Grand Sayang Kaak Ciamis, Destinasi Instagramable Di Sisi Timur Jawa Barat

Grand Sayang Kaak Ciamis cocok bagi pengunjung yang ingin melepas kepenatan dengan rutinitas sehari-hari. Tempatnya yang cukup sejuk dengan beberapa lokasi tempat istirahat mirip gazebo mampu dipakai untuk makan-makan bersama keluarga sambil menikmati panorama alam.

Grand Sayang Kaak Ciamis cocok bagi pengunjung yang ingin melepas kepenatan dengan rutinitas sehari-hari. Tempatnya yang cukup sejuk dengan beberapa lokasi tempat istirahat seperti gazebo bisa digunakan untuk makan-makan bersama keluarga sambil menikmati panorama alam
Grand Sayang Kaak Ciamis. Image via: Angga Mulia

Diantara banyak sekali akomodasi, tersedia juga kemudahan yang cukup memacu adrenalin yakni flying fox, arung air terjun menyusur Sungai Citanduy, meniti jembatan tali dan lainnya. Tidak kalah menariknya adalah penyewaan ATV dengan rute yang cukup menantang.

Selain itu juga kawasan khusus untuk ajang swafoto. Setidaknya ada dua kawasan untuk swafoto, yang satu berupa papan berbentuk hati, dan satunya lagi, mirip panggung.  Latar belakangnya yakni anutan Sungai Citanduy.

Pengunjung umumnya mengatakan sengaja mengajak anak-anaknya berlibur ke Grand Sayang Kaak. Karena selain lokasinya yang cukup akrab dari pusat perkotaan Ciamis, juga murah-meriah. Ia bisa mengajak anak-anaknya melakukan out bond, untuk menumbuhkan keberanian anak-anaknya.

Spot foto kelas bunga matahari, salah satu yang populer di kalangan pengunjung
Kelas Bunga Matahari. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Ragam Wisata Jawa Barat

Lokasi Grand Sayang Kaak Ciamis

Grand Sayang Kaak Ciamis, ada di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kini tempat wisata alam ini juga dikenal dengan  nama Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak. Lokasi ini kurang lebih berjarak 15 kilometer dari sentra kota Ciamis.

Rute Menuju Grand Sayang Kaak Ciamis

Bagi yang akan berkunjung ke obyek wisata alam Grand Sayang Kaak Ciamis, tidak perlu khawatir soal rute. Akses jalan sudah mulus hotmix. Jarak obyek wisata alam Grand Sayang Kaak dari pusat kota Ciamis hanya 6 km saja.

Dari pusat kota Ciamis, arahkan kendaraan menuju arah Handapherang ke arah Tempat Pembuangan Akhir sampah Ciamis. Jangan khawatir tersesat sebab sudah ada papan petunjuk menuju ke obyek wisata alam Grand Sayang Kaak.

Spot foto sarang burung di Grand Sayang Kaak ciamis, merupakans alah satu spot foto yang paling awal hadir di lokasi ini
Siap menetas. Image via: harapanrakyat.com

Jam Buka Grand Sayang Kaak Ciamis

Jam buka wisata Grand Sayang Kaak ini mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dan buka setiap hari. Tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi pengunjung pada hari libur atau hari minggu, dan jam kunjungan dengan load tertinggi mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 15.00.

Tiket Grand Sayang Kaak Ciamis

Sebelum tahun 2017, masuknya masih gratis. Namun untuk berfoto di spot Foto yang tersedia di Sayang kaak, ketika itu Anda perlu membayar tiket.

Kini untuk masuk ke Wana Wisata ini, Anda cukup membayar Rp. 5.000,- selanjutnya Anda bisa mengeksplorasi wana wisata ini sepuasnya.

Kemudian untuk biaya parkir kendaraan cukup murah teman. Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Panorama alam Grand sayang kaak ciamis dinikmati daris alah satu menara pandang.
Panorama alam. Image via: erianggorokasih.com

Simak juga: Taman bunga Merangin Garden di Jambi

Fasilitas Grand Sayang Kaak Ciamis

Lokasi wisata ini dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa atau disebut BUMDes, sehingga penataan maupun kemudahan yang ada ditempat wisata ini terawat dan tertata dengan rapi.

Fasilitas kawasan wisata Grand Sayang Kaak ini terbilang cukup memadai. Fasilitas standar mirip area parkir yang luas, mushola, kamar mandi, toilet, area kuliner dan area spot foto selfie instagramable semuanya ada disini.

Daya Tarik Grand Sayang Kaak Ciamis

  1. Spot Foto

Sedikitnya ada 5 titik spot foto atau ranggon selfie yang mampu digunakan para pengunjung untuk mengambil gambar. Mulai dari berbentuk love dan daerah untuk nongkrong di atas tebing.

rangon atau menara pandangd negan kabel flaying fox yang membentang di atasnya
Rangon. Image via: antarafoto.com

Latar belakangnya merupakan hutan dan tebing dengan pohon yang hijau, serta di bawahnya ialah Sungai Citanduy dan persawahan yang hijau. Di seberang Sungai Citanduy di Grand Sayang Kaak ciamis ini merupakan wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Sejak tahun 2017 daerah wisata ini terus berbenah, balasannya mampu dilihat dikala ini Grand Sayang Kaak Ciamis penuh dengan spot foto yang akan memuaskan para pencinta selfie maupun mereka yang hobi foto-foto.

Di Grand Sayang Kaak Ciamis, pengunjung bisa memakai sejumlah titik spot foto yang tersedia di Sayang Kaak. Mulai dari spot foto payung geulis, sampai kandang ‘sayang’ burung yang ada di pinggir jurang atau tebing.

  1. Jembatan Kaca

Jembatan Kaca sendiri merupakan pelengkap untuk beberapa spot berfoto di Wana Wisata Grand Sayang Kaak Ciamis yang sudah ada sebelumnya, seperti 'sarang burung' dari susunan ranting pohon, anjungan berbentuk love dan lain-lainnya
Anjungan Kaca. Image via: @Ciamis.berita

Simak juga: Menanti Sunrise di Bukit Sikendil

Jembatan Kaca sendiri merupakan aksesori untuk beberapa spot berfoto di Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak yang sudah ada sebelumnya, seperti ‘sarang burung’ dari susunan ranting pohon, anjungan berbentuk love dan lain-lainnya

Berjalan di atas ketinggian memang memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika jembatan beling yang unik ini dipadukan dengan keindahan alam yang menyegarkan pandangan, maka terciptalah spot berfoto yang amat mengagumkan. Para pemburu selfie dan wefie pun sangat menyukai lokasi ini.

Bahan yang dipakai untuk jembatan beling memang harus mempunyai ketahanan lebih terhadap beban dan perubahan cuaca di alam terbuka. Dengan demikian, jembatan ini kondusif untuk dikunjungi oleh para pemburu selfie maupun pegiat fotografi.

Pengelola Jembatan Kaca Sayang Kaak, mengungkapkan bahwa kemudahan unik berukuran 5 x 2 meter ini berdiri di atas ketinggian 6-8 meter dengan struktur rangka logam yang kokoh dan dilengkapi pagar pengaman. Sebagai alas injakan, dipakai beling berketebalan 2,5 cm yang berspesifikasi ganda: temperred glass dan laminated glass

Para pengunjung diarahkan untuk membuka alas kaki saat menginjak kaca. Jumlah pengunjung yang berfoto dibatasi hanya 5 orang saja di ketika yang bersamaan, untuk menghindarkan beban yang terlalu berat.

  1. Kegiatan Luar Ruangan

Di Grand Sayang Kaak Ciamis ini juga terdapat beberapa wahana lainnya, khususnya bagi anak-anak. Seperti flying fox anak, arena bermain anak dan outbond anak.
Mendebarkan. Image via: harapanrakyat.com

Di Grand Sayang Kaak Ciamis ini juga terdapat beberapa wahana lainnya, khususnya bagi belum dewasa. Seperti flying fox anak, arena bermain anak dan outbond anak. Harga tiketnya cukup terjangkau, jadi kawasan ini mampu menjadi alternatif wisata murah di Ciamis namun menyuguhkan fasilitas yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Grand Sayang Kaak Ciamis cocok bagi pengunjung yang ingin melepas kepenatan dengan rutinitas sehari-hari. Tempatnya yang cukup sejuk dengan beberapa lokasi kawasan istirahat mirip gazebo mampu dipakai untuk makan-makan bersama keluarga sambil menikmati panorama alam.

Tersedia juga lokasi untuk camping ground bagi pengunjung yang ingin berkemah di tamat pekan ini. Pengunjung juga mampu menyusuri turun ke Sungai Citanduy, memakai kendaraan off road. Juga mampu melihat mega proyek pembangunan Bendungan Leuwi Keris dari kejauhan.

Selainberbagai spot foto lain, Grand Sayang Kaak CIamis juga ada spot foto sayap kupu kupu
Spot Kupu-Kupu. Image via: jejakpiknik.com

Simak juga: Berburu Foto instagramable di SIbajag Green Canyon

Kelebihan lainnya dari wana wisata ini, pengunjung bisa ‘botram’, alias makan bersama keluarga atau sobat akrab. Atau yang lebih umum dikenal dengan nama Piknik. Pengunjung Tak perlu repot membawa bekal dari rumah bila terburu-buru.

Di daerah wisata ini sudah tersedia warung dimana pengunjung mampu memesan nasi liwet lengkap dengan lauk pauknya. Pengunjung bisa memakannya rame-rame di saung atau gazebo yang ada di Wana Wisata ini.

Tips Mengunjungi Grand Sayang Kaak Ciamis

Direkomendasikan berkunjung di pagi hari, panoramanya akan tampak lebih indah dan suasananya terasa sangat fresh. Cocok untuk menghilangkan penat rutinitas selama sepekan berurusan dengan kantor atau mumetnya tugas sekolah.

Untuk lebih greget, sekaligus menginap dengan cara . Spot ini panorama alamnya menakjubkan dan suasana malam hari  pun tak kalah menarik.

Di bawah payung warna warni Grand Sayang Kaak Ciamis.
Di bawah payung. Image via: topwisata.informasi

Objek Wisata Dekat Grand Sayang Kaak Ciamis

Ciamis terkenal sebagai kawasan dengan banyak lokasi wisata keren. Salah satu yang Populer yakni Situ Lengkong Panjalu. Berkunjung ke sini disuguhi pemandangan indah situ yang punya pulau di tengahnya, yakni Nusa Larang. Untuk nuansa budaya yang mampu ditemukan di sini adanya sejarah dari Kerajaan Panjalu.

Saat berkunjung ke Ciamis, tak ada salahnya untuk sedikit melipir ke Pangandaran dan berkunjung ke Green Canyon. Nama daerah ini merupakan sebuah julukan yang disebut-sebut kembaran dari Grand Canyon di Amerika.

Mengunjungi kawasan wisata di Ciamis ini kamu akan disuguhkan air sungai berwarna hijau tosca yang jernih. Kanan kiri sungai diapit dengan tebing watu yang menjulang tinggi. Ada aneka macam cara menikmati keindahan alam Green Canyon, salah satunya dengan menaiki perahu, berenang, dan body rafting.

Itulah beberapa informasi mengenai Grand Sayang Kaak Ciamis. Semoga mampu bermanfaat bagi anda yang ingin berkunjung kesana.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni