Embung Kledung, Serasa Melihat Bayangan Gunung Fuji Di Danau Kawaguchi

Embung Kledung yakni spot terbaik untuk melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di areal perbukitannya. Bahkan ada yang membandingkan pemandangan embung berlatar gunung Sindoro bagian Selatan ini dengan pemandangan Danau Kawaguchi berlatarkan Gunung Fuji.

Embung Kledung adalah spot terbaik untuk melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di areal perbukitannya.
Embung Kledung. Image via: camerawisata.com

Embung yaitu kata yang dipakai orang Jawa untuk menyebut waduk atau bendungan penampung air. Embung ini didirikan di bekas lahan tembakau dan mempunyai luas sekitar 83×83 meter. Embung Kledung di Temanggung tak hanya befungsi sebagai bendungan air dan budidaya ikan saja, namun juga bisa sebagai daerah wisata.

Pemandangan yang disuguhkan ialah latar belakang Gunung Sumbing yang begitu bagus. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun luar kota yang berkunjung. Selain itu, Teman Traveler juga akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Sindoro yang tak kalah manis.

Karena berada di kaki gunung, tempat wisata ini terasa sejuk dan bahkan cenderung hambar dikala pagi hari. Pengunjung dihimbau untuk memakai pakaian tebal seperti jaket dikala berkunjung. Selain itu, buat kamu yang suka berburu pemandangan sunrise, tempat ini bisa jadi pilihan yang sempurna.

Menyaksikan kemegahan gunung dan keelokan ikan di Embung Kledung
Aku, ikan, dan gunung. Image via: wisatamantap.com

Simak juga: 11 lokasi wisata Temanggung

Lokasi Embung Kledung

Embung kledung berlokasi di Jalan Raya Parakan – Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Rute Menuju Embung Kledung

Jika berangkat dari magelang, bis amnegambil jalan jalur magelang wonosobo via secang. Ikuti jalur tersebut sampai hingga ke perbatasan kledung perbatasan wonosobo – temanggung. Di perbatasan tersebut terdapat pom bensin, sehabis pom bensin terdapat kuburan. Sebelum kuburan terdapat jalan setapak, di kanan jalan.

Jalan setapak tersebut merupakan jalan menuju embung kledung. Kondisi jalanya masih bebatuan, sehingga harus sedikit berhati-hati ketika melewatinya. jarak dari gang masuk hingga lokasi embung kledung sekitar 500 meter.

Untuk rute embung kledung dari wonosobo pun tidak berbeda. Pertama anda ambil jalur wonosobo temanggung via kretek. Sesampainya di perbatasan temanggung wonsobo setelah gapura terdapat kaburuan di kiri jalan. Masuk ke jalan setapak sehabis kuburan dan ikuti hingga sampai ke embung kledung.

Ada bnayak spot di embung Kledung yang bsia dimanfaatkan untuk pengambilan foto. Bahkan pagar pembatas sekalipun.
Di batas keindahan. Image via: @delistia_

Jam Buka Embung Kledung

Tidak ada acara resmi mengenai jam kunjungan ke embung Kledung. Makara secara teknis kawasan ini buka 24 jam. Apalagi dengan adanya fasilitas camping, maka resmilah lokasi ini buka 24 jam.

Tiket Embung Kledung

Untuk harga tiket masuk embung keldung pada saat itu ialah Rp 3.000 per orang. Ditambah biaya parkir 2000 rupiah untuk kendaraan roda dua.

Namun untuk ingin berkemah, ada pemanis biaya tiket berkemah sebesar Rp 15.000 per orang.

Fasilitas Embung Kledung

Pengelola menyediakan aneka macam akomodasi untuk mengakomodasi kenyamanan  para pengunjung selama di lokasi wisata ini. Diantara akomodasi yang ada di Embung Kledung ialah mushola dan toilet. Pengelola tidak menyediakan homestay untuk menginap, namun diperbolehkan camping di sini.

Daya Tarik Embung Kledung

  1. Miniatur Danau Kawaguchi Jepang

Panorama terlihat fenomenal ketika bayangan gunung Sindoro terpantul daripermukaan mebung Kledung pada pagi hari
Kala gunung bercermin. Image via: temanggungkab.go.id

Simak juga: Air terjun Sigura-gura, Tertinggi di Indonesia

Salah satu pesona daerah wisata alam ialah sunrisenya. Pesona matahari terbit dari peraduannya itu menjadi hal yang sangat dinanti penikmat pagi. Di Embung Kledung, keindahan tersebut makin terasa mempesona dengan susunan alam yang eksotis.

Keindahan alam di Embung Kledung benar-benar mempesona para pengunjungnya. Saking eloknya, berada di Embung Kledung berasa di bawah kaki Gunung Fuji, Jepang. Hal itu karena background Gunung Sumbing dan Sindoro persis mirip suasana Gunung Fuji.

Ketika apda moment yang tepat, foto yang diambil di embung akan menampilkan bayangan gunung sumbing di permukaan airnya. Sangat mirip dengan foto bayangan gunung fuji di danau Kawaguchi Jepang.

  1. Camping di Embung Kledung

Camping di perbukitan sekitar embung kledung untuk memnanti awal fajar
Camping. Image via: wedangkopiprambanan.com

Untuk pengunjung yang ingin merasakan pengalaman camping yang seru dan agak unik bisa membangun tenda dan berkemah di beberapa spot yang menarik. Tidak perlu ragu untuk membangun tenda, sebab sebagian besar pengunjung di daerah ini ialah backpacker yang suka menikmati alam sambil membangun tenda.

Sebagai tempat wisata alam, pengelola juga menyediakan acara yang bekerjasama dengan alam. Salah satu kegiatan alam di Embung Kledung adalah camping atau berkemah. Tidak perlu risau jika tak memiliki tenda kemah, karena pengelola sudah menyediakannya.

Sebaiknya minta izin dulu pada pengelola sebelum menetapkan untuk camping di sini. Setelah itu, pengunjung mampu menyewa tenda di loket penjagaan. Pembayaran sewa tenda bisa dilakukan besok sehabis acaranya campingnya akhir.

  1. Memberi Makan Ikan

Ikan di embung Kledung tampak sehat dengan populasi yang cukup banyak
Ikan di embung. Image via: triptrus.com

Simak juga: Bukit Warinding

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di Embung Kledung yaitu memberi makan ikan. Aneka ikan hias air tawar memenuhi telaga yang sangat luas ini. Agar lebih puas, pengunjung mampu membawa masakan ikan sendiri dari rumah.

Di waduk yang penuh terisi air ini terdapat ikan koi yang jumlahnya mencapai puluhan. Bila ingin hasil jepretan terlihat semakin elok, beri makan ikan terlebih dulu supaya ikan terlihat dipermukaan air dan terlihat di foto anda.

Bila berkunjung disaat cuaca sedang cerah, terlihat gunung Sindoro di permukaan air maritim dan pastinya jepretan foto balasannya semakin tepat. Di permukaan air akan mucul berbarengan antara iakan yangs ednag berebut makanan dan bayangan gunung berbentuk kerucut.

  1. Spot Foto Cantik

Tempat wisata yang satu ini memang sangat menonjolkan keindahan pemandangan alam. Maka dari itu bermacam-macam spot foto elok pun sengaja dibentuk di sini. Agar wisatawan mampu lebih mudah untuk mengambil gambar yang menakjubkan.

  • Ayunan

Ayunan pada salah satu sis embung kledung menghadap ke gunung sindoro
Ayunan embung Kledung. Image via: wisatamantap.com

Tak mirip ayunan biasanya, pengunjung akan mencicipi sensasi berbeda dikala berayun di sini. Bagaimana tidak, pengunjung akan berayun di pinggir telaga dengan background gunung yang manis. Model ayunan yang tersedia di sini pun lain daripada yang lain.

Tak hanya bisa dinaiki 1 orang, ayunannya bisa untuk 2 orang sekaligus. Dua orang berayun tidak saling berjejeran, namun berhadap-hadapan. Karena model ayunannya seperti dingklik di cafe, dimana selain kursi ada juga mejanya.

Bagi pengunjung yang takut ketinggian, ayunan ini mungkin cukup menguras adrenalin. Rasa takut saat menaiki ayunan akan terbayar lunas dengan sensasi yang didapat. Pastikan berfoto di atas ayunan, dengan atau tanpa kuliner, semuanya akan terlihat eksotis.

  • Hammock

Hammock embung Kledung selain utnuk bersantai juga utuk spot foto. tampak keren denganlatar embung dan gunung
Hammock. Image via: myblogvidiyanto

Simak juga: Kebun teh Gunung Gambir

Jika duduk di ayunan kurang menarik, pengunjung mampu mencoba hammock di tempat ini. Masih dengan pemandangan menghadap gunung dan bergelantung di atas pinggiran telaga. Sensasi ini akan menjadi momen tak terlupakan yang perlu diabadikan.

Bagian pinggir telaga Embung Kledung disediakan beberapa tempat duduk. Pengunjung mampu bebas duduk sambil memandang telaga dengan background gunung. Dengan begitu, keasirian kawasan ini akan semakin terasa.

  • Tangga Warna-Warni

Tangga warna warni mencolok di sekitar embung kledung sengaja dibuat untuk memeriahkan suasana
Tangga berwarna. Image via: @ervinapriyani_

Untuk melihat pemandangan inti dari daerah ini, pengunjung perlu jalan kaki ke atas. Pengunjung akan melewati jalan setapak berbentuk tangga yang berwarna-warni. Di sepanjang jalan tersebut ada banyak sekali flora yang mempercantik suasana.

Jangan lewatkan momen Istimewa ini tanpa mengabadikannya ke dalam foto. Berfoto dengan tangga warna-warni dan flora tentu akan mengasyikkan. Yang perlu diingat, tidak diperbolehkan merusak tumbuhan apalagi boleh buang sampah sembarangan.

  • Rumah Pohon

Selain dari ayunan, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dengan suasana lain. Ada rumah pohon yang tersedia bagi pengunjung. Melihat pemandangan dari rumah pohon tentu akan lebih seru dan menantang.

  1. Melihat Perkebunan Holtikultura

Kawasan wisata embung kledung juga memiliki perkebunan holtikultura yang menyejukkan mata.
Kebun sekitar embung. Image via: bakpiamutiarajogja.com

Simak juga: Heha Sky View Jogja

Kawasan wisata ini juga mempunyai perkebunan holtikultura yang menyejukkan mata. Aneka buah dan sayuran segar menghampar menunggu untuk dipetik. Tak ketinggalan pohon yang menjadi ikon Kabupaten Temanggung, adalah pohon jambu.

Objek Wisata Dekat Embung Kledung

Tidak jauh dari Embung Kledung, hanya berjarak kurangd ari 6 km, terdapat wisata alam Posong. Padang safana ini merupakan pecahan tengah tengah antara gunug sindoro dan gunung sumbing. Kedua gunung tampak indah jika di lihat dari dari kawasan wisata alam posong.

Bila berkunjung ke kawasan pada waktu sore hari, akan disuguhkan pemandangan golden sunset dengan pancaran sinar yang membelah kedua gunung tersebut. Untuk pengunjung yang ingin mencoba suasana lain dari wisata ini, mampu mencoba fliying fox di sekitar area.

Selain embung Kledung, temanggung juga memiliki Embung Tlogopucang. Kedua embung ini terpisah jarak sejauh 35 km. Bukan hanya surga bagi pecinta fotografi, embung Tlogopucang juga tempatnya traveler yang suka dengan alam. Pengunjung mampu bermalam dan membangun tenda di area berkemah.

Kaprikornus bagaimana? Penasaran dengan bak buatan yang bagus dan eksostis ini. Yuk angkat ransel, Embung Kledung menantimu!!!!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni