Curug Masigit Subang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11920″
data-slug=””>

3.7
/
5
(
3

votes

)

Lokasi: Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41283

Map: Klik Disini

HTM: Gratis

Buka: 08:00 – 16:30

Curug di Subang

foto by instagram.com/ipeppermintts

Curug Masigit merupakan salah satu destinasi alam riam yang ada di Kota Subang. Tepatnya berlokasi di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tentunya masih Indonesia punya.

Air terjun yang masih memiliki keindahan yang sangat asri ini memang belum secara resmi di buka sebagai objek wisata. Namun keindahan panorama yang dihasilkan ketika berada di Curug Masigit Pasanggrahan ini tak kalah menarik dengan penderasan lain yang berada di Kabupaten Subang.

foto by instagram.com/nciii_mochi93

Jika ditelusuri lebih dalam lagi, Curug Masigit ini masih berada dalam satu Kawasan dengan sumber mata air Cimincul yang lokasinya juga di di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang.

Masih Asri

Curug masigit yang terbilang masih mempunyai pesona keindahan yang sangat asri dan kasatmata ini terletak sekitar 4 Km dari jalan utama Kecamatan Kasomalang.

Dari lokasi tersebut, bias dibayangkan kondisi yang ada di sekitar Curug Masigit ini akan menghadirkan suasana yang higienis, hening, dan tentunya sangat cocok untuk melepas kepenatan sesudah sepekan menikmati hiruk pikuknya keramaian kota.

foto by instagram.com/idangriana_10

Tiga Tahapan

Curug masigit ini mempunyai tiga tahapan penderasan dan empat kubangan dengan kedalaman yang berbeda-beda. Menurut warga setempat, Curug ini meskipun terlihat dangkal dan pemikiran air yang tidak cukup deras, kedalam disekitar curug ini sebaiknya tidak diragukan.

Curug utama dari air terjun Masigit ini mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 4 meter, sedangkan kedalamannya sendiri mencapai hingga 7 meter.

Menurut para warga sekitar, dahulunya di atas curug ini sering dipakai para penduduk untuk melaksanakan ibadah.

foto by instagram.com/ati_rohayati24

Berbeda dengan dongeng rakyat yang dihubungkan dengan Gunung Masigit yang sekarang dikenal dengan nama Gunung Gede. Gung yang terletak diperbatasan Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi ini. Memiliki dongeng yang hamper seperti dengan Curug Masigit Pasanggrahan.

Pasalnya kisah sejarah yang di ketahui dari masyarakat setempat Sukabumi. Cerita dari Penamaan Gunung Masigit ini berawal dari seorang Pangeran Mataram yang anti-Belanda. Alih-alih hidup di istana dengan segala fasiitas dan kemewahan, pangeran tersebut menentukan hidup berpindah-pindah dari satu kampung ke kampung lainnya.

foto by instagram.com/kang_cepp

Tujuan dari kehidupan yang berpindah-pindah tersebut sembari mengobarkan semangat perlawanan terhadap Belanda. Hingga akhirnya hal tersebut menjadikan belanda mengerahkan seluruh pasukan untuk menangkap pangeran tersebut. Namun, sang pangeran selalu mampu meloloskan diri dengan cara yang supranatural.

Hingga suatu saat dalam pengejaran belanda, sang pangeran berlari menelusuri hutan gunung Pangrango. Hingga karenanya menetap ke sebuah daerah yang sekarang dikenal dengan nama Cianjur.

foto by instagram.com/hellojabar

Dari titik itulah pertemuan antara Situ Gunung dengan Sejarah Kota Cianjur. Tepatnya dititik sang pangeran menetapkan menetap di lereng selatan Gunung masigit yang kini terkenal dengan nama Gunung Gede.

Awal mula nama Gunung Masigit ini, dahulu abad sang pangeran yang menjadi buruan para tantara Belanda tersebut mendirikan sebuah masigit yang memiliki arti Masjid.

Dan berdasarkan dongeng para warga sekitar penderasan Masigit ini. Dahulu kurun ada seseorang yang sering sholat di atas jeram ini. Hingga disebut sebagai masjid. Dari situlah nama Masigit juga dipakai di jeram yang letaknya jauh dari keramaian ini.

Akses Menuju Lokasi

foto by instagram.com/yami_adventure

Perlu diingat lagi, karena Air terjun ini belum tergolong kawasan wisata yang banyak dikunjungi oleh para traveler atau wisatawan. Untuk menuju lokasi teladas ini belum ada petunjuk yang jelas selain bertanya kepada warga sekitar.

Untuk bias hingga ke lokasi Curug ini. Dari arah subang, kendaraan bias diarahkan menuju ke Kecamatan Jalan Cagak, lalu dilanjutkan menuju ke arah Kecamatan Kasomalang, sehabis melewati Pasar Kasomalang, pengunjung akan melewati jembatan yang menunjukkan arah lokasi mata air Cimincul.

Curug masigit subang jawa barat pesanggrahan kabupaten lokasi alamat kasomalang
foto by instagram.com/ivanssuhe

Setelah sampai di mata air cimincul. Pengunjung mampu memarkirkan kendaraan di lokasi cimincul tersebut yang lalu dilanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki naik megikuti jalan aspal, kemudian belok kiri mengikuti jalan setapak pinggiran selokan/ sungai kecil.

Dari pedoman sungai kecil/ kali tersebut, lalu terdapat belokan kecil kearah kiri. Posisi curug berada di bawah dari jalan sesudah belokan ke kiri tersebut. Dari lokasi belokan tersebut, Curug akan sedikit terlihat. Namun, para pengunjung tetap harus berhati-hati kalau menuruni curug tersebut.

foto by instagram.com/rahadi_hadi20

Tips Saran

Mengingat curug mempunyai beberapa aliran sungai dengan luas dan kedalaman yang berbeda-beda. Yang tentunya harus sangat berhati-hati jika memang pengunjung belum pernah tau medan yang berada di pedoman air Masigit tersebut.

Disarankan untuk para pengunjung, jika ingin melihat keasrian pemandangan Masigit ini untuk bertanya kepada warga sekitar jika menjumpai di sekitar area persawahan menuju lokasi Masigit. Sebab arah jalan yang dilalui cukup exstrim.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni