Cikuluwung ini. Seperti banyakan orang bilang bila Curug ini merupakan surga tersembunyi yang ada di pelosok desa, hal itu memang benar adanya.

Bagaimana tidak, pesona air terjung disini bisa menghiptonis orang-orang khususnya para pengguna sosial media untuk berbondong-bondong berenang dan berswafoto di Curug Ngehits ini. Curug Cikuluwung sendiri memiliki dua penderasan yang memiliki ketinggian berbeda.

Foto by instagram.com/azizah97_/

Curug Cikuluwung sendiri pertama kali dibuka untuk umum adalah pada 17 Juni 2018, meskipun baru setahun namun pengunjungnya sudah sangat menggunung. Sampai sekarang Curug Cikuluwung masih ramai mewarnai linimasa sosial media para milenials khususnya di Bogor.

Bahkan beberapa pengunjung yang pernah tiba ke Curug Cikuluwung ini yakni para selebgram dan influencer hits di media sosial. Jadi, masa iya sih kamu nggak mau coba eksis juga berfoto dengan latar belakang teladas hits yang kanan kirinya ada tebing batuan ala Green Canyon.

Nggak usah pake mikir, buruan atur agenda liburmu dan jangan lupa untuk ajak juga orang-orang terdekatmu buat ikut plesiran bareng kesini. Dijamin momen liburanmu kali ini niscaya bakal lebih menyenangkan dan seru deh.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni