Hobi Mendaki? Ini Ia 10 Gunung Di Bali Yang Siap Memanjakanmu

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”68019″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Siapa bilang objek wisata di Bali hanya sebatas pantai dan maritim saja? Faktanya, banyak jajaran gunung megah yang penuh tantangan menunggu kamu untuk segera mengunjunginya.

Jika matahari terbenam identik dengan panorama pantainya, maka sejumlah pegunungan di Pulau Dewata ini justru menampakkan kemegahannya dikala sang surya terbit.

Jumlah gunung di Bali pun tidak hanya ada satu tapi banyak. Selain menjadi lokasi pendakian, sederet pegunungan di Pulau Dewata ini juga kerap dijadikan daerah untuk prosesi keagamaan, penelitian edukasi dan bahkan destinasi wisata.

Penasaran kan apa saja nama-nama gunung di Bali yang menarik buat didaki? Langsung aja yuk kita cek daftar berikut satu per satu!

1. Gunung Batur

Foto By @claudinelanglois

Mount Batur yakni salah satu wisata pegunungan yang populer di provinsi Bali, alasannya dia menyuguhkan jalur pendakian yg menyenangkan. Ketinggiannya sendiri kurang lebih 1.717 meter diatas permukaan bahari.

Selain memiliki jalur pendakian yang nyaman dan bisa dicapai dari beberapa desa di lerengnya, Batur juga menjadi salah satu kawasan terbaik untuk menikmati sunrise.

Meski tidak begitu menantang, namun ini menjadi spot elok buat para pemula yg ingin mencoba belajar mendaki.

Tidak hanya sebatas pemandangan, Batur juga menjadi kawasan bersemayamnya beberapa akal-akalan indah. Itulah yg membuat spot ini istimewa di kalangan pendaki ataupun pecinta alam. Gimana, tertarik ingin mengunjunginya?

2. Gunung Lesung

Foto By @rimasilvi

Lesung mountain juga merupakan salah satu spot yang mempunyai keindahan tiada tara. Hal ini disebabkan areanya dikelilingi pepohonan hijau. Kehadiran bangunan tua di sekitarnya pun menambah nilai sejarah bagi objek tersebut.

Ditambah lagi, ada sebuah danau elok berjulukan Tamblingan di sisi selatan yang membuat panoramanya semakin mempesona. Bisa dibayangkan dong, bagaimana sempurnanya daerah ini bagi para pendaki.

Bahkan dia juga memiliki sebuah kawah yang kerap mengeluarkan uap panas. Untuk mendaki spot berketinggian 1.865 mdpl ini, diperlukan perjuangan lebih.

Tapi hening saja, alasannya adalah semua akan terbayar lunas ketika kau melihat keindahan panorama dari ketinggian Lesung tersebut.

3. Gunung Tapak

Foto By @gede_widya25

Spot urutan ketiga ini mempunyai ketinggian sekitar 1.909 meter diatas permukaan bahari. Ia pun sangat terkenal sebab menyajikan pemandangan alam yang begitu menakjubkan lewat hutan-hutan pinus serta bunga-bunga.

Di sekitarnya juga terdapat sebuah danau yang dikenal dengan nama Buyan, ini merupakan sumber mata air bagi penduduk di sekitar Mount Tapak. Untuk jalur pendakiannya, mampu dimulai dari Desa Pancasari ataupun Kebun Raya.

Sesampainya di puncak, kamu pun akan disuguhi pemandangan ladang hijau, danau indah, udara segar serta hamparan desa-desa yang ada di lereng Mount Tapak.

Oleh alasannya itu, tak heran jikalau banyak wisatawan senang menjadikannya sebagai lokasi terbaik buat hunting foto-foto, gambar atau video-video keren.

4. Gunung Agung

Foto By @elfriday_

Siapa sih tak kenal dengan Mount Agung? Ya, sepertinya hampir semua orang di seluruh penjuru nusantara sudah tahu betul wacana spot satu ini

Bagaimana tidak, seperti isu yang sedang beredar, setelah terakhir kali meletus pada tahun 2017 lalu, gunung tertinggi di Bali tersebut kembali aktif dan memperlihatkan aktivitas vulkanik beberapa waktu lalu.

Akibat erupsi, memberi imbas besar terhadap kondisi pariwisata di Pulau Dewata. Status gunung Agung bersahabat terminal Mengwi ini pun kemudian menjadi level 3 atau siaga. Untung saja, letusannya tidak mirip Mount Raung pada tahun 2015.

Terlepas dari berita tersebut, Mount Agung sejatinya ialah salah satu spot pendakian favorit di Bali. Ketinggiannya sendiri mencapai 3.031 meter diatas permukaan bahari.

Selain terkenal akan keindahannya, beliau juga diyakini menjadi kawasan bersemayamnya yang kuasa-yang kuasa. Dan bahkan menjadi lokasi pura terbesar di Bali adalah Pura Besakih.

5. Gunung Abang

Foto By @kurniawanekapratama

Spot satu ini memang sangat jarang terdengar namanya. Padahal, soal panorama ia tak kalah indah dari Mount Batur yang ada di sebelahnya.

Bahkan soal ketinggian, Mount Abang lebih tinggi dari Batur yaitu sekitar 2.151 meter diatas permukaan bahari. Letak spot ini sendiri berada persis di atas pemukiman penduduk Desa Trunyan.

Mount Abang sangat populer akan sejarahnya. Menurut asal-undangan keberadaannya, beliau mempunyai korelasi erat dengan Kerajaan Majapahit pada kurun lampau.

Gunung Abang juga menjadi salah satu spot yg layak untuk diuji coba. Untuk jalur pendakiannya mampu dimulai dari desa Suter atau Songan. Karena belum terjamah wisatawan, kau akan merasakan keasrian ketika sudah datang di puncaknya.

6. Gunung Catur

Foto By @madesukmaaaa

Memiliki puncak kaldera tertinggi di Pulau Bali, tak lantas menciptakan Mount Catur sulit untuk ditaklukkan. Sebab medannya telah telah dibangun dengan baik sehingga sangat ramah bagi para pendaki pemula.

Dengan ketinggian mencapai 2.096 meter diatas permukaan bahari, menciptakan kawasan puncak Catur diselimuti kabut tebal dan udaranya pun cenderung cuek.

Di Puncak Mangu gunung Catur sendiri terdapat sebuah pura yang hingga saat ini masih difungsikan sebagai lokasi upacara etika dan daerah sembahyang bagi warga sekitar. Dari pura megah tersebut, kau mampu menyaksikan keindahan panorama Danau Beratan.

7. Gunung Batukaru

Foto By @gde_fajar

Batukaru juga merupakan salah satu harta yang dimiliki oleh Pulau Bali dan ini termasuk gunung yg mampu kau jadikan sebagai spot pendakian alternatif dikala sedang ingin muncak.

Batukaru sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.276 meter diatas permukaan maritim. Ia memang kurang begitu terkenal, akan tetapi bahu-membahu ada banyak hal menarik yg mampu kau nikmati di daerah tersebut.

Di atas puncaknya, kamu akan disuguhi Pura Kedaton, ialah salah satu pura tertinggi di Bali dan sebuah kawah berbentuk batok terbalik. Pastinya, keindahan bentang alamnya tidak kalah memukau dari Pantai Gunung Payung atau sederet objek di Gunungkidul.

8. Gunung Sanghyang

Foto By @gusdesaputra

Spot satu ini dikenal juga dengan nama Sengjang dan merupakan gunung bertipe stratovolcano dengan ketinggian sekitar 2.087 mdpl. Meski termasuk berapi, namun dia sudah tidak aktif lagi alias mati.

Letaknya sendiri berada di tempat Tabanan dan diapit oleh Puncak Adeng dengan Batukaru. Di bab lerengnya, terdapat sebuah lembah lebat yang belum terjamah, namanya ialah Pulau Kuali.

Satu-satunya terusan menuju lokasi yakni melalui jalur setapak peninggalan zaman kerajaan yang menghubungkan antara Tamblingan dengan Jatiluwih.

9. Gunung Adeng

Foto By @pendakibali

Puncak Adeng yang berada pada ketinggian 1.826 meter diatas permukaan laut ini merupakan salah satu World Heritage UNESCO. Lokasinya terletak di sebelah desa Jatiluwih.

Hal menarik dari Adeng ini adalah kamu bisa mampir sebentar untuk sekedar berendam di pemandian air panas yang ada di sekitarnya.

Selain itu, Puncak Adeng ini juga terkenal karena memiliki pemandangan yg masih sangat asri, banyak pepohonan dan disuguhi udara sejuk. Sama seperti Agung Mountain, disini pun terdapat beberapa akal-akalan anggun.

10. Gunung Mangu

Foto By @sasuke80

Berlokasi di daerah Bedugul, Mount Mangu hadir dengan dikelilingi oleh dua danau elok yakni Beratan dan Buyan. Hal menarik dari spot ini yakni kamu bisa melihat seluruh puncak yang ada di Pulau Bali dari titik tertinggi gunung tersebut.

Bukan hanya itu saja, dikala tiba di puncaknya kamu pun akan dihadiahi sebuah Pura Indah berjulukan Pura Puncak Mangu, salah satu spot yang mempunyai nilai sejarah dan berkaitan bersahabat dengan kerajaan Mengwi.

Butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk mampu hingga puncaknya. Untuk jalur pendakiannya sendiri ada 2 pilihan, hutan rimba atau berupa jalan semen.

Nah, gimana guys 10 daftar gunung di Bali diatas, sangat indah bukan? Jadi, kapan rencana kamu untuk mengunjunginya? Yuk, segera jadwalkan!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni