Danau Kembar Solok

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”7932″
data-slug=””>

4.3
/
5
(
6

votes

)

Lokasi: Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatra Barat

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Operasional: 24 Jam

Nomor Telepon: –

Tak Kalah Indah

Berlibur ke Sumatera Barat tentu tak luput dari alamnya yang begitu indah. Di sini kau akan menemukan aneka macam macam tempat wisata seperti danau. Di Pulau Sumatra khususnya Sumbar yakni daerah di Indonesia yang dianugerahi dengan danau yang indah.

foto by instagram.com/anindya.sylva

Salah satunya yang akan kita bahas kali ini ialah Danau Kembar. Tempat wisata ini memang tidak seterkenal dengan Singkarak tetapi tentu saja tak kalah indahnya. Destinasi ini tepatnya berada di Alahan Panjang.

Keindahan Potensi

foto by instagram.com/kemanakitaliburan

Menurut Wikipedia salah satu website resmi di Indonesia, Danau Kembar merupakan sebuah daerahyaitu Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat.

Daerah ini ialah hasil pemekaran Kecamatan Lembang Jaya yang di dalamnya terdiri dari nagari Kampuang Batu Dalam serta Simpang Tanjuang nan IV.

foto by instagram.com/sabarrudin_38

Danau kembar ini mempunyai dongeng legenda dan sejarah. Singkat dongeng menurut masyarakat setempat dulu di kawasan ini terdapat seorang anak pria yang bekerja mencari kayu untuk menghidupi keluarganya.

Laki-laki tersebut mempunyai nama Niniak Gadang Bahan.suatu hari pria tersebut pergi ke hutan mencari kayu dan bertemu dengan seekor ularbesar seperti naga. Niniak Gadang tak takut kemudian memotong leher ular tersebut.

foto by instagram.com/anggi_adriant

Saat dia kembali pulang sesudah mencari kayu beliau melihat uar tersebut masih bergerak. Tak usang badan ular tersebut membentuk angka delapan ibarat danau ini. Darah dari leher ular tersebut masih mengalir sampai membetuk danau ini.

Kisah dan fenomena ini masih terngiang sampai saat ini oelh masyarakat setempat. Namun, cerita tersebut tidak membuat para pengunjung teris berdatangan. Kadang di sini juga dilakukan kegiatan ekspo danau.

Sebetulnya, destinasi wisata danau tak hanya ada di Sumatera Barat tetapi ada juga seperti Jambi, Tulungagung, Cikembar, Sukabumi, Bengkulu, Bedugul dan tempat lainnya.

foto by instagram.com/ofrashinta

Selain itu di erat Danau Kembar ini juga aneka macam penginapan yang disediakan untuk pengunjung bila ingin menginap. Ada villa, hotel, cottage dan masih banyak yang lainnya. Jangan lupa untuk membawa kamera ketika tiba ke sini untuk mengambil gambar dan foto ya.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/wiga.ps17

Letak Danau Kembar berada di Kab Solok yang tepatnya mempunyai jarak 60km dari Kota Padang. Sumbar memang selain kental dengan budpekerti minang yang masih menempel juga tentu tempat wisata alamnya.

Jika kamu berangkat dari kota Padang mungkin memerlukan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan darat.

foto by instagram.com/wiga.ps17

Untuk dapat hingga ke sini sangat mudah. Ada beberapa pilihan yang mampu kau gunakan. Menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Menuju daerah wisata ini memang bisa kamu tempuh dengan kendaraan angkutan umum. Jadi damai saja ya.

Selain itu bisa kamu memakai kendaraan travel, ini tentu akan membuat kau lebih mudah sebab akan eksklusif diantar menuju lokasi Danau Kembar.

foto by instagram.com/ratupermatasari23

Selama perjalanan menuju daerah tujuan ini kau akan disuguhui dengan panorama dan pemandangan alan yang begitu bagus. Perkebunan teh dengan flora berwarna hijau akan membuat mata kita seolah dimanjakan. Selain itu pegunungan juga akan banyak sekali terlihat selama perjalanan.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi kami sudah membekali kau dengan titik koordinat ya. Tinggal klik maka akan eksklusif muncul peta online dan menunjukkan petunjuk dan rute jalan yang harus dilalui. Hanya saja kau perlu mengaktifkan GPS dan mendownload Google Maps.

Buka Jam Berapa

foto by instagram.com/restya_0405

Untuk jam buka di daerah wisata ini dibuka selama 24 jam. Jadi kamu mampu tiba saja disetiap waktu. Tetapi biasanya banyak pengunjung datang dikala pagi dan sore hari. Jika di pagi hari maka kamu akan menerima udara yang segar dan sejuk.

Kalau di sore hari kamu mampu menerima pemandangan senja yang begitu mempesona dan elok. Jangan lupa membawa kamera karena pemandangan ini cocok sekali untuk menerima gambar dan foto yang sangat anggun.

Harga Tiket Masuk

Sedangkan untuk harga tiket masuk kau tidak perlu membeli tiket alias gratis. Wah, ini pasti yang paling disukai oleh setiap orang ya. Selain menerima keindahan alam ditambah tidak perlu membayar tiket masuk.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni