Ini Dia 6 Keunggulan Smartphone Realme 7 dan Realme 7i!

Untuk Anda yang aktif bermain game mobile seperti PUBG M, Free Fire, ataupun Mobile Legends, tentu memerlukan ponsel yang performanya menunjang.

Tidak hanya performa saja, kualitas tampilan layar dan ketahanan baterai pun turut menjadi pertimbangan saat memilih HP yang tepat. Nah, Anda tidak perlu berpikir-pikir panjang lagi, karena Realme sudah merilis produk lanjutan dari Realme seri angka, yakni Realme 7 dan Realme 7i.

Kedua produk tersebut pertama kali hadir secara global di Indonesia pada September 2020 dengan harga yang pastinya ramah di kantong.

Untuk Realme 7 reguler, harga yang dibanderol adalah sebesar Rp3.999.000,- untuk varian memori internal 128 GB dan RAM 8 GB. Sedangkan untuk Realme 7i, Anda bisa membawa pulang HP ini seharga Rp3.199.000,- saja (128 GB/8 GB RAM).

Mengusung tagline 64 MP Power Master, kira-kira apa saja keunggulan yang dibawakan keduanya? Yuk simak berbagai keunggulan realme 7 dan 7i yang membuat HP lain terlihat ketinggalan zaman!

1. Hadir dengan Refresh Rate 90Hz

Untuk bisa memberikan pengalaman bermain game dan menonton yang maksimal, realme 7 dan 7i telah menghadirkan laju penyegaran 90 Hz untuk pergerakan tampilan yang lebih mulus.

Kehadiran refresh rate tinggi ini bukanlah yang pertama kalinya pada produk Realme di segmen menengah, karena sebelumnya sudah ada Realme 6, Realme 6 Pro, dan Realme Narzo yang juga menghadirkan laju penyegaran 90 Hz.

Jadi, sebenarnya keberadaan fitur layar ini pada realme 7 series memang sudah bisa ditebak. Tapi jika Anda bandingkan dengan ponsel-ponsel lain di rentang harga yang sama, realme 7 series ini sungguh tergolong seri HP termurah yang sudah menghadirkan refresh rate tinggi.

Ketimbang laju penyegaran 60 Hz yang standar, hal ini tentu membuat realme 7 dan 7i lebih layak untuk dipakai bermain game dan menikmati konten berupa video. Kini bermain game pun terasa lebih imersif dengan pergerakkan pemain yang terasa seperti di dunia nyata.

Bicara soal layar, Realme 7 dihadirkan dengan panel IPS LCD pada ukuran 6,5 inci. Ukuran dan panel yang sama juga dimiliki oleh Realme 7i, tapi keduanya memiliki resolusi yang berbeda. Sementara Realme 7 sudah dibekali resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), Realme 7i membawakan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel).

2. Helio G95 dengan Performa Gahar

realme 7 helio g95

Jika Anda pernah merasakan kehebatan MediaTek Helio G90T pada realme 6 series, sekarang Anda akan mendapatkan performa yang lebih dahsyat lagi dengan SoC lanjutannya, yakni Helio G95.

Chipset ini hanya dihadirkan pada realme 7. Sedangkan untuk realme 7i sendiri, ia diotaki dengan Snapdragon 662 yang juga sangat powerful untuk kelas harga yang ditawarkannya.

Realme 7 merupakan perangkat pertama di dunia yang ditopang oleh Helio G95. Nah, apa sajakah keunggulan yang dibawakan oleh chipset ini? Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Helio G95 memang tidak banyak memiliki perbedaan ketimbang Helio G90T.

Kedua SoC ini sama-sama memiliki fabrikasi 12 nm, juga menawarkan delapan inti prosesor yang terdiri dari dua buah ARM Cortex A76 berkecepatan hingga 2.05 GHz serta enam inti ARM Cortex A55 dengan clock speed yang mencapai 2.0 GHz.

Untuk pengolah grafisnya sendiri, kedua chip sama-sama disertai dengan Mali G76 MC4 – walaupun dengan tingkat kecepatan yang berbeda. Ya, sementara GPU pada Helio G90T hanya menghadirkan clock speed sebesar 800 MHz, Mali G76 MC4 pada Helio G95 lebih unggul di angka 900 MHz.

Helio G95 selaku SoC yang menyongsong pasar HP menengah tentunya mampu menghadirkan performa bermain game yang lebih dahsyat lagi pada realme 7.

Pihak realme pun sudah mengklaim kalau skor AnTuTu Benchmark yang dihasilkan melebihi angka 300.000 poin! Ini merupakan salah satu performa tertinggi untuk kelas harga realme 7. Sungguh mengesankan, bukan?

3. Baterai Super Awet

realme 7 baterai awet

Barangkali Anda bosan mendapatkan notifikasi baterai rendah saat asyik-asyiknya mabar. Kalau begitu, duo realme 7 series punya solusinya! Yap, kini Anda bisa merasakan serunya push rank dengan durasi panjang berkat kehadiran baterai jenis Li-Po berkapasitas 5.000 mAh.

Kapasitas ini tersedia untuk realme 7 dan 7i, walau keduanya menghadirkan kemampuan fast charging yang berbeda. Untuk realme 7, sudah tersedia fitur 30W Dart Charge yang mampu mengisikan daya ponsel hingga 50% selama 26 menit saja. Nah, kalau realme 7i, Anda bisa mengisikan daya ponsel menggunakan fitur fast charging yang diberi tajuk 18W Quick Charge.

Keduanya diklaim mampu memiliki daya ketahanan baterai yang luar biasa, bisa mencapai durasi 9 jam saat bermain game dan 15 jam saat menonton film. Sedangkan pada pemakaian stand-by, HP bisa bertahan selama 1 bulan!

Adapun fitur Super Power Saving Mode yang dapat menjaga ketahanan baterai saat low batt. Dengan sisa baterai hanya 5%, HP bisa bertahan selama 41,1 jam saat siaga, atau selama 5 jam untuk memutarkan lagu dari Spotify.

4. Kehadiran Fitur NFC

realme 7 nfc

Ini dia fitur yang ditunggu-tunggu fans Indonesia dari realme seri angka, yakni konektivitas NFC yang merupakan singkatan dari Near Field Communication. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sering berpergian menggunakan jalan tol, karena bisa mengecek saldo eToll dengan hanya menempelkan kartu pada bodi perangkat.

Ini merupakan angin segar yang hadir pada Realme 7. Karena sebelumnya, pasar Indonesia tidak kebagian NFC saat realme 6 hadir di Tanah Air. Nampaknya inilah yang disebut-sebut sebagai salah satu fitur trendsetter untuk pasar harga menengah.

Bukan tidak mungkin kalau realme akan menghadirkan fitur NFC di Indonesia pada setiap produk seri angka berikutnya. Para pesaing pun bisa belajar satu atau dua hal dari Realme, mengingat masyarakat Indonesia mulai semakin sadar akan pentingnya fitur NFC. Untuk soal ini, jempol deh buat Realme!

5. Quad Camera yang Mumpuni

realme 7 quad camera

Realme amat paham soal kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berkutat di media sosial seperti Instagram. Oleh karena itu, tersedia konfigurasi empat kamera yang sangat unggul di kelasnya.

Untuk kamera utamanya, Realme menghadirkan sensor Sony IMX682 dengan resolusi 64 MP dengan ukuran sensor 1/1.73″ dan focal length sebesar 26mm. Sedangkan untuk lensa ultra lebarnya, ada sensor 8 MP yang mampu menghadirkan sudut keluasan sebesar 119 derajat.

Adapun dua lensa lainnya merupakan sensor kedalaman dan makro dengan masing-masing resolusi sebesar 2 MP. Keempat lensa ini bisa Anda temukan pada Realme 7 dan 7i. Tapi untuk fitur perekamannya, hanya Realme 7 yang menghadirkan perekaman dengan resolusi 4K sedangkan Realme 7i hanya mentok di resolusi 1080p.

Realme sendiri mengatakan dalam situsnya bahwa Sony IMX682 mampu menghadirkan tampilan foto yang lebih jernih dan tajam, bahkan pada kondisi minim pencahayaan sekalipun. Yang menariknya lagi, ada fitur Starry Mode yang memungkinkan pengguna untuk mengabadikan bintang gemerlap di malam hari dengan kualitas yang sungguh memesona.

6. Desain Bodi Premium

realme 7 desain bodi

Tampil kece dengan desain memukau, inilah yang menjadi ciri khas Realme pada setiap produk yang diluncurkannya. Realme 7 ini menghadirkan desain bodi belakang yang terinspirasi dari kaca.

Itu mengapa, terdapat permainan cahaya saat Anda menggerak-gerakkan ponsel. Hal ini sungguh membuat Realme 7 tampak seperti ponsel dari rentang harga yang jauh di atasnya.

Untuk varian warnanya, tersedia pilihan Mist Blue yang menggunakan warna biru gelap, dan Mist White dengan balutan warna yang terang. Pada Realme 7, terdapat modul kamera belakang yang dibuat vertikal memanjang, sementara Realme 7i menghadirkan modul kamera yang lebih tebal.

Itulah beberapa keunggulan utama yang dihadirkan pada Realme 7 series. Terbukti bahwa dynamic duo ini memang layak menggunakan slogan 64 MP Power Master berkat keunggulan kamera dan performa chipsetnya yang kencang.

Nah, apakah Anda tertarik meminang Realme 7 dan Realme 7i? Kedua ponsel ini bisa dipesan pada situs resmi Realme, Shopee, dan Akulaku pada tanggal 19 September 2020. Yuk beli, jangan sampai ketinggalan!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni