Curug Mandala Subang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11847″
data-slug=””>

3.7
/
5
(
4

votes

)

Lokasi: Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281

Map: Klik Disini

HTM: Rp.10.000 per Orang

Buka: 08:00 – 17:00

Mengenal Subang

foto by instagram.com/redimutaqin

Kata dari Kota Subang, awal mulanya yakni berasal dari aksara Sunda, merupakan sebuah kabupaten yang berada di Tataran Pasundan Provinsi Jawa Barat Indonesia. berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara, dan Kabupaten Bandung Barat di sebelah Selatan.

Kabupaten yang dilintasi jalur pantura ini menjadi alternatif saluran langsung menuju Kabupaten Bandung, Sadang Cikamurang, Kabupaten Purwakarta dengan Tomo, serta Kabupaten Sumedang.

foto by instagram.com/mustofa_fahri

Jalur alternatif ini mampu dikatakan cukup nyaman, alasannya keindahan alam sekitar yang menyajikan hamparan perkebunan teh, wisata air panas, dan juga wisata Gunung Tangkuban Perahu yang sudah melegenda ceritanya di Pulau Jawa.

Wisata Alam yang berada di Kabupaten Subang ini juga terbilang cukup banyak dan sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Selain Gunung Tangkuban Perahu, Kota Subang juga dikenal dengan keindahan Alam Curugnya. Salah satunya yaitu Curug Mandala.

foto by instagram.com/subangrepost

Wisata Curug

Curug mandala merupakan salah satu Air Terjun yang tepatnya berada di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Curug yang populer dengan keindahan alam ini juga disebut-sebut sebagai The Secret Amazing Waterfall.

Curug mandala ini menjadi sorotan banyak wisatawan sebab keasliannya yang masih sangat alami. Selain tempat yang tersembunyi, lokasi ini juga sangat cocok untuk sekedar melepas penat dengan mendirikan sebuah tenda atau menghabiskan waktu sekedar menenyegarkan diri.

Keindahan alam yang menjadikannya Amazing Waterfall ini alasannya adalah keunikan yang dimilikinya, yaitu nampak mirip air terjun yang bertingkat.

foto by instagram.com/raryyah

Lebih Dekat

Jika dilihat lebih erat, akan nampak pemandangan yang sangat indah dan unik dari Curug Mandala ini. pemandangan ini terlihat terang mirip anak tangga, jikalau melihatnya dari arah atas Air Terjun atau menggunakan alat perekam dari atas seperti kamera yang di sebut dengan drone tersebut.

Air terjun yang tinggi menjulang, berada di lantai paling dasar. Selain itu terdapat beberapa undakan lagi yang mengaliri riam pada bagian undakan yang lebih kecil lainnya. Kejernihan yang di hasilkan oleh teladas ini tidak perlu diragukan lagi

Selain pemandangan sekitar lokasi Curug yang terbilang cukup rindang ini, banyak pepohonan besar tinggi menjulang disekitaran curug, di lengkapi dengan bebatuan, serta aroma yang dihasilakn dari ajaran riam bercampur hembusan angin yang menimbulkan udara disekitar menjadi teras sejuk dan hening.

foto by instagram.com/ipeppermintts

Sejarah dari nama Curug Mandala ini, menurut info dari masyarakat setempat Panaruban. Dahulu kala ada seorang Patih dari sebuah kerajaan yang berada di tanah Pasundan bernama Patih Mandala.

Konon, Patih Mandala melaksanakan pertapaan di Air Terjun ini dan dikabarkan melaksanakan “Moksa” (Bahasa Sansekerta) yakni konsep dari Agama Hindu dan Budha yang memiliki arti meninggal duia tanpa meninggalkan jasad atau dengan kata lain, menghilang tanpa meninggalkan jejak di Air Terjun ini.

Dengan cerita tersebutlah, maka teladas ini diberi nama Curug Mandala, yang berasal dari nama Patih mandala.

Ternyata selain Ciater Mandala, di Dusun panaruban, Cicadas, Segalaherang Subang ini juga ada Ciater lagi, yakni Air terjun Curug Cimuja. Yang lokasinya masih satu Dusun dengan Air Terjun Mandala. Di Cilacap ada salah satu air terjun yang bernama Mandala.

foto by instagram.com/agungharyadhie

Berbeda dengan Curug Mandala Subung, Curug Mandala ini lokasinya berada di Desa mandala, Kecamatan Jeruklegi, sebelah Timur dari Bandara Tunggul Wulung, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah.

Air Terjun yang berada di Kabupaten Cilacap ini lokasinya berada di tengah perbukitan, dengan kanal jalan yang cukup menguras tenaga karna harus naik dan menuruni anak tangga, serta minimnya promosi kawasan ini, hingga keberadaannya nyaris terlupakan dari Kabupaten Cilacap.

foto by instagram.com/rustono_11

Fasilitas Yang Ada

Curug Manda sendiri, sekarang telah dikelola resmi oleh PT Perkebunan Nusantara VIII milik Pemerintah Indonesia dan berafiliasi eksklusif dengan Pemuda Karang Taruna Panaruban.

Tempat wisata alam yang sekarang menjadi icon warga masyarakat Panaruban ini, karna telah resmi menjadi daerah wisata. Maka, banyak kemudahan yang bisa diperoleh oleh pengunjung kalau berkunjung ditempat ini.

Fasilitas yang disediakan, diantaranya lahan parkir kendaraan yang cukup luas, terdapat toilet, Mushola, serta disediakan pula beberapa taman dan saung bambu untuk sekedar beristirahat. Selain itu, kanal dari pintu masuk ke Curug Mandala juga sudah tersedia dengan dibuatnya tangga.

Bagaimana? Cukup lengkap bukan fasilitas yang sudah disediakan di tempat wisata ini.

foto by instagram.com/danypermana8

Rute Menuju Lokasi

Selain itu, akses menuju lokasi Curug, juga terbilang cukup mudah meskipun hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua saja. Disarankan tetpa berhati-hati ketika berkendara menuju lokasi Curug Mandala.

Patokan yang paling mudah untuk di lalui kalau berkunjung ke lokasi wisata ini dengan mengambil jalan arah menuju Kabupaten Subang. Kemudian hingga sampai pertigaan Curug Mandala yang berada di sebelah kiri sebelum tugu Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang.

foto by instagram.com/fachrul_haris

Sesampainya di pertigaan, ikuti jalan menuju arah wisata Curug Mandala. Meski terbilang cukup kondusif untuk dilalui, tetap berhati-hati dikala berkendara menuju lokasi wisata alasannya adalah jalan yang dilalui cukup sempit dan berbatu.

Tetap membawa perlengkapan selama proses berkunjung ya….

Dengan bersantai ria di kota Subang yang mempunyai banyak keindahan alam dari tanah Negeri Indonesia. yuuuk ajak sobat saudara bercamping di wisata alam Curug Mandala.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni