Gua Rangko, Gua Indah Dengan Bak Renang “Privat” Di Dalamnya

Gua Rangko merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terdapat di Nusa Tenggara Timur. Wisata Gua Rangko NTT juga menawarkan pesona Gua bahari yang mempunyai air sangat bersih dan jernih. Karena memiliki air yang jernih tersebut menimbulkan pemandangan di dalam Gua nampak berwarna biru terang.

Wisata Gua Rangko NTT juga menawarkan pesona Gua laut yang memiliki air sangat bersih dan jernih. Karena memiliki air yang jernih tersebut menjadikan pemandangan di dalam Gua nampak berwarna biru terang.
Gua Rangko. Image via: travelingyuk.com

Pemandangan biru terperinci di dalam Gua, sungguh menyejukkan mata. Terlebih pengunjung juga lebih mudah untuk menikmati kehidupan di bawah air dari jauh. Sangat menyenangkan karena pengunjung tidak harus menyelam untuk menikmati pemandangan menarik tersebut.

Gua Rangko mampu diibaratkan sebagai bak renang pribadi yang nyaman. Kawasan wisata ini menawaran keheningan bagi pengunjungnya yang datang untuk menikmati kesejukan air yang ada. Air yang ada di dalam kawasan Gua ini ialah air asin.

Pada bagian atas Gua Rangko terdapat ornamen-ornamen stalaktit yang nampak sangat anggun. Ornamen tersebut mempunyai bentuk beragam dan tidak beraturan. Di dalam Gua ini juga tidak terdapat kelelawar yang mungkin akan mengganggu ketenangan.

Makara para pengunjung dapat merasakan kesunyian yang amat menentramkan ketika berkunjung di Gua Rangko.

berenang menikmati air jernih dalam gua Rangko
Berenang dalam Gua. Image via: awalnya.blogspot.com

Simak juga: 11 tempat wisata di Kupang NTT

Lokasi Gua Rangko

Gua Rangko Terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Gua Rangko

Untuk bisa mencapai Gua Rangko, dari Labuan Bajo pengunjung perlu menyewa kendaraan beroda empat atau pun motor dan melakukan perjalanan darat menuju Desa Rangko.  Waktu tempuh yang diperlukan sekitar 1 jam dari Labuan Bajo hingga dengan ke Desa Rangko.

Perjalanan darat ini akan terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Karena disuguhi pemandangan anggun selama perjalanan. Bukit-bukit dengan ciri khas Labuan Bajo akan menemani pengunjung selama perjalanan.

Sesampainya di Desa Rangko, akan ada beberapa penduduk lokal yang pribadi menyambut para traveler dan menawarkan jasa sewa kapal boat untuk menyeberang ke Gua Rangko. Tidak perlu takut, penduduk lokal di sana sangat ramah dan menyambut kita dengan baik.

papan Selamat datang di area wisata Gua Rangko
Selamat datang. Image via: meutiadiary.com

Gua Rangko memang terletak di Desa Rangko namun dibutuhkan waktu antara 30-40 menit menggunakan kapal boat untuk mencapai Gua Rangko. Untuk menyewa kapal, harganya berkisar sekitar Rp 300 ribu-an untuk satu kapal (Pulang-Pergi).

Setelah perjalanan 30-40 menit di kapal boat, sampailah di Dermaga Gua Rangko. Diperlukan trekking sekitar 5-10 menit untuk bisa hingga ke bibir Gua. Diperlukan sedikit kehati-hatian , terutama dikala menggunakan sendal. Jalurnya berbatu dan tanahnya cukup licin, apa lagi dikala berair.

Jam Buka Gua Rangko

Walau tidak ada ketentuan mengenai jam buka, untuk berkunjung ke Gua Rangko, ada baiknya berangkat sepagi mungkin dari Labuan Bajo, alasannya waktu yang sangat pas untuk menikmati keindahan alam dari lokasi ini yakni pada pukul 12.00 sampai 14.00.

Dimana pada waktu tersebut sinar matahari akan masuk ke lubang Gua dan dapat membantu penerangan di dalam Gua, sehingga birunya bak Gua Rangko pun mampu dilihat.

Pintu masuk di mulut gua rangko
Pintu masuk Gua. Image via: meutiadiary.com

SImak juga: Pesona Pulau Karampuang

Tiket Gua Rangko

Wisata Gua Rangko memungut tiket masuk seharga Rp 20.000 per pengunjung. Pengunjung mampu tiba kapan saja. Hanya saja untuk mencapai Gua anda harus menyewa perahu yang hanya mampu beroperasi di dikala-ketika tertentu saat nelayan tidak berburu ikan.

Fasilitas Gua Rangko

Di lokasi wisata alam yang tergolong baru ini masih belum terdapat kemudahan yang memadai untuk mendukung para wisatawan.

Diharapkan bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke kawasan wisata Gua mempersiapkan bekal dari rumah berupa minuman, makanan maupun obat-obatan pribadi yang mungkin dibutuhkan.

Daya Tarik Gua Rangko

  1. Kolam dalam Gua

Jernihnya air kolam Gua Rangko memebuat bsia memebuat foto unde water
Jernihnya air kolam dalam Gua. Image via: trevelingyuk.com

Keunikan gua yang juga dikenal dengan nama Gua Buaya ini yaitu terdapatnya kolam di dalam gua. Kolam itu digambarkan menyerupai bak renang langsung dengan air yang cukup jernih dan acuh taacuh. Lokasi gua tak jauh dari laut. Rongga-rongga atau celah di dalam gua pun terhubung langsung ke laut.

Air kolam itu merupakan perpaduan mata air dari dasar kolam dengan air bahari. Karena itu air bak cukup asin. Walau langsung terhubung ke laut, air kolam Gua Rangko tenang tak beriak. Cocok bagi pengunjung yang menyukai berenang dalam ketenangan.

Kadar garam di kolam gua tergolong tinggi, sehingga pengunjung dapat mengapung dengan sendirinya, seperti berenang di maritim mati.

Kolam renang di dalam gua bagaikan kolam renang langsung yang dapat puas dinikmati. Terlebih lagi, gua tersebut masih sepi pengunjung. Kolam yang ada di dalam gua tersebut memiliki kedalaman berkisar 3 – 4 meter. Bagi pengunjung yang belum bisa berenang dianjurkan untuk berhati-hati. Namun, bagi yang sudah terpelajar berenang, kedalaman kolam tidak menjadi problem.

Selain itu, alasannya adalah airnya dukup dalam, pengunjung juga dapat melakukan lompat tebing ke dalam kolam. Dijamin, momen berenang di objek wisata Gua Rangko akan terasa sangat menyenangkan.

  1. Stalaktif

Stalaktit Gua Rangko tampak rame namun tidak
Stalaktit Gua. Image via: gotripina.com

Simak juga: Cantiknya Candi Bubrah

Saat berada di dalam gua, pengunjung mampu menikmati pemandangan indah di langit-langit gua. Stalaktit yang memenuhinya menyerupai ornamen dengan beragam bentuk tak beraturan yang memesona.

Selain indah, di dalam gua ini tidak ditemukan kelelawar seperti gua-gua lain pada umumnya. Jadi tak perlu was-was ketika hendak masuk.

Pancaran sinar matahari yang masuk melalui rongga langit-langit gua pun membantu penerangan di dalam gua, sehingga birunya bak pun dapat terlihat hingga ke dasar bak.

  1. Berjemur di Pantai Pulau Gusung

Pantai Pulau Gusung lokasi gua Rangko berada
Pantai Pulau Gusung . Image via: labuanbajotour.com

Karena letaknya yang berada di Pulau Gusung, maka wisatawan bisa menghabiskan waktu untuk beristirahat di bagian pesisir pantainya.

Biasanya pengunjung tidak boleh untuk makan dan minum ketika berada di dalam gua semoga tidak ada sampah di bagian kolam asinnya. Untuk itu, untuk makand an minum lebih baik untuk pergi ke pantainya yang berupa gumuk pasir dan tidak ada pohon besar.

Sebelum masuk Gua di siang hari, pengunjung bisa beristirahat terlebih dahulu sehabis perjalanan jauh menuju Pulau Gusung. Di daerah ini juga cocok untuk berjemur sebelum masuk ke dalam Gua Rangko.

Makara sebelum menetapkan untuk pergi ke Gua, maka persiapkan diri sebab perjalanan pulang pergi dan bersenang-senangnya memakan waktu seharian.

Dermaga merangkap loket tiket gua rangko
Dermaga merangkap loket tiket. Image via: meutiadiary.com

Simak juga: Si Mungil Pulau Randayan

Objek Wisata Dekat Gua Rangko

Masih di wilayah kabupaten manggarai Barat, terdapat objek-objek wisata lain. Dalam jarak 12 km, pengunjung mampu menemukan Gua Batu Cermin. Gua ini bahwasanya ialah sebuah terowongan atau gua di bukit watu. Ketika sinar matahari masuk melalui lubang, lalu memantul ke dinding, seperti merefleksikan cahaya ke area lain mirip cermin.

Selain berafiliasi dengan pantai di manggarai barat ada juga Wisata penderasan. Salah satunya Air Tejun CUnca Wulang. Air Terjun Cunca Wulang ada di daerah hutan Mbeiling. Air Terjun Cunca Wulang terletak di ketinggian 200 mdol, sehingga air yang dialirkan begitu acuh taacuh dan sejuk. Selain berenang, berkeliling dengan memanjat bebatuan juga mampu dicoba.

Demikian bisa kami sampaikan sedkit hal mengenai keindahan Gua Rangko. Saatnya menyusun planning untuk menjelajah di daerah penuh tantangan, NTT yang mempesona.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni