Ini Ia 10 Gunung Tertinggi Di Jawa Barat

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67817″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Jawa Barat yakni salah satu provinsi yang dikenal mempunyai kontur tanah lebih tinggi kalau dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Pulau Jawa.

Selain terkenal sebagai kawasan kawasan liburan, Jawa Barat juga dikenal memiliki pegunungan yang cukup bersahabat dengan kalangan pendaki ataupun penggiat alam bebas.

Sederet gunung di Jawa Barat memiliki ketinggian diantara 1.000 hingga 3.000 mdpl. Dan beberapa dikenal cukup populer alasannya adalah menyimpan keindahan alam yang begitu menakjubkan, itulah alasan kenapa sering dijadikan sasaran oleh para pendaki.

Wisata alam pegunungan di Jawa Barat bisa dibilang cukup ramai diminati. Setidaknya ada sekitar 364 gunung yang bisa dijumpai disana.

Sebagai kawasan cincin api, provinsi tersebut juga memiliki setidaknya kurang lebih 20 gunung api yang mempunyai trek cukup menantang bagi para pendaki.

Dan dibawah ini adalah 10 daftar gunung di Jawa Barat yang menjadi favorit para pendaki.

1. Gunung Ciremai

Foto By @infomajalengka

Secara administratif, Ciremai mountain ini lokasinya mencakup 3 wilayah kabupaten ialah Kuningan, Majalengka dan Cirebon. Dengan ketinggian mencapai 3.078 meter diatas permukaan maritim, membuatnya menjadi gunung tertinggi urutan pertama di Jawa Barat.

Ciremai juga termasuk salah satu tipe berapi aktif di Indonesia. Spot tersebut mempunyai puncak berupa bibir kawah yang melandai dan cukup lebar.

Ciremai sendiri memiliki 4 jalur pendakian resmi dengan track yang terbilang sedikit agak rumit. Trek paling terkenal dari keempat alternatifnya adalah Tanjakan Bapa Tere, salah satu daftar tanjakan unik di Jawa Barat.

2. Gunung Pangrango

Foto By @amos.simanjuntak

Siapa tak kenal dengan Pangrango Mountain? Ini adalah salah satu gunung di Jawa Barat yang letaknya menempati 3 wilayah yakni Bogor, Sukabumi dan Cianjur.

Spot pendakian yang memiliki ketinggian sekitar 3.019 meter diatas permukaan bahari ini masuk dalam daerah Taman Nasional Gede Pangrango.

Lembah Mandalawangi yang menyajikan hamparan bunga-bunga edelweiss ialah harta karun dari Pangarango Mountain dan selalu menjadi spot favorit para pendaki.

Selain keindahan alamnya, Pangrango juga menyimpan dongeng tentang seorang penggerak demonstran yang abunya ditebar di sekitar Lembah Mandalawangi, namanya Soe Hok Gie.

3. Gunung Gede

Foto By @madrapii_

Sama seperti nomor 2, objek satu ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Ketinggiannya sendiri kurang lebih 2.958 meter diatas permukaan maritim.

Gede mountain juga punya beberapa kawah sebagai spot andalan, namanya yakni Kawah Ratu, Baru, Lanang dan Wadon.

Jika Pangrango memiliki Lembah Mandalawangi, maka Gede Mountain punya Alun-Alun Surya Kencana. Di area ini juga terdapat berbagai flora bunga edelweiss dan sering dijadikan daerah camping oleh para pendaki.

4. Gunung Cikuray

Foto By @manusia.dzakiun

Nah, kalau satu ini letaknya berada di 2 wilayah, yakni Kecamatan Cikajang, Daeyuh Manggung dengan Bayongbong, Garut. Ia sendiri merupakan gunung bertipe kerucut yang sudah tidak aktif lagi.

Ketinggiannya kurang lebih 2.821 meter diatas permukaan maritim. Area puncaknya datar dan tidak terlalu luas. Disana terdapat sebuah pos berupa bangunan.

Sunrise di Cikuray sangat indah, bahkan tak jarang yang menyandingkannya dengan pesona Papandayan yang berada di sebelahnya. Namun cukup disayangkan, banyak ditemui coretan-coretan vandalism di sekitar gunung tersebut.

Cikuray sendiri merupakan gunung tertinggi ke-empat di provinsi Jawa Barat, setelah Ciremai, Gede dan Pangrango Mountain. Ada 4 jalur alternatif untuk menuju puncaknya, yakni via Cikajang, Bayongbong, Cilawu dan desa Dangiang.

5. Gunung Papandayan

Foto By @arttteo

Spot yang berada pada ketinggian 2.665 mdpl dan dikenal dengan nama Papandayan Mountain ini ialah salah satu daerah wisata terkenal di kota Garut, Jawa Barat.

Pasalnya, letusan Papandayan yang memporak-porandakan area di sekitarnya membuatnya melahirkan sejumlah daerah-daerah indah dan memukau, salah satu misalnya ialah Hutan Mati miliknya.

Selain hutan mati, masih ada beberapa spot lainnya yang juga cukup terkenal di sekitar area puncaknya ialah Kawah Papandayan.

Dan satu lagi pesona yang dilarang ketinggalan untuk dikunjungi dari Papandayan ini yakni Alun Tegal-nya, sebuah padang edelweiss terluas di provinsi Jabar dengan luas sekitar 32 Ha yg sangat pas untuk dijadikan lokasi berburu gambar atau foto instagenic.

6. Gunung Kendang

Foto By @yudhapradesa

Kendang mountain ini juga termasuk salah satu puncak tertinggi di Jawa Barat, dengan ketinggian mencapai 2.617 meter diatas permukaan bahari.

Secara detail, Kendang terletak di Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Bandung Raya. Menurut catatan, dia merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano.

Nama Kendang memang tidak sepopuler gunung Papandayan, namun begitu ini ialah salah satu spot yg tidak mampu dianggap sepele. Karena pemandangan yang disuguhkan sangat indah berupa hamparan teh hijau.

7. Gunung Patuha

Foto By @asephrmwn97

Kalau mendengar nama spot satu ini mungkin masih sangat aneh. Tapi jika disebut Kawah Putih, semua yg pernah mengunjungi niscaya tahu dimana keberadaan gunung tertinggi ke-7 di Jawa Barat tersebut.

Patuha juga disebut dengan Gunung Sepuh oleh warga sekitar. Pasalnya spot ini mempunyai kisah serta sejarah yang cukup unik. Pada tahun 1837, objek tersebut masih sangat jarang dikunjungi.

Patuha mempunyai ketinggian kurang lebih 2.440 meter diatas permukaan bahari. Ia terkenal alasannya memiliki kawah putih yang begitu eksotis.

Kawah ini berwarna putih sebab merupakan adonan dari unsur belerang, sehingga bisa berubah warna sesuai kadar welirang, suhu dan cuaca. Keindahan dari spot tersebutlah yg menciptakan banyak wisatawan terpengaruhi untuk mengunjungi Patuha Mountain.

8. Gunung Guntur

Foto By @adnanalwiii

Mount Guntur ini juga termasuk salah satu gunung tertinggi di provinsi Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 2.249 meter diatas permukaan bahari.

Berapi aktif tersebut juga mempunyai pesona yg bisa membuat siapa saja berdecak kagum akan keindahannya. Makanya tak heran jikalau ia menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pendaki atau petualang.

Selain keindahan alamnya, Guntur juga mempunyai sederet spot menarik mulai dari 2 kaldera berukuran besar, empat puncak, sabana mempesona hingga lokasi terbaik untuk menikmati sunrise di kota Garut.

Guntur sendiri terletak di kecamatan Tarogong Kaler, jaraknya sekitar 7 kilometer dari sentra kota Garut. Spot tersebut juga kerap dijuluki sebagai “Semeru Mini” alasannya abjad jalur pendakiannya berpasir dan dipenuhi watu.

9. Gunung Malabar

Foto By @runninronin

Eksotisme pegunungan Malabar di Bandung Selatan ini juga sangat populer bagi kalangan wisatawan maupun pemburu ketinggian di Jawa Barat.

Selain alasannya lokasinya erat dengan kawasan wisata Pengalengan, gunung tertinggi dengan ketinggian 2.343 mdpl ini juga terkenal disebabkan puncak besarnya.

Konon katanya, di Malabar ini dulunya berbagai ditemui pemancar radio, namun sayangnya semua bangunan sudah hancur dan kini hanya tinggal reruntuhan saja.

10. Gunung Salak

Foto By @gnsalak2211mdpl

Gunung 2.000 mdpl serasa 3.000 mdpl. Sepertinya ungkapan ini sangat cocok ditujukan untuk Mount Salak yang terletak di Tanah Pasundan, Jawa Barat.

Puncak Salak juga merupakan salah satu spot pendakian favorit alasannya memiliki jalur dan karakter yg cukup ekstrim. Tak sedikit pendaki yang tertarik ingin menaklukkan ketinggian satu ini.

Spot tersebut masuk dalam daerah Taman Nasional Halimun Salak. Letaknya sendiri berada di wilayah Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Untuk mencapai puncaknya, terdapat 4 jalur namun yg paling populer yaitu via Cangkuang-Cidahu.

Selain memperlihatkan puncak tertinggi, Jawa Barat juga punya gunung terendah yang cocok buat dijadikan spot pendakian bagi para pemula.

Nah, dari beberapa daftar diatas, kira-kira yang mana nih menjadi favoritmu?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni