Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi Di Asia Tenggara

Danau Gunung Tujuh berada di tempat Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Danau indah ini merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara, dengan ketinggian  1.950 meter.

Danau Gunung Tujuh berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Danau indah ini merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara, dengan ketinggian  1.950 meter.
Danau Gunung Tujuh. Image via: bafindonesia

Danau Gunung Tujuh memiliki kondisi alam yang masih alami. Hal ini karena belum banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Pulau Sumatera ini. Daya tarik dari danau ini adalah panorama keindahan yang alami dan berhawa sejuk, alasannya adalah berada di daerah pegunungan.

Danau Gunung Tujuh juga digunakan penduduk lokal sebagai sumber mata pencaharian, beberapa masyarakat lokal berprofesi sebagai nelayan dan mencari ikan. Sobat Pesona yang berkunjung ke Danau Gunung Tujuh mampu menyewa sampan nelayan dan mendayung menjelajahi luasnya danau.

Di sekitar danau, terdapat beberapa tempat dengan hamparan pasir layaknya berada di pantai. Tempat tersebut, biasanya digunakan oleh pengunjung untuk mendirikan tenda dan bermalam di danau ini. Mereka sengaja bermalam di daerah tersebut, sebab ingin melihat pesona matahari terbit di Danau Gunung Tujuh.

banyak pengunjung sengaja bermalam di tempat tersebut, karena ingin melihat pesona matahari terbit di Danau Gunung Tujuh.
Fajar Danau Gunung Tujuh. Image via: phinemo.com

Simak juga: 10 lokasi wisata HIts di Jambi

Lokasi Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. Tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro.

Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Rute Menuju Danau Gunung Tujuh

Untuk menuju Danau Gunung Tujuh, bisa melalui dua jalur yakni melewati Padang, Sumatera Barat, dan lewat jalur Jambi. Dari Kota jambi, ada dua pilihan transportasi yang tersedia. Bisa dengan melalui jalur darat menggunakan kendaraan langsung atau travel, dan juga mampu melalui jalur penerbangan dari Bandara Sultan Thaha menuju Bandara Depati Parbo, Kerinci.

Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan pemandangan hutan hijau Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sungai yang berliku, serta pemukiman penduduk dan kehidupannya yang unik.

Danau Gunung Tujuh memiliki Air yang sangat Bening.
Air yang Bening. Image via: @siddiq_siagian

Jika memakai pesawat, pemandangan yang disajikan tidak kalah menarik. Terbang selama satu jam, akan terasa singkat dan akan membuat ingin berlama-usang di atas pesawat.

Pendakian dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat sampai Danau Gunung Tujuh memerlukan waktu dua hingga tiga jam. Dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat, ada dua pilihan jalur pendakian.

Jalur pertama, lebih landai namun jarak tempuhnya lebih jauh dan jalur kedua, memiliki tanjakan yang curam namun jaraknya lebih erat. Kedua jalur itu akan bertemu dan setelah itu para pendaki harus melewati jalur menurun yang cukup tajam yang akan sampai di tepi Danau Gunung Tujuh.

Dari situ, para pendaki mampu langsung melihat danau tertinggi di Asia Tenggara itu.

Jam Buka Danau Gunung Tujuh

Untuk jam operasional pantai Krui, buka 24 jam. Dengan demikian pengunjung mampu leluasa mengatur jadwalnya berkunjung ke pantai indah ini.

suasana malam di tepian danau gunung tujuh sungguh menyenangkan
Malam di Danau. Image via: @panjiprimista

Simak juga: Pantai Panjang, sepanjang 7 km

Tiket Danau Gunung Tujuh

Untuk menikmati keindahan panorama alam di Danau Gunung Tujuh, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk.

Fasilitas Danau Gunung Tujuh

Lokasi Danau Gunung Tujuh cukup jauh dari pemukiman warga, membuat fasilitas yang bisa ditemukan pun cukup terbatas. Pengunjung tidak akan menemukan fasilitas seperti toilet, atau mushola. Jika datang memakai kendaraan pribadi, maka bisa menitipkan kendaraannya didekat pos pendakian Gunung Tujuh.

Pengunjung disarankan membawa perbekalan logistik selama pendakian menuju danau. Sebab disekitar danau tidak akan ditemukan pedagang atau warung yang menjual kuliner. Di sekitar danau tidak ada penginapan atau hotel yang akan dijumpai.

Namun pada Desa Pelompek dan Desa Lempur terdapat homestay yang bisa digunakan wisatawan untuk menginap.

Daya Tarik Danau Gunung Tujuh

  1. Danau Tertinggi di Asia Tenggara yang Indah

Berperahu di Danau merupakans alah satu cara menikmati danau gunung tujuh.
Berperahu di Danau. Image via: @zaza_hana

Berada pada ketinggian mencapai 1.950 meter di atas permukaan bahari, danau ini tercatat sebagai danau tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Danau ini mempunyai luas sekitar 12.000 hektar, serta kedalaman yang mencapai 40 meter.

Selain menunjukkan panorama memukau, air pada danau ini juga mengaliri sebagian besar ladang dan sawah di Kabupaten Kerinci. Air pada danau ini sangat jernih, dan sempat dilakukan penelitian bahwa air tersebut merupakan air baku terbaik yang ada di Asia Tenggara.

Air di danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber PDAM Kabupaten Kerinci. Danau Gunung Tujuh diketahui juga mengaliri banyak sekali sungai besar yang ada di Kerinci, salah satunya yaitu sungai dimana Air Terjun Telun Berasap berada.

Sesuai namanya, Danau Gunung Tujuh dikeliling formasi pegunungan yang berjumlah tujuh. Gunung-gunung tersebut ialah Gunung Hulu Tebo, Gunung Tujuh, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, Gunung Hulu Sangir dan Gunung Madura Besi.

Deretan gunung yang mengelilingi ini, juga menjadi sumber air bagi danau sehingga danau pun tak pernah kekeringan.

  1. Kisah Misteri

Danau GUnung TUjuh Dikelilingi oleh Hutan.
Dikelilingi oleh Hutan. Image via: @jambilagi

Simak juga: Bukit Khayangan Jambi

Tidak hanya mempesona, danau Gunung Tujuh juga dipercaya masyarakat setempat merupakan danau keramat. Terdapat sebuah mitos bawah danau ini menjadi tempat tinggal bagi sepasang naga gaib.

Selain itu, ada pula cerita ihwal hidupnya manusia kerdil setinggi 50 cm di sekitar danau. Cerita ini memang telah ada secara turun temurun, bahkan pernah dilakukan penelitian yang dibiayai oleh organisasi World Wild Fund.

Konon insan kerdil ini mampu menghilang secepat kilat, dan beberapa orang mengatakan pernah melihatnya. Sesepuh desa sekitar pun percaya pada Danau Gunung Tujuh ini telah tinggal dua makhluk tak kasat mata berjulukan Lbei Sakti dan Sri Menanti. Dipercaya kedua makhluk tersebut mempunyai pasukan mistik berwujud harimau.

  1. Hunting Foto

Berfoto berlatar Danau gunung tujuh.
Berfoto berlatar Danau. Image via: jambi.tribunnews.com

Bagi para penggemar fotografi, danau Gunung Tujuh juga mampu menjadi tujuan hunting foto yang menarik. Terdapat begitu banyak panorama alam yang mampu diabadikan dengan kamera. Pengunjung bisa mencari spot-spot memotret terbaik untuk menerima hasil foto yang diinginkan.

Disini hobi memotret penggemar fotografi akan terpuaskan dengan aneka macam objek menawan yang bisa mereka abadikan dengan kamera. Wisatawan biasanya juga tak lupa mengabadikan momen ketika berkunjung ke danau dengan berswafoto.

Pengunjung bisa memanfaatkan banyak sekali panorama alam sebagai background berfoto. Beberapa pilihan contohnya watu-watu besar di pinggir danau, hamparan luasnya danau, dan masih banyak lagi. Jika pengunjung mempunyai drone, mereka juga bisa mengambil gambar dari ketinggian untuk mendapatkan gambar yang lebih menarik.

  1. Camping

Camping di danau gunung tujuh.
Camping di danau. Image via: wikiloc.com

Simak juga: Pantai Krui, rujukan surfer dunia

Tepat di pinggir Danau Gunung Tujuh, banyak pengunjung memilih untuk mendirikan tenda dan bermalam di sekitar danau. Jika pengunjung ialah seorang pecinta alam dan hobi menikmati keindahan malam di alam liar, sangat sempurna untuk mencoba merasakan sensasi bercamping di danau ini.

Pada waktu tertentu danau ini akan dipadati oleh para pengunjung yang juga sekaligus bercamping.

Tentunya dengan bercamping di sekitar danau, Pengunjung mampu menikmati keindahan danau di malam hari. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan menerima pengalaman menarik yang mungkin tidak akan mampu didapatkan untuk kedua kalinya.

Di saat malam, pengunjung mampu mengkremasi kayu kering dan menciptakan api unggun untuk sekedar menghangatkan badan dari udara masbodoh yang menyerang.

Berburu foto Fajar di tepian danau gunung tujuh.
Berburu foto Fajar. Image via: pesona.travel

Simak juga: Pesisir Kalianda Lampung

Objek Wisata Dekat Danau Gunung Tujuh

Disekitar Taman Nasional Kerinci Seblat, tidak hanya terdapat danau Gunung tujuh saja. Ada beberapa danau lain yang juga bisa dipandang sebagai objek wisata.

Yang pertama Danau Kaco. Airnya yang jernih bisa memantulkan panorama indah alam sekitarnya dengan terperinci, tak heran bila objek wisata Kerinci satu ini dinamakan Danau Kaco. Saat malam Purnama, warna kebiruan dan jernih dari danau ini memancarkan cahaya yang sangat indah.

Selanjutnya ada Danau Kerinci. Berkunjung ke Danau Kerinci, pengunjung mampu dengan gampang menemukan aneka macam penjaja kuliner di pinggiran Danau. Selain kulineran, juga bisa melaksanakan banyak kegiatan di kawasan wisata Danau Kerinci ini. Mulai dari berenang, memancing, sampai berkemah.

Makara kapan anda punya waktu buat menjajal sensasi berpetualang di Danau Tertinggi di Dunia ini? Pastikan, Danau Gunung Tujuh ada dalam list liburan saat berkunjung ke Provinsi Jambi.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni