Curug Cina Subang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11836″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Desa Curugagung, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282

Map: Klik Disini

HTM: Rp.5.000

Buka: Setiap Hari

Telepon: 0898 2373 089

Kota Subang

foto by instagram.com/nella_darmawan

Kata dari Kota Subang, awal mulanya yaitu berasal dari abjad Sunda, merupakan sebuah kabupaten yang berada di Tataran Pasundan Provinsi Jawa Barat Indonesia. berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara, dan Kabupaten Bandung Barat di sebelah Selatan.

Kabupaten yang dilintasi jalur pantura ini menjadi alternatif terusan langsung menuju Kabupaten Bandung, Sadang Cikamurang, Kabupaten Purwakarta dengan Tomo, serta Kabupaten Sumedang.

foto by instagram.com/kotasubang

Jalur alternatif ini mampu dikatakan cukup nyaman, sebab keindahan alam sekitar yang menyajikan hamparan perkebunan teh, wisata air panas, dan juga wisata Gunung Tangkuban Perahu yang sudah melegenda ceritanya di Pulau Jawa.

Wisata Alam yang berada di Kabupaten Subang ini juga terbilang cukup banyak dan sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Selain Gunung Tangkuban Perahu, Kota Subang juga dikenal dengan keindahan Alam Curugnya. Dimana salah satunya ialah Curug Cina.

Wisata Alam

foto by instagram.com/nella_darmawan

Curug cina merupakan sebuah air terjun yang berada di Desa Curugagung. Tempat wisata yang terbilang masih gres ini mulai banyak pengunjung dan dibuka sebagai kawasan wisata pada tamat Maret tahun 2016 lalu. Dikelola oleh swadaya dari masyarakat setempat.

Lokasi wisata ini sendiri berada cukup jauh dari permukiman warga Desa Curugagung, terletak di tengah kebun yang cukup tertutup. Sehingga kalau megunjungi wisata ini akan disajikan dengan keindahan panorama sekitar dengan birunya langit, sejuknya udara, serta disekelilingi dengan hamparan sawah dan hijaunya pepohonan sekitar lokasi tersebut.

Panorama alam sekitarpun terasa menyejukkan dengan irama pemikiran jeram yang cukup deras, udura masbodoh yang dihasilakan dari deburan air yang sejuk dan jernih, serta terdapat pula sumber air panas di samping curug tersebeut.

foto by instagram.com/adinugraha11

Asal muasal nama dari tempat wisata ini konon katanya dahulu abad ada seorang pemburu berdarah Tionghoa China yang melakukan perburuan dan mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia di lokasi sekitar lokasi tersebut.

Sebelumnya lokasi ini hanyalah curug biasa tidak berjulukan, karena insiden tersebutlah oleh warga Desa Curugagung, daerah ini dinamakan Curug Cina.

Sementara itu, info dari warga setempat, untuk lahan di sekitar lokasi itu sendiri hampir semua lahan kebun dan sawah sudah berada di bawah kepemilikan langsung. Sehingga, kedepannya nanti, pemilik kebun berencana untuk mengelola Curug Cina sebagai objek wisata.

foto by instagram.com/curugcina.official

Selain Curug Cina

Selain Curug Cina, ada juga wisata Air terjun yang berlokasi di Kecamatan Segalaherang ini, yaitu Wisata Air Terjun Batu Kapur atau yang dikenal dengan Curug Agung. Objek wisata tersebut menyajikan keindahan bukit kapur yang mengelilingi curug ini juga masih berasal dari Kota Subang.

Tak hanya sampai disitu, ada juga destinasi wisata yang dikenal dengan nama Curug Cihurang atau Cinangrang, tentunya masih berasal dari Kota Subang, tepatnya di Kampung Engkel, Desa Bunihayu, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang.

Sama halnya dengan Curug Cina, Curug Cihurang ini tergolong kawasan wisata yang juga gres dikenal. Tempat wisata yang merupakan gerojokan permanen ini lokasinya berada di tengah hutan yang cukup tersembunyi, air yang mengalir dari jeram ini tidak terlalu jernih sebab bercampur dengan pasir dari tambang galian pasir.

foto by instagram.com/denipurnama07

Selain Curug Cina, Curug Agung, Curug Cinangrang. Ada juga beberapa dsetinasi wisata yang mensajikan keindahan alam dari Air Terjunnya yang mampu kita jumpai bila berkunjung ke kasawan-kawasan kota Subang.

Selain Subang, di Bogor juga terdapat beberapa Curug tak kalah menariknya untuk dinikmati suasananya. Diantaranya Curug Cinangka, Cinangneng, Cinagara. Dan masih banyak lagi wisata alam yang dapat kita jumpai di Kawasan Bogor dan Subang ini.

Bagi kalian para pecinta curug dengan nuansa alam yang sangat menyejukkan, tidak ada salahnya untuk mencoba bereksplorasi menikmati keindahan Curug Cina kalau berkunjung di Kota Subang ini.

foto by instagram.com/sukmarifai666_

Alamat Dimana

Jika dilihat secara administratif, Curug Cina berada di Desa Curugagung, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Berada pada koordinat 06°37′41.8″ Lintang Selatan, dan 107°41′24.1″ Bujur Timur.

Untuk menuju lokasi wisata ini, terbilang tidak terlalu sulit. Sebab kondisi jalan yang relatif cukup bagus, dan medan yang dilaluipun tidak terlalu rumit. Terdapat dua jalur utama untuk hingga di lokasi tersebut, yaitu Jalur melalui Kampung Batukapur, dan melalui Desa Bunihayu.

foto by instagram.com/kotasubang

Rute Ke Lokasi

Akses ke lokasi jika dari arah Bandung, arahkan kendaraan menuju jalan Cagak melewati Kota Lembang – menuju ke arah Tangkubanprahu – lalu ke Ciater – Jalan Cagak – sampai di Pertigaan ke arah Purwakarta – arahkan kendaraan menuju SMAN 1 Jalan Cagak.

Di seberang SMAN 1 Jalan Cagak, terdapat Jalan kecil dan pangkalan ojek, ambil arah jalur tersebut – hingga hingga ke lapangan sepak bola Desa Curugagung yang menjadi patokan selesai, kemudian kendaraan dapat diparkirkan di sekitar lapangan sepakbola tersebut.

foto by instagram.com/jhe_ridzwan17

Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000,- kepada warga yang menjaga kendaraan. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 1,08 Km untuk benar-benar sampai ke titik lokasi wisata tersebut.

Bagaimana?. Mudah bukan untuk rute menuju kawasan wisatanya. Bagi sahabat Jejak Piknik bolehlah sesekali piknik bersama keluarga menghabiskan waktu liburan ke daerah wisata ini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni