Curug Sadim Subang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11860″
data-slug=””>

3
/
5
(
7

votes

)

Lokasi: Dusun Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282

Map: Klik Disini

HTM: Rp.20.000 per 2 Orang + Biaya Parkir

Buka: Setiap hari 24 Jam

Curug Sadim

foto by instagram.com/dedisupriatna98

Curug Sadim atau Air Terjun Sadim Subang, merupakan salah satu daerah wisata yang berada di Kabupaten Subang, tepatnya di Dusun Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Indonesia.

Curug Sadim berada di Wilayah Perkebunan Teh Nusantara VIII Ciater. Kurang lebih 300 m dari pintu masuk PTPN yang di tandai dengan plank nama bertuliskan ucapan “Selamat Datang Curug Sadim”

foto by instagram.com/utinegendis

Lokasi wisata Air Terjun Sadim ini mulai di buka sebagai daerah wisata pada tahun 2008 kemudian. Lokasi wisata yang berada di area Perkebunan teh Nusantara ini bersembunyi di balik pepohonan besar dan bunga-bunga terompet atau yang dikenal dengan bunga kecubung.

Bunga-bunga yang menggantung menyerupai terompet terbalik ini, menggantung di setiap pohon dipinggiran sungai Cimuja yang alirannya menuju ke Ciater Sadim. Curug yang merupakan salah satu Agrowisata PTPN VIII Ciater ini masih satu aliran dengan Curug Mandala yang juga satu pedoman dengan sungai Cimuja.

foto by instagram.com/muhaeminuyung

Letak Curug Sadim ini berada di bab hilir Sungai Cimuja yang berdekatan dengan Curug Pemandian Tuan, Cimuja, Karembong, dan juga Curug Goa Badak yang dikelola oleh taman wisata Capolaga. Sementara letak Curug Mandala berada di Hulu pemikiran Sungai Cimuja.

Sungai Cimuja sendiri yang menggabungkan banyak Curug ini awalnya merupakan akhir dari jejak lava letusan gunung Tangkuban Perahu yang terbentuk ribuan tahun silam.

foto by instagram.com/pupunk_bebas_santay

Sejuk dan Segar

Curug Sadim merupakan objek wisata yang dikenal dengan kesejukan dan kesejukan udara yang masih alami. Keindahan yang disajikan oleh Curug ini sudah dapat dilihat dari perjalanan menuju lokasi yang cukup tersembunyi diantara hamparan perkebunan teh PT Perkebunan Nusantara VIII.

Udara segar yang dihasilkan dari hamparan hijaunya perkebunan teh dan pepohonan yang tinggi menjulang menuju lokasi wisata ini, memanjakan setiap pengunjung yang datang untuk menikmati waktu bersantai dan berlibur bersama keluarga.

Selain itu, air yang dihasilkan oleh aliran Curug Sadim ini sangat jernih dan bersuhu acuh taacuh. Tebing dari penyangga Curug yang mirip bentuk batu ini juga tergolong sangat unik. Jika dilihat dengan seksama, tebing penyangga Curug ini berbentuk seperti tumpukan batu yang disusun dari bawah ke atas.

foto by instagram.com/lightart_photo17

Tidak Terlalu Deras

Aliran air yang dihasilkan oleh Air terjun Curug Sadim ini tidak terlalu deras. Kaprikornus para pengunjung dapat memanjakan diri mendekat ke arah Curug tanpa takut lembap.

Tidak jauh dari lokasi air terjun tersebut, juga terdapat area perkemahan ( Capolaga Adventure Camp ) yang cukup luas dan mampu digunakan untuk tempat bercamping bersama keluarga.

foto by instagram.com/curugmaniasubang

Selain itu, lokasi objek wisata air terjun ini juga juga dilengkapi dengan beberapa akomodasi yang mampu digunakan untuk para pengunjung, diantaranya terdapat, Toilet, Mushola, Kedai makanan, dan juga beberapa gazebo untuk kawasan bersantai menikmati keindahan Curug.

Namun sayangnya, akomodasi umum tersebut masih kurang terawat. Lokasi objek wisata ini akan ramai pengunjung di waktu hari libur dan juga simpulan pekan.

foto by instagram.com/danicomedi

Bagi para penikmat fotografi. Lokasi wisata ini sangat cocok untuk pemilihan angle, karena banyak spot-spot menarik diarea sekitar tebing. Tebing yang unik ditambah dengan ajaran air terjun yang tidak begitu deras akan menghasilkan foto berkelas terkesan berada disuatu hutan yang eksotis.

Bagi para pengguna Instagramer. Hamparan perkebunan teh menuju lokasi Curug ini juga menjadi spot yang menarik dan terbilang sangat Instagramable. Selain itu, bunga-bunga disekitar Curug Sadim juga akan menghasilkan view yang cukup manis untuk diabadikan dengan kamera.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/andrisherlambang

Tak perlu merogoh kocek banyak untuk mampu menikmati semua keindahan dari Curug Sadim ini. cukup dengan Rp. 15.000,- rupiah untuk dua orang pengunjung. Dan Rp. 5.000,- rupiah untuk biaya parkir kendaraan.

Jam berkunjung ke Wisata ini dibuka setiap hari 24 jam. Namun disarankan untuk para pengunjung sebaiknya tetap berhati-hati jika berkunjung di malam hari. Mengingat, jalan menuju kawasan yang berada di perkebunan teh ini tergolong sepi terlebih pada malam hari.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/rivan29_traveler

Untuk mampu hingga ke objek wisata Curug Sadim ini, mampu ditempuh dengan menggunakan kendaraan langsung seperti motor maupun kendaraan beroda empat. Waktu perjalananyapun tidak terlalu lama, cukup memakan waktu 15 sampai 30 menit dari sentra kota Subang.

Kondisi jalan menuju Curug masih berupa jalan batu. Meski begitu, jalan masuk jalannya tidak begitu sulit dan cukup mudah untuk ditemukan. jika pengunjung berada di jalan Segalaherang, makan dibutuhkan waktu selama 20 menit untuk hingga ke Tempat Wisata Curug Sadim.

Sedangkan, jikalau pengunjung dari arah Bandung, mampu mengambil rute dari titik pertigaan antaraBandung, Ciater, dan Desa Cicada. Kemudian belok kiri arah menuju Desa Cicadas. Dari pertigaan tersebut, ditandai dengan adanya sebuah Tugu di tengah pertigaan.

Sesampainya di tengah pertigaan Tugu. Diseberang jalan, akan ada lapangan sepak bola. dari seberang lapangan tersebut kurang lebih sekitar 300 meter terdapat jalan menuju Curug Sadim. Sekitar 10 menit lalu, akan dijumpai daerah wisata alam Capolaga Adventure Camp.

Nah, Capolaga Adventure Camp. Dan di sekitar kawasan itulah lokasi Curug Sadim.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni