Gua Haji Mangku, Danau Tersembunyi Di Tebing Pantai

Kabupaten Berau Kalimantan timur seakan tidak pernah habis menunjukkan kejutan, berupa keindahan alam. Kali ini ada Gua Haji Mangku, yakni sebuah gua di tebing pantai terpencil, yang mempunyai air teramat jernih, dan damai. Serta tentu saja pemandangan stalaktit mempesona, selayaknya gua alam.

Gua Haji Mangku, yaitu sebuah gua di tebing pantai terpencil, yang memiliki air teramat jernih, dan tenang. Serta tentu saja pemandangan stalaktit mempesona, selayaknya gua alam.
Gua Haji Mangku. Image via: travelingyuk.com

Tempat wisata gua Haji Manku ini dikenal sebagai wisata danau tersembunyi. Karena untuk meraih danau jernih dan biru terlebih dahulu para wisatawan harus melalui sebuah gua. Yaitu sebagai pintu masuk dari danau air payau yang sejuk.

Di ketika melewati pintu gua yang basah, para pengunjung akan merasakan pemandangan yang indah sekaligus menyeramkan dan menegangkan. Danau berwarna kebiruan itu mempunyai ruang sempit. Jika melihat lebih dalam ke arah danau, maka akan terlihat seperti sebuah jurang yang dalam.

Lelah dan rasa takut akan terbayarkan dengan danau air payau yang amat memberikan kesan serasa berada di dalam dimensi lain. Airnya yang berwarna kebiru-biruan dengan toska yang bergemilang, menyebabkan sebuah dongeng perihal daerah wisata yang alami di dalam sebuah memori kehidupan.

menyelam  dan berenang rame-ram edi gu ahaji mangku bisa menguatkanmakna kebersamaan dengan kawan
Rame-rame. Image via: pesona.travel

Simak juga: Lokasi wisata di sekitar Samarinda

Lokasi Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku Berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Gua yang terletak sekitar puluhan meter dari bibir pantai utara Pulau Maratua.

Rute Menuju Gua Haji Mangku

Perjalanan menuju Gua Haji Mangku, mampu dimulai dari Pulau Maratua. Karena lokasi Gua Haji Mangku lebih akrab diakses dari Maratua. Alternatif menuju lokasi Gua Haji Mangku ada dua cara yakni via darat dan via laut.

Untuk alternatif pertama yaitu jalur darat, pengunjung mampu menggunakan kendaraan bermotor dari Pulau Maratua menuju Desa Payung-Payung. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan trekking ringan yang memakan waktu sekitar beberapa jam sampai hingga ke lokasi gua.

pengunjung diajak untuk trekking beberapa waktu sebelum mencapai lokais gua haji mangku
Trekking menuju Gua. Image via: perjalanannyaindah.com

Untuk alternatif kedua, yakni via maritim pengunjung dapat menyewa speed boat atau perahu milik nelayan lokal dengan waktu tempuh sekitar 20 menit lamanya dari Pulau Maratua. Perjalanan bahtera ini akan mengantar pengunjung sampai di pinggiran pulau (trekking point) yang berbatuan karang.

Pengunjung mampu melanjutkan perjalanannya dengan trekking ringan kurang lebih 10 menit saja untuk hingga ke area akrab bibir Gua Haji Mangku.

Jam Buka Gua Haji Mangku

Gua haji Mangku, secara teknis terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Namun demikian tidak disarankan untuk berkunjung di dikala hari sudah gelap. Selain faktor hambatan untuk menikmati keindahan panorama, juga karena kurangnya penerangan di lokasi maupun di jalur menuju lokasi.

perjlanan yanglebihmudahm enuju gua haji mangku dapat dilakukan dengan memyewa perahu
Perahu menuju Gua. Image via: indonesiakaya.com

Simak juga: Air Terjun Cunca Rami

Tiket Gua Haji Mangku

Pengunjung yang ingin tiba dan mengagumi keindahan Gua Haji Mangku ini, tidak dipungut bayaran tiket masuk. Kaprikornus pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya transportasi saja, terutama untuk menyewa bahtera nelayan, jika ingin mencapai gua dari jalur maritim.

Fasilitas Gua Haji Mangku

Di lokasi wisata alam Gua Haji mangku ini belum terdapat fasilitas penunjang bagi para pengunjung. Baik itu toilet, ruang ganti baju, warung masakan ataupun yang lainnya.

Sebaiknya pengunjung membawa bekal makanan dan minuman ringan yang dibeli di Maratua sebelumnya.

Bagi yang ingin snorkeling, free-diving ataupun cave diving di lokasi gua juga jangan lupa untuk membawa alat-alatnya, karena di sekitar gua belum terdapat penyewaan alat untuk snorkeling ataupun diving.

Daya Tarik Gua Haji Mangku

  1. Lokasi yang Tersembunyi

lokasi goa haji mangku Di tengah pepohonan.
Di tengah pepohonan. Image via: days2explore.com

Lokasi gua ini berada di tengah-tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Dimulai dengan trekking ringan melewati hutan kecil, pengunjung harus lebih ekstra hati-hati dalam menentukan pijakan karena tipikal jalurnya yang berkarang tajam.

Sesampainya di lokasi sehabis kurang lebih 10 menit berjalan melewati pepohonan rindang, lalu pengunjung mampu menengok ke sisi bawah. Pengunjung akan disambut oleh bibir gua yang membentuk mirip bak alami memanjang dengan airnya yang jernih berwarna kebiru-biruan.

Kesan pertama yang mungkin pengunjung akan rasakan saat melihat penampakan gua ini yakni aura mistis yang membuat merinding, namun cobalah memberanikan diri untuk turun dan menyelami airnya yang jernih itu.

Dengan keasrian yang alami serta keaslian dari kawasan ini pun menjadi alasan banyak pelancong yang ingin terus menerus datang ke daerah wisata ini. Bukan hanya itu saja, airnya yang jernih pun menjadi alasan lainnya. Air di dalam gua sangat jernih berwarna biru muda.

  1. Kolam Air Jernih

jalan masuk ke gua haji mangkumelalui lubang gua yang tertutup oleh air
Jalan masuk. Image via:  indonesiakaya.com

Simak juga: Taman Laut 17 Pulau Riung

Gua Mangku Haji di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan menjanjikan pengunjung akan sebuah pemandangan yang tiada dua. Apalagi jika pengunjung datang di siang hari, sinar matahari yang menembus ke bab dalam Gua Mangku Haji menunjukkan pesona air yang berwarna kebiru-biruan, berkilau menenangkan.

Untuk memasuki gua lembap payau ini, ada dua cara ialah loncat terjun eksklusif dari atas gua atau masuk dari mulut gua yang setengahnya sudah tertutupi air.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Haji Mangku yakni di siang hari, karena pada dikala itu cahaya matahari akan masuk menyinari gua dan bahkan menembus hingga ke bab dalam gua. Penampakan airnya pun akan terlihat lebih biru jikalau dibandingkan datang pada ketika sore hari dikala matahari sudah hampir tenggelam.

berkas cahaya matahari yang masuk ke dalam gua haji mangku membuat Terang hingga kedalaman 3 meter.
Terang hingga kedalaman 3 meter. Image via: @borneodiving

Pada ketika siang cahaya matahari akan masuk menyinari gua dan bahkan menembus hingga ke bab dalam gua sejauh 3 meter selebihnya kegelapan palung, dan lorong yang seakan tak berujung. Air dalam gua ini berasa asin sebab lorong dalam gua tersebut tembus hingga ke maritim.

Dengan memakai peralatan Snorkeling standar, berupa google saja, pengunjung akan dapat menikmati perairan ini dengan tepat. Kesan berenang di sini adalah berenang di dalam perut bumi, mirip dalam film fiksi ilmiah soal dunia bawah tanah.

Tips Mengunjungi Gua Haji Mangku

Lebih baik jangan ke Gua Haji Mangku sendirian, sebab memang tempatnya “angker”. Datang dengan pemandu setempat lebih direkomendasikan.

Pakai bantalan kaki yang tahan dengan karang tajam. Karena jalur trekking dari pantai sampai hingga ke Gua Haji Mangku penuh dengan karang tajam, meskipun jaraknya nggak terlalu jauh.

Bawa kamera tahan air bila ingin mengabadikan aksi kalian di Gua Haji Mangku.

Bawa snorkeling set agar lebih nyaman berenang disini

untuk masuk ke air bsia menjadi menyenangkand an meneganggkan jika dilakukan dengan terjun
Terjun 5 meter. Image via: days2explore.com

Simak juga: Pantai Watu Parunu

Objek Wisata Dekat Gua Haji Mangku

Mumpung jauh-jauh tiba ke Kepulauan Derawan, pengunjung jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi danau Ubur-Ubur air tawar Pulau Kabakan. Ada ribuan ubur-ubur air tawar yang tak memiliki sengat yang menghuni danau ini. Berenang bersama ubur-ubur di pulau Kabakan merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan ketika berkunjung ke kepulauan Derawan.

Ada lokasi yang mungkin akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Yaitu Manta Point. Tak cuma menyelam/ snorkeling biasa, tapi disni menikmati keindahan terumbu karang dan juga mampu berenang bersama Manta Ray. Ikan pari raksasa yang tengah berburu plankton.

Kaprikornus bagaimana dengan info seputar Gua Haji Mangku di atas? Semoga bisa menjadi panduan pada ketika berkunjung ke lokasi indah ini. Yang terpenting yaitu untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap kawasan wisata yang kita kunjungi.

Selamat berlibur!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni