Curug Dengdeng Tasikmalaya

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”10677″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Desa Cikawung Gading Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat 46194

Map: Klik Disini

HTM: Rp. 3.500

Buka: 24 Jam

Telepon: 0817-613-246

foto by instagram.com/tasiknews/

Berlibur ke pantai menikmati ombak pasang surut memang sebuah kegiatan yang menyenangkan. Begitupun, menikmati suasana alam nan hijau dengan berlibur ke perkebunan teh atau ke gunung, juga sangat mengasyik kan.

Namun apakah anda pernah berfikir atau berkeinginan untuk menikmati liburan dengan berenang di bawah terjangan air dari ketinggian ? kalau dia, maka tidak ada daerah lain yang menawarkan suasana liburan mirip itu selain curug.

Curug ialah istilah untuk menyebutkan lokasi air terjun. Istilah ini pertama kali digunakan oleh orang-orang sunda di jawa barat.

foto by instagram.com/ratihadiyatishop95/

Berbicara dan merencanakan liburan ke sebuah lokasi teladas, tentu akan menggerakkan keingintahuan anda mengenai lokasi-lokasi riam yang bisa dieksplore keindahannya.

Karenanya kali ini, kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai salah satu curug yang sedang naik daun di kalangan pencinta wisata alam khususnya di jawa barat.

Curug yang akan kita bahas kali ini ialah curug dengdeng. gerojokan yang berlokasi di kota tasikmalaya ini, perlahan namun pasti telah berhasil mengundang banyak orang untuk datang menikmati keindahannya.

Kota Tasikmalaya

foto by instagram.com/ridwanbuluk/

Tasikmalaya bahwasanya lebih dikenal dengan kota dengan bermacam-macam lokasi wisata laut. Sebut saja diantaranya pantai sindangkerta, pantai karangtawulan dan pantai pamayangsari yang populer dengan keindahannya masing-masing.

Namun disamping keberadaan dan kepopuleran pantai-pantai tersebut. Ternyata kota Tasikmalaya juga menyimpan lokasi wisata alam lain yang tak kalah menawan. Di pedalaman sebuah dusun berjulukan dusun caringin, desa cikawung gading kecamatan cipatujah, teranugerahi sebuah lokasi jeram indah bernama curug dengdeng.

Daya Tarik

Setiap penderasan pastinya memiliki ciri khas dan daya tariknya masing-masing, begitu juga dengan curug dengdeng. Dan daya tarik yang bisa anda temukan saat berlibur ke daerah ini yaitu ekosistem alam sekitarnya yang masih sangat-sangat alami.

Selain itu, objek curug nya pun bisa dikatakan sangat unik. Di sini anda mampu menikmati hempasan air dengan tingkat hujaman berbeda-beda. Hal ini dikarenakan gerojokan tersebut mempunyai tiga tingkatan dengan ketinggian yang tidak sama.

Di tingkatan pertama yang menjadi muara sungai. Anda bisa menikmati ajaran air dari atas ketinggian setinggi 9 meter. Di tingkatan kedua 11 meter dan di tingkatan terakhir dengan ketinggian 13 meter.

foto by instagram.com/nami_abi_asep/

Pokoknya, berenang dan menikmati hempasan air ditiap tingkatan curug dengdeng benar-benar merupakan pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Anda harus mencobanya agar mampu mencicipi langsung keseruan berlibur di daerah ini.

Oh iya, selain menikmati segarnya air di muara sungai curug dengedeng. Anda juga pastinya tertarik untuk mengabadikan momen-momen liburan anda di sini. Tenang, alasannya selain keindahan riam, panorama alam sekitar dengan rimbunan pohon-pohon menghijau juga akan menjadi lokasi berfoto yang eye catching.

Sejarah Mitos Jodoh

foto by instagram.com/walid_sungkar/

Curug dengdeng tidak hanya lekat dengan keindahan curugnya yang bertingkat-tingkat atau struktur curugnya yang berbentuk bedengan sehingga dinamai dengdeng. Namun bila menelusuri cerita kurun lampau, maka kita juga akan menemukan dongeng unik dibalik munculnya curug ini.

Setidaknya ada dua kisang yang menyertai eksistensi curug dengdeng. Kedua cerita tersebut, hingga saat ini masih dipercayai dan menjadi dongeng bebuyutan dikalangan masyarakat sekitar.

Kisah pertama ialah kisang mengenai curug dengdeng yang ternyata pernah menjadi tempat singgah Nabi Daun Alaihissalam. Konon, dahulu masa Nabi Daun pernah menyinggahi kawasan ini untuk berwudhu sebelum mengumandangkan adzan.

foto by instagram.com/yan_thea/

Kononnya lagi sebab keindahan bunyi lantunan adzan yang dikumandangkan oleh Nabi Daud, seketika dengan aneh alam sekitar curug dengdeng berubah menjadi lebih indah dari sebelumnya.

Dan hingga sekarang, masyarakat mempercayai bahwa siapa saja yang mandi atau berendam di tingkatan pertama akan memiliki bunyi indah mirip suara nabi daun alaihissalam.

berikutnya yakni dongeng mengenai pertarungan antara pangeran Jaya Laksana dan pangeran Jaya Nalangsa yang terjadi di curug dengdeng. Kedua pangeran ini mengadu kekuatan dengan bertarung di tingakatan paling tinggi.

foto by instagram.com/sandi_dingdong/

Karenanya berdasarkan keyakinan masyarakat, makam yang berada dibagian paling bawah curug ialah makam salah satu dari kedua pangeran tersebut.

Selain dua dongeng diatas, ada juga satu mitos lain dikalangan masyarat sekitar. Mitosnya yakni siapa saja yang masih lajang dan berendam di sini, maka jodohnya akan dilancarkan oleh sang maha kuasa.

Terlepas dari benar atau tidaknya sejarah dan mitos ini. Pastinya curug dengdeng yakni lokasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Rute Menuju Lokasi

foto by instagram.com/desta_mr/

Apabila anda akan berkunjung ke curug dengdeng dengan memulai perjalanan dari pusat kota Tasikmalaya. Maka anda akan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 62 kilometer.

Memang agak jauh, tapi hening saja alasannya adalah jalan masuk jalan menuju ke lokasi sudah cukup cantik. Setidaknya sampai desa cikawung gading.

Nah gres lalu dari desa cikawung gading ke lokasi curug, anda harus sedikit mempersiapkan tenaga alasannya kanal jalan yang agak sulit. Agar tidak tersesat, sebaiknya anda meminta pemberian masyarakat sekitar untuk mengantar ke lokasi curug.

Harga Tiket Masuk

Saat ini lokasi wisata curug dengdeng dikelola oleh Perhutani Tasikmalaya. Untuk bisa masuk dan menikmati keindahannya, anda diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp. 3.500 per sekali masuk dengan asuransi kecelakaan sebesar Rp. 500. Untuk asuransi sendiri ditanggung oleh PT. Asuransi Amanah Gita.

Fasilitas Penunjang

foto by instagram.com/ogiehardiansyah/

Untuk dikala ini belum ada fasilitas yang bisa dibilang memadai yang disediakan oleh pihak pengelola curug dengdeng. Hanya ada area parkir dengan masih memakai materi dari anyaman daun kelapa.

Untuk keperluan lain mirip toilet dan tempat ibadah tampaknya masih belum dibangun. Namun seiring banyaknya pengunjung. Lambat laun pihak pengelola niscaya akan menyediakan fasilitas-kemudahan tersebut.

Tips Berlibur

Agar liburan anda berjalan lancar tanpa hambatan. Maka sebelum berangkat ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Ini juga sekaligus menjadi tips liburan bagi anda. Apa saja hal tersebut ?

1. Sebaiknya jangan datang pada animo hujan. Karena ketika demam isu hujan, air akan naik dan keruh.

2. Siapkan dan bawalah perbekalan secukupnya. Karena perjalanan dari desa cikawung gading menuju lokasi jeram membutuhkan tenaga ekstra.

3. Jangan hanya ingin menang sendiri dengan seenaknya menikmati keindahan riam tanpa memperhatikan kebersihannya. Jika tidak menemukan kolam sampah di lokasi, maka sediakan sebuah kantong plastik khusus yang akan dipakai untuk menyimpan sampah.

4. Apabila anda benar-benar baru pertama kali tiba ke curug dengdeng. Maka sebaiknya anda meminta bantuan pemandu untuk mengantarkan anda menuju lokasi.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni