Gunung Bunder Bogor, Banyak Curug Indah Disini

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”2759″
data-slug=””>

3.3
/
5
(
18

votes

)

Lokasi: Pamijahan, Sirnajaya, Bogor, Jawa Barat 16830

Map: Klik Disini

HTM: Rp. 17.500/Orang + Motor, Rp. 30.000 / 2 Orang + Motor

Buka Tutup: 07.00-17.00 WIB

Telepon: 0266-621-256 / 0856-2414-0863 / 0817-020-6417

Surga Pecinta Hiking

Indonesia yang merupakan negara kepulauan, dikelilingi dengan pegunungan yang berjumlah 400 dengan 139 di antaranya merupakan gunung aktif dan menjadi negara dengan gunung terbanyak di dunia.

Hal ini tentunya membuat Indonesia, seolah nirwana bagi mereka para pecinta hiking. Bagaimana tidak, dengan panorama alamnya yang indah, ditambah dengan suasana sunrise di ketinggian tentu semakin memikat hati.

Selain pemandangan alamnya yang cantik, biasanya terdapat pula beberapa jeram di dalamnya yang tak kalah dengan waterfall park di Verona italia seperti air terjun betung yang terletak di gunung betung, kabupaten Pesawaran lampung.

Pintu Belakang, Foto: irmajalan.blogspot.com

Selain itu bagi kamu yang belum tau ada curug & wisata alam apa aja di sekitaran pulau jawa.

Panorama Cantik

Terdapat beberapa daerah yang juga memiliki panorama alam yang bagus seperti di east java atau jawa timur sendiri terdapat coban lawe & telaga ngebel di gunung wilis Ponorogo, coban alas kandung di Tulungagung & tak ketinggalan coban talun di daerah malang.

Sementara untuk jawa tengah ada coban Wonosari, grojogan sewu di solo, coban montel di Kudus, dan coban gedangsari di Gunung Kidul Yogyakarta.

Bergeser dari jogja, ada curug cikaso yang sudah tersohor namanya yang terletak di sukabumi jawa barat. Sementara bagi anda masyarakat yang berada di sekitar Jakarta depok tangerang & bekasi dapat menuju ke bogor yang juga memiliki aneka macam pilihan daerah wisata mirip bermacam-macam curug yang ada di lokasi Gunung Bunder, Green Lagoon di Ciampea, kemudian curug 7 cilember yang terletak di puncak, serta curug bidadari di sentul.

Terletak Dimana

Saya sendiri pun tertarik & penasaran dimana ya gunung bunder ini berada? Lalu sesudah surfing mencari petunjuk dari mbah google mengenai review tempatnya, gambar pintu masuknya, hingga kumpulan foto dari google image untuk curug yang ada di kawasan tersebut, risikonya diketahui bahwa Gunung Bunder ini beralamat di daerah Taman Nasional dari halimun salak.

Disini anda mampu menikmati beragam pilihan curug yang ada di satu tempat yang memberikan keindahan yang berbeda-beda. Di lansir dari situs Wikipedia, daerah ini jika ditinjau dari denahnya sebetulnya bukan lah sebuah gunung alasannya tingginya yang relatif rendah.

Yakni hanya berkisar di ketinggian 750 hingga 1050 mdpl saja, dengan area yang sebagian besarnya menjadi hutan produksi milik perhutani.

Namun meski demikian, bagi anda yang ingin berkunjung ke kawasan ini, ada baiknya untuk mengecek cuaca menggunakan app weather yang biasanya menjadi fitur dari aplikasi bawaan pada smartphone anda.

Sebab cuaca di sekitar gunung bunder ini terasa begitu sejuk meski matahari tengah bersinar, tentunya mampu dibayangkan betapa dinginnya kalau cuaca tengah mendung atau hujan lebat.

Kawasan Hutan Pinus, Foto: wisatagunungbunderbogor.wordpress.com

Asal Usul Nama

Nama gunung bunder sendiri bahu-membahu merupakan nama dari desa di tempat cibatok, yang letaknya masuk kedalam kecamatan pamijahan, leuwiliang kab. bogor.

Ditempat ini anda tak hanya mampu menikmati panorama hutan pinus, namun ada juga saung yang bisa anda sewa, beragam curug, tempat outbound, villa, camping ground, hingga jalur mendaki menuju puncak manik.

Berbicara soal gunung, curug ataupun daerah-tempat wisata alam lainnya, tentunya tak lengkap jika tidak mengulik kisah legenda, sejarah atau asal usul yang ada didalamnya.

Di gunung bunder sendiri, konon katanya berbagai setan atau makhluk halus yang mendiami.

Seperti peristiwa-peristiwa mistis yang di alami beberapa orang dikala mengunjungi curug seribu selepas magrib, ada juga kerajaan gaib dari monyet penghuni curug cigamea yang konon katanya dipimpin oleh seekor kera putih berperawakan sebesar orang dewasa, sampai siluman ular yang kala itu ditayangkan di salah satu stasiun tv yang sampai kini masih mampu anda tonton videonya di youtube.

Foto: mahapalajooss.blogspot.com

Ditambah lagi beberapa perkara yang sempat menimpa curug luhur pada tahun 2015, beritanya pun sempat viral di kaskus & beberapa media berita mirip merdeka.com yang konon katanya, pihak pengelola sempat melaksanakan intimidasi ketika sang pengunjung tak mau membayar tariff yang diluar nalar tersebut.

Hal ini dikarenakan pengunjung tersebut gres sampai di daerah parkir & hendak memutar balik dikala mengetahui biaya masuknya mencapai 900 ribu untuk rombongannya.

Setelah memutuskan tidak jadi berkunjung nyatanya pengunjung tersebut di tahan pihak pengelola yang ternyata orang ajaib & diminta membayar sebesar 1 juta rupiah, sesudah terjadi perdebatan yang alot baku hantam pun tak terelakan dengan preman sewaan pengelola tersebut, meski lalu dilepaskan tanpa membayar sayangnya pengunjung tersebut tidak melaporkannya pada pihak yang berwajib sebab pertimbangan luka yang diderita tidak seberapa jika melakukan visum.

Namun terlepas dari benar atau tidaknya kisah-kisah misteri & kasus pemerasan tersebut yang membuat daerah gunung bunder & wisata alam lainnya terkesan menakutkan & tak ramah pengunjung, namun nyatanya taman wisata ini tetap menjadi primadona bagi banyak kalangan dari berbagai tempat.

Jalan-jalan ke Curug Alami dan Curug Pangeran, Foto: danubay.blogspot.com

Ditilik dari web wikimapia, Taman yang memiliki instruksi pos 16810 ini dipenuhi dengan rimbunan pohon pinus di sisi jalannya.

Memiliki banyak variabel tempat rekreasi bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan mirip curug cigamea, curug pangeran, curug gentong atau yang sekarang dikenal dengan nama goa lumut, curug seribu, curug ngumpet, curug kondang, dan curug kerikil ngampar.

Di area masing-masing curug ini pengunjung mampu bebas berenang sepuasnya, kawasan ganti baju & bilas pun tersedia di erat kolam curugnya. Namun tentunya meski bebas digunakan, ada baiknya untuk tetap mawas diri & sadar akan kemampuan diri sendiri.

Apalagi jika ada tali pembatas di sekitar kolamnya, jangan coba – coba untuk melewati pembatas tersebut. Biasanya tali tersebut di jadikan pembatas & penanda batas kondusif bak, selain itu bila curugnya terlalu deras / pribadi terjun ke kolam tanpa terkena tebing, ada baiknya menjauhi area sekitar jatuhan air alasannya adalah bisa jadi kolam di bawahnya akan sangat dalam & mempunyai arus deras yang mampu menarik kedalam pusaran air.

Pemandangan Cantik, Foto: gambar-rumah.com

 

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan wisata ini, dari pengalaman pribadi biaya masuk di pintu gerbang halimun salak hanya 30 ribu rupiah untuk 2 orang dengan 1 motor, sementara untuk yang single cukup 17.500 saja sudah termasuk motor.

Dengan tarif yang relatif murah ini, menimbulkan tempat curug ini sangat diminati banyak kalangan.

Terutama bagi mereka yang ingin membuang penat dari hiruk pikuk ibukota, alasannya terlihat jelas, banyak sekali rombongan touring baik motor maupun mobil yang tengah mengabadikan momen di spot – spot menarik ketika berkunjung kesana.

Berhubung gerbang ke masing-masing curug terpisah satu sama lainnya, maka untuk mampu menikmati masing-masing curug pun dikenakan biaya yang berbeda-beda pula.

Kendati demikian, tarifnya pun masih relatif murah, hanya berkisar 5 sampai 10 ribu saja untuk harga tiket masuk per orangnya dengan biaya parkir yang berada di kisaran 2 sampai 5 ribu permotornya.

Di masing-masing curug juga terdapat masjid bagi wisatawan muslim yang ingin melakukan ibadah shalat, sehingga wisata anda pun mampu berjalan dengan nyaman tanpa takut tertinggal waktu shalat.

Apalagi dengan ajaran air untuk wudu yang begitu jernih & juga menyegarkan, ditambah dengan panorama alam di sekitar kawasan curug tentunya tak hanya menghilangkan penat namun juga menyejukan hati.

Foto: asepyayan.blogspot.com

Disisi lain bagi anda yang ingin mendaki puncak manik yang merupakan puncak dari gunung salak ini, mampu memanfaatkan jalur yang ada dari queen crater atau kawah ratu sampai menuju pos pasir reungit.

Meski mempunyai medan yang menanjak & batuan terjal, namun nyatanya banyak pendaki yang menentukan jalur ini karena keindahannya.

Selain itu gunung bunder juga pernah menjadi tempat di selenggarakannya tugas tamat mahasiswa IPB mengenai plant nutrition & beberapa pameran gowes, yang di adakan oleh beberapa komunitas sepeda maupun rombongan eksklusif.

Seperti yang dilakukan cycling club alam sutra dan juga komunitas gowes kaskus. Festival lainnya yang pernah di selenggarakan di kawasan ini ialah workshop craftday di villa la lita, yang di penuhi dengan barang-barang hasil dari aneka macam pengrajin.

Di tempat gunung bunder ini, anda juga mampu mengunjungi area Depo Pendidikan & Latihan Tempur atau biasa disingkat dengan nama dodiklatpur yang berada di daerah Rindam jaya milik TNI di gunung bunder.

Tempat ini, biasanya digunakan untuk pendidikan tamtama / aktivitas latihan militer lainnya ataupun kegiatan yang bertajuk bela Negara bagi para mahasiswa.

Selain itu daerah ini juga dapat digunakan untuk kegiatan lainnya mirip melatih mental & fisik bagi para finalis kakak none Jakarta, menyelenggarakan outbound,atau pun bagi anda yang ingin berkemah di area camping groundnya.

Banyak Pohon Pinus, Foto: panduanwisata.id

Bagi anda yang ingin menghabiskan hari di zona gunung bunder ini, tak perlu pusing mencari hotel atau kawasan penginapan.

Di kawasan gunung bunder ini sendiri tepatnya di tempat wisata bedeng, terdapat beberapa pilihan alternatif bagi anda yang kemalaman di daerah ini maupun memang ingin menghabiskan waktu liburan menggunakan fasilitas cottage ataupun fila yang tersedia.

Di antaranya yaitu Green villa, centhini resort, The Michael resort, kekkeRai vvaley resort, pondok rasamala & villa November yang berdekatan dengan cigamea yang tentunya mampu anda pilih sesuai budget anda. Sementara bagi anda para backpacker sejati yang terbiasa dengan camp, mampu mencoba camping ground yang ada di lokasi ini untuk sekedar kemah.

Sementara bagi anda yang gres ingin menuju atau sudah terlanjur keluar area gunung bunder namun masih ingin menikmati panorama gunung salak, mampu mencoba mencari hotel terdekat di agoda atau pribadi bermalam di rancamaya hotel dengan kemudahan kamar bintang 4.

Jalannya Sepi, Foto: gosip-indoku.blogspot.com

Selain wisata curugnya, masih banyak wisata lainnya yang tak jauh dari kota bogor. Bagi anda yang ingin mencoba camp di buper, dapat mencoba sensasi berkemah di bumi perkemahan sukamantri atau di buperta cimandala.

Sementara bagi yang ingin memanjakan diri dengan bermain air mampu mencoba berendam air panas mampu mencoba pemandian air panas yang ada di parung ciseeng, ingin yang ekstrim? rafting atau arung jeram di sungai cisadane bisa jadi pilihan.

Sedangkan bagi anda yang ingin berekreasi yang lebih kalem di kolam renang mampu mencoba the jungle waterpark, mau berjalan-jalan di tengah hutan raya? Tahura kebun raya bogor bisa jadi solusinya, ingin mencari wisata ala-ala candi di jawa? Bogor punya pura jagatkarta!.

Bagi anda yang ingin berinvestasi tanah, beberapa situs mirip olx juga mempunyai banyak sekali isu mengenai rumah ataupun tanah yang tengah dijual pemiliknya.

Dengan letaknya yang berdekatan dengan kawasan wisata, tentunya bisa jadi solusi jitu karena kemungkinan semakin hari akan semakin meningkat pula harganya.

Sekedar gosip bagi anda yang memakai kendaraan eksklusif, bila ingin menuju daerah gunung bunder ini biar mampu lebih berhati-hati sebab menurut pengalaman saya sendiri, banyak sekali jalur yang rusak jika menggunakan jalan masuk dari gerbang utama.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan beroda empat mampu menggunakan jalur via tol, dapat exit di Bogor outer ringroad.

Dari situ lurus melewati kolong jembatan underpass untuk ke arah yasmin sampai bertemu perempatan lampu merah & belok ke kiri, lalu lurus hermina menuju ipb dramaga & gunakan pemberian map untuk petunjuk jalan menuju gunung bunder.

Begitupun dengan anda yang menggunakan sepeda motor, mampu menggunakan rute jl. raya bogor & belok di jalan gres menuju yasmin & ikuti rute yang sama atau memakai google maps untuk lebih mudahnya. Sementara bagi anda yang ingin naik transportasi umum, damai nih.

Tidak perlu resah naik angkot berapa, karena menurut gosip yang kami dapat, setelah anda naik kereta & turun di stasiun bogor lalu mampu melanjutkan menggunakan angkot nomor 03 dengan tujuan terminal laladon yang berwarna hijau, kemudian naik angkot jurusan segog yang berwarna biru dengan nomor 53, dari situ dapat memakai ojek / angkot yang mengarah ke gunung halimun salak.

Bersepeda di Hutan Pinus Gunung Bunder, Foto: ngaboseh.com

Bagi anda yang penasaran dengan berita biaya terkini ataupun harga untuk rombongan, dapat mencoba menghubungi nomor telepon yang ada di awal artikel.

Kaprikornus, tunggu apa lagi? Yuk kunjungi daerah wisata gunung bunder & nikmati bermacam-macam air terjunnya yang menyejukan mata! Yuk visit bogor!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni