Curug Muara Bogor, Air Terjun 25 Meter Di Dekat Leuwi Goong

Curug Muara Bogor mempunyai tinggi kira-kira 25 meter. Bentuknya ramping dan tinggi. Curug di kelilingi oleh tebing tegak lurus dan pepohonan hijau, benar-benar elok. Bebatuan dan batu di pedoman curug menambah kecantikan curug ini.

Curug Muara Bogor memiliki tinggi kira-kira 25 meter. Bentuknya ramping dan tinggi. Curug di kelilingi oleh tebing tegak lurus dan pepohonan hijau, benar-benar cantik. Bebatuan dan kerikil di aliran curug menambah kecantikan curug ini.
Curug Muara Bogor. Image via: ceritabogorblog

Lokasi Curug Muara Bogor

Lokasi Curug Muara Bogor ada di Desa Situ Udik, kecamatan Cibungbulang, Bogor Jawa Barat.

Curug Muara Bogor atau juga biasa disebut curug Air terjun cigame memiliki jarak kurang lebih 42 kilometer dari sentra kota bogor.

Rute Menuju Curug Muara Bogor

Dari Bogor kota ambil jalur ke arah Leuwiliang, melewati IPB Dramaga dan Gunung Batu Ciampea terus sampai hingga ke pertigaan Cikampak dan pertigaan Cibatok. Biasanya ini jalur yang ditempuh jika ke Salak Endah.

Tidak jauh dari pertigaan Cibatok lalu pertigaan Cemplang atau Jl. KH. Abdul Hamid terus saja hingga hingga pertigaan Situ Udik. Persis di pertigaan Situ Udik ini terdapat Pondok Pesantren Modern Sahid.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri tebing yang ada di pinggir sungai. Menaiki sisi bukit sampai di persawahan, kemudian turun ke bawah melewati jalan setapak.
Hiking besar hati. Image via: waterfalladventurebekasi

Simak juga: 25 wisata populer di Bogor

Setelah ambil kanan, tidak beberapa jauh akan ketemu jembatan, lalu ketemu pertigaan ambil kanan terus saja sampai ada plang penunjuk arah ke Situ Udik (kiri), kemudian ambil lurus memasuki peternakan sapi perah.

Pengunjung dapat menumpang parkir di depan peternakan. Di sana juga bsia minta tolong diantar ke arah sungai oleh seorang pegawai peternakan. Dari peternakan ke sungai, dengan menuruni sedikit bukit berjarak kira-kira 50 m.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri tebing yang ada di pinggir sungai. Menaiki sisi bukit sampai di persawahan, lalu turun ke bawah melewati jalan setapak. Meski dari atas ke bawah (sungai) berjarak sekitar 50 meteran, tapi kondisi jalur turunnya sangat ekstrim ditambah lagi bebatuan licin.

Jam Buka Curug Muara Bogor

Lokasi wisata Curug Muara Bogor ini buka setiap hari sepanjang ahad. Lokasi ini mulai buka jam 07.00 sampai tutup pada jam 17.00 sore.

Tiket Curug Muara Bogor

Untuk harga tiket masuk curug Muara Bogogr, pengunjung dikenakan pungutan tiket sebesar Rp. 10.000 / orang.
Post Tiket masuk. Image via: ceritabogorblog

Untuk harga tiket masuk curug Muara Bogor, pengunjung dikenakan pungutan tiket sebesar Rp. 10.000 / orang. Sedangkan untuk parkir, hingga dikala ini belum ada pungutan.

Fasilitas Curug Muara Bogor

Untuk kemudahan penunjang wisata, daerah wisata curug muara bogor, belum mempunyai secara lengkap. Hal ini mungkin karena tingkat kunjungan yang masih relatif sepi dan lokasi yang jauh dari pemukiman.

Daya Tarik Curug Muara Bogor

  1. Leuwi Gong

Curug Muara Karacak ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan kedalaman mungkin lebih dari 3 meter, ketika animo kemarau ini alirannya tidak terlalu besar dan cukup mudah melintasi bebatuan sungainya, kalau isu terkini hujan mungkin sangat sulit sebab jalur bebatuan sungai tertutup air yang lumayan tinggi.

Sehabis dari Curug Muara Karacak ini, pengunjung mampu juga naik lagi untuk berisitirahat di Leuwi Goong yang berada di atas curug. lokasi Leuwi Goong ini sudah rapih dan sejuk tempatnya, banyak pendopo untuk beristirahat dll.

. Curug di kelilingi oleh tebing tegak lurus dan pepohonan hijau, benar-benar cantik. Bebatuan dan kerikil di aliran curug menambah kecantikan curug ini.
Curug bertebing hijau. Image via: @aris_setyawann

Simak juga: Lintasan 15 km di Alas Burno Senduro

Beberapa dari pengunjung tampak melepas lelah beristirahat di pendopo Leuwi Gong. Ada juga yang turun ke bawah menuju Leuwi Goong yang ada di bawah sungai. Bentuk dinding sungai ini sangat unik, berbentuk seperti tubuh insan, bila airnya bening pasti seger banget mandi disini.

Menurut salah satu penjaga yang ada di Leuwi Goong ini, banyak cerita yang ada di kawasan ini, mulai dari adanya petilasan Raden Kian Santang, batu berbentuk buaya besar, batu berbentuk ular naga, kerikil berbentuk love, sembilan sumur yang bikin awet muda, goa dengan air yang warnanya berbeda beda dan lain lain.

  1. Monyet

Ketika telah datang di area Curug, pengunjung akan disambut gemuruh teladas. Selain itu, disini banyak binatang yang sukanya makan pisang, yup simpanse. Kita harus waspada dengan barang bawaan alasannya mampu saja dijahili kera-monyet tersebut.

Bebatuan dan kerikil di aliran curug menambah kecantikan curug ini.
Berbatu. Image via: @idhayhidayat

Seperti yang diketahui jika para kera itu sukanya mengambil barang yang mereka pikir menarik. Jika sudah terambil oleh kera tidak ada yang bisa memprediksi barang yang diambil kondusif.

Bisa saja simpanse tersebut menggigit gigitnya atau dikala sudah tidak tertarik ditaruhnya barang-barang tersebut di sembarang tempat sehingga dikala dicari tidak ketemu.

Yang kerap terjadi para monyet mengambil kacamata, atau topi dll dibawanya ke balik pohon-pohon dan sering dilemparkan entah kemana dan alhasil sudah tidak mampu ditemukan kembali. Yang penting Kita harus selalu waspada

Tips Mengunjungi Curug Muara Bogor

Apakah yang sebaiknya diketahui sebelum berwisata ke Curug Muara Bogor? Berikut ini kami coba berikan beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan demi kenikmatan dan keamanan selama berwisata di Curug Muara Bogor.

Jembatan tradisional sebagai salah sau lontasan untuk menuju curug muara bogor.
Jembatan tradisional. Image via: @rafli.prilianto

Simak juga: Bukit Gebang Bangka

  • Jangan Pergi Sendirian

Berkunjung  ke air terjun Curug Muara bogor, sebaiknya tidak pergi sendirian. Ajaklah orang lain mirip sobat, pacar, atau sanak keluarga. Jika pergi sendiri, maka dikhawatirkan akan mengalami kesulitan ketika terjadi sesuatu yang membahayakan.

Apalagi jalan jalan menuju daerah wisata jeram cenderung licin, alasannya adalah itu peran orang lain yang menemani Anda sangat membantu untuk menapak jalan ke gerojokan.

  • Pergi pada Pagi Hari

Air terjun mempunyai kelebihan berupa pemandangannya yang indah, air yang masih jernih, serta kadar oksigen yang masih murni tanpa tercampur polusi. Untuk menikmati semua kelebihan tersebut, sebaiknya Anda pergi pada pagi hari, yaitu sekitar pukul 7 atau 8 pagi.

Memang, pada jam-jam tersebut, air dan suhu di sana agak hambar. Namun air di sana dijamin masih jernih, menyehatkan, dan menyegarkan selama Anda datang ke riam pada pagi hari. Dengan berkunjung ke teladas lebih pagi, Anda juga dapat berwisata di riam lebih usang.

Gazebo di dekat curug
Gazebo di dekat curug. Image via: waterfalladventurebekasi

  • Sesuaikan Alas Kaki

Sebaiknya gunakanlah sendal gunung dikala berwisata ke teladas. Memang, ada beberapa orang yang kadang bisa bertahan memakai sepatu sneaker atau sendal biasa saat di air terjun, tetapi biasanya ganjal kaki tersebut akan berakhir dengan kondisi berair dan tidak nyaman.

Bahkan, ada beberapa jenis sendal mampu membuat Anda jatuh serta sering kali terjadi beberapa kali. Kaprikornus meskipun biasanya untuk bermain air lebih cocok pake sendal, namun lebih baik Anda memakai sendal gunung alasannya perjalanan menuju air terjunnya melewati jalur trekking.

Di sini dan Saat ini di curug muara bogor.
Di sini dan Saat ini. Image via: @hadjukemal

Simak juga: The great Asia Afrika Lembang

Objek Wisata Dekat Curug Muara Bogor

Di kecamatan Cibungbulang, juga terdapat beberapa objek wisata lain. Salah satunya yakni Curug lembah pelangi. Curug ini memiliki ketinggian 60 meter. Jika melihat dari ketinggian di atas akan terlihat seperti lembah sempit dan menjurang ke bawah.

Ada banyak sekali sudut cantik jika ingin menerima pemandangan pelangi yang biasanya muncul di tengah-tengah hempasan jeram. Apabila anda ingin melihat keindahan pelangi ini harus tiba dengan keadaan cuaca yang sedang cerah.

Selain jeram, di kecamatan ini juga ada objek panorama dataran tinggi. Yaitu Bukit Cempala panenjoan. Taman wisata dengan lahan seluas 10 hektar itu memiliki latar belakang pemandangan alam dan dihiasi dengan menara cinta dan rumah pohon.

Demikianlah sedikit cerita dari objek wisata Curug Muara Bogor. Infonya memang masih tergolong minim, alasannya adalah lokasi ini sendiri masih tergolong jarang dikunjungi. Untuk itu segeralah menjadi bab dari generasi awal yang mengunjungi lokasi ini.

Segera rencanakan, dan lakukan perjalanan ketika wabah sudah mereda.

 

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni