Hukoci, Oase Segar Pelepas Penat Warga Cianjur

Nama obyek wisata yang mirip bahasa Jepang, Hukoci, hanyalah sinonim atau singkatan dari “Hutan Kota Cianjur”. Hukoci ini, dibangun memang salah satunya sebagai hutan kota yang berfungsi sebagai paru-paru kota.

Nama obyek wisata yang mirip bahasa Jepang, Hukoci, hanyalah sinonim atau singkatan dari “Hutan Kota Cianjur”. Hukoci ini, dibangun memang salah satunya sebagai hutan kota yang berfungsi sebagai paru-paru kota.
Hukoci, hutan Kota Cianjur. Image via: @maura.zharfa.mustika

Hukoci, merupakan pujian warga kota atau masyarakat Cianjur pada umumnya. Tempat ini setiap hari libur banyak dikunjungi warga masyarakat untuk bersantai menikmati indahnya alam dan menghirup udara yang masih segar belum terkena polusi.

Hutan kota ini menyuguhkan pemandangan langsung menghadap gunung mananggel. Dimana kabut halus menyelimuti keindahan di pagi hari dan sore hari, menghias pemandangan sekitar menjadi lebih bagus.

Luas Hukoci yaitu 15 hektar yang ditanami aneka macam flora, sehingga melahirkan kerindangan keteduhan, dan kenyamanan suasana alam hutan. Sejumlah kegiatan wisata mirip playing fox, arena berkuda, memanah dan bersepeda bisa dinikmati di wisata taman kota ini.

Objek wisata ini sangat cocok buat yang kerja senin-sabtu dengan banyak tugas dan lain sebagainya. Tentu membutuhkan piknik yang segar seperti ini di tamat pekan. Lokasi wisata ini tidak macet, dan tentunya erat di kantong aneka macam macam kalangan.

Luas Hukoci yaitu 15 hektar yang ditanami berbagai tumbuhan, sehingga melahirkan kerindangan keteduhan, dan kenyamanan suasana alam hutan.
Selamat Datang. Image via: berita-cianjuryeuh

Simak juga: 13 lokasi wisata indah di Cianjur

Lokasi Hukoci

Hukoci berasal  dari kependekan Hutan Kota Cianjur ini memiliki luas 11 ha lebih terletak di Desa Babakan Karet, Kecamatan Cianjur, Cianjur, Jawa Barat.

Jarak dari Kota Cianjur bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit atau sekitar 7 km jarak tempuh kalau ingin sampai disana.

Rute Menuju Hukoci

Untuk bisa sampai di kawasan ini gampang banget bisa dari arah Panembong dan arah Baros. Kalo dari Panembong jaraknya kurang lebih 2.4 km dari Gedung Gelanggang Muda, gak terlalu jauh dari The John aquatic resort.

Countour jalannya naik turun khas pengunungan, jalanannya sempit ngepas buat 2 kendaraan beroda empat berlawanan arah. Penerangan kayanya sih terbatas khas kampung di Cianjur. Jarak 2.4 km itu tidak terlalu jadi hambatan. Sepanjang perjalanan banyak yang jalan kaki, kapan-kapan bisa lah dicoba. Selain jalan kaki mampu juga bersepeda.

Angkutan umum belum ada yang trayeknya nyampe kesini tapi bisa disiasati dengan sistem borongan. Mungkin kedepannya akan ada trayek khusus kesini untuk memudahkan warga Cianjur berkunjung ke sini.

Untuk bisa sampai di tempat ini gampang banget bisa dari arah Panembong dan arah Baros. Kalo dari Panembong jaraknya kurang lebih 2.4 km dari Gedung Gelanggang Muda, gak terlalu jauh dari The John aquatic resort.
Gerbang Taman. Image via: tagar.id

Jam Buka Hukoci

Hukoci (hutan kota cianjur) buka sepanjang pekan, dari senin sampai ahad. Lokasi wisata ini buka jam 08.00 hingga di tutup pada jam 18.00.

Tiket Hukoci

Sampai dikala ini tidak ada pungutan tiket yang dikenakan kepada pengunjung taman Hukoci ini. Jal ini mungkn sebab hutan kota termasuk salah satu fasilitas publik yang dikelola pemerintah kota untuk meningkatkan indeks kebahagiaan warga kota nya.

Fasilitas Hukoci

Fasilitas pendukung yang ada di hutan kota ciancur ini sudah cukup memadai. Mulai dari parkir, toilet, hingga penjual camilan. Walau tamat aklhir ini ada seikit kendala kualitas, akibat faktor perawatan yang kurang. Namun, mestinya itu bukan sebuah problem besar.

Daya Tarik Hukoci

  1. Taman Hutan yang Hijau

Namanya juga hutan maka HuKoCi ini benar-benar hutan, tanaman yang ada disini jumlahnya 6.631 pohon yang berasal dari 91 jenis tanaman.
Hijau dan rindang. Image via: maps.google

Image via: Mempelajari Padi di Kampung Pandanwangi

Namanya juga hutan maka HuKoCi ini benar-benar hutan, tanaman yang ada disini jumlahnya 6.631 pohon yang berasal dari 91 jenis flora. Hutan ini didominasi pohon Karet berjumlah 878 pohon makanya gak heran nama daerah ini Babakan Karet.

Disusul oleh pohon Mahoni 683 pohon, salak 613 pohon dan gmelina 371 pohon. Sampai dikala ini belum ada penandaan di masing-masing pohon. Pengunjung yang awam akan ilmu botani  hanya akan mampu mengenali pohon salak. Karena  gampang dikenali alasannya adalah bentuk daun dan pohonnya khas.

Udara disini seger banget tanpa polusi, cocoklah buat ngebersihin paru-paru yang setiap hari ketemu polutan dari asap rokok dan asap knalpot.

Hukoci ini ada dua pintu masuk. Di pintu yang kedua lebih ramai dibandingkan pintu yang pertama, alasannya parkirannya sudah dipaving blok. Ini memudahkan para pedagang untuk membuka lapak dagangan di lokasi parkir pintu kedua.

Di sekitar parkir pengunjung bisa juga botram. Karena ada saung kecil yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak
Gazebo Hutan. Image via: beatifulcianjur

Di sekitar parkir ini juga, pengunjung mampu juga botram. Karena ada saung kecil yang mampu dipakai untuk istirahat sejenak. Jika ingin menikmati sejuknya udara HuKoci sambil tiduran, mampu menyewa hammock yang digantung di pohon. Biayanya 10.000, tanpa batas waktu penggunaan.

Dateng ke Hukoci enaknya bareng-bareng biar pas foto-foto juga seru. Setelah capek keliling hutan, makan bareng deh alias botram. Gak perlu menu mewah cukup yang sederhana aja biasanya suasana kumpul-kumpul bikin makan tambah nikmat.

  1. Aktifitas Luar Ruangan

Dahulu hutan kota ini sangat kurang nyaman untuk dikunjungi dengan adanya kawasan pembuangan sampah. Tapi kini hutan kota cianjur ini menjadi destinasi wahana wisata bagi pengunjung yang ingin duduk-duduk elok dengan udara yang segar serta pemandangan yang sangat luar biasa.

Banyak pengunjung yang datang bersama keluarga, teman, pacar, atau club hobi. Kebanyakan yang datang ke hutan kota ini pada hari jumat dan minggu
Duduk bersama. Image via: @dellanovputri

Simak juga: Mandi Air hangat di Cikundul Cianjur

Banyak pengunjung yang datang bersama keluarga, teman, pacar, atau club hobi. Kebanyakan yang tiba ke hutan kota ini pada hari jumat dan minggu. Setiap jumat duhur sampai sore pengunjung berdatangan untuk lari-lari kecl di sekitar hutan kota sambil menghirup udara yang segar.

Ada pula yang bermain bola alasannya di hutan kota ini disediakan kemudahan lapangan untuk bermain bola. Ada pula yang duduk di tepi memandang ke gunung mananggel yang jaraknya tidak terlalu jauh. Pada hari minggunya, setiap pagi selalu penuh dengan orang yang berlari.

Jarak tempuh yang lumayan serta medan perjalanan yang menanjak, dijadikan sebagai ajang olahraga dan bakar kalori. Jalan yang menanjak tapi di kelilingi pemandangan hutan yang luar biasa menjadi kenyamanan tersendiri bagi penikmat dan pecinta olahraga lari.

  1. Trek Sepeda

Lintasan sepeda gunung umumnya berada jauh dari kota. Jika terletak dekat dengan kota biasanya suasana lintasan tersebut lebih terkesan urban, menyela suasana komplek perumahan, pabrik, atau bangunan lain.

Hukoci, memiliki lintasan sepeda gunung yang bersuasana hutan. Nuansa bersepeda gunung sangat kental terasa, mirip dengan lintasan yang jauh dari perkotaan.
Club Sepeda di Hukoci. Image via: @deni_pane

Tidak demikian dengan sebuah lintasan sepeda gunung yang hanya berjarak 2,5 kilometer dari pusat kota Cianjur. Hukoci, mempunyai lintasan sepeda gunung yang bersuasana hutan. Nuansa bersepeda gunung sangat kental terasa, seperti dengan lintasan yang jauh dari perkotaan.

Lintasan dibuat di atas permukaan tanah yang didesain untuk kejuaraan sepeda gunung dan cyclocross. Lintasan yang dibuat terdiri dari lintasan dengan panjang 2,4 kilometer dan 3,6 kilometer. Permukaan terdiri dari rumput dan tanah yang cukup teduh sebab meruakan area hutan.

Lintasan Hukoci ini sendiri bukan lintasan sembarangan. Pembangunannya disurvey pribadi oleh Jamaludin Mahmood, commisaire UCI dari Malaysia yang merupakan salah satu dari 5 commisaire  terbaik dari Asia.

Kecepatan sepeda cukup mengalir mengikuti kontur lintasan. Tidak ada belokan yang mengakibatkan pembalap mengerem sampai sepeda berhenti. Demikian pula permukaannya, ban  sepeda touring hanya kehilangan traksi beberapa kali ketika tenaga dikeluarkan maksimal, tentu persoalan ini tidak akan ada jikalau menggunakan ban knobby yang dipakai sepeda gunung.

menikmati sejuknya udara HuKoci sambil tiduran, bisa menyewa hammock yang digantung di pohon. Biayanya 10.000, tanpa batas waktu penggunaan.
Hammock di Hukoci. Image via: @cabe_litaa

Simak juga: Safari Alam liar di Ketambe Aceh

Penggemar sepeda gunung yang ingin ikut menikmati lintasan sepeda gunung dan cyclocross Hukoci ini dapat menggunakan lintasan secara bebas. Namun untuk mencegah terjadinya hal-hal yang diinginkan alangkah lebih baik untuk berkoordinasi dengan Cianjur Cycling Forum.

Tips Mengunjungi Hukoci

Musim hujan bukan dikala yang sempurna untuk berkunjung ke Hukoci. Karena di demam isu hujan, tanahnya licin dan belum ada track khusus yang dipaving block atau dikasih batu. Jalannya masih setapak, di beberapa tempat ada genangan air dan tanahnya becek banget.

Kalau ke sini harus make sepatu yang gripnya masih baiklah biar gak slip. Jangan make selop, wedges atau high heels. Kalau sandal jepit masih baiklah lah.

Hutan ini didominasi pohon Karet berjumlah 878 pohon makanya gak heran nama tempat ini Babakan Karet
Hukoci. Image via: @sarrahfauziah_33

Objek Wisata Dekat Hukoci

Selain wisata alam berupa hutan, cianjur juga punya wisata kampung budaya. Salah satunya Kampung Budaya Padi Pandanwangi.  Di Kampung Budaya ini, padi yang ditanam yakni varietas padi yang memang orisinil dari cianjur adalah Pandan Wangi. Kampung ini memang didisain untuk selain sebagai lokasi wisata, juga untuk kawasan budidaya Padi Pandan Wangi.

Cianjur juga memiliki wisata pertanian kebun Teh. Salah satu yang populer yaitu Kebun The Sukanagara. Di wisata kebun the ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan manis area sekitar dengan jejeran pohon teh tersusun rapi yang nampak elok dan instagramable.

Secara keseluruhan, Hukoci ini merupakan destinasi wisata keluarga yang menarik. Karena selain melepaskan penat dari kegaitans ehari hari, suasana alam terbuka bsia menumbuhkan keakraban antar anggota keluarga. Sesuatu yang remaja ini makin terasa mewah, sebab tingginya aktifitas indifidual anggota keluarga, bahkan dikala did alam ruah sekalipun.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni