Fakta Baru Terungkap, Hana Hanifah “Jual Diri” Sudah Setahun Terakhir

RAKYATKU.COM – Polisi menetapkan dua orang tersangka kasus dugaan prostitusi artis yang melibatkan Hana Hanifah. Keduanya berinisial R dan J yang diduga jadi muncikari.

Kapolrestabes Medan, Kombes Riko Sunarko, mengatakan dari hasil gelar perkara menetapkan tersangka R yang berperan menjemput saksi dari bandara menuju TKP kemudian membantu saksi HH selama di Medan dan dijanjikan uang untuk mengurus saksi HH saat ada di Medan. 

“Tersangka, Saudara R, berkomunikasi dengan tersangka lain, yaitu Saudara J, yang ada di Jakarta. Yang kita duga adalah muncikari di Jakarta,” kata Riko di Medan, Selasa (14/7).

R diamankan di lobi salah satu hotel di Medan pada Minggu (12/7/2020). R lalu menyebut HH sedang bersama A di salah satu kamar.

“Tim bergerak ke salah satu kamar mendapatkan saksi HH dan saksi A ada di kamar tersebut,” beber Riko.

R dijerat dengan Pasal 2 UU 21 Tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). R terancam hukuman penjara maksimal 15 tahun. Sementara itu, keberadaan J belum ditemukan dan masih diburu polisi. 

Selain tentang dua muncikari yang ditetapkan sebagai tersangka, ada fakta baru yang menyatakan diduga sudah satu tahun melakukan kegiatan diduga prostitusi.

HH dikatakan telah tergiur keuntungan besar sehingga mau untuk melakukan hal tersebut.

“Jadi pertama kali pada saat wawancara langsung dengan yang bersangkutan, yang bersangkutan menyampaikan di Medan baru sekali, tapi dia melakukan kegiatan ini pengakuannya satu tahun. Alasannya tadi sudah saya sampaikan, menjanjikan keuntungan ekonomi yang sangat besar,” tutur Riko.

Riko tak menjelaskan detail angka yang didapatkan HH dari aktivitas tersebut.  Dia hanya menyebut pihaknya saat ini tengah fokus menelusuri chat HH dengan pihak yang diduga sebagai kolega HH di beberapa kota di Indonesia.

Sumber: Detik

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni