Danau Laguna, Panorama Orisinil Dari Lukisan Di Uang Seribu Rupiah

Danau Laguna Ngade ini merupakan kawasan wisata yang mengagumkan, lokasinya yang berdekatan dengan laut membuat pemandangannya sungguh sangat menakjubkan. Panorama alam di kawasan inilah yang diabadikan dalam Uang Rp 1000,-

Danau Laguna Ngade ini merupakan tempat wisata yang mengagumkan, lokasinya yang berdekatan dengan laut membuat pemandangannya sungguh sangat menakjubkan. Panorama alam di tempat inilah yang diabadikan dalam Uang Rp 1000,-
Danau Laguna Ngade. Image via: hipwee.com

Danau Laguna atau Danau Laguna Ngade ini merupakan pilihan sempurna bagi pengunjung yang ingin mencari obyek wisata alam dengan situasi yang hening.

Danau Ngade adalah danau yang termasuk masih alami dan sedikit mendapat campur tangan manusia. Oleh karena kealamiannya ini, Danau Ngade seringkali menjadi incaran para fotografer untuk menerima gambar yang indah.

Untuk melihat Danau Ngade penduduk sekitar juga menyediakan sebuah tempat dari atas ketinggian danau ini yang menjadi spot terbaik untuk melihat keindahan sekitar danau, bahkan anda mampu menikmati keindahan bahari dan juga pulau terdekat adalah Maitara serta Tidore.

Danau Ngade juga berkhasiat bagi penduduk setempat yang mempunyai budidaya ikan air tawar seperti nila maupun gurame. Selain itu, air dari danau ini pun mempunyai peranan penting bagi sistem pengairan di perkebunan milik masyarakat di sekitar danau. Danau yang bagus ini juga dijadikan sebagai lokasi wisata danau kawasan pemancingan.

Keramba di danau laguna ngade.
Keramba di laguna. Image via: asrot

Simak juga: Lokasi-lokasi indah di Maluku Utara

Lokasi Danau Laguna

Danau Laguna Ngade, atau populer dengan nama singkat Danau Laguna, terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Danau ini merupakan daerah wisata yang mengagumkan, lokasinya yang berdekatan dengan maritim menciptakan pemandangannya sungguh sangat menakjubkan.

Rute Menuju Danau Laguna

Danau Laguna Ngade. Letaknya di bawah kaki Gunung Gamalama Ternate. Hampir keseluruhan sisi danau ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar. Entah itu sebagai spot pariwisata hingga area budidaya ikan.

Dari pusat Kota Ternate ke lokasi danau kita harus menempuh jarak sekira 10 km. Atau dengan waktu tempuh perjalanan darat sekira 30 sampai 45 menit, memakai kendaraan sepeda motor maupun mobil.

Selfie di Danau Laguna, merupakans alah satu kegiatan paling populer di lokasi indah ini
Selfie di Danau Laguna. Image via: @puputsu

Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, bisa menyewa mobil dengan tarif berkisar Rp100.000 hingga Rp150.000 ke lokasi Danau Ngade. Setiap hari Sabtu dan Minggu, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan. Baik lokal, luar tempat mirip dari Pulau Jawa sampai wisatawan mancanegara.

Jam Buka Danau Laguna

Danau Laguna Ngade terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Namun demikian tidak disarankan untuk berkunjung di saat hari sudah gelap. Selain faktor hambatan untuk menikmati keindahan panorama, juga sebab kurangnya penerangan di lokasi maupun di jalur menuju lokasi.

Tiket Danau Laguna

Di lokasi Danau Laguna Ngade ini, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Cukup membayar uang parkir Rp5.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp10.000 bagi kendaraan roda empat.

Merayakan kebersamaan yang indah di keindahan danau laguna ngade
Merayakan kebersamaan. Image via: @exploreternate

Simak juga: Air terjun matayangu

Fasilitas Danau Laguna

Agar pengunjung dibentuk betah, warga lokal membuat sebuah daerah sedikit condong keluar dari atas danau, yang menjadi spot terbaik untuk melihat keindahan sekitar danau. Sedangkan di sisi kiri, dibangun sebuah akomodasi ayunan.

Kendati sedikit ekstrim, namun banyak pengunjung yang antri ingin menjajalnya. Menurut mereka, berfoto di ayunan tak kalah menarik. Sekali berpose atau berayunan, kami kenakan tarif sebesar Rp5.000.

Di sekitar area danau, terdapat beberapa vila milik penduduk setempat.

Daya Tarik Danau Laguna

  1. Pemandangan yang indah

Senja di danau laguna ngade.
Senja di laguna. Image via: @_krllh

Bentangan dinding tebing hijau terlihat indah mengitari sebuah danau indah di pinggiran Pulau Ternate. Biasan pepohonan memantul di permukaan danau dan mewarnai sang Danau sampai kehijauan. Langit yang biru menjadi latar keindahan matahari yang memancar dan berpadu dengan hijaunya Danau besar yang disebut Laguna ini.

Suara burung-burung pun meramaikan kesunyian Danau Laguna yang sudah biasa dikenal sebagai Danau Ngade oleh penduduk setempat.

Danau Laguna Ngade merupakan danau yang termasuk masih alami dan sedikit mendapat campur tangan insan. Oleh alasannya adalah kealamiannya ini, Danau Ngade seringkali menjadi incaran para fotografer untuk mendapatkan gambar yang indah dan bernilai tinggi.

Menurut beberapa penduduk setempat, biasanya fotografer mengambil angle favorit dari atas dan menghasilkan foto aerial yang sangat menakjubkan. Paduan panorama, warna dan angle dari danau, hutan, dan langit akan menjadi gambar bernilai tinggi.

  1. Spot Foto

spot foto instagramable dari atas ketinggian danau laguna ngade
Spot Foto. Image via: @exploreternate

Simak juga: Air terjun cunca Wulang

Para pengunjungyang tiba ke lokasi ini mereka rata-rata hanya ingin berselfi atau mengabadikan indahnya panorama Danau Laguna yang berlatarkan gugusan Pulau Matiara dan Tidore. Kedua pulau tersebut oleh masyarakat lokal disebut pulau yang termuat dalam mata uang penggalan seribu rupiah.

Sebuah jembatan kayu telah dibangun atas bukit Danau Laguna untuk dijadikan spot pengambilan gambar. Hanya dengan merogok kocek Rp5.000 per orang, pengunjung sudah bisa masuk ke kawasan wisata ini sambil menikmati indah pemandangan Danau Laguna dari ketinggian.

Namun untuk mengabadikan gambar tepatnya di atas jembatan, pengunjung harus antre lebih dulu. Hal ini alasannya kapasitas jembatan tidak mampu menampung lebih dari 10 orang sekaligus.

Selama menunggu, pengunjung bisa duduk santai pada beberapa tempat duduk yang disediakan pengelola. Sembari menikmati hijau pohon-pohon yang masih alami mengelilingi Danau Laguna.Dari kejauhan, pengunjung juga bisa melihat perahu maupun kapal yang berlalu-lalang di bahari yang tak jauh dari danau. Juga mampu mendengar syahdunya kicauan burung.

Demi keselamatan, selama berada di lokasi ini, pengunjung diimbau berhati-hati alasannya di sekitar jembatan kayu, belum dibangun pagar pembatas dengan juram.

  1. Ikan Bakar di Atas Danau

Makan di depan keindahan pesona panorama di depan danau laguna ngade
Makan di depan keindahan. Image via: @wi_mona

Selain menikmati pemandangan alam di seputaran danau yang mengagumkan ini, pengunjung juga bisa menikmati sajian kuliner dengan bahan berbagai jenis ikan air tawar, yang dibudidayakan oleh warga setempat di atas keramba.

Di sana ikannya beragam. Ada ikan mas, nila, gabus, dan mujair. Semua dapat disajikan di restoran terapung milik penduduk di sini. Setiap liburan akhir pekan, atau di liburan panjang, seorang penduduk bisa menjual  menjual sampai 200 ekor ikan.

Untuk ikan favorit ialah ikan mas dan nila. Selain untuk dimasak dan diamkan, pembeli ada juga yang membeli untuk diperlihara di rumah. Bagi mereka yang membeli untuk dipelihara, dibanderol Rp70.000 sekilo.

Bibit ikan-ikan di keramba di danau Laguna ini  didatangkan langsung dari Manado. Penduduk dibantu biaya oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate. Mulai dari keramba hingga modal untuk pembelian ikan.

Unutk ke lokasi keramba ini, pengunjung dapat memutar turun ke bawah. Sayangnya, hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. Sebab, jalan yang ada cuma dibangun ruas jalan yang bisa dilalui kendaraan roda dua.

Sedangkan bagi kendaraan roda empat, hanya mampu menepi di tepian jalan bagian atas danau, lalu berjalan kaki menuju tempat-tempat makan yang ada.

Panorama diuang Rp 1000,- diambil dari keindahan panorama di danau laguna ngade ini
Pemandangan Rp 1000,-. Image via: Acurat.co

Simak juga: Air terjun Ogi

Objek Wisata Dekat Danau Laguna

Mash di lingkungan Ternate Utara, ada sepasang danau lain, yaitu danau Tolire. Danau ini terletak di Ternate Utara, sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Terdiri dari 2 buah Danau Tolire, Tolire Kecil yang berwarna gelap berada tepat di pinggir pantai dan Tolire Besar yang berwarna hijau.

Di sekitar Danau Tolire, kita akan disuguhkan pemandangan yang indah sekaligus menakutkan. Permukaan air yang berwarna hijau muda berdampingan dengan dinding tebing yang menjulang tinggi mengelilingi permukaan air.

Sedikit lebih jauh, terletak sekitar 20 kilometer di bagian barat Ternate terdapat Pantai Bobane Ici. Tempat ini sudah dilengkapi fasilitas mirip penginapan, warung makan pinggir pantai dan kolam renang.

Menu ikan bakar menjadi santapan yang wajib bila kita mengunjungi kawasan ini. Kondisi perut yang lapar, serta disuguhi bunyi debur ombak dan angin sepoi-sepoi menambah nikmat suasana santap siang.

Bagaimana pesona Danau Laguna Ngade ini? menarik sekali bukan untuk teman native jelajahi?

Kawasan yang tepat bagi teman native yang ingin menghabiskan hari libur bersama dengan keluarga. Rasakan sensasi yang berbeda dan pengalaman menarik ketika mengunjungi kawasan ini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni