Ini Lho 10 Gunung Di Aceh Yang Sering Diburu Wisatawan

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67153″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Berwisata ke Pulau Sumatera, kurang lengkap rasanya jika tidak bertandang ke Daerah spesial Nangroe Aceh Darussalam. Pasalnya, ada aneka macam objek wisata menarik disuguhkan di kota yang berada di dekat Samudera Hindia ini.

Selain dikenal dengan pantainya, provinsi Nanggroe Aceh juga cukup terkenal alasannya adalah memiliki objek wisata pegunungan yang menarik untuk di eksplor, dari mulai gunung api yang masih aktif sampai merapi non-aktif.

Bahkan beberapa gunung di Aceh sudah menerima penghargaan dari UNESCO sebagai warisan yang wajib dijaga kelestariannya.

Nah, jikalau kau sedang mencari spot yang bisa didaki di pulau Sumatera, 10 daftar gunung di Aceh berikut mungkin mampu dijadikan pilihan. Apa saja namanya? Mari kita cari tahu sama-sama!

1. Gunung Leuser

Foto By @aceh_getanyoe

Kerap menjadi salah satu soal dalam TTS, siapa yang tak kenal dengan Gunung Leuser. Ya, mempunyai ketinggian mencapai 3.466 mdpl, membuatnya menerima julukan sebagai puncak tertinggi di povinsi Aceh.

Objek wisata yang dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia ini masuk dalam tempat Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

TN GL sendiri merupakan sebuah cagar alam sekaligus suaka margasatwa yang ditetapkan sebagai daerah pinjaman aneka macam spesies binatang maupun tumbuhan. Bahkan taman tersebut menjadi pintu masuk menuju Mount Leuser.

Untuk menuju lokasi, setidaknya ada dua jalur pendakian yang mampu kamu pilih. Pertama dari dusun Penosan, Kedah dan yang kedua melalui Desa Pasie Lembang, Kecamatan Kluet Selatan.

2. Gunung Bur Ni Telong

Foto By @potretgayo

Berada pada ketinggian 2.624 mdpl dan hanya berjarak sekitar 2 km dari Rebelong, ialah ibukota Kabupaten Bener Meriah, Gunung Bur Ni Telong menjadi salah satu objek wisata populer di kota Banda Aceh.

Kelebihan dari Bur Ni Telong ini yaitu di puncaknya terdapat 5 kawah. Tak heran jika gunung tersebut menjadi salah satu spot pendakian favorit para penggiat alam. Bahkan komunitas Orang Kuala Lupur pernah menaikinya.

Untuk mencapai puncaknya, ada beberapa jalur yang bisa dilalui. Namun rute paling favorit ialah jalur Edelweiss. Karena di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan indah dari bunga infinit tersebut.

3. Gunung Geureudong

Foto By @burnicamp05

Memiliki ketinggian sekitar 2.885 mdpl, Mount Geureudong yang terletak di Desa Wih Porak Lancang, Kabupaten Bener Meriah ini di sekitarnya banyak ditanami kopi dan buah-buahan.

Dan di tengah hutan bambunya, terdapat beberapa sumber air panas berbentuk kolam alami. Kamu bisa berendam disana, alasannya airnya diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit sebab mengandung sulfur.

Gunung berapi bertipe stratovolcano ini pernah meletus sebanyak 2 kali dan disana terdapat dua kerucut vulkanik berupa bukit sedimen yang sudah terbentuk semenjak lama. Usai mendakinya, kau bisa meluangkan waktumu di tepi danau Lut Tawar di dekatnya.

4. Gunung Puet Sague

Foto By @bogang_11

Dalam bahasa Aceh, nama gunung satu ini berarti Empat Segi. Dinamakan demikan karena bentuknya menjulang tinggi ke atas dengan 4 buah puncak. Berada pada ketinggian 2.780 mdpl, Puet Sague Mountain berdiri tegak di Kec.Geumpang, Kab.Pidie.

Jika kau dari Banda Aceh, dibutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk bisa hingga ke lokasi. Dilihat dari peta, Puet Sague tersebut dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang sangat lebat.

5. Gunung Jaboi

Foto By @demitra.atashi_lubis

Meski pernah dilanda Tsunami setelah Natal pada tahun 2006 kemudian, namun pesona alam kota Nanggroe Aceh Darussalam tidak pernah luput dari kunjungan para wisatawan.

Buktinya, Aceh juga punya spot pendakian yang ramah untuk pemula, namanya ialah Mount Jaboi. Ketinggiannya hanya mencapai 617 meter diatas permukaan laut dan berada di Pulau Weh, Kota Sabang.

Nah, bila sudah puas mendaki gunung, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Pantai Iboih atau Pulau Rubiah. Disana kau bisa melaksanakan banyak sekali aktivitas olahraga air seperti snorkeling maupun diving.

6. Gunung Seulawah Agam

Foto By @infobandaaceh

Pilihan spot pendakian lainnya di kota Aceh yang juga manis buat ditelusuri yaitu Mount Seulawah Agam, ketinggiannya berkisar 1.726 meter diatas permukaan maritim.

Seulawah Agam yang dapat digapai dari kampung Suka Makmur, Kecamatan Saree ini juga biasa dikenal dengan nama Seulawain, Solawa, Selawadjanten ataupun Goldberg.

Seulawah tersebut juga punya 2 kawah, namanya yakni Heutsz dan Tanah Simpago. Jika dilihat sekilas, puncaknya seperti dengan Mount Salak di Jawa Barat.

7. Gunung Bendahara

Foto By @masterpiece_photographer

Selain Leuser di kawasan TN, Aceh juga masih punya banyak lagi spot pendakian yang memiliki pesona indah, salah satu contohnya yakni Bendahara Mountain.

Letak dari gunung epic tersebut berada di ibukota Kabupaten Gayo Lues, sekitar 50 meter kearah tenggara. Mount Bendahara ini cukup dikenal alasannya adalah memiliki satu spot yang begitu mempesona, namanya yakni gerojokan Situgalo.

Meski mempunyai ketinggian sekitar 3.030 meter diatas permukaan maritim, namun Mount Bendahara ini sangat ramah dengan pendaki pemula.

8. Gunung Abong-Abong

Foto By @ieykaaatikah

Wisata pendakian berikutnya yang wajib kamu kunjungi di Aceh ialah Mount Abong-abong. Secara etimologi, puncaknya berada di ketinggian 2.985 dan mendapat predikat sebagai gunung tertinggi kedua di sana.

Daya tarik dari Abong-abong ini ialah adanya ditemukan dua spesies binatang liar yang mungkin tidak akan kamu temui di gunung lain yakni rino dan gajah,

Nah, kedua binatang tersebut menjadi faktor pendukung yang sukses melindungi proses rantai makanan di Mount Abong-Abong. Dan jikalau beruntung, kamu mampu melihat kedua spesies tersebut di puncaknya.

9. Gunung Geurutee

Foto By @ayodolan

Sudah pernah menyaksikan keindahan Samudera Hindia dengan mata telanjang? Nah, jika belum coba deh datang ke Puncak Geurutee di Aceh Jaya.

Geurutee termasuk salah satu objek wisata unik, dia memiliki rute yang cukup mudah untuk diakses dan letaknya pun sangat akrab dengan jalan raya. Selain itu, bab dari Hutan Ulu Masen ini disebut-sebut sebagai penyuplai oksigen di dunia.

Bukan hanya itu, di atas puncaknya kau juga akan menemukan hal unik lainnya, seperti bertemu dan berinteraksi dengan kawanan kera liar. Tak perlu khawatir, alasannya adalah mereka cukup jinak.

10. Gunung Perkison

Foto By @cut_mawarni20

Meski Mount Leuser menjadi anak emas, namun Perkison juga hadir dengan sejuta keindahan yang tak kalah elok dan beliau pun cukup terkenal terutama bagi kalangan pendaki.

Perkison sendiri mempunyai puncak yang bangkit di ketinggian 2.828 mdpl. Letaknya berada di bab tenggara Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Dari Kutacane, jaraknya hanya berkisar 30 km saja.

Spot pendakian Perkison biasanya dimulai dari desa Lawe Harum. Sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan banyak binatang-binatang dan tanaman yang dilindungi mirip Tupai, Hornbilss serta bunga Rafflesia.

Dan dari puncak ketinggian, kau akan disuguhi pemandangan indah sungai Alas dan view Kutacane. Bila cuaca elok, Bukit Barisan di bagian barat pun siap memanjakan matamu dengan pesonanya.

Itu beliau 10 daftar gunung yang mampu dijadikan spot pendakian di Aceh. Bagaimana, puas dengan informasinya? Atau masih punya rekomendasi lain? Nah, bila begitu kasih tahu kita lewat komentar ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni